Home Perkuliahan Tugas Apakah Itu Penelitian Kualitatif?

Apakah Itu Penelitian Kualitatif?

Kalau bicara skripsi atau desertasi atau thesis pasti akan familiar dengan nama metode penelitian yang biasanya ada dalam tugas akhir tersebut. Metode penelitian itu tidak hanya dipakai dalam tugas akhir, tapi juga jurnal dan penelitian ilmiah lainnya. Metode itu ibarat kendaraan yang kita gunakan kalau sedang pergi kesuatu tempat.

Metode penelitian sendiri dibagi menajdi dua yaitu penelitian dengan metode kuantitatif dan metode kualitatif. Kali ini kita akan membahas metode kualitatif yang cukup banyak dipakai oleh peneliti. Biasanya penelitian dengan metode kualitatif ini akan mempertanyakan tentang teori tertentu atau filosofi tertentu. Berikut lebih jauhnya.

Latar Belakang Historis Penelitian Kualitatif

Penelitian Kualitatif
Sumber: djkn.kemenkeu.go.id

Tidak banyak yang tahu bagaimana sebuah penelitian kualitatif ini berawal. Kisahnya sendiri berasal dari awal abad ke 20 yang digunakan oleh antropologis dan sosiologis. Di tahun 1920an, dan tahun 1930an seperti Malinowski (1922) dan Mead (1935) dan sosiolog dari sekolah Chicago, Park dan Burgess (1925) yang menggunakan penelitian jenis kualitatif dengan fokus pendekatan yang beragam. Pada saat itu, pendekatan ini masih belum stabil dimana masih tidak bersifat ilmiah dan cenderung tidak realistis.

Kemudian lambat laun sistem dan tekniknya diperbaiki sejak tahun 1960an, sistem ini sudah stabil yang dimulai dari simbol interaksi perspektif. Dengan berkembangnya metode penelitian ini memunculkan 3 teori dalam penelitian ini seperti: Grounded Theory, Ethography dan Phenomenology.

Setelah sistem ini diperbaiki dan banyak dipakai dalam jurnal-jurnal ilmiah dan penelitian ilmiah, penelitian dengan sistem ini banyak dipakai diberbagai negara. Di Negara Inggris penelitian jenis ini dipakai tahun 1970-an dan 1980-an. Sayangnya, perkembangan penelitian kualitatif ini masih jarang digunakan untuk penlitian dalam bidang kesehatan, ataupun kedokteran. Penelitian dalam bentuk kualitatif dapat digunakan tetapi belum seluruhnya bisa diterima, hal ini tergantung dari kasus yang sedang diteliti.

Penellitian Untuk Mencari Makna Sebuah Fenomena

Metode Penelitian Kualitatif
Sumber: maxmanroe.com

Penelitian dengan metode kualitatif digunakan dalam lingkung yang kecil dan berhubungan dengan pemahaman tentang konsep-konsep, teori-teori tertentu. Penelitiaan yang menggunakan metode kualitatif tidak menganalisis menggunakan pendekatan angka/numerik yang harus menggabungkan analisa antar variable. Metode ini bekerja untuk mencari pemahaman akan tindakan sosial tertentu yang diambil dari sisi informan/kelompok kecil.

Penelitian kualitatif sendiri tidak mencari sebuah trend dari fenomena sosial, tetapi cenderung mempertanyakan tindakan sehari-hari dalam kelompok masyarakat kecil. Seperti contoh bagaimana suatu fenomena itu terjadi, dan mengapa hal itu bisa terjadi. Hal itu didasarkan pada tujuan dari penelitian yang lebih mengekspolari fenomena atau gejala sosial dalam masyarakat dan makna dari fenomena tersebut.

Penelitian jenis ini juga menekankan dalam ketajaman makna dan kalimat yang digunakan sebagai bahan analisis, sehingga tak jarang para peneliti yang menggunakan metode ini menggunakan wawancara individu dan atau menggunakan buku/literatur sebagai sarananya. Oleh karenanya, fokusnya tidak pada trend fenomena itu atau seberapa banyak pengaruh sebuah fenomena terhadap manusia tetapi pada maksud terjadinya sebuah fenomena/peristiwa yang sedang atau telah berlangsung.

Baca juga: 7 Tahap Dasar Penelitian

Hal ini juga dikemukakan oleh McCusker, K., & Gunaydin, S. (2015) bahwa metode kualitatif digunakan untuk menjawab pertanyaan tentang apa, bagaimana, dan mengapa atas suatu kejadian/peristiwa. Sedangkan metode kuantitatif menjawab pertanyaan tentang berapa banyak.

Perbedaan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif

Perbandingan Kualitatif dan Kuantitatif
Sumber: questionpro.com

Ini pasti pertanyaan yang paling ditunggu jawabannya. Kalau diperkuliahan Penelitian kualitatif lebih menonjolkan bahwa penelitian itu berdasarkan pada analisis sumber tertulis seperti buku, atau jurnal. Sedangkan penelitian kuantitatif lebih menonjolkan pada analisis dalam bentuk numerik atau angka dan statistik. Tapi, ada kah yang tahu substansi atau inti dari penelitian ini dibanding dengan hal yang menonjol tadi ?

Banyak yang mengira bahwa penelitian kualitatif tidak menggunakan wawancara yang lebih cenderung kearah penelitian kuantitatif. Pada penelitian kualitatif pun ada jenis wawancara, hanya saja wawancaranya lebih mendalam untuk mengetahui perspektif dari orang lain. Sehingga wawancara yang dilakukan oleh penelitian kualitatif pasti memiliki daftar yang lebih berbobot untuk mendapatkan jawaban dari pertanyaan penelitiannya dibandingkan dengan seberapa banyak responden yang didapat.

Baca juga: 5 Tips Menganalisis Penelitian Kualitatif

Berikut adalah tabel yang bisa memberikan gambaran tentang bagaimana penelitian kualitatif dan kuantitatif itu:

No Kualitatif Kuantitatif
1 Jumlah sample lebih sedikit biasanya berupa individu dalam suatu komunitas. Jumlah Sample yang lebih banyak contoh dalam suatu komunitas, atau masyarakat besar.
2 Data pustaka sebagai inti data dan hasil sampel sebagai data penunjang. Data pustaka biasanya sebagai penunjang dan hasil sampel sebagai inti data.
3 Lebih subyektif karena melibatkan pandangan individu. Lebih obyektif terhadap peristiwa
4 Bersifat yang memaparkan kondisi khusus dan diikuti kesimpulan yang bersifat umum dari sebuah fenomena/peristiwa Memaparkan kondisi yang umum dulu dan diikuti kesimpulan yang lebih spesifik tentang fenomena/peristiwa,
5 Pengambangan sebuah teori Menjawab sebuah teori
6 Mengembangkan nilai dan pengambilan kesimpulan berdasarkan data, dengan berorientasi pada proses Kesimpulan diambil berdasarkan banyaknya hasil temuan data.
7 Data berupa narasi atau pemaparan Data numerik atau statistikal
8 Pada prinsipnya menggunakan observasi dan interview Menggunakan berbagai macam variasi intrumen
9 Hasil bersifat dinamis. Hasil bersifat statis karena berhubungan dengan numerik.
10 Menemukan konsep yang teoritis. Memverifikasi data
11 Lebih mencari substansi/arti dari sebuah peristiwa Menggunakan konsep hipotesis nol (H0) dan hipotesis alternatif (Ha)
12 Menggunakan analisis induksi untuk menganalisis data Menggunakan metode statistik untuk menganalisis data
13 Studi kasus Mempelajari populasi atau sampel.
14 Tidak ada alat ukur yang standart Ada alat ukur standart
15 Jangkauan hasil bisa lebih luas Jangkauan hasil terbatas

Setelah mengetahui hal tentang apa itu penelitian kualitatif, sudahkah kalian memilih penelitian yang akan digunakan dalam tugas akhir atau penelitian kalian? Selain hal diatas, ada beberapa hal lain yang akan menentukan karakteristik lain dari penelitian kualitatif itu sendiri. Hal itu akan dibahas pada bahasan yang berikutnya.


Source:

https://www.sciencedirect.com/topics/social-sciences/qualitative-methodology
https://www.ncbi.nlm.nih.gov/pmc/articles/PMC4275140/
https://www.blackwellpublishing.com/content/BPL_Images/Content_store/Sample_chapter/9780632052844/001-025%5B1%5D.pdf
https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/12773/Memahami-Metode-Penelitian-Kualitatif.html
M.Given, Lisa. 2008. The Sage Encyclopedia of Qualitative Research Methods. Sage Publication, California.

Avatar
Dindahttps://www.dindapranata.com
Selenophile, and Bibliophile Enjoying petrichor before rain comes by reading and writing with a cup of a coffee.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...

Yuk Ketahui Paradigma Penelitian Kualitatif

Masih banyak dari kita yang kurang mengerti apa itu paradigma. Di beberapa bahan bacaan tingkat lanjut dalam jurnal, dalam karya ilmiah tentu beberapa kali...

Mengenal Apa Itu Jurusan Biologi

Setelah lulus SMA ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi tapi masih bingung ke jurusan apa? Suka dengan dunia Biologi tapi ingin mengetahui gambaran kuliahnya seperti...