Home Seni & Musik Yuk Mengenal Teknik Vokal

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari sebuah lagu kepada pendengarnya.

Seorang penyanyi melantunkan lagu melalui nada dan lirik. Kira-kira apa saja penjelasan lebih jauh mengenai posisi terdepan dari pertunjukan musik ini? Artikel ini akan membantu menjelaskannya.

Pengertian Vokal

Dalam sebuah pertunjukan musik, vokal termasuk ke dalam salah satu instrumen. Karena vokal dapat bersuara membawakan nada bahkan tanpa menggunakan alat bantu.

Bila kamu pegang leher kamu dan kamu berbicara atau bernyanyi pasti terasa getaran. Getaran ini menghasilkan bunyi, dan dari bunyi kemudian dapat menghasilkan nyanyian berbentuk rangkaian nada.

Vokal diambil dari bahasa latin yaitu vocalis. Artinya adalah bernyanyi atau bersuara.

Sedangkan teknik vokal adalah bagaimana cara menghasilkan dan memproduksi suara dengan baik dan benar.

Perlu dicatat bahwa setiap orang memiliki jenis suara yang berbeda-beda karena anatomi tubuh setiap orang adalah khas dan unik. Bagaikan sidik jari, kamu pasti bisa membedakan mana suara penyanyi A atau mana suara penyanyi B berdasarkan karakter vokalnya.

Penyanyi dengan suara dan teknik yang baik mendapatkan kualitas suaranya dari bakat dan latihan.

Bagi kamu yang memiliki bakat bernyanyi ada baiknya kamu berlatih dengan baik karena dengan latihan yang benar maka selain teknik bernyanyimu menjadi baik, juga dapat menjaga anatomi tubuhmu tetap terjaga.

Susunan Suara Manusia

range vokal
Sumber: pinkcouchstudios.com

Sebelum melangkah lebih jauh ada baiknya kamu mengetahui jenis susunan suara manusia agar kamu juga bisa memperkirakan suara kamu berada di jenis yang mana.

Suara wanita: 

  • Tinggi  : Sopran
  • Sedang: Mezzosopran
  • Rendah: Alto

Suara laki-laki:

  • Tinggi    : Tenor
  • Sedang  : Bariton
  • Rendah  : Bass

Sedangkan suara anak-anak biasanya antara mezzosopran atau sopran.

Suara laki-laki memiliki jenis suara yang lebih rendah satu oktaf dari suara wanita. Bila dalam pertunjukan orkestra atau choir jenis suara laki-laki biasanya menggunakan bass cleff atau tanda kunci F.

Elemen Penghasil Suara 

structure-l
Sumber: slideserve.com

Tubuh manusia memiliki desain yang unik dan dapat menghasilkan sebuah suara dengan indah. Sama seperti alat musik lainnya, maka vokal manusia terdiri dari elemen-elemen penghasil bunyi seperti:

  • Paru-paru yang menjadi sumber tenaga dan udara
  • Larynx berfungsi menjadi penggetar
  • Pharynx yang berfungi pemantul antara tenggorokan, rongga mulut, dan rongga hidung. Keseluruhan bagian ini menjadi resonator.

Baca juga: Cara Membuat Lagu

Teknik Dasar Melatih Kemampuan Vokal

Artikulasi

Artikulasi adalah bagaimana pengucapan kata dan huruf dengan baik dan benar. Artikulasi sangat erat kaitannya dengan bahasa yang digunakan sebagai lirik.

Bagi kita orang Indonesia dan ingin menyanyikan lagu berbahasa Indonesia dengan baik maka ada beberapa hal yang harus diperhatikan Yaitu:

  • Huruf vokal atau huruf hidup. Terdiri dari A, I, U, E, O. Cara berlatih yang cukup efektif adalah coba kamu menghadap cermin dan lafalkan huruf-huruf tersebut dengan jelas. Huruf A harus berbunyi “A”, bukan “HA” atau “AH”, dan huruf E harus berbunyi “E” bukan “EH” atau “EK”.
  • Huruf konsonan atau huruf hidup. Huruf mati ini adalah huruf yang tidak termasuk ke dalam huruf hidup. Yang perlu kamu perhatikan adalah pada pengucapan huruf B, P, T. Hindari penekanan yang terlalu berlebihan saat menyanyikan lagu yang mengandung kata-kata dengan huruf-huruf ini.

Pernapasan

Manusia memiliki tiga jenis pernapasan yang dapat digunakan yaitu pernapasan perut dan pernapasan diafragma. Namun cara pernapasan yang paling ideal untuk bernyanyi adalah cara pernapasan diafragma.

Ada baiknya kamu mengetahui perbedaan dari tiga jenis pernapasan ini yaitu:

  • Pernapasan perut

Pernapasan ini menggunakan rongga perut untuk menampung udara yang masuk dan keluar. Seseorang yang menggunakan pernapasan ini akan terlihat perutnya mengembang dan mengempis. Bila pernapasan ini digunakan untuk bernyanyi dapat menyebabkan cepat lelah karena udara akan cepat habis. Namun tidak ada salahnya kamu melatih pernapasan ini untuk mendapatkan variasi bernapas yang dapat menjadi pilihan kamu dalam bernyanyi.

  • Pernapasan dada

Pernapasan ini menggunakan rongga dada untuk menampung dan menghembuskan udara yang masuk. Biasanya cara pernapasan ini bisa digunakan untuk nada-nada yang rendah. Namun cara pernapasan ini juga dapat menyebabkan penyanyi cepat kelelahan.

  • Pernapasan diafragma

Bisa dibilang bahwa pernapasan diafragma adalah cara bernapas paling ideal yang dapat digunakan untuk bernyanyi. Diafragma adalah sebuah lapisan otot yang memisahkan rongga dada, jantung dan paru-paru.

Kamu bisa melatihnya dengan cara masukkan udara ke dalam perut lalu perlahan hirup udara ke dalam paru-paru lalu hembuskan sambil bernyanyi. Atau kamu juga bisa melakukan gerakan seperti sedang menghisap sedotan, tahan posisi tangan di perut untuk merasakan gerakan udara namun pastikan bagian pundak dan dada tidak berubah posisinya.

Solfegio

Solfegio adalah latihan menemukan nada menggunakan bantuan alat musik yang bernada. Misalnya kamu menggunakan gitar atau piano lalu tekan satu tuts atau senar. Lalu kamu ikuti nada yang dihasilkan tersebut dengan vokal kamu. Latihan ini berguna untuk melatih pendengaran dan kepekaan nada. Gunakan nada yang bervariasi agar kepekaan kamu terus bertambah. Lakukan latihan ini berulang-ulang setiap hari.

Tips Latihan Pernapasan

Suara vokal
Sumber: www.klikdokter.com

Karena pernapasan adalah unsur yang sangat penting untuk menghasilkan vokal yang baik maka ada baiknya bagian ini sedikit diperdalam.

Saat menghirup udara

  1. Berdiri tegak
  2. Tangan diletakkan di pinggang, bisa satu atau dua tangan tergantung kamu lebih nyaman yang mana.
  3. Hirup udara menggunakan hidung dan mulut sekaligus secara perlahan-lahan.
  4. Bayangkan tubuh kamu seperti balon yang terisi udara.
  5. Buatlah tubuh se rileks mungkin dengan menggerakkan kepala ke sisi kiri dan kanan dengan perlahan

Saat mengeluarkan udara

  1. Hembuskan udara dengan huruf konsonan “sh”
  2. Bayangkan dirimu seperti sedang menenangkan bayi yang sedang menangis.
  3. Kamu juga bisa menirukan suara lebah.
  4. Atau kamu bisa membayangkan sedang meniup balon yang sedang melayang di udara dan kamu jaga agar tidak jatuh ke tanah.

Mengaktifkan Diafragma

  1. Tertawa bebas seperti orang gemuk yang tertawa terbahak-bahak saat melihat adegan yang lucu dengan tertawa seperti ini: ho – ho – ho – ho
  2. Tertawa mengikik seperti tokoh nenek sihir di film anak-anak seperti ini: hi – hi – hi – hi

Tentu saja tips dan cara latihan di artikel ini baru sebagai awal saja. Bagi kamu yang ingin mempelajari vokal lebih jauh dan mendalam kamu bisa mencari guru atau sumber-sumber lain yang banyak tersebar.

Baca juga: Mengenal Instrumen Orkestra

Sama seperti melatih alat musik, maka hal yang paling penting dalam sebuah latihan vokal adalah latihan, latihan, dan latihan. Pastikan juga kamu berlatih menggunakan contoh yang benar karena ini berkaitan dengan anatomi tubuh kamu.

Selamat berlatih dan menjadi penyanyi hebat!


Sumber:

id.wikihow.com/Bernyanyi-Menggunakan-Diafragma

Satya DS, Bayu. 2013. Teknik Dasar Bernyanyi untuk Sekolah Dasar dan Menengah. CV Andi Offset. Yogyakarta

CSA, Ian. 2013. Mengenal Istilah Teknik Vokal

Nurhayati, Ida. 2019. Pengertian Vokal, Teknik Vokal, dan Unsur-Unsurnya. SMK Taruna Bangsa. Bekasi

Ario
Ario
Musisi profesional sejak 2005 sebagai drummer session. Sampai saat ini aktif menyediakan entertainment service untuk acara wedding, gathering, juga bermain reguler di rumah makan dan tempat wisata. Berpengalaman menjadi kepala sekolah ELfa Music School Depok tahun 2011 - 2014. Aktif mengajar alat musik drum private offline dan online. Dapat membaca not balok dan mengerti teori musik yang dapat diaplikasikan dengan praktis di lapangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Mengenal Apa itu Audit Komunikasi

Pernah mendengar kata audit komunikasi? mungkin kata audit sering kita dengar. Namun biasanya kata audit identik dengan keuangan, bukan komunikasi. Lalu bagaimana audit komunikasi itu?...

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Ciri dan Struktur

Pernah nggak sih, kamu penasaran terhadap suatu hal atau objek tertentu dan pengen nyoba untuk mengetahui lebih jauh objek tersebut? Tentu pernah dong. Nah,...

Contoh Konjungsi atau Kata Penghubung serta Jenisnya

Kamu pasti sering melihat penyebutan kata konjungsi atau kata penghubung di dalam soal ujian Bahasa Indonesia, bukan? Rasanya sudah nggak asing lagi sama penyebutan...

Mengenal Manajemen Kontinuitas Bisnis

Tahun 2020 menjadi tahun yang cukup menyedihkan bagi kita semua. Berbagai bencana terjadi dan lebih parahnya, wabah virus corona terjadi di mana-mana. Hal ini...

Pengertian dan Sejarah Corporate Social Responsibility (CSR)

Pernah dengar tentang istilah CSR atau corporate social responsibility? Atau kamu pernah jalan-jalan di taman kota dan menemukan tugu dengan tulisan “Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan...