Tujuan Mengidentifikasi Teks Nonfiksi

Teks nonfiksi merupakan salah satu jenis teks yang sering ditemui. Ketika kita membuka handphone, kita membaca berita di web. Ketika kita pergi ke perpustakaan kita menemukan buku ensiklopedia atau biografi. Bahkan ketika kita sedang riset, kita membaca jurnal ilmiah atau skripsi yang ditulis orang. Nah, beberapa contoh tersebut ialah teks nonfiksi.

Lalu, apa itu teks nonfiksi?

apa itu teks nonfiksi
Sumber foto: Michael Schwarzenberger from Pixabay

Teks nonfiksi adalah teks yang berisi pemikiran, hasil pengamatan penulis yang disusun dengan sistematis dan runtut. Sifatnya adalah berdasarkan fakta yang objektif. Jadi, benar-benar ditulis sesuai dengan kenyataan dan tidak berdasarkan sudut pandang penulis.

Baca juga: Contoh Cerita Nonfiksi

Berbeda dengan teks fiksi yang memiliki sifat imajinatif dan ditulis berdasarkan sudut pandang penulis. Misalnya novel, puisi, dan cerpen.

Lalu, apa tujuan mengidentifikasi teks nonfiksi?

Tujuan mengidentifikasi teks nonfiksi
Sumber foto:Tom und Nicki Löschner dari Pixabay

Pernah nggak kamu baca berita, artikel, jurnal ilmiah, terus kamu dapet pengetahuan baru dari bacaan tersebut? Nah, itulah salah satu tujuan membaca dan mengidentifikasi teks nonfiksi.

Sebelum menjelaskan tujuan mengidentifikasi teks nonfiksi, lebih baik  mengetahui pengertian dari mengidentifikasi terlebih dahulu. Mengidentifikasi adalah serangkaian kegiatan yang berupa mencari, menemukan, mengumpulkan, serta meneliti suatu hal.

Tujuan mengidentifikasi teks nonfiksi adalah untuk mendapatkan informasi dan wawasan penting yang terdapat di dalam teks.

Informasi adalah sekumpulan kabar atau berita tentang sesuatu yang bersifat fakta. Lalu, wawasan adalah segala sesuatu yang diketahui dari informasi yang didapat.

Dengan mengidentifikasi teks nonfiksi, kita menjadi tau fakta apa yang ingin disampaikan penulis di teks tersebut. Karena kita bukan hanya membaca sekilas, tetapi kita benar-benar mencari dan mengumpulkan data dari teks tersebut sehingga kitab isa mendapatkan informasi dan pengetahuan.

Seperti yang sudah dibahas di atas, teks nonfiksi berisi informasi penting yang bisa berguna untuk pembaca. Misalnya, kamu membaca artikel tentang covid 19 varian omicron. Penulis artikel tersebut ingin memberitahu sebuah informasi bahwa terdapat varian baru dari covid 19 yaitu varian omicron dan pembaca diharapkan untuk menerapkan protokol kesehatan.

Cara mengidentifikasi teks nonfiksi

cara mengidentifikasi teks nonfiksi
Sumber foto: Public domain pictures dari Pixabay

Kamu penasaran nggak,  bagaimana sih kita bisa mendapatkan informarsi dari teks nonfiksi? Berikut adalah cara-cara mengidentifikasi teks nonfiksi:

Baca juga: Cara Menentukan Urutan Peritiwa Teks Nonfiksi

  1. Membaca sebuah teks nonfiksi dengan seksama. Kamu bisa membacanya dua sampai tiga kali supaya benar-benar paham penjelasannya.
  2. Mencari kalimat utama yang ada di setiap paragraf.
  3. Menentukan ide pokok dari setiap paragraf.
  4. Menggunakan kata tanya seperti ‘kapan’ ‘siapa’ ‘dimana’ ‘kenapa’, dan ‘bagaimana’ supaya bisa menggali informasi di teks tersebut.
  5. Membuat kesimpulan yang berisi informasi dari teks nonfiksi tersebut.

Itu dia pembahasan lengkap tentang tujuan mengidentifikasi teks nonfiksi. Semoga bisa menambah pengetahuanmu tentang teks nonfiksi ya. Semangat terus untuk belajar!

Artikel Terbaru

Zia

Zia

Suka apapun tentang dunia tulis menulis dan buku. Menamatkan kuliah di Sastra Indonesia UNJ dan kini menjadi content writer.

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *