Home Seni & Musik Cara Bermain Biola untuk Pemula

Cara Bermain Biola untuk Pemula

Dalam artikel ini akan dibahas tentang cara bermain biola untuk pemula. Siapa yang tak kenal dengan alat musik biola? Alat musik satu ini selain mempunyai bentuk yang indah, juga mempunyai suara yang khas nan merdu, membuat siapapun akan bergumam kagum ketika melihat seseorang atau beberapa orang bisa memainkannya dengan lincah. Apakah kamu tertarik untuk mempelajari alat musik satu ini? Sebelum bermain biola, kamu perlu mengetahui beberapa hal tentang biola, yaitu:

1. Mengenal bagian-bagian biola

Biasanya ketika kamu akan mempelajari suatu alat, maka kamu diharuskan untuk mengenali bagian-bagian dan fungsinya dari alat tersebut. Bagian-bagian biola bisa dilihat pada gambar di bawah ini:

bagian-bagian biola
Sumber: bekasiorchestra.blogspot.com

Scroll

Berfungsi sebagai tempat bersandarnya tanganmu ketika menyetem biola agar lebih nyaman.

Pegbox

Berfungsi sebagai pengikat senar sekaligus pengatur nada (tuning) di setiap senar.

Neck

Berfungsi sebagai alat tumpu, yaitu untuk menahan fingerboard dan menyatukan tubuh dan bagian kepala biola.

Fingerboard

Berfungsi untuk menempatkan jari-jari tangan kiri ketika menekan senar biola. Untuk mengetahui perbedaan antara neck dan fingerboard, biasanya fingerboard ditandai dengan warna hitam. Fingerboard pada biola tidak memiliki fret seperti yang dimiliki pada gitar.

Waist (C-Bout)

Berfungsi untuk memberikan ruang kosong pada pergerakan bow ketika digesekkan.

F holes

Adalah dua lubang berbentuk huruf f yang terdapat pada badan biola yang berfungsi sebagai tempat keluarnya suara dari resonansi bunyi di badan biola.

Bridge

Merupakan bagian terpenting biola karena berpengaruh dalam produksi suara yang bagus. Bridge berfungsi menghantarkan getaran suara dari senar bagian badan biola. Bridge dibuat melengkung untuk menahan senar pada ketinggian tertentu dan agar mempermudah penggesekan. Lengkungan tersebut dibuat dengan penuh ketelitian agar pemisahan senar memiliki jarak gesek.

Fine tuners

Mempunyai fungsi menyetem suara biola, jadi jika biola hanya fals setengah sampai satu nada, maka tuning bisa dilakukan dari sini.

Tailpiece

Berfungsi sebagai tempat meletakkan fine tuners dan juga untuk menahan pangkal senar agar stabil dan pas dengan posisi bridge.

Chinrest

Berfungsi untuk menopang biola dengan dagu dan rahang.

Soundpost

Berada di dalam badan biola di belakang posisi bridge sebelah kanan berupa sebatang kecil dan dapat dilihat dari f holeSoundpost ini berfungsi untuk menghantarkan getaran dari bridge ke ruang resonansi biola.

soundpost biola
Sumber: grawert.com.au

Kemudian terdapat 2 aksesoris biola yang paling penting dalam memainkan biola yaitu alat penggesek biola yang biasa disebut dengan bow dan rosin yang berfungsi untuk membuat hairbow menjadi lebih kesat.

rosin
Sumber: amazon.com

2. Memastikan beberapa hal setelah membeli biola

Ada beberapa hal yang perlu kamu pastikan setelah membeli biola. Pertama, pastikan bridge pada biola sudah terpasang karena beberapa penjual biola belum memasangnya. Posisi bridge berada tegak lurus di antara f hole. Jika kamu merasa kesulitan, kamu bisa menggunakan kertas yang sudah ditandai seperti gambar di bawah ini.

Posisi bridge pada biola
Sumber: charolatte.blogspot.com

Setelah memasang bridge dengan benar, kamu harus menyetem senar biola. Jika kamu membeli biola di toko, kamu bisa meminta bantuan pada penjualnya. Jika kamu membelinya di online shop, maka kamu harus menyetemnya sendiri. Untuk pemula, menyesuaikan nada senar biola bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi pada ponsel pintar. Hati-hati melakukannya, jangan sampai senarnya putus.

Selanjutnya kamu harus menggosokkan rosin pada hairbow biola. Jika kamu tidak melakukan hal itu, maka dipastikan biola tidak akan bunyi. Sebelum rosin digosokkan pada hairbow, rosin harus diamplas atau disayat dengan arah memanjang sampai permukaan atas rosin terkikis secara menyeluruh dan menjadi tidak bening lagi.

Hal ini akan membuat serbuk rosin menempel pada hairbow dan menghasilkan suara ketika senar biola digesek. Jangan menggosok hairbow dengan rosin yang terlalu banyak karena nantinya senar yang digesek akan menghasilkan suara yang kasar.

Selain menggosok rosin pada hairbow, kencangkan hairbow jika terasa longgar dengan memutar ujung sekrup searah jarum jam sampai jarak antara kayu dengan hairbow cukup lebar untuk dilewati sebuah pensil dengan mudah dari ujung ke ujung. Jangan gantikan pensil dengan jari kelingkingmu karena bisa saja minyak pada kulitmu menempel pada hairbow dan itu akan mempengaruhi suara yang dihasilkan ketika menggesek biola.

3. Latihan teknik dasar belajar biola

Nah, jika kamu sudah melakukan empat hal penting setelah membeli biola, kamu sudah bisa mempelajari teknik-teknik dasar dalam bermain biola. Bagi kamu yang masih pemula, perlu latihan menahan biola dengan bahu dan dagumu sesering mungkin. Posisi biola harus bersandar pada leher. Jika kamu sudah mengetahui cara memegang biola dengan benar, maka kamu bisa melatih menahan biola sambil melakukan kegiatan yang ringan seperti menonton tv, membaca, atau kegiatan lainnya.

menahan biola
Sumber: josepharnoldmusic.com

Selain berlatih menahan biola, maka hal penting selanjutnya adalah menggesek senar biola. Jika kamu melihat pemain biola yang sudah mahir memang terlihat sederhana dan mudah, tetapi sebenarnya dibutuhkan beberapa teknik yaitu teknik memegang bow dan teknik menggesek senar biola dengan benar. Untuk memegang bow, tangan harus rileks tetapi tetap bertenaga agar bow tidak lepas kendali.

Pada awalnya tanganmu memang akan terasa kaku dan sangat disarankan untuk melatih kelenturan pergelangan tangan. Hal tersebut akan sangat berguna dalam proses pembelajaran. Latihlah menggesek senar dengan bow dari bawah ke atas dan sebaliknya sesering mungkin, pastikan gerakan bow tetap lurus. Bagi pemula, kamu bisa menggesek satu persatu senar secara bergantian tanpa ditekan oleh jari.

Seiring dengan seringnya kamu berlatih menahan biola dan menggesek senar biola dengan nada terbuka (open string), kamu bisa berlatih menggesek senar biola sambil menekan senarnya dengan jari tanganmu. Kamu perlu mengetahui posisi jari pada biola untuk menghasilkan nada tertentu. Dari kiri ke kanan gunakan jari telunjuk, jari tengah, jari manis dan kelingking secara bergantian untuk menekan setiap senarnya sehingga nantinya akan menghasilkan tangga nada yang berurutan.

Tangga nada yang mudah untuk pemula adalah tangga nada D Mayor, yang dimulai pada senar D terbuka (senar 2). Untuk pemula, biasanya belum menggunakan kelingking pada awal-awal latihan.

4. Belajar membaca not

Ketika teknik dasar sudah kamu pelajari secara detail dan mampu diterapkan dengan lancar, maka selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah belajar membaca not balok. Hal ini sangat penting bagi siapapun yang ingin lihai memainkan alat musik, bukan hanya biola.

Tangga nada yang berisikan do-re-mi-fa-sol-la-si adalah notasi musik yang sangat sederhana sebagai dasar pengetahuan musik. Bukan hanya itu, kamu juga harus bisa membaca not A-B-C dan seterusnya. Agar tidak bosan, kamu bisa memainkan lagu-lagu sederhana untuk memperlancar kamu dalam membaca not.

membaca not
Sumber: blog.elevenia.co.id

5. Berlatihlah setiap hari

Sebagai pemula, kamu harus konsisten untuk meluangkan waktu belajarmu setiap hari minimal 15-20 menit. Lagu-lagu sederhana memang terdengar cukup mudah untuk dimainkan, tetapi butuh waktu untuk memainkannya dengan baik karena dalam bermain biola terdapat teknik-teknik dasar yang harus dikuasai terlebih dahulu.

Jangan bosan dan cepat menyerah untuk terus berlatih karena pada akhirnya hal itu akan membuatmu bisa mempelajari teknik-teknik lainnya dan memainkan lagu-lagu yang sulit.

Tips Bermain Biola

Pertama

Jangan menyimpan bow dalam keadaan masih kencang/belum dilonggarkan karena itu bisa membuat bow rusak.

Kedua

Berlatihlah dalam tempo yang pelan terlebih dahulu, kemudian mulai menaikkan temponya secara bertahap. Nantinya kamu akan terbiasa dengan teknik-teknik yang kamu pelajari tanpa merasa terbebani.

Ketiga

Belajarlah dengan seorang guru jika kamu menginginkan perkembangan yang lebih cepat.

Keempat

Bersihkan serbuk rosin yang menempel pada senar dan badan biola setelah berlatih. Gunakan kain yang lembut, kering dan bersih. Jangan membersihkan serbuk rosin yang menempel pada haribow.

Kelima

Membersihkan biola dengan semir jenis lain atau dengan air akan merusak lapisan pernis dan akustik biola. Air juga menyebabkan lapisan biola mengelupas, jadi gunakan seperlunya saja

Keenam

Tempat penyimpanan berada pada suhu yang sesuai agar tidak merusak biola

Nah itulah cara bermain biola, nikmati proses belajarnya dan semoga kamu cepat lancar bermain biola!

Kamu telah menyelesaikan 1 dari 4 bab

25%

Avatar
Dea
Pernah bergabung dalam komunitas "Autodidact Violin Community" selama 2 tahun dan beruntung mendapatkan kesempatan bermain dalam sebuah konser mini orkestra di Jakarta.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Fungsi: Notasi, Domain, Range, Operasi, Komposisi dan Invers

Fungsi adalah salah satu materi yang sangat penting untuk dipelajari sebelum kamu memasuki bab lainnya, seperti turunan dan integral. Untuk itu mari kita belajar...

Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Contoh dan Cara Penyelesaian

Pada bab sebelumnya kita sudah mengetahui nilai mutlak, kali ini kita akan belajar tentang persamaan linear tiga variabel. Hampir setiap hari kita menggunakan sistem...

Nilai Mutlak: Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linier Satu Variabel

Nilai mutlak sering kita gunakan dalam kehidupan, namun hanya sedikit orang yang memahaminya. Nah, Untuk memahami lebih lanjut mengenai nilai mutlak serta persamaan dan...

Contoh Paper: Pengertian, Struktur, Format dan Cara Membuatnya

Di dunia perkuliahan, menulis paper selalu mudah dijumpai di berbagai mata kuliah. Tugas menulis paper seperti sudah menjadi makanan sehari-hari bagi mahasiswa. Selain itu,...

Cara Membuat Outline Skripsi

Bagi kalian yang sudah mulai mengerjakan tugas akhir, pasti kalian mulai memikirkan sebenarnya outline skripsi itu bagaimana sih? Mungkin banyak dari kalian yang sama...