Home Pengetahuan Ukuran ID Card Serta Jenisnya

Ukuran ID Card Serta Jenisnya

Kamu pasti sudah tidak asing mendengar “ID Card”. Setiap orang pasti mempunyai setidaknya satu ID Card yang ada di dalam dompet mereka. Pada umumnya, ID Card yang selalu ada di dalam dompet yaitu KTP, SIM, Kartu Debit/Kredit, dan kartu nama perusahaan.

Nah kali ini kita akan bahas tentang fungsi, jenis, dan macam-macam ukuran ID Card. jika kamu bingung menentukan ukuran ID Card yang pas untuk organisasi kamu, bisa banget dapet informasi dari tulisan ini. Simak tulisan di bawah ini!

Apa itu ID Card?

Apa itu ID Card?
Sumber : freepik.com

ID Card atau identity card adalah salah satu perlengkapan penting yang digunakan sebagai kartu identitas dalam suatu organisasi. Penggunaan ID Card bertujuan untuk menunjukkan nama, nomor, foto, maupun jabatan/tugas seseorang yang berada dalam organisasi tertentu.

Biasanya seorang karyawan memakai ID Card sebagai tanda pengenal pribadi dengan mencantumkan identitas perusahaan. Dengan adanya tanda pengenal ini, dapat mempermudah seseorang untuk mengenal dan mengetahui profil kita secara umum kepada orang lain yang mungkin nantinya orang tersebut membutuhkan kita atau harus berinteraksi di kemudian hari.

Tidak hanya sebagai tanda pengenal, ID Card juga dapat menunjukkan kesan formal ketika seseorang memakainya, hal tersebut akan memberi vibes yang positif pada suasana kerja.

ID Card juga biasanya digunakan sebagai absensi untuk karyawan atau mahasiswa. Dengan hal itu, dapat mempermudah sistem absensi dan menghindari human error. Bahkan dapat digunakan sebagai pembuka atau penutup pintu masuk otomatis.

Adapun penggunaan ID Card untuk sebuah panitia pada acara tertentu. Bagi kamu yang sering menjadi panitia dalam sebuah acara pasti sudah tidak asing lagi dengan ukuran ID card panitia yang biasanya kalian pakai.

Selain itu, memakai ID Card juga dapat membuat kita merasa lebih percaya diri. Karena identitas institusi atau jabatan kita tercantum di dalamnya. Hal itu dapat berdampak positif terhadap apa yang akan kita kerjakan.

Baca juga: Contoh Surat Rekomendasi

Jenis-Jenis ID Card

Ada 3 jenis ID Card yang berbeda fungsi, ukuran, dan cara kerjanya yaitu :

Kartu Biasa

Seperti namanya, kartu biasa. Di dalam kartu ini tidak ada hal khusus yang disisipkan di dalamnya. Jenis kartu ini seperti ID Card pada umumnya yang berisikan identitas pribadi atau jabatan yang dimiliki seseorang dalam sebuah perusahaan.

Kartu Magnetic

Magnetic Card
Sumber : freepik.com

Kartu jenis Magnetic ini memiliki tanda garis hitam sepanjang kartu tersebut. Garis hitam tersebut digunakan sebagai penanda identitas seseorang. Penanda tersebut nantinya disimpan dalam sebuah database sebagai data rahasia dari pemegang kartu. Penggunaan kartu ini cukup dengan menggesekkan atau memasukkan kartu pada alat reader magnetic yang telah disediakan. Contohnya seperti kartu Debit.

Kartu Proximity

Proximity Card
Sumber : pixabay.com

Jika dilihat sekilas, kartu ini sama dengan kartu biasa. Namun, sebenarnya kartu ini mempunyai chip di dalamnya. Untuk membaca kartu ini sama halnya dengan kartu magnetic yang membutuhkan card reader, namun bedanya adalah kartu proximity ini memerlukan RFID card reader yang tidak memiliki slot untuk menyisipkan kartu seperti pembaca kartu magnetic. Cara membaca kartu ini cukup dengan menempelkan kartunya pada mesin pembaca tanpa perlu menggeseknya. Contohnya kartu E-Toll.

Ukuran ID Card

ID Card mempunyai ukuran yang beragam sesuai dengan fungsi dan penggunaannya. Ketebalan yang dimiliki ID Card juga beragam tidak semua sama. Ukuran ID Card panitia dengan karyawan berbeda karena mempunyai fungsi dan sistem yang berbeda pula. Ada beberapa standar ukuran untuk ID Card agar si pembuat ID Card tidak asal-asalan. Karena ID Card yang ukurannya dibuat asal-asalan bisa tidak sinkron dengan case yang telah dijual dipasaran. Maka dari itu, standar ukuran ID Card ini dapat digunakan oleh si pembuat atau organisasi yang memerlukan ID Card. Berikut ukuran-ukuran untuk ID Card yang bisa kamu gunakan sebagai acuan :

  • Ukuran ID Card B1

ID Card berukuran B1 ini adalah ukuran yang paling kecil di seri B, dengan detail ukuran dalam cm yaitu 10.2 cm x 6.5 cm. Ukuran ID Card B1 ini biasanya digunakan untuk kartu panitia yang mengadakan event dan dikaitkan dengan lanyard.

  • Ukuran ID Card B2

Ukuran ID Card B2 memiliki ukuran 12.6 cm x 7.9 cm. Dengan ukuran kartu ini detail gambar dan tulisan bisa lebih jelas, ukuran ID Card B2 ini sering kali dipakai sebagai ID card panitia.

  • Ukuran ID Card B3

Ukuran ID Card B3 memiliki ukuran 12.6 cm x 9.5 cm. Kartu ini lebih sering digunakan dalam event yang bersifat eksekutif. Contohnya seperti acara yang diadakan oleh perusahaan sehingga dari ukurannya tampak lebih mewah dan formal. Namun, ukuran ID Card B3 ini juga memungkinkan dijadikan sebagai kartu panitia atau cocok sebagai ukuran ID card karyawan.

  • Ukuran ID Card B4

Ukuran ID Card B4 ini yaitu 135 mm x 95 mm atau ukuran ID card dalam cm adalah 13.5 cm x 9.5 cm. Ukuran ID Card B4 ini jarang sekali digunakan, namun bisa jadi opsi untuk kamu yang menginginkan lebih banyak detail pada kartu identitas kamu. Ukuran ini cocok sebagai ukuran ID card karyawan.

  • Ukuran ID Card A1

ID Card ukuran A1 ini lebih sering digunakan dalam bentuk landscape. Detail ukurannya sebesar 100 mm x 68 mm atau ukuran id card dalam cm adalah 10 cm x 6.8 cm. Penggunaan kartu ini biasanya tidak untuk digantung seperti ID Card portrait, melainkan lebih disimpan/dipajang sebagai tanda pengenal.

  • Ukuran ID Card A2

ID Card ukuran A2 ini detail ukurannya dalam cm yaitu 10.6 cm x 8.2 cm. Penggunaannya sama dengan ukuran ID Card A1 yaitu sebagai kartu identitas yang mendatar.

  • Ukuran Kartu Nama

Kartu nama merupakan tanda pengenal yang berisikan identitas seseorang. Kartu ini biasanya sering digunakan untuk keperluan bisnis. Biasanya sering dipakai oleh petinggi dan jajarannya pada suatu perusahaan agar memudahkan mereka ketika bertemu dengan relasi barunya dengan langsung memberikan kartu nama tersebut.

Ukuran kartu nama sendiri berbeda dengan kebanyakan ID Card. Ukuran yang paling umum digunakan yaitu 90mm x 55mm dan 80mm x 53 mm atau dalam cm yaitu 9cm x 5.5mm.

Wah, kamu sudah mengetahui apa itu ID Card, fungsi, jenis dan ukurannya secara umum. Maka dari itu, kamu sudah bisa membuat desain kartu ID Card sendiri dengan banyak aplikasi desain yang mungkin kamu kuasai.

Jadi, sebelum membuat ID Card alangkah baiknya jika kamu mengetahui apa sih jenis-jenis dan ukuran yang sesuai dengan kegunaan dan standarnya.

Baca juga: Contoh Surat Lamaran Pekerjaan

Semoga tulisan ini dapat bermanfaat untuk kamu yaa!

Ayu
Ayu
My name is Tania Ayu Sekar Arum, i was born on August 12, 1999, is currently 20 years old. I am currently studying at Telkom University majoring in Information Systems. I can speak Indonesian and English well. I have good time management, teamwork, leadership, respectful, and always passionate in every job that i live. I have a lot of experience in graphic design, but I am also very enthusiastic about what is learned in my college. I am interested in studying in the field of UI / UX, digital marketing, and product management.and also i have a good motivation for progress and growing, eager to learn, and can work in a team or individual. Beside that all, i really like to write a story or just make some phrases in my personal diary

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Gerak Lurus

Gaya merupakan penyebab perubahan pada benda. Perubahan tersebut dapat berupa perubahan gerak benda, termasuk kelajuannya dan arah kelajuan atau perubahan kecepatan. Namun dalam fisika...

20 Website Jurnal Internasional dan Cara Mencarinya

Membuat suatu tulisan ilmiah, terutama skripsi, tentu memerlukan banyak artikel dari jurnal sebagai tinjauan pustaka. Beberapa dosen pembimbing juga menyarankan untuk mencari jurnal internasional...

Cara Menggunakan Mendeley

Membuat sitasi dan daftar pustaka sering terasa membingungkan dan melelahkan. Apalagi ada banyak sistem yang tersedia untuk mengutip suatu tulisan, misalnya yang menggunakan metode...

Turunan Fungsi Aljabar

Turunan fungsi merupakan salah satu materi yang penting untuk dipelajari. Turunan fungsi ini merupakan syarat untuk belajar materi integral. Selain sebagai materi syarat turunan...

Perang Banjar: Penyebab Serta Akhir Perang

Indonesia adalah negara yang memiliki banyak pulau, dari sabang sampai merauke. Salah satunya yaitu Kalimantan Selatan. Daerah ini terkenal dengan produk pengolahan daerahnya seperti...