Home Seni & Musik Olah Tubuh untuk Pemain Drama Yang Harus Kamu Lakukan

Olah Tubuh untuk Pemain Drama Yang Harus Kamu Lakukan

Bukan hanya para atlet, ternyata orang-orang yang memerankan tokoh dalam drama juga perlu latihan olah tubuh. Teknik ini sangat penting sekali, terutama untuk para pemain yang melakukan cukup banyak gerak. Latihan olah tubuh bisa membantu menjadikan tubuh mereka lebih lentur, sehingga nantinya bisa lincah bergerak memainkan perannya.

Selain membuat tubuh lebih lentur dan lincah, latihan olah tubuh juga membantu supaya para pemeran menyadari setiap potensi fisiknya. Dengan begitu mereka bisa tahu bagian mana saja yang bisa dioptimalkan untuk kebutuhan artistik penampilan drama. Untuk Kamu yang ingin lebih banyak tahu tentang teknik olah tubuh untuk pemain drama, simak sampai habis!

Latihan Peregangan

latihan peregangan
Sumber foto : soundhealthandlastingwealth.com

Ini adalah tahap awal yang perlu dilakukan dalam latihan olah tubuh untuk pemain drama. Seperti halnya tahap pemanasan ketika kita akan berolahraga, proses ini digunakan untuk menyiapkan fisik melakukan gerakan-gerakan yang lebih berat. Dengan begitu sirkulasi darah bisa lancar dan otot pun merenggang secara bertahap.

Baca juga: 7 Unsur Intrinsik Drama yang Perlu Kamu Ketahui

Untuk proses ini bisa dilakukan dengan merilekskan seluruh tubuh, kemudian mulai melenturkan dari otot wajah. Kamu bisa mencoba menggerakkan seluruh bagian wajah, mulai dari pipi, mulut, mata, seperti mengganti ekspresi. Kemudian bisa mulai menggerakkan seluruh kepala dengan perlahan, ke kanan, kiri, berputar. Setelahnya bisa berlanjut ke bagian tubuh lain, tangan dan kaki.

Latihan Inti

latihan dance
Sumber foto : latimes.com

Setelah tubuh sudah cukup panas dan siap untuk gerak fisik yang lebih berat, bisa dilanjutkan ke latihan inti. Jenis latihannya bisa berbeda-beda karena biasanya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing tokoh. Peran yang banyak menampilkan adegan kekuatan fisik tentu beda latihan fisiknya dengan pemeran lain yang lebih ringan dan santai gerakannya.

Beberapa latihan olah tubuh yang banyak digunakan untuk tahap ini seperti latihan olahraga fisik, menari, latihan gerakan tertentu (menyesuaikan kebutuhan gerak peran) dan lainnya. Jika peran banyak bertarung bisa menggunakan latihan olah tubuh seperti bela diri. Sedangkan untuk melatih kelincahan tubuh bisa menggunakan gerak tari-tarian.

Latihan Pendinginan

latihan pendinginan
Sumber foto : verywellfit.com

Tahap ini juga sering disebut dengan cool-down atau peredaan. Mirip seperti ketika berolahraga, ini dilakukan untuk memberikan kesempatan otot mengambil manfaat dari latihan yang sudah dilakukan. Selain itu juga supaya penambahan sirkulasi ringan tetap bertahan serta memanfaatkan kenaikan suhu tubuh.

Konsistensi Olah Tubuh

konsisten berlatih
Sumber foto : babysound.ru

Jika Kamu mungkin pernah bertanya tentang aktor atau aktris yang bisa memerankan tokoh dengan apik, lincah dan enak dipandang, kemungkinan karena mereka melakukan olah tubuh dengan baik. Bahkan beberapa yang benar-benar profesional menjaga kualitas, tetap melakukan latihan olah tubuh meskipun tidak sedang dalam masa kontrak syuting.

Seperti itu pula idealnya seorang pemeran drama, olah tubuh memang diperlukan sebelum berlatih dan pentas. Tapi hasil akan jauh lebih optimal ketika hal itu juga secara rutin dilakukan sebagai bagian dari agenda sehari-hari. Karena akhirnya bisa mengenali tubuh dengan baik dan kondisi fisik stabil terjaga kebugaran dan kelincahannya. Eh ada berapa penokohan drama yang wajib kamu ketahui loh!

Jadi, untuk Kamu terutama yang ingin bisa bermain drama dengan baik, jangan malas untuk melakukan latihan olah tubuh. Karena itu sama pentingnya ketika Kamu berlatih olah vokal demi mendapatkan suara yang bagus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Ciri dan Struktur

Pernah nggak sih, kamu penasaran terhadap suatu hal atau objek tertentu dan pengen nyoba untuk mengetahui lebih jauh objek tersebut? Tentu pernah dong. Nah,...

Contoh Konjungsi atau Kata Penghubung serta Jenisnya

Kamu pasti sering melihat penyebutan kata konjungsi atau kata penghubung di dalam soal ujian Bahasa Indonesia, bukan? Rasanya sudah nggak asing lagi sama penyebutan...

Mengenal Manajemen Kontinuitas Bisnis

Tahun 2020 menjadi tahun yang cukup menyedihkan bagi kita semua. Berbagai bencana terjadi dan lebih parahnya, wabah virus corona terjadi di mana-mana. Hal ini...

Pengertian dan Sejarah Corporate Social Responsibility (CSR)

Pernah dengar tentang istilah CSR atau corporate social responsibility? Atau kamu pernah jalan-jalan di taman kota dan menemukan tugu dengan tulisan “Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan...

Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC)

Komunikasi Pemasaran Terpadu, atau dapat juga disebut sebagai Integrated Marketing Campaign (IMC) adalah hal yang penting dalam bidang pemasaran. Secara definisi, IMC adalah sebuah...