Home Seni & Musik 10 Contoh Alat Musik Pukul

10 Contoh Alat Musik Pukul

Alat musik pukul adalah alat musik yang penggunaannya dipukul untuk menghasilkan bunyi. Dalam bahasa musik disebut perkusi.

Dibedakan menjadi yang bernada dan yang tidak bernada. Bernada artinya alat musik tersebut mengeluarkan atau menghasilkan nada saat dimainkan dengan dipukul. Sedangkan yang tidak bernada hanya menghasilkan bunyi tertentu pada saat dimainkan.

Alat Musik Pukul Bernada

1. Kolintang

Salah satu dari sekian banyak kekayaan budaya yang dimiliki Indonesia. Berasal dari daerah Minahasa di Sulawesi Utara. Kata kolintang bersumber dari penyebutan kata untuk nada rendah (tong), nada tinggi (ting) dan nada biasa (tang).

Alat musik pukul
Sumber foto : commons.m.wikimedia.org

Kolintang terbuat dari lempengan kayu ringan yang disusun berdasarkan tangga nada. Ditaruh di rak atau meja dengan alat pukul berupa tongkat khusus yang juga terbuat dari kayu. 

2. Calung

Berasal dari daerah Sunda di Jawa Barat dan sekitar wilayah Banyumasan di Jawa Tengah. Terbuat dari bambu yang dibentuk menjadi bilah tabung bernada. Biasanya menggunakan bambu hitam atau bambu hijau. 

Alat musik pukul
Sumber foto : rumahulin.com

Dimainkan dengan dipukul menggunakan tongkat kayu. Tangga nadanya pentatonik. Yang di daerah Jawa Barat menggunakan da-mi-na-ti-la sedangkan Banyumasan memakai ji-ro-lu-ma-nem. 

Dibedakan menjadi 2 jenis. Calung rantay biasanya terdiri dari 7 bilah tabung bambu atau lebih. Disusun berurutan dari bilah yang terbesar diikat menggunakan kulit waru. Sedangkan calung jinjing hanya memiliki 4 sampai 5 bilah tabung saja.

3. Gamelan

Seperangkat alat musik yang terdiri dari beberapa instrumen yang digabungkan untuk dimainkan secara bersamaan. Gamelan merupakan ensambel musik tradisional khas Indonesia. 

Alat musik pukul
Sumber foto : nusantarakaya.com

Perangkat musik yang menjadi bagian dari gamelan hampir semuanya adalah alat musik pukul. Gamelan terdiri dari: kendang, bonang, bonang penerus, demung, saron, peking, kenong & kethuk, slenthem, gender, gong, gambang dan kempul. Hanya rebab, siter dan suling yang memainkannya tidak dengan dipukul.

Saron dan kendang adalah alat musik gamelan yang terbuat dari kayu. Sedangkan yang lainnya terbuat dari logam.

Gamelan digunakan untuk mengiringi tarian, tembang dan upacara pada acara-acara resmi seperti : syukuran, pernikahan maupun upacara keraton. Gamelan juga menjadi bagian yang menyatu pada pagelaran wayang.

4. Xylophone

Alat musik yang masuk ke dalam keluarga perkusi. Kemungkinan besar berasal dari Slowakia di Eropa. 

Terbuat dari batang-batang kayu berbagai ukuran. Untuk memainkannya dipukul menggunakan pemukul yang terbuat dari plastik, kayu atau karet.

Alat musik pukul
Sumber foto : pixabay.com

Setiap batang atau bilah menghasilkan nada tertentu. Batang yang berukuran lebih panjang mengeluarkan nada yang lebih rendah. Sedangkan batang yang lebih pendek menyuarakan nada lebih tinggi.

5. Vibrafon

Alat musik pukul yang memiliki bilah atau batang nada untuk mengeluarkan bunyi. Disebut juga vibraharp atau cukup vibes saja.

Alat musik pukul
Sumber foto : usa.yamaha.com

Batang nada vibrafon terbuat dari aluminium yang dibentuk untuk menghasilkan nada. Vibrafon juga menggunakan pedal seperti pedal yang ada di piano. Tinggi rendah nada diatur menggunakan pedal. Batang nada aluminium yang dipukul akan menghasilkan nada rendah saat pedal diangkat naik. Nada tinggi dihasilkan ketika pedal ditekan turun.

Baca juga: Jenis Tangga Nada Yang Harus Diketahui

Dalam perkembangannya vibrafon sering digunakan dalam musik jazz.

Alat Musik Pukul Tidak Bernada

1. Ketipung

Salah satu alat musik tradisional khas Indonesia. Bentuknya menyerupai gendang dengan ukuran yang lebih kecil. Lubang bagian tengah berdiameter 20 hingga 40 cm. Terbuat dari kayu dilapisi kulit binatang sebagai membran penghasil bunyi.

Alat musik pukul
Sumber foto : nesabamedia.com

Sering disebut gendang kecil yang mempunyai 2 sisi tabuh. Biasa dimainkan saat mengiringi musik melayu yang rancak dengan suara bulat jernih.

2. Tamborin

Sejenis perkusi yang dimainkan dengan cara ditabuh dan digoyangkan. Terbuat dari bingkai kayu bundar yang dilapisi kulit sapi yang telah disamak. Membran pelapis sebagai penghasil bunyi ini bisa digantikan dengan plastik atau karet.

Tamborin juga menghasilkan suara gemerincing dengan dipasangnya kepingan logam di sepanjang lingkaran utama.

Alat musik pukul
Sumber foto : pixabay.com

Memainkannya dengan memegang menggunakan salah satu tangan kemudian digoyangkan dan dipukul oleh tangan yang satunya lagi.

Dalam perkembangannya fungsi tamborin lebih menjadi artifisial saja. Sebagai alat yang dipakai beraksi vokalis dalam sebuah kelompok musik.

3. Rebana

Sekilas bentuk dan ukurannya mirip dengan tamborin. Padahal jika diamati alat musik khas Melayu ini lebih menyerupai gendang yang bentuknya pipih.

Alat musik pukul
Sumber foto : madaniah.co.id

Terbuat dari kayu dilapisi kulit sapi sebagai membran penghasil bunyi. Berbingkai lingkaran dengan salah satu sisi digunakan sebagai tempat untuk menepuk atau memukulnya. Dalam penggunaannya rebana populer digunakan dalam lagu kasidah, hadroh serta untuk mengiringi tarian zapin.

4. Timpani

Alat musik pukul yang bentuknya mirip seperti drum. Terbuat dari logam tembaga berupa wadah berbentuk mangkok. 

Alat musik pukul
Sumber foto : br.yamaha.com

Wadah kemudian dilapisi kulit binatang sebagai membran penghasil bunyi. Membran pelapis menutupi bingkai lingkaran yang menjadi penutup wadahnya.

Timpani dimainkan menggunakan alat berupa tongkat atau stik. Sebagai alat musik yang termasuk kategori ritmis suara yang dihasilkan tergantung kemampuan yang memainkannya.

5. Triangle

Termasuk dalam alat musik perkusi. Terbuat dari logam baja atau tembaga yang berbentuk segitiga. Dibunyikan dengan dipukul menggunakan tongkat atau stik dari logam.

Alat musik pukul
Sumber foto : feedkick.com

Triangle merupakan alat musik ritmis. Artinya irama bunyi yang dihasilkan menyesuaikan dengan lagu yang dimainkan dan orang yang memainkannya. Tinggi rendahnya nada yang dihasilkan juga bergantung kepada keras atau tidaknya alat ini dipukul.

Baca juga: 10 Contoh Alat Musik Petik

Pada dasarnya fungsi triangle adalah sebagai alat musik bantu atau instrumen tambahan dalam musik dan lagu.

Miska
Miska
Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Nasional - Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Kalimat Majemuk: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Dulu saat masih duduk di bangku sekolah, pasti selalu ada materi tentang kalimat. Ada banyak materi tentang kalimat yang disampaikan oleh guru, salah satunya...

10 Suku di Bali dan Nusa Tenggara Serta Penjelasannya

Bali dan Nusa Tenggara adalah pulau kecil di Indonesia. Meski begitu, pulau - pulau ini menyimpan keindahan alam yang sangat memukau. Ditambah lagi keberagaman...

Kalimat Efektif dan Tidak Efektif: Pengertian, Ciri, dan Contoh

Membuat suatu tulisan bukanlah hal yang sulit. Semua orang bisa membuat tulisan mengenai hal-hal apa saja yang ingin dibahasnya. Tapi, sayangnya belum semua orang...

10 Suku di Maluku Serta Penjelasannya

Maluku adalah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Alam Maluku masih sangat indah, banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti pantai,...

10 Contoh Cerpen Cinta Dengan Berbagai Pesan

Cerpen cinta memiliki tema yang sering diangkat dalam dunia kepenulisan. Cerpen cinta biasanya mengungkapkan perasaan, cinta, kasih sayang, dan juga penderitaan yang telah dialami. Berikut...