Home Teknologi Fotografi 5 Macam Angle dalam Fotografi Yang Wajib Diketahui

5 Macam Angle dalam Fotografi Yang Wajib Diketahui

Fotografi adalah dunia yang unik, nyaris tidak ada langkah yang benar dan salah. Setiap fotografer memiliki caranya sendiri dalam menyampaikan pesan, termasuk dari sisi angle.

Angle fotografi adalah sudut pengambilan gambar tertentu saat kamera membidik sebuah obyek foto. Pemilihan angle foto sepenuhnya bergantung pada sudut pandang dan preferensi si fotografer itu sendiri.

Berangkat dari pengalaman, sebuah obyek foto yang sama bisa menghasilkan interpretasi yang beragam. Secara umum, terdapat 5 macam angle dalam dunia fotografi, yaitu:

1. Low Angle

Low angle mengambil sudut pengambilan foto yang lebih rendah dari si obyek. Pendekatan ini menghasilkan kesan obyek yang megah, masif, dan tangguh. Benda yang awalnya memang sudah besar, akan terlihat makin mengintimidasi.

Banyak fotografer yang menggunakan low angle saat mengambil gambar gedung bertingkat dan lebat pepohonan di hutan. Namun, teknik ini juga jamak digunakan untuk menonjolkan kekuatan benda-benda berukuran biasa, seperti mobil, rumah, atau manusia.

Low Angle
Sumber: digitalfotografi.net

2. High Angle

High angle berarti pengambilan gambar dilakukan dari sudut yang lebih tinggi dari obyek. High angle menghasilkan kesan obyek yang rendah, kesepian, dan sepi. Teknik ini menghasilkan gambar yang lebih terfokus, tidak melebar, dan sederhana dibandingkan bird view angle (akan dibahas di poin berikutnya).

Secara umum, tidak ada obyek yang khusus diperuntukkan untuk pendekatan high angle ini. Teknik ini bisa digunakan untuk benda apa saja di sekitar, tergantung pada presentasi yang ingin dihasilkan. High angle cocok dipakai untuk memotret makanan, buku, dan obyek lain yang sifatnya pipih.

High Angle
Sumber: farm3.staticflickr.com

3. Bird Eye Angle

Sedikit berbeda dengan high angle, layaknya sudut pandang seekor burung, bird eye angle mengambil jarak yang jauh dari obyek yang dipotret. Teknik ini umumnya digunakan untuk memotret gambar pemandangan atau landscape. Cakupan frame yang lebar menghasilkan presentasi gambar yang luas, namun tidak mendetail.

Tidak seperti hasil jepretan high angle yang simpel, bird eye angle mampu mengabadikan dinamika dari beragam obyek. Contohnya, sekumpulan gedung bertingkat dengan kemacetan mobil diantaranya.

Bird Eye Angle
Sumber: nisakusmut.wordpress.com

4. Eye View Angle

Bisa dikatakan ini menjadi teknik yang paling banyak digunakan, baik oleh kalangan amatir maupun profesional. Eye view angle berarti sudut pengambilan gambar sejajar dengan tinggi (mata) obyek. Teknik ini digunakan untuk menggambarkan keadaan obyek yang sesungguhnya, layaknya kita melihat sesuatu di depan mata.

Eye view angle banyak dipakai untuk memotret manusia secara close-up. Aura terkuat manusia berada di sorot matanya, dan pendekatan ini memungkinkan kita untuk menangkap aura itu.

Selain foto close-up, fotografer beraliran human interest mengoptimalkan eye view angle untuk merekam keseharian manusia dan interaksinya terhadap lingkungan.

Eye View Angle
Sumber: reanhidayat.wordpress.com

5. Frog View Angle

Sedikit lebih jauh daripada low angle, teknik frog view angle memiliki sudut pengambilan gambar yang jauh lebih rendah dari obyek. Untuk mendapat angle ini, seorang fotografer bisa saja harus tidur di atas tanah.

Baca juga: 7 Macam Komposisi Fotografi

Teknik ini mengambil obyek di sekitar kita, seperti manusia dan hewan, dan menjadikannya berukuran besar dan masif. Dengan presentasi yang tepat, frog view angle mampu menghasilkan nuansa misterius dalam frame.

Frog Eye Angle
Sumber: tipsfotografi.net

Bagi fotografer pemula, tidak perlu terlalu kaku menerapkan angle fotografi sesuai teori. Lambat laun, kreativitas dan jam terbang akan menuntun sendiri jemari Anda untuk menemukan sudut foto terbaik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa yang Dimaksud Etika Bisnis?

Istilah ‘etika’ memiliki banyak sekali makna yang berbeda. Etika sendiri merupakan studi standar moral yang bertujuan untuk menentukan standar yang benar atau yang didukung...

Sejarah Perkembangan Teater di Indonesia

Tahukah kamu apa yang disebut dengan teater? Sepintas teater mengartikan tentang pementasan atau sebuah pertunjukan di sebuah panggung. Lalu, apa yang Disebut dengan Teater Sebenarnya? Teater...

Cara Menjadi Karyawan Teladan

Bekerja itu memang melelahkan. Namun, setiap pekerjaan akan mendatangkan kebaikan jika kamu melakukannya dengan penuh keikhlasan. Ya, keikhlasan akan membuatmu bekerja dengan lebih mudah,...

Apa itu Musik? Berikut pengertiannya

Musik adalah lagu-lagu favorit yang didengar setiap saat menggunakan ponsel. Bisa melalui iTunes, Spotify, Soundcloud, JOOX atau Google Play. Sederhana dan sah-sah saja.  Nah, kalau...