Home Seni & Musik 10 Contoh Alat Musik Sentuh

10 Contoh Alat Musik Sentuh

Musik sudah menjadi bagian dari kehidupan kita sehari-hari. Apakah sekedar bersenandung atau memainkan alat musik membawakan lagu-lagu favorit, semuanya merupakan aktifitas yang menyenangkan. Nah, untuk memainkan alat musik kita harus mengetahui cara menggunakannya.

Ada banyak cara memainkan alat musik. Salah satunya dengan cara disentuh atau ditekan.

Berikut ini beberapa contoh alat musik sentuh untuk memberikan gambaran tentang cara memainkannya.

1. Piano

Alat musik yang sangat populer dengan sumber bunyinya berasal dari senar yang dipukul melalui tuts. Tuts adalah semacam papan kecil yang ada pada piano sebagai alat untuk menghasilkan bunyi berupa nada. Tuts terhubung dengan senar yang menjadi sumber bunyinya. Jika tuts disentuh atau ditekan maka palu pemukul di dalam piano akan menekan senar hingga menghasilkan bunyi.

Alat musik sentuh
Sumber foto : pixabay.com

Saat ini piano memiliki 88 tuts yang mewakili nada yang dapat dihasilkan. Piano juga sudah dilengkapi pedal yang digerakkan dengan lutut dan kaki untuk menambah kelengkapan nada yang bisa dimainkan.

Ada beberapa varian piano, yaitu grand piano, upright piano dan piano elektrik. Keberadaan piano tak lekang oleh waktu sehingga menjadi salah satu alat musik utama yang dimainkan pada segala macam genre musik.

2. Organ

Alat musik ini memiliki suara yang unik, panjang berkelanjutan tidak terputus selama tuts disentuh dengan ditekan.

Alat musik sentuh
Sumber foto : soniccircus.com

Pada awalnya organ dibuat menggunakan banyak pipa sebagai sumber suaranya. Dengan kemajuan teknologi sejak tahun 1930 organ tanpa pipa yang elektronik dibuat dan banyak dipakai dalam dunia musik.

Walaupun cara memainkannya sama seperti piano dengan menyentuh tuts, akan tetapi organ memiliki keistimewaan pada nada panjang yang tidak terbatas. Nada yang berkepanjangan tidak terputus membuat tempo bermusik tetap terjaga.

3. Keyboard (Kibor)

Perangkat musik yang sudah melibatkan teknologi dan menggunakan listrik. Cara memainkannya sama seperti piano dengan menyentuh tuts yang ada sesuai dengan lagu yang ingin dimainkan.

Keyboard
Sumber: googleusercontent.com

Secara sederhana keyboard adalah alat musik yang sudah merekam seluruh suara dan bunyi yang diinginkan. Oleh karenanya keyboard bisa menghasilkan suara gitar, terompet, piano, organ dan bahkan dram. 

Dengan menggunakan keyboard, secara utuh kita bisa memainkan sebuah lagu layaknya sebuah band atau orkestra beserta alat musiknya yang lengkap.

4. Akordion

Alat musik sentuh yang menggunakan tuts untuk menghasilkan suara atau bunyi. Akordion memanfaatkan tekanan udara saat tuts disentuh dengan mendorong dan menarik bagian pompanya. 

Alat musik sentuh
Sumber foto : pixabay.com

Akordion dimainkan dengan cara tangan kiri mendorong dan menarik bagian karet pompa sambil menekan tombol bas. Tangan kanan menyentuh tuts sesuai dengan nada yang ingin dimainkan.

5. Pianika (Melodika)

Pianika merupakan alat musik sentuh yang memanfaatkan aliran udara untuk menghasilkan suara. Aliran udara dihasilkan dengan cara melakukan tiupan. Oleh karena itu pianika juga dimasukan ke dalam kategori alat musik tiup.

Alat musik sentuh
Sumber foto : woodbrass.com

Memainkannya dengan cara tangan kiri memegang pianika. Kemudian tangan kanan menyentuh tuts dengan ditekan sesuai dengan nada yang diinginkan. Dan mulut meniupnya untuk menghasilkan bunyi.

6. Orgel

Adalah alat musik organ versi klasik. Disebut juga organ pipa karena sumber bunyinya berupa pipa-pipa yang dipasang di bagian dalam dan belakangnya. 

Alat musik sentuh
Sumber foto : pixabay.com

Pada alat musik orgel dipasangkan sejumlah pipa yang ukurannya sesuai tangga nada. Jangkauan nadanya hingga 5 sampai 6 oktaf.

Baca juga: Nada Dasar Musik yang Perlu Diketahui

Suara yang keluar terjadi dengan memanfaatkan udara yang dialirkan pada pipa nada. Pompanisasi dilakukan melalui pedal yang ada di bagian bawahnya. Oleh karena itu kedua kaki harus terus memijak pada pedal naik turun sesuai kebutuhan bersamaan dengan saat tuts ditekan.

7. Synthesizer

Varian lain dari keyboard dengan lebih banyak menggunakan kemajuan teknologi dalam menghasilkan bunyi.

Synthesizer
Sumber: sweetwater.com

Synthesizer merupakan perangkat elektronik yang mempunyai suara dalam bentuk sinyal suara. Ketika menggunakan alat musik ini kita bisa mengganti karakteristik suara seperti tinggi rendah nada, warna suara, dan volume suara dengan mudah. Cara memainkannya dengan menyentuh tuts dan melakukan pengaturan sesuai dengan kebutuhan. 

8. Tenori-On

Alat musik elektronik yang dimainkan dengan cara menyentuh tombol-tombol yang ada. Diciptakan dan diproduksi di Jepang sebagai bagian dari pengayaan rekayasa teknologi Yamaha Music. 

Alat musik sentuh
Sumber foto : yamaha.com

Berbentuk tablet dengan tombol yang memenuhi seluruh bidang. Dengan sederhana sebenarnya Tenori On merupakan device atau perangkat yang menggabungkan synthesizer dan aplikasi musik yang sudah terkomputerisasi. Terdiri dari 16 tombol utama dengan 256 tombol sentuh lainnya yang dapat menghasilkan beragam irama dan suara.

9. Launchpad

Sejenis dengan Tenori-On yang merupakan alat musik elektronik bagian dari perkembangan teknologi musik milenial. Terbilang baru diciptakan pada tahun 2009 dan sangat cocok digunakan untuk mengaransemen ulang sebuah lagu.

Alat musik sentuh
Sumber foto : novationmusic.com

Cara memainkan alat musik ini dengan menyentuh tombol-tombol pad yang ada. Sangat berguna sebagai pengganti atau alternatif peralatan yang digunakan seorang DJ. Fungsinya yang sangat beragam mampu menggantikan alat berupa mixer, MIDI Controller, Effect Generator dan sejenisnya.

10. Laser Harp

Bagian dari perkembangan musik elektronik. Alat musik sentuh ini memanfaatkan sinar laser untuk menghasilkan bunyi atau suara. Program musik yang sudah terkomputerisasi dipadukan dengan konsol yang menghasilkan sinar laser. Kemudian fungsi kamera infra merah dan jaringan wifi menjadi media penerima sinyal untuk memainkannya.

Baca juga: 10 Contoh Alat Musik Melodis

Alat musik sentuh
Sumber foto : laser-harp.com

Seperti saat memainkan harpa atau piano, tangan kita harus menyentuh dengan menahan sinar laser yang menyala. Sinyal penerima yang terbaca melalui kamera infra merah dan jaringan wifi kemudian akan terkoneksi dengan program musik.

Miska
Miska
Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Nasional - Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Kalimat Majemuk: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Dulu saat masih duduk di bangku sekolah, pasti selalu ada materi tentang kalimat. Ada banyak materi tentang kalimat yang disampaikan oleh guru, salah satunya...

10 Suku di Bali dan Nusa Tenggara Serta Penjelasannya

Bali dan Nusa Tenggara adalah pulau kecil di Indonesia. Meski begitu, pulau - pulau ini menyimpan keindahan alam yang sangat memukau. Ditambah lagi keberagaman...

Kalimat Efektif dan Tidak Efektif: Pengertian, Ciri, dan Contoh

Membuat suatu tulisan bukanlah hal yang sulit. Semua orang bisa membuat tulisan mengenai hal-hal apa saja yang ingin dibahasnya. Tapi, sayangnya belum semua orang...

10 Suku di Maluku Serta Penjelasannya

Maluku adalah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Alam Maluku masih sangat indah, banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti pantai,...

10 Contoh Cerpen Cinta Dengan Berbagai Pesan

Cerpen cinta memiliki tema yang sering diangkat dalam dunia kepenulisan. Cerpen cinta biasanya mengungkapkan perasaan, cinta, kasih sayang, dan juga penderitaan yang telah dialami. Berikut...