Mengenal Apa Itu Jurusan Teknik Kimia

Memilih jurusan kuliah adalah langkah awal yang sangat penting. Banyak orang yang salah pilih jurusan dan pada akhirnya kuliahnya berjalan dengan tidak lancar. Ada baiknya, kamu mengetahui informasi secara umum hingga khusus terkait dengan jurusan yang ingin kamu tuju. Tentunya, informasinya kamu peroleh dari sumber terpercaya, misalnya mahasiswa atau lulusan dari jurusan tersebut.

Fakultas Teknik merupakan salah satu fakultas yang banyak diminati oleh calon mahasiswa. Ada banyak pilihan jurusan yang disediakan, diantaranya Teknik Elektro, Teknik Industri dan lain sebagainya. Setiap jurusan tentunya memiliki kualifikasi dan bidang ilmu yang berbeda-beda.

Tenang, sebentar lagi kamu akan mengetahui informasi tentang salah satu jurusan di fakultas teknik yang cukup banyak diminati oleh calon mahasiswa, yaitu Jurusan Teknik Kimia. Ada banyak persepsi yang masih keliru tentang Teknik Kimia. Setelah membaca artikel ini, kamu pasti cukup terkaget dengan informasi sebenarnya tentang Teknik Kimia. Apa saja itu?

Apa itu Jurusan Teknik Kimia?

Apa itu Teknik Kimia
Sumber: duniailkom.com

Selama ini banyak yang terkecoh dengan namaya. Banyak yang menganggap bahwa jurusan teknik kimia itu akan bergelut di laboratorium dengan mencampur-campur larutan kimia atau bahkan ada yang menganggapnya sebagai jurusan spesialis pembuat bom. Ini sangat keliru.

Teknik kimia adalah ilmu yang mempelajari bagaimana  mengubah suatu bahan baku menjadi produk. Bahan baku yang dimaksud adalah bahan mentah yaitu bahan yang nilai gunanya kecil atau bahkan tidak ada. Sementara produk berupa bahan jadi atau bahan setengah jadi yaitu bahan yang sudah punya nilai guna lebih dari sebelumnya. Tentunya untuk mengubah bahan baku menjadi produk harus melalui serangkaian proses.

Misalnya untuk mengubah kayu menjadi kertas, pasti ada serangkaian proses yang dilakukan untuk mengubahnya. Nah, orang-orang teknik kimia yang paham bagaimana proses yang dapat dilakukan. Selain itu, lulusan jurusan ini berusaha menciptakan proses yang paling baik. Apa itu? Proses yang mampu menggunakan bahan baku seminimal mungkin untuk menghasilkan produk semaksimal mungkin.

Intinya, teknik kimia adalah jurusan yang berfokus pada proses pengubahan bahan baku menjadi produk. Bahkan setelah lulus, biasanya para lulusan disebut dengan seorang Process Engineer.

Menarik kan? Oleh karenanya, bagi kamu yang suka dengan tantangan dan hal-hal baru, silahkan pilih jurusan teknik kimia.

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Teknik Kimia?

Kuliah di jurusan ini cukup berat. Selain pelajarannya yang memang terbilang susah, jurusan teknik kimia juga menuntut kamu untuk bisa mengatur waktu dengan baik. Tugas kuliah yang diberikan juga cukup banyak.

Belum lagi tugas praktikum. Bila kamu memutuskan untuk memilih jurusan ini, kamu juga akan bergelut dengan laboratorium. Setelah melakukan praktikum, kamu harus membuat laporan praktikum. Biasanya, penulisan laporan praktikum diselesaikan dengan tulis tangan dan dalam rentang waktu yang diberikan cukup singkat, tentunya dengan penulisan yang sesuai dengan aturan.

Tak hanya itu, mahasiswa juga dianjurkan untuk bergabung dalam organisasi-organisasi baik kampus maupun luar kampus. Keikutsertaan seorang mahasiswa teknik kimia dalam sebuah organisasi, akan sangat membantu nantinya pada dunia pekerjaan yang mendukung bidang ilmu.

Hebatnya lagi, untuk menyelesaikan dan memperoleh gelar sarjana teknik kimia, kamu harus menyelesaikan sebanyak dua tugas akhir yaitu penelitian dan pra-rancangan pabrik. Penelitian akan kamu lakukan didalam laboratorium sesuai dengan minat kamu dan dosen pembimbing. Kemudian, untuk menyelesaikan pra-rancangan pabrik, kamu diajak untuk menjadi seorang pendiri sebuah pabrik/ industri kimia dengan memperhatikan keseluruhan aspek yang ada.

