Home Seni & Musik 10 Contoh Alat Musik Petik

10 Contoh Alat Musik Petik

Musik yang kita dengar sebenarnya perpaduan dari beberapa alat musik. Kolaborasi alat-alat musik yang dimainkan bersama membentuk komposisi yang menjadi sebuah lagu. Ada beberapa jenis alat musik, salah satunya adalah alat musik petik.

Apakah itu alat musik petik?

Alat musik yang menggunakan dawai atau senar untuk menghasilkan bunyi. Ada beberapa cara untuk menghasilkan bunyi dari dawai atau senar. Kali ini kita fokus pada alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik.

Ada beberapa alat musik petik yang kita kenal, antara lain:

1. Gitar

Alat musik petik paling populer. Semua orang tahu, dari musisi profesional mancanegara hingga pengamen jalanan memainkan gitar. 

Alat musik petik gitar
Sumber foto : pixabay.com

Menurut sejarah, gitar berasal dari Spanyol. Itulah sebabnya ada istilah gitar Spanyol merujuk kepada salah satu jenis gitar.

Terbuat dari kayu dengan badan atau bodi bolong berlubang untuk resonansi, tersambung dengan leher yang dipasangkan 6 senar. 

Untuk memainkan gitar secara paripurna diperlukan kemampuan teknik bermain gitar dengan 144 kord atau kunci nada yang ada. 

Dalam perkembangannya gitar tidak hanya berjenis akustik tetapi juga elektrik karena memakai listrik dalam penggunaannya.

2. Contra Bass/Bas

Bentuk dan struktur bunyinya serupa dengan gitar. Badan atau bodi utamanya berlubang yang tersambung ke bagian leher tempat senar dipasangkan.

Bas menghasilkan nada rendah sebagai penjaga tempo. Dimainkan dengan membetot 4 senar yang relatif lebih besar dan tebal. Memainkannya harus berdiri dengan posisi bas diberdirikan.

Alat musik petik bass
Sumber foto : unsplash.com

Dengan perkembangan teknologi, bas akustik versi klasik yang bentuknya besar mulai jarang dipakai. Menjadi gitar bas karena bentuknya sudah seperti gitar elektrik dengan 4 senar.

3. Banjo

Alat musik yang dibawa imigran Afrika saat era perbudakan di Amerika. Secara historis berperan penting dalam perkembangan budaya afro-amerika.

Memiliki 4 dawai, walau ada juga yang bersenar 5 atau 6. Badan atau bodinya bulat dilapisi selaput atau membran yang terbuat dari kulit binatang sebagai reflektor penghasil bunyi. Kemudian tersambung ke bagian leher tempat senar dipasang ke ujungnya.

Alat musik petik banjo
Sumber foto : pixabay.com

Seperti bedug di mesjid atau mushola di wilayah Nusantara. Jika bedug menghasilkan bunyi dengan ditabuh maka banjo dipetik senarnya agar terjadi resonansi dengan membran.

Banjo dimainkan pada musik country, folk, tradisional Irlandia dan juga bluegrass. Bunyi khas alat musik banjo menjadi ciri perkembangan musik di Amerika.

4. Ukulele

Alat musik sejenis gitar yang ukurannya lebih kecil, kurang lebih setengah gitar biasa. Berasal dari Hawaii dan terbuat dari kayu. Bodi atau badannya bolong berlubang untuk resonansi yang tersambung dengan leher tempat 4 senar dipasang.

Alat musik petik ukulele
Sumber foto : pixabay.com

Ada 4 jenis sesuai ukuran dan peruntukannya, yaitu model standar sopran kemudian model konser, tenor dan bariton.

Ukulele populer di Indonesia sejak dibawa oleh Portugis. Berkembang dengan diterimanya musik keroncong yang menjadikan ukulele sebagai alat musik utamanya.

5. Harpa

Adalah alat musik yang sudah lama ada. Diyakini sejak jaman Mesir Kuno sudah dimainkan sebagai alat musik.

Pada mulanya dibuat dari busur panah. Harpa juga disebut sebagai alat musik malaikat. Mitos beredar karena sejak dulu sebagian masyarakat percaya, harpa adalah alat musik yang dimainkan di surga. 

Baca juga: Cara Membaca Not Balok dan Not Angka Dengan Mudah

Berbentuk segitiga terdiri dari papan suara, bagian leher dan memiliki 22 atau 47 senar. Memainkannya dipetik menggunakan jari tangan atau kaki dengan duduk menghadap papan suara. Yang berukuran kecil dimainkan dengan dipangku seperti bermain gitar. 

Alat musik petik harpa
Sumber foto : pixabay.com

Harpa sering dimainkan pada pagelaran musik orkestra dengan pemain harpa menjadi pusat perhatian pada setiap komposisi musik yang dibawakan.

6. Mandolin

Berasal dari Italia kemudian menyebar hingga Timur Tengah menghiasi khazanah musik disana. 

Bodi atau badannya sedikit lebih besar, bulat dan gendut dibanding gitar dengan lubang bolong pembentuk resonansi. Tersambung dengan bagian leher tempat dawai terpasang. 

Alat musik petik mandolin
Sumber foto : pixabay.com

Mandolin adalah alat musik pembuat melodi (chordophone) yang awalnya memiliki 6 dawai ganda dan berkembang menjadi hanya 4 dawai ganda. Dawai ganda artinya senar dipasang sekaligus 2 berdempetan untuk 4 dawai.

Mandolin masuk ke Indonesia sebagai bagian musik tradisional Melayu. Dimainkan mengiringi tarian saat merayakan hari-hari besar keagamaan. Dipadukan dengan biola dan rebana atau tetabuhan lainnya. Grup musik tanah air yang konsisten menggunakan mandolin sebagai salah satu alat musik adalah Soneta Group.

7. Kecapi

Salah satu alat musik tradisional Indonesia asal bumi Parahyangan, tanah Sunda di Jawa Barat. 

Alat musik petik kecapi
Sumber foto : romadecade.org

Terbuat dari kayu. Terdiri dari kecapi perahu yang berbentuk seperti perahu. Dan kecapi siter yang berbentuk trapesium memanjang. Di bagian bawah terdapat lubang bolong penghasil resonansi.

Memainkannya dipetik dengan menggunakan teknik tertentu yang diistilahkan seperti menyentil, dijambret dan petikan jengkalan.

Berdasarkan fungsinya kecapi indung adalah pembuat musik, bisa memainkan sebuah komposisi secara lengkap. Bentuknya lebih besar dengan dawai berjumlah 18 sampai 20. Sedangkan kecapi rincik sebagai pengiring, mengisi ruang di antara nada utama. Ukurannya lebih kecil, kecapi rincik hanya memiliki 15 dawai.

8. Sasando

Alat musik tradisional Indonesia dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Menurut sejarah sudah dimainkan sejak abad ke 7 masehi oleh masyarakat disana. 

Alat musik petik sasando
Sumber foto : harmoni.or.id

Terbuat dari bambu yang dibentuk menjadi tabung panjang. Secara melingkar dipasang penahan tempat dawai direntangkan dari atas ke bawah. Penahan disusun untuk membuat nada berbeda dari setiap petikan senar. Tabung bambu yang telah dipasang senar ditaruh ke dalam suatu wadah dari anyaman semacam daun lontar sebagai penghasil resonansi. Jika senar dipetik, suara keluar dari getaran wadah berbentuk kipas tersebut.

Dalam perkembangannya, sasando sudah dibuat elektrik dengan teknologi masa kini.

9. Hasapi

Alat musik tradisional masyarakat Batak, Toba pada khususnya. Terbuat dari kayu memanjang menyerupai kecapi Jawa Barat. Sering disebut sebagai kecapi Batak.

Alat musik petik
Sumber foto : macamalatmusik.blogspot.com

Ada 2 jenis hasapi, yaitu hasapi ende instrumen utama pembuat melodi. Dan hasapi doal sebagai pengiring yang ukuran lebih besar dibanding hasapi ende.

Hasapi adalah instrumen pembuat melodi (chordophone) berkategori ritmis yang hanya memiliki 2 senar. Menggunakan interval mayor berupa tangga nada diatonik. Secara harafiah bersifat riang gembira dan bersemangat.

Kita bisa membayangkan begitu semarak dan meriahnya ensambel gondang hasapi yang tampil pada sebuah pesta pernikahan adat Batak menghibur tamu-tamu yang hadir.

10. Sampe/Sape

Alat musik tradisional suku Dayak di Kalimantan. Terbuat dari kayu pilihan yaitu kayu kapur atau kayu ulin.

Menyerupai kecapi Sunda atau hasapi tanah Batak. Yang membedakan ujungnya ada hiasan ukiran khas suku Dayak berupa kepala burung elang.

Baca juga: Jenis Tangga Nada Yang Harus Diketahui

Dahulu senar yang berjumlah 3 hingga 6 menggunakan serat pohon enau. Seiring dengan perkembangan jaman, sekarang senarnya kawat berukuran kecil.

Alat musik petik sape
Sumber foto : hownesia.com

Alat musik sampe digunakan dalam acara-acara adat. Seperti pada prosesi ritual hasil panen, dimainkan mengiringi tarian tradisional suku Dayak.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Contoh Notulen Rapat beserta Pengertiannya

Rapat merupakan kegiatan rutin dimana-pun kita bekerja. Rapat sendiri umumya kita akan membahas berbagai hal seperti masalah-masalah yang sedang dihadapi, penyesuaian data-data yang masuk...

Mengenal Manajemen Risiko Bisnis

Semua risiko, bahkan di dalam bisnis sekalipun umumnya bersifat merugikan dan berdampak negatif. Meskipun begitu, bukan berarti risiko tidak dapat dihindarkan. Risiko dapat dikelola...

8 Teknik Berbicara Efektif Agar Mudah Dimengerti

Setiap orang yang hidup di dunia ini diberikan anugerah untuk dapat berbicara. Namun, tidak semua orang dapat berbicara dengan baik. Berbicara dengan baik artinya...

Contoh Surat Pengunduran Diri

Berbagai hal dapat terjadi di dalam lingkungan kerja. Bukan hanya berbagai hal yang menyenangkan dan baik, namun juga berbagai hal yang tidak menyenang -...