Home Pengembangan Diri Komunikasi Penulisan Huruf Yang Baik dan Benar

Penulisan Huruf Yang Baik dan Benar

Apa yang menjadi fokus utamamu dalam menulis sesuatu? Apakah itu struktur tulisan atau penullisan huruf? Jika keduanya, maka kamu adalah orang yang detail terhadap tulisanmu sendiri.

Kamu tidak membiarkan tulisan itu hanya sekedar mengalir tanpa mempertimbangkan kaidah penulisannya. Perhatian khusus terhadap tulisan terletak pada bagian dimana kamu meletakkan penggunaan huruf yang tepat.

Penulisan huruf dalam kaidah penulisan ini dirasa sangat berguna bagimu demi menunjang kualitas tulisanmu.

Awal Kalimat Selalu Huruf Kapital

Ketika kamu membaca sebuah kalimat, apa yang kamu perhatikan? Apa yang berbeda dari struktur penulisan tersebut? Yuk coba perhatikan tulisan ini.

E.g.

Hi! Bagaimana keadaanmu hari ini?

Coba perhatikan kata “Hi” dan “Bagaimana”. Apakah terdapat perbedaan dengan kata yang lain? Ya, huruf “H” terletak di awal kalimat sehingga ditulis dengan huruf kapital.

Penggunaan Huruf Kapital pada Kutipan Langsung

Setelah meletakkan huruf kapital di awal kalimat, kamu juga harus memperhatikan kaidah penulisan kutipan langsung.

Setiap kata kutipan langsung setelah tanda kutip akan diberlakukan huruf kapital. Contohnya adalah seperti kalimat berikut ini.

E.g.

Mama berkata, “Jangan pergi, nak.”.

Baca juga: Unsur Kalimat SPOK

Sebutan untuk Tuhan

Ketika kamu menuliskan kata “Tuhan”, jangan lupa menjadikan huruf awal sebagai huruf kapital.

E.g.

Tuhan akan selalu mengingat hamba-Nya.

in the school
Sumber: cheap-essay-writing.co.uk

Nama Gelar dan Jabatan

Hal ini mungkin sudah kamu ketahui ketika menduduki bangku sekolah. Untuk setiap penulisan nama, kamu harus menuliskannya dengan huruf kapital pada huruf pertama. Ini juga berlaku bagi penulisan gelar.

E.g.
Arie Pradipta, SE.
Kiara Adriane, MBA.

Bagaimana dengan kaidah penulisan jabatan? Kamu juga harus menata huruf pertama dengan huruf kapital. Coba perhatikan contoh berikut ini.

E.g.

Acara HUT RI ke-74 dibuka oleh Presiden Jokowi.

Presiden Russia Vladimir Putin hadir dalam acara penyambutan tersebut.

Keterangan Waktu

Keterangan waktu di sini dapat berupa penyelenggaraan Hari Besar Keagamaan atau kaidah penulisan kalender. Yuk simak contoh berikut ini.

E.g.

Hari Raya Idul Fitri tahun ini jatuh pada bulan Juni.
Perayaan Natal dilaksanakan pada setiap tanggal 25 Desember.

Pada contoh tersebut juga dapat kamu lihat tentang penulisan nama bulan. Ya, penulisan nama bulan selalu diawali dengan huruf kapital.

Suku dan Negara

Setiap orang sudah mengetahui bahwa Indonesia memiliki beragam suku. Persebaran suku tersebut dimulai dari ujung utara Pulau Sumatera hingga Pulau Papua.

Ketika kamu memasukkan nama suku pada tulisanmu, jangan lupa untuk memperhatikannya terlebih dahulu. Jangan lupa untuk menuliskannya dengan huruf kapital di awal kata. Agar kamu tidak dilanda keraguan, yuk simak contoh berikut ini.

E.g.
Ayahku berasal dari suku Jawa dan Ibuku berasal dari suku Minahasa.
Ia akan menghabiskan waktu liburnya untuk berkunjung ke Saint Petersburg.

Selain menjadikan huruf awal suku dengan huruf kapital, kamu juga harus memberlakukan hal ini dalam kaidah penulisan nama negara. Berikut adalah contohnya.

E.g.

Ayah akan bertugas ke New York pekan depan.

Baca juga: Bentuk Kalimat SPOK

Nama Geografi

Apa yang kamu ketahui tentang nama geografi? Apakah ini hanya seputar nama tempat yang terkait dengannya?

Secara umum, nama geografi juga mencakup nama suatu tempat. Lebih tepatnya, nama geografi ini meliputi seluruh komponen geografi seperti nama laut, gunung, sungai, lembah, dataran tinggi, dataran rendah, dan lainnya. Yuk pelajari contoh berikut ini.

E.g.

Mendaki Gunung Rinjani adalah tujuan pendakian kami berikutnya.
Danau Baikal menyajikan pemandangan eksotis di musim dingin.

Huruf Kapital
Sumber: 3.bp.blogspot.com

Kata Ganti Orang Pertama dan Hubungan Kekerabatan

Kaidah penulisan seperti ini lumrah kamu temukan pada buku bacaan seperti novel maupun cerpen. Beberapa contoh penataan huruf kapital pada ganti orang pertama dan hubungan kekerabatan adalah sebagai berikut.

E.g.
Ibu melihatku berjalan meninggalkan rumah tua itu.
Aku dan Kakakku akan pergi ke Bali bulan ini.

Nah, itulah pentingnya penulisan huruf dalam kaidah penulisan jurnalistik. Pastikan kamu memperhatikan setiap kata yang kamu tulis dengan benar. Perhatikan kembali penulisannya dengan membaca ulang tulisan tersebut. Selamat mempraktikkan ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Inilah 8 Cara Mudah Membuat Ringkasan

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan ringkasan. Dalam setiap buku pelajaran, tentu ada ringkasan dari seluruh isi materi, sehingga pembaca sekilas akan tahu...

Cara Memasak dengan Teknik Ungkep

Ada banyak cara untuk memasak makanan. Lebih lagi bagi kamu yang benar-benar menyukai kegiatan masak memasak. Pasti akan lebih seru jika mencoba semua teknik...

Contoh Notulen Rapat beserta Pengertiannya

Rapat merupakan kegiatan rutin dimana-pun kita bekerja. Rapat sendiri umumya kita akan membahas berbagai hal seperti masalah-masalah yang sedang dihadapi, penyesuaian data-data yang masuk...

Mengenal Manajemen Risiko Bisnis

Semua risiko, bahkan di dalam bisnis sekalipun umumnya bersifat merugikan dan berdampak negatif. Meskipun begitu, bukan berarti risiko tidak dapat dihindarkan. Risiko dapat dikelola...