Alasan Kuliah di Jurusan Teknik Kimia

Jurusan ini mempelajari bidang ilmu yang sangat luas. Ketika telah berada di jurusan teknik kimia, kamu harus siap untuk menambah banyak wawasan hampir di semua bidang. Apa untungnya? Ketika orang-orang dari latar belakang bidang ilmu lain mengajakmu mengobrol, setidaknya kamu paham walaupun hanya dasarnya. Mengapa begitu? Kamu akan temukan jawabannya dibawah ini.

Baca juga: Mengenal Jurusan Ilmu Keperawatan

Selain untuk memperoleh ilmunya yang menarik, prospek kerjanya yang luas juga menjadi satu alasan bagi kamu untuk memilih jurusan teknik kimia. Lulusan biasanya akan digiring pada perusahaan industri kimia. Perlu diketahui bahwa, jurusan ini merupakan salah satu jurusan yang memiliki prospek kerja yang besar dengan tawaran gaji yang juga menggiurkan.

Apa yang Dipelajari di Jurusan Teknik Kimia?

Banyak orang yang terkecoh dengan namanya. Teknik kimia bukan berarti kamu harus pandai dan jago kimia. Teknik kimia adalah jurusan yang justru sebagian besarnya mempelajari ilmu fisika dan matematika.

Bingung? Tenang. Hampir 80% proses perkuliahan dan ilmu yang diajarkan adalah ilmu fisika dan matematika. Sementara itu, ilmu kimia tetap dipelajari pada awal perkuliahan mulai 1 sampai 2 semester saja. Ilmu kimia yang dipelajaripun dasar, misalnya kimia dasar, kimia analisis, kimia organik dan kimia fisika.

Kemudian, seiring berlanjutnya semester perkuliahan, kamu akan disambut dengan ilmu-ilmu berbasis fisika dan matematika. Inilah yang menjadi inti dari bidang ilmu teknik kimia. Mata kuliah utama yang benar-benar harus dikuasai bila kamu masuk jurusan ini diantaranya neraca massa dan energi, termodinamika teknik kimia, teknik reaktor dan lain sebagainya.

Tidak sebatas itu, ilmunya sangat luas. Selain mata pelajaran inti yang berbasis fisika dan matematika, mahasiswa jurusan ini juga mempelajari ilmu yang tidak diduga-duga seperti ekonomi teknik, kemampuan berkomunikasi, manajemen proyek dan lain-lain sebagai pendukung bidang ilmu secara keseluruhan.

Prospek Kerja Jurusan Teknik Kimia

Prospek Kerja Jurusan Teknik Kimia
Sumber: indopolitika.com

Jurusan teknik kimia merupakan salah satu jurusan yang memberikan prospek yang cukup besar bagi para lulusannya. Kenapa? Saking luasnya ilmu yang dipelajari, lulusan  dapat melamar pekerjaan dalam berbagai jenis bidang perusahaan.

Saat ini, perusahaan yang paling banyak diminati lulusan teknik kimia adalah perusahaan minyak dan gas.

Perusahaan lain yang banyak menerima lulusan teknik kimia adalah perusahaan perkebunan, baik perkebunan kelapa sawit, karet dan lain sebagainya. Sarjana teknik kimia dibutuhkan perusahaan ini untuk pengelolaan bahan baku perkebunan menjadi produk, misalnya pengelolaan kelapa sawit menjadi minyak goreng.

Perusahaan lain, seperti perusahaan dibidang pulp and paper misalnya, juga membutuhkan para lulusan teknik kimia untuk menangani proses pembentukan bahan baku menjadi produk. Perusahaan lain yang membutuhkan tenaga dan ilmu teknik kimia adalah perusahaan bidang semen, pupuk, bahan kimia dan masih banyak lagi.

Bahkan,  lulusan jurusan ini juga akan dibutuhkan pada perusahaan food and bavarage seperti Indofood, Wingsfood dan lain-lain. Tidak hanya itu, lulusan teknik kimia mempunyai kesempatan besar untuk menjadi bagian dari perusahaan-perusahaan besar seperti Danone, Unilever dan lain sebagainya. Biasanya, lulusan teknik kimia ditempatkan pada bagian produksi atau bisa saja di laboratorium sebagai pengontrol kualitas dari produk yang akan diproduksi suatu perusahaan.

Lulusan teknik kimia tidak perlu khawatir, Perusahaan pengelolaan air minum dan sanitasi seperti PDAM, juga membutuhkan banyak tenaga dari lulusan teknik kimia. Tidak sedikit juga yang bekerja pada bidang lingkungan dan pengendalian limbah pada suatu lingkup pemerintahan atau bahkan perusahaan.

Bahkan, bila kamu ingin mencicipi pekerjaan bidang yang lain, lulusan teknik kimia diperlukan pada bidang perbankan, hal ini berdasar atas pengalaman lulusan teknik kimia yang belajar mengenai analisa ekonomi dan keterampilan berkomunikasi semasa kuliah.

Nah, kalau bercerita tentang prospek kerja, rasanya cukup panjang. Maka, kamu tidak perlu takut untuk menganggur bila memilih teknik kimia. Jurusannya sudah bagus, prospek kerjanyapun sangat luas. Terus? Masih ragu?

Tips Kuliah di Jurusan Teknik Kimia

Kuliah jurusan apapun pasti ada kesulitannya Tentunya untuk menghadapi kesulitan masing-masing jurusan bisa saja berbeda-beda. Nah, yuk simak tips kuliahnya.

Bila sudah masuk di jurusan ini, cobalah membuang firasat buruk pada teknik kimia. Satu hal yang juga penting adalah, menamamkan komitmen untuk menjadi seorang lulusan teknik kimia dengan tidak menyia-nyiakan waktu dan uang tentunya selama kuliah.

Kuliah disini harus didahului dengan memahami konsep dasar teknik kimia. Prinsip dasarnya mengubah bahan baku menjadi produk dengan serangkaian proses. Tanamkan mindset betapa pentingnya ilmu yang akan kamu dapatkan di teknik kimia. Bila kamu sudah masuk pada jurusan teknik kimia, bersiap siaplah membantu dunia untuk memenuhi kebutuhannya.

Jurusan ini akan memberikan pelajaran dasar pada awal-awal semester. Pelajaran yang akan didapatkan adalah seputan kimia, fisika, matematika  hingga mikrobiologi secara dasar.

Pada tahap ini, kamu seolah-olah mengulang pelajaran IPA yang ada di SMA. Perkuliahan bisa saja berjalan santai. Tapi  ingat, pada kesempatan ini kamu perlu belajar dengan sungguh-sungguh. Sebab, untuk proses perkuliahan pada semester yang lebih tinggi, kamu harus melibatkan ilmu yang diajarkan pada semester awal. Jadi coba diperhatikan baik-baik.

Setelah memasuki semester tiga hingga enam, biasnya pelajaran inti dari bidang ilmu teknik kimia mulai tampil. Pada tahap ini, kamu sebaiknya mampu mengikuti pelajaran dengan serius dan tekun.

Selain itu, kamu perlu memanajemen waktu dengan baik. Sehingga kamu bisa membagi waktu untuk masuk kuliah, masuk praktikum, mengerjakan tugas hingga mengikuti aktivitas organsiasi yang juga tak kalah penting.

Pada masa ini, kamu akan merasa memiliki waktu luang yang sangat sempit, akibat adanya jadwal yang sangat padat. Bahkan tidak jarang kamu bisa saja menjumpai jadwal kuliah dan praktikum yang bentrok. Untuk mengatasi hal ini, kamu harus aktif dan berani melaporakan masalahmu ini pada asisten laboratoium untuk mendapatkan reschedule jadwal praktikummu.

Telah disampaikan diatas bahwa untuk menyelesaikan studi, kamu harus menyelesaikan dua tugas akhir, yaitu penelitian dan pra-rancangan pabrik. Kamu sebaiknya mulai melakukan penelitian pada awal semseter 6. Sehingga bila ada ketekunan dan ketelatenan dalam melakukan penelitian, kamu akan menyelesaikan laporan hasil penelitian pada akhir semester 6 atau diawal semester 7.

Baca juga: Mengena Jurusan Perencanaan Wilayah dan Kota

Selanjutnya, kamu bisa langsung mengerjakan tugas akhir yang merupakan pra-rancangan pabrik. Pembuatan tugas akhir ini mebutuhkan tenaga ekstra. Tugas akhir ini berisi keseluruhan ilmu yang dipelajari mahasiswa teknik kimia sejak awal semester. Jadi, buku-buku yang kamu miliki sejak awal semester jangan sampai hilang. Kamu pasti mebutuhkan itu. Kamu harus membuat jadwal rutin untuk mengerjakannya. Tentunya dengan tetap menjaga pola makan dan tidur. Bila tekun dan rajin, kamu bisa lulus tepat waktu.

Iya, begitulah jurusan teknik kimia. Memang jurusan yang sulit, tapi jangan khawatir, kamu akan punya ilmu yang luas dan prospek kerja yang besar setelah lulus.

Artikel Terbaru

Fadli

Fadli

Having spent 3 years and 16 months in Syiah Kuala University. It takes me to be a bachelor of chemical engineering. I am a big fan of writing as a cup of no coffee is next to me.

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *