Visi Misi OSIS Yang Perlu Kamu Ketahui

Saat menempuh pendidikan di tingkat sekolah menengah seperti SMP dan SMA, pastinya kita mengenal satu organisasi yang disebut dengan OSIS. Organisasi satu ini didirikan untuk mengemban visi misi khusus yang berkaitan dengan sekolah dan kesiswaan. Sebagai siswa sekolah di tingkat SMP dan SMA, mengetahui visi dan misi dari OSIS tersebut dirasa sangat penting, terlebih jika kamu juga jadi bagian dari anggota OSIS.

Ditambah lagi, saat adanya pencalonan ketua OSIS, calon ketua OSIS tersebut harus membuat visi misi yang tentunya juga sejalan dengan visi misi OSIS secara keseluruhan. Jadi, langsung saja, yuk simak seluruh penjelasan mengenai apa itu OSIS, visi misi, hingga contoh visi misi yang bisa digunakan saat pencalonan OSIS.

Mengenal Apa itu OSIS

osis logo
Sumber: id.wikipedia.com

OSIS atau Organisasi Siswa Intra Sekolah adalah pusat kegiatan dan pembinaan kesiswaan di sekolah. Organisasi ini ada pada tingkatan sekolah menengah seperti SMP dan SMA sederajat dan tidak ada tingkat dasar atau SD.

Baca juga: Cara Membuat Biografi

Umumnya, OSIS digunakan sebagai media pengembangan minat dan bakat dari siswa di sekolah tersebut. Organisasi ini menjadi organisasi resmi yang diakui oleh Kementerian Pendidikan Nasional RI sejak tahun 1970.

Oleh karenanya, setiap sekolah diwajibkan untuk membentuk OSIS. Pembentukan OSIS ini tidak boleh menjadi alat organisasi lain di luar sekolah. Didirakannya OSIS ini juga menjadi ajang pembinaan kesiswaan yang meliputi latihan kepemimpinan, ekstrakurikuler, serta wawasan wiyatamandala.

Disamping itu, OSIS juga bisa menjadi suatu sistem yang memiliki ciri-ciri seperti berorientasi pada tujuan, mempunyai susunan kehidupan berkelompok, mempunyai sejumlah peranan, dan terkoordinasi dengan baik.

Anggota OSIS sendiri terdiri dari siswa dan siswi yang mempunyai keinginan untuk memajukan sekolah. Semua siswa pada dasarnya diperbolehkan menjadi ketua dan pengurus OSIS. Akan tetapi, mengingat tanggung jawab OSIS yang tidak sederhana, maka perlu dilakukan seleksi untuk menjadi ketua dan pengurus OSIS.

Kemudian, untuk menjadikan organisasi OSIS ini tetap sesuai dengan nilai-nilai pendidikan, dibutuhkan pembinaan dari pembina OSIS yang meliputi:

  • Kepala sekolah selaku ketua pembina
  • Wakil kepala sekolah yang bertindak sebagai wakil pembina
  • Guru bertindak sebagai anggota pembina dan menjadi pendamping pelaksanaan kegiataan OSIS

Visi OSIS

Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS didirikan bukan karena tidak ada alasannya. Organisasi ini justru mengemban visi yang baik untuk pendidikan di lingkungan sekolah. Visi secara definisi adalah rangkaian kata yang berisikan mengenai cita-cita dan impian dari suatu organisasi atau lembaga.

Diketahui visi yang menjadi latar belakang berdirinya OSIS adalah:  “Menunjang perwujudan sekolah sebagai Wawasan Wiyata Mandala.” Wawasan Wiyata Mandala ini dapat didefinisikan sebagai pandangan atau sikap terhadap lingkungan sekolah sebagai bagian dari lingkungan pendidikan. Untuk bisa mewujudkan lingkungan sekolah dengan Wawasan Wiyata Mandala, tentunya perlu diciptakan suasana belajar yang nyaman dan harmonis, sehingga menciptakan rasa kecintaan kepada sekolah.

Pendirian OSIS dirasa menjadi salah satu bagian langkah penciptaan suasana tersebut. Terlebih OSIS bisa menjadi wadah kegiatan, motivator, dan sarana preventif untuk siswa-siswi yang ada di sekolah. Pertama, sebagai wadah kegiataan, OSIS hadir menjadi jembatan bagi siswa untuk melakukan kegiatan penyaluran bakat dan minat baik itu berkaitan dengan akademik maupun non-akademik.

Kedua, OSIS sebagai motivator menjadi pendorong bagi para siswa-siswi untuk lebih bersemangat dalam melakukan kegiatan belajar maupun ekstrakurikuler. Ketiga, OSIS berperan preventif diharapkan bisa membantu menyelesaiikan persoalan perilaku menyimpang dari para siswa-siswi. Dalam kata lain, OSIS secara preventif bisa bersama-sama dengan pihak pembina OSIS untuk mengamankan sekolah dari berbagai hal-hal menyimpang baik dalam tindakan dan perilaku.

Misi OSIS

Tak lengkap rasanya saat mengetahui visi dari Organisasi Siswa Intra Sekolah atau OSIS, namun tidak mengetahui pula mengenai misi yang diembannya. Misi jika dijabarkan adalah peryataan-pernyataan mengenai apa saja yang akan dilakukan untuk mewujudkan visi yang dibuat. Dalam hal ini, misi OSIS yang berkaitan dengan visi OSIS yang sudah disebutkan di atas adalah:

  • Meningkatkan generasi penerus bangsa Indonesia yang beriman dan bertaqwa.
  • Membangun pribadi yang kuat dan menghargai Hak Asasi Manusia (HAM) untuk mendukung kemajuan budaya Indonesia.
  • Menghargai lingkungan hidup serta nilai-nilai moral dalam mengambil keputusan yang tepat.
  • Membangun dan mengembangkan wawasan kebangsaan serta rasa cinta tanah air di era globalisasi.
  • Meningkatkan sikap disiplin, bertanggung jawab, jujur, sportif, bekerja sama, berpikir logis, dan demokratis.
  • Meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan menghargai berbagai karya astistik, intelektual, dan budaya.
  • Meningkatkan kesehatan jasmani, rohani, dan memantapkan diri dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, serta bernegara.

Contoh Visi dan Misi OSIS dalam Pencalonan OSIS

Contoh Visi dan Misi OSIS dalam Pencalonan OSIS
Sumber: nasional.tempo.co

Saat ada pencalonan ketua dan wakil ketua OSIS, para calon biasanya diminta untuk menjabarkan visi dan misinya. Visi dan misi yang dibuat tentunya juga masih harus ada kaitannya dengan visi misi OSIS secara keseluruhan seperti yang disebutkan tadi. Nah, seperti apa contoh visi misi OSIS yang baik dan mengandung nilai-nilai pendidikan? Berikut contoh lengkapnya.

Contoh Visi Misi OSIS 1

Contoh pertama untuk visi misi OSIS di tingkat SMA sederajat adalah:

Visi: Menjadikan OSIS dan siswa/i SMA (…) menjadi siswa-siswi yang aktif, disiplin, kreatif, berpikir kritis, dan mampu menyesuaikan diri pada perkembangan zaman, namun tetap berlandaskan iman dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Misi:

  • Menjadikan OSIS sebagai wadah aspirasi minat dan bakat, serta meningkatkan kedisiplinan dan menaati peraturan yang ditetapkan.
  • Membantu menyiapkan siswa-siswi supaya mampu berinteraksi dengan masyarakat luas.
  • Meningkatkan kualitas prestasi akademik dan non-akademik dari siswa-siswi SMA (…) lewat organisasi dan ekstrakurikuler yang diikuti.

Contoh Visi Misi OSIS 2

Selain contoh pertama di atas, berikut adalah contoh kedua yang bisa dijadikan referensi berikutnya untuk visi misi OSIS.

Visi: Menjadikan OSIS SMK (…) menjadi jembatan penghubung siswa-siswi yang ingin mengembangkan potensi minat dan bakat yang dimiliki, sehingga bisa menjadi siswa yang berprestasi, kreatif, dan berakhlak mulia

Misi:

  • Mengutamakan nilai Ketuhanan Yang Maha Esa dalam menjalankan seluruh kegiatan OSIS
  • Bekerja sama dengan organisasi internal dan ekstrakurikuler yang ada di SMK (….)
  • Mewujudkan program kerja untuk pengembangan bakat
  • Mengembangkan kegiatan ekstrakurikuler untuk menambah persatuan antar siswa-siswi
  • Menjadi jembatan bagi siswa-siswi untuk mendapatkan beasiswa demi kelancaran pendidikan di masa depan

Contoh Visi Misi OSIS 3

Berikut adalah contoh visi misi OSIS yang juga turut mencerminkan nilai-nilai pendidikan.

Visi: Menjadikan OSIS SMA (…) sebagai sarana untuk menampung kreativitas, aspirasi, dan inspirasi. Disamping itu, juga menjadikan OSIS sebagai wadah bagi siswa-siswi untuk menjadi individu yang bermutu, jujur, berakhlak mulia, disiplin, dan adil.

Misi:

  • Meningkatkan mutu kerja OSIS secara menyeluruh
  • Memajukan ekstrakurikuler dan organisasi lainnya yang ada di sekolah sesuai dengan norma-norma yang berlaku
  • Melaksanakan program kerja yang tersusun sesuai rencana
  • Menjalin hubungan yang harmonis dengan seluruh anggota sekolah
  • Menjadikan anggota OSIS dan seluruh siswa-siswi sebagai individu yang berdisiplin tinggi, cerdas, kreatif, dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
  • Mengadakan program-program di bidang sosial dan keagamaan yang berlandaskan dan berasaskan nilai-nilai Pancasila.

Itulah seluruh penjelasan mengenai visi misi OSIS yang menjadi latar belakang didirikannya OSIS serta beberapa contoh visi misi OSIS bagi kamu yang ingin mencalonkan diri sebagai ketua OSIS. Visi misi yang sudah disebutkan di atas menunjukkan jika organisasi intra sekolah ini memang memiliki peran besar yang sayang jika tidak dimanfaatkan dengan baik keberadaannya.

Artikel Terbaru

Wasila

Wasila

Lulusan Sastra Inggris, UIN Sunan Ampel Surabaya yang saat ini berkecimpung di dunia penerjemahan. Disela-sela kesibukan menerjemah, juga menulis artikel dengan berbagai topik terutama berhubungan dengan kebudayaan.

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *