Home Seni & Musik 10 Contoh Alat Musik Melodis

10 Contoh Alat Musik Melodis

Alat musik melodis adalah instrumen yang dimainkan untuk menghasilkan suara berirama berupa nada-nada utama atau melodi pembentuk komposisi musik. Alat musik melodis memiliki fungsi sebagai alat musik pembentuk atau pencipta nada dalam sebuah komposisi musik atau lagu.

Ada beberapa jenis alat musik melodis berdasarkan cara penggunaannya, yaitu: 

  1. Alat Musik petik, contohnya: kecapi, mandolin, gitar dan sasando.
  2. Alat Musik tiup, contohnya: suling, harmonika dan pianika.
  3. Alat Musik sentuh, contohnya: piano dan akordion 
  4. Alat Musik gesek, contohnya: biola
  5. Alat Musik pukul, contohnya: kolintang dan angklung

Berikut ini 10 contoh alat musik melodis sebagai penjelasannya.

1. Gitar

Salah satu alat musik petik melodis yang paling dikenal dan banyak dimainkan. Terbuat dari kayu dengan 6 senar yang menjadi sumber bunyinya.

Alat musik melodis
Sumber foto : pixabay.com

Secara berurutan dari senar paling atas sampai kebawah memiliki nada E, A, B, G, B dan E. Hal ini menjelaskan bahwa gitar adalah alat musik pembentuk nada. 

Gitar dapat menghasilkan bermacam-macam nada dengan 144 kord atau kunci nada jika dimainkan dengan baik dan benar.

Baca juga: Cara Bermain Gitar Untuk Pemula

2. Kecapi

Alat musik melodis tradisional khas Indonesia. Berasal dari daerah Sunda di Jawa Barat. Terbuat dari kayu, terdiri dari kecapi perahu yang memiliki 18-20 senar dan kecapi ricik yang cuma 15 senar.

Alat musik melodis
Sumber foto : catskillgamelan.org

Dimainkan dengan cara dipetik menggunakan teknik tertentu, kecapi bisa menghasilkan nada-nada pentatonis. Nada pentatonis adalah notasi tangga nada yang berdasarkan konsep pelog dan slendro. Hanya terdiri dari 5 nada, yaitu Da, Mi, Na, Ti, dan La.

3. Mandolin

Alat musik petik sejenis gitar yang memiliki latar belakang di Italia yang kemudian menyebar hingga ke Timur Tengah. Masuk ke Indonesia melalui akulturasi budaya Arab sebagai bagian dari musik tradisional Melayu.

Alat musik melodis
Sumber foto : merdeka.com

Mandolin sejatinya memang bersifat chordophone, yaitu alat musik pencipta nada. Sehingga dimainkan sebagai instrumen melodi dalam sebuah komposisi musik yang lengkap.

4. Flute (Seruling)

Merupakan alat musik tiup yang juga bersifat chordophone, artinya alat musik yang menghasilkan nada utama atau melodi.

Alat musik melodis
Sumber foto : pixabay.com

Dimainkan dengan cara ditiup menyamping pada lubang rongga udara dengan menempelkan bibir sehingga aliran udara mengenai pinggiran lubang.

Lubang tiup adalah bagian yang penting untuk menghasilkan suara yang indah jika ditiup dengan benar. 

5. Harmonika

Mungkin adalah alat musik melodis yang paling mudah penggunaannya. Cukup dengan meniup dan menghisapnya saja bisa dihasilkan nada utama pembentuk musik.

Alat musik melodis
Sumber foto : wartajazz.com

Berukuran relatif kecil sekitar 20 cm saja. Terbuat dari kombinasi material kayu dan logam. Keindahan suara yang keluar dari alat musik ini terletak pada 20 plat bernada di dalam badan harmonika dengan 10 lubang tiup dan hisap.

6. Piano

Alat musik melodis dengan cara menyentuh yang paling populer. Banyak dimainkan dalam berbagai aliran musik.

Alat musik melodis
Sumber foto : pixabay.com

Dengan 88 tuts yang dapat menghasilkan nada, piano adalah alat musik penghasil nada utama yang sangat diandalkan. 

Suara yang dihasilkan piano berasal dari senar yang terpukul palu di dalam badan piano saat tuts disentuh atau ditekan.

7. Akordion

Alat musik melodis yang bentuk dan penggunaannya cukup unik. Terbuat dari kombinasi berbagai material dengan pompa udara khusus. 

Alat musik melodis
Sumber foto : pixabay.com

Akordion seperti piano kecil yang dimainkan digendong di dada. Tangan kiri memainkan tombol bas berbarengan dengan dorongan dan tarikan pada pompa. Sementara tangan kanan memainkan nada-nada melodi dengan menekan tuts yang ada.

Dengan memanfaatkan tekanan udara saat tuts disentuh dengan mendorong dan menarik bagian pompa, akordion dapat menghasilkan nada utama pembentuk melodi.

8. Biola

Alat musik gesek paling populer yang termasuk sebagai alat musik pencipta nada.

Alat musik melodis
Sumber foto : okezone.com

Terbuat dari kayu dengan 4 dawai, dimainkan dengan digesek menggunakan busur yang dipasangkan helaian rambut kuda.

Biola memang bersifat chordophone dengan peranannya sebagai alat musik utama pada berbagai genre musik.

Baca juga: Cara Bermain Biola untuk Pemula 

9. Kolintang

Salah satu alat musik pukul khas Indonesia yang berasal dari Minahasa, Sulawesi Utara.

Alat musik melodis
Sumber foto : gpswisataindonesia.info

Terbuat dari bilah kayu yang tersusun sedemikian rupa menjadi alat musik yang menghasilkan nada. Dimainkan dengan cara dipukul menggunakan tongkat kayu.

Alat musik kolintang menggunakan tangga nada diatonik yang umum dipakai secara internasional. Dengan kemampuan bersolmisasi, fungsinya sebagai alat musik pencipta nada sangat signifikan.

10. Angklung

Angklung
Sumber foto: google maps @Saung Angklung Udjo

Alat musik tradisional asli Indonesia yang berasal dari daerah Pasundan di Jawa Barat. Popularitasnya membuat alat musik ini banyak dimainkan diseluruh Nusantara.

Angklung terbuat dari potongan bambu yang dibentuk seperti pipa. Ukurannya disesuaikan dengan tinggi rendah suatu nada. Biasanya angklung berukuran besar menghasilkan nada rendah. Sedangkan angklung berukuran kecil bernada tinggi.

Sebagai alat musik perkusi, angklung dimainkan dengan dipukul, tepatnya menepuk atau menggoyang badan angklung hingga mengeluarkan bunyi. Angklung dapat berbunyi karena pipa bambu bergerak dan saling bersenggolan saat digoyangkan. 

Cara memainkan yang benar adalah salah satu tangan memegang angklung, kemudian satu tangan yang lain menggoyang-goyangkan angklung.

Angklung menggunakan tangga nada diatonis sesuai dengan perannya sebagai alat musik melodis.

Miska
Miska
Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Nasional - Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Kalimat Majemuk: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Dulu saat masih duduk di bangku sekolah, pasti selalu ada materi tentang kalimat. Ada banyak materi tentang kalimat yang disampaikan oleh guru, salah satunya...

10 Suku di Bali dan Nusa Tenggara Serta Penjelasannya

Bali dan Nusa Tenggara adalah pulau kecil di Indonesia. Meski begitu, pulau - pulau ini menyimpan keindahan alam yang sangat memukau. Ditambah lagi keberagaman...

Kalimat Efektif dan Tidak Efektif: Pengertian, Ciri, dan Contoh

Membuat suatu tulisan bukanlah hal yang sulit. Semua orang bisa membuat tulisan mengenai hal-hal apa saja yang ingin dibahasnya. Tapi, sayangnya belum semua orang...

10 Suku di Maluku Serta Penjelasannya

Maluku adalah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Alam Maluku masih sangat indah, banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti pantai,...

10 Contoh Cerpen Cinta Dengan Berbagai Pesan

Cerpen cinta memiliki tema yang sering diangkat dalam dunia kepenulisan. Cerpen cinta biasanya mengungkapkan perasaan, cinta, kasih sayang, dan juga penderitaan yang telah dialami. Berikut...