Home Komunikasi Apa Perbedaan Resume, Resensi, dan Review?

Apa Perbedaan Resume, Resensi, dan Review?

Resume, resensi, dan review merupakan kegiatan kebahasaan yang sering dilakukan. Entah itu di bangku sekolahan maupun dalam kehidupan sehari-sehari.

Akan tetapi, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan resume, resensi, dan review tersebut? Apa yang membedakan ketiganya?

Sebelum membahas perbedaan resume, resensi, dan review, mari menyimak terlebih dahulu pengertian ketiga poin tersebut.

Resume

Sebelum membahas tentang perbedaan resume, resensi, dan review, mari membahas terlebih dahulu tentang apa itu resume.

Apa yang Dimaksud dengan Resume?

Apakah kamu pernah meringkas buku? Mungkin itu pernah kamu lakukan, tetapi tidak menyadari istilah yang diberlakukan untuk hal tersebut.

Ya, resume adalah kegiatan meringkas sebuah buku untuk mendapatkan poin utama yang dibahas dalam buku tersebut.

Ingatlah, jangan menambahkan pandanganmu ketika melakukan resume buku. Resume murni menyimpulkan apa yang dibahas sebuah buku.

Untuk Apa Melakukan Resume Buku?

Segala sesuatu dilakukan berdasarkan tujuan tertentu. Hal ini menjadi alasan kenapa kamu mesti meresume buku. Resume buku dilakukan untuk memperoleh informasi penting yang terdapat pada buku terkait.

Sederhananya, resume buku hanya mengambil intisari pada setiap bab yang ada. Misalnya, bab pertama membahas tentang apa, dan begitu seterusnya.

Apa yang Harus Dilakukan Untuk Meresume Buku?

Untuk menemukan poin-poin penting terhadap sebuah bacaan, kamu bisa mempersiapkan hal berikut ini.

  • Hal utama dari meresume buku adalah bahan bacaan. Ya, jangan lupa menyediakan buku atau bahan bacaan untuk dibuat resumenya.
  • Setelah memiliki bahan bacaan, tidak lengkap rasanya jika kamu melupakan alat tulis untuk menyalin poin-poin penting dari bacaan tersebut.
  • Menemukan poin-poin penting dengan membaca gagasan utama pada buku atau bacaanmu. Upayakan menggunakan bahasa yang lugas dan hindari pengulangan kata yang tidak berarti.
  • Pastikan poin-poin yang telah dibuat itu terangkai secara baik dengan membacanya kembali. Jangan lupa untuk memperhatikan tanda baca dan kaidah penulisan lainnya.

Resensi
Sumber: thegorbalsla.com

Resensi

Setelah membahas tentang resume, mari membahas apa itu resensi untuk mendapatkan perbandingannya.

Apa itu Resensi?

Jika resume adalah kegiatan menyimpulkan bacaan, bagaimana dengan resensi?

Resensi atau resencere dalam bahasa Latin berati menilai atau menimbang. Sederhananya, resensi dilakukan untuk mempelajari isi buku dengan poin-poin tertentu terkait kekurangan, kelebihan, atau hasil observasi terhadap tulisan.

Misalnya kamu akan melakukan resensi buku. Yang menjadi tujuan kamu disana adalah kritik atau saran yang akan kamu berikan terhadap tulisan tersebut.

Kenapa Resensi?

Kenapa orang-orang melakukan resensi buku? Resensi buku memiliki tujuan tertentu seperti berikut ini.

  • Memberikan nilai kelayakan atas sebuah bacaan. Apakah bacaan tersebut pantas dikonsumsi khalayak ramai atau tidak.
  • Menggali informasi apa yang disampaikan penulis dalam buku atau bacaan tersebut.
  • Menjadi bahan diskusi sebagai perbandingan atas topik terkait.
  • Sebagai bahan testimoni untuk promosi bacaan tersebut.

Bagaimana Cara Melakukan Resensi?

Setelah kamu mengetahui tujuan resensi, mari fiksasi pengetahuanmu dengan mempelajari langkah-langkah resensi berikut ini.

Berbeda halnya dengan membuat resume, resensi akan mengupas seluruh isi buku atau bacaan. Cover dan gaya penulisan pun tidak luput dari kegiatan meresensi ini.

Akan tetapi, kamu tidak perlu mendeskripsikan secara rinci mengenai buku atau isi bacaan tersebut. Ya, jangan spoiler ya…

Review
Sumber: irp-cdn.multiscreensite.com

Review

Setelah mengetahui apa itu resume dan resensi, mari mempelajari lebih lanjut tentang apa itu review untuk mendapatkan perbedaan ketiga materi ini.

Kenapa Dinamakan Review?

Review dapat dilakukan untuk memberikan ulasan seputar tulisan atau produk. Ketika membuat sebuah review atas tulisan, kamu akan membuat ringkasan dari tulisan tersebut yang dipadu dengan penilaian pribadi.

Mengapa Harus Me-review?

Review bertujuan untuk memberi gambaran terhadap sebuah tulisan berupa pandanganmu sendiri. Kamu disarankan untuk membuat ulasan yang menginspirasi orang-orang yang akan membaca tulisanmu.

Apa yang Harus Dilakukan Untuk Me-review?

Langkah-langkah untuk melakukan review berdasarkan pendapat Luisa Playa di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Deskripsikan apa yang terkandung pada tulisan atau buku tersebut.
  • Kemukakan beberapa poin penting tetang apa yang kamu senangi dan tidak disenangi dari buku tersebut.
  • Ajukan saran para pembaca untuk membaca buku yang telah kamu review.
  • Jangan lupa untuk menambahkan rating terhadap buku tersebut.

Nah, itulah ulasan mengenai perbedaan resume, resensi, dan review. Ketiganya memang jelas berbeda meskipun mengulas sebuah bacaan atau tulisan.

Resume diibaratkan seperti merangkum. Sedangkan resensi adalah mempelajari isi buku dari sampul depan hingga sampul belakang untuk memberikan saran atau kritik. Berbeda halnya dengan review.

Baca juga: Contoh Resensi Buku dan Pengertiannya

Review bacaan atau sebuah tulisan bertujuan untuk menghimpun kedua teknik sebelumnya. Sederhananya, membahas keadaan buku tersebut secara objektif.

Nah sekarang mengerti kan perbedaan resume, resensi, dan review. Semoga artikel ini dapat membantumu ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Ciri dan Struktur

Pernah nggak sih, kamu penasaran terhadap suatu hal atau objek tertentu dan pengen nyoba untuk mengetahui lebih jauh objek tersebut? Tentu pernah dong. Nah,...

Contoh Konjungsi atau Kata Penghubung serta Jenisnya

Kamu pasti sering melihat penyebutan kata konjungsi atau kata penghubung di dalam soal ujian Bahasa Indonesia, bukan? Rasanya sudah nggak asing lagi sama penyebutan...

Mengenal Manajemen Kontinuitas Bisnis

Tahun 2020 menjadi tahun yang cukup menyedihkan bagi kita semua. Berbagai bencana terjadi dan lebih parahnya, wabah virus corona terjadi di mana-mana. Hal ini...

Pengertian dan Sejarah Corporate Social Responsibility (CSR)

Pernah dengar tentang istilah CSR atau corporate social responsibility? Atau kamu pernah jalan-jalan di taman kota dan menemukan tugu dengan tulisan “Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan...

Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC)

Komunikasi Pemasaran Terpadu, atau dapat juga disebut sebagai Integrated Marketing Campaign (IMC) adalah hal yang penting dalam bidang pemasaran. Secara definisi, IMC adalah sebuah...