Mengenal Metode Penelitian Secara Lengkap

Saat ini, kegiatan penelitian sudah semakin berkembang dan digunakan dalam berbagai bidang untuk menemukan suatu hal yang baru. Penemuan baru tersebut digunakan sebagai pengetahuan baru atau memperbaiki penemuan sebelumnya. Dalam melakukan kegiatan penelitian tersebut, tidak terlepas dari menggunakan metode penelitian.

Apa sebenarnya metode penelitian itu? Berikut ini adalah ulasan mengenai pengertian metode penelitian, tujuan, fungsi, serta macam-macam metode penelitian.

Pengertian Metode Penelitian Menurut Para Ahli

Metode Penelitian
Sumber: Arek Socha from Pixabay

Menurut para ahli, metode penelitian memiliki pengertian yang dapat dijelaskan sebagai berikut.

  1. Dr. Sugiyono menyatakan bahwa metode penelitian adalah cara atau proses ilmiah yang memiliki tujuan mendapatkan data dengan kegunaan dan tujuan tertentu.
  2. Muhidin Sirat berpendapat bahwa metode riset atau metode penelitian adalah cara yang digunakan untuk menentukan beberapa topik serta penentuan judul pada suatu penelitian.
  3. Menurut Prof. M.E. Winarno, metode penelitian adalah kegiatan ilmiah yang dilakukan menggunakan teknik yang sistematik dan teliti.
  4. Hery Rahyubi menyatakan, metode penelitian merