Home Seni & Musik Cara Menggesek Senar Biola dengan Benar

Cara Menggesek Senar Biola dengan Benar

Menggesek biola sekilas terlihat mudah, tetapi sebenarnya menggesek biola tidak boleh sembarangan. Perlu teknik yang harus dipelajari agar suara yang dihasilkan menjadi enak didengar.

Posisi bow diletakkan di antara bridge dan fingerboard, kemudian harus sejajar dengan lengan kanan. Untuk pemula, geseklah senar biola dengan tidak menekannya (open string). Pastikan ketika kamu menggesek satu senar, hairbow tidak menyentuh senar yang lainnya. Posisi badan tegak, tangan dan pergerakan bow harus tetap lurus saat kamu menggesek biola.

Untuk memastikan hal tersebut, kamu bisa berlatih di depan cermin atau berdiri di dekat dinding dengan menempelkan siku kanan pada dinding. Untuk menghasilkan suara gesekan yang bagus, teknik menggesek tidak hanya terbatas pada postur tangan dan gesekan yang lurus saja tetapi tekanan pada bow juga harus kamu perhatikan.

Latihan Nada Panjang dan Pendek

posisi bow pada biola
Sumber: connollymusic.com

Dalam latihan menggesek biola tediri dari 2 hal, yaitu latihan nada panjang dan latihan nada pendek. Bagi pemula disarankan untuk lebih sering latihan nada panjang untuk mempertahankan postur tangan dan gesekan tetap lurus. Menggesek biola bisa dengan tekanan atau dengan lembut.

Semakin kamu sering berlatih, maka nantinya telinga dan tanganmu akan terbiasa untuk mendapatkan tekanan suara yang sesuai. Jika senar digesek dengan tekanan yang keras dan kecepatan tinggi, maka volume suara yang dihasilkan akan lebih keras, namun tekanan yang terlalu kuat dapat menghasilkan suara yang kasar. Tekanan pada bow harus meningkat dari pangkal ke ujung.

Untuk melatih tekanan pada bow, geseklah senar satu persatu secara bergantian dengan menggunakan seluruh bagian hairbow dari pangkal hingga ke ujung. Tekanan pada pangkal bow dibantu oleh “berat frog” dan tangan, sehingga telapak tangan dan jari hanya mengontrol posisi bow agar tetap lurus dan kamu akan merasakan jari kelingkingmu menahan berat dari ujung bow. Proses latihan tersebut biasa disebut dengan “latihan nada panjang”.

Baca juga: Cara Memegang Biola Serta Bow yang Benar

Lakukan latihan nada panjang pada setiap senar sebelum berlatih lagu dan pertahankan volume suara yang dihasilkan mulai dari pangkal hingga ujung bow. Lakukan latihan nada panjang paling sedikit empat gesekan pada masing-masing senar. Untuk latihan nada pendek, gesekan hanya pada hairbow bagian tertentu saja, misalnya bagian pangkal/tengah/ujungnya saja.

Posisi Telapak Tangan Saat Menggesek

Dalam menggesek biola, persendian tangan memegang peranan penting untuk mengendalikan arah bow agar gesekan bisa tetap lurus. Dari gambar di bawah, bisa dilihat posisi tangan saat menggesek biola dengan hairbow bagian pangkal, tengah dan ujung.

Posisi tangan ketika menggesek dengan hairbow bagian ujung, telapak tangan akan berada lebih rendah dari siku dan akan membentuk sebuah lengkungan yang menghadap ke atas, tetapi pastikan untuk tidak menarik siku lebih jauh ke belakang. Berbeda jika menggesek dengan hairbow bagian tengah, posisi telapak tangan akan sejajar dengan siku. Sedangkan posisi tangan ketika menggesek dengan hairbow bagian pangkal, siku diharuskan diangkat ke atas dan telapak tangan bergerak mendekati dagu membentuk lengkungan yang menghadap ke bawah.

Dari ketiga posisi tersebut, siku tetap berada sejajar dengan bow. Bentuk tangan setiap orang memang tidak akan sama persis karena struktur anatomi tubuh manusia berbeda-beda, tetapi paling tidak akan mendekati atau mirip dengan teknik yang dipelajari.

posisi tangan saat menggesek biola
Sumber: pinterest.com

Setelah kamu menguasai teknik menggesek biola dengan nada terbuka (open string), kamu bisa berlatih menggesek sambil menekan senar dengan jari kirimu, memainkan nada do-re-mi-fa-sol-la-si pada setiap senar maupun antar senar. Selain teknik, latihan feeling dalam bermain biola juga sangat diperlukan.

Untuk pemula, sebaiknya mencari solmisasi dilakukan pada satu senar dulu. Jika kamu belum yakin dengan feelingmu dalam mencocokkan nada, kamu bisa menggunakan keyboard, gitar atau bahkan aplikasi pada komputer maupun ponselmu. Setelah kamu bisa melakukan solmisasi maka kamu dapat berlatih memainkan lagu yang sederhana dengan melodi yang ringan dan mudah. Biasanya latihan memainkan lagu dapat memberikan semangat tersendiri dalam belajar memainkan biola.

Simbol Teknik Menggesek Biola [ada Partitur Lagu

Pada saat membaca sebuah partitur lagu, terdapat simbol-simbol yang harus dipahami oleh pemain biola. Lambang yang berbentuk (v) mengartikan bahwa bow harus bergerak ke atas dan lambang yang berbentuk (n) mengharuskan bow bergerak ke bawah.

Dalam menggesek biola intonasi sangatlah sensitif, begitu juga dengan ritme atau simbol-simbol lain yang harus dimainkan sesuai apa yang tertulis dalam partitur. Simbol-simbol dalam teknik menggesek biola yang harus diketahui oleh para pemula diantaranya adalah detachestaccatolegato, dan legato staccato.

lambang di partitur
Sumber: musiclandpublications.com

Detache

Jenis gesekan yang tidak ada tekanan atau efek apapun. Gesekan yang sederhana baik panjang ataupun pendek pada hairbow bagian manapun dengan arah bow naik dan turun. Detache disimbolkan dengan garis lurus yang menyambungkan not satu dengan not lainnya.

detache
Sumber: symbolium.com

Staccato

Gesekan pendek yang dimainkan secara terputus-putus atau mengurangi setengah dari nilai nada. Staccato disimbolkan dengan tanda titik di bawah maupun di atas not.

staccato
Sumber: music.stackexchange.com

Legato

Gesekan pada biola yang memainkan dua not atau lebih dengan arah bow naik maupun turun. Legato disimbolkan dengan garis melengkung yang berada di atas atau di bawah not.

Legato
Sumber: commons.wikimedia.org

Legato staccato

Gesekan yang memainkan rangkaian nada atau not staccato dalam satu gesekan dengan arah bow naik atau turun.

legato staccato
Sumber: stage.symbolium.com

Tangan kanan merupakan salah satu pemegang kendali dalam menggesek biola. Suara tebal, ringan dan rendah yang dihasilkan biola, semuanya mengikuti alur tempo gesekan dari tangan kananmu. Perlu diketahui bahwa teknik menggesek serta memegang bow pada biola merupakan kesatuan yang sangat penting (bowing tecnique). Oleh karena itu, ketika menggesek biola kamu juga harus mempertahankan teknik memegang bow dengan benar.

Baca juga: Cara Bermain Biola untuk Pemula

Latihan yang rutin akan membuatmu lebih nyaman dan semakin menguasai teknik bermain biola. Menggeseklah dengan rasa percaya diri agar gerakan tangan kananmu menjadi lebih rileks dan tidak menekan bow secara berlebihan. Jika kamu sudah lancar menggesek biola, maka yang perlu dipelajari selanjutnya adalah posisi jari-jari tangan kiri pada fingerboard.

Selamat belajar, semoga kamu cepat bisa bermain biola!a

Kamu telah menyelesaikan 3 dari 4 bab

75%

Avatar
Dea
Pernah bergabung dalam komunitas "Autodidact Violin Community" selama 2 tahun dan beruntung mendapatkan kesempatan bermain dalam sebuah konser mini orkestra di Jakarta.

2 COMMENTS

  1. Berguna banget . Baru kali ini liat artikel yang mudah dipahami . Lanjutkan terus kak supaya orang lebih mengerti . Saya juga soalnya baru belajar . Saya belajar otodidak .

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Yuk Ketahui 6 Macam Gaya Belajar

Gaya belajar adalah karakteristik tertentu yang dimiliki seseorang saat mempelajari dan memproses sebuah informasi. Tahukah kamu, selain memiliki kepribadian yang berbeda, setiap orang juga...

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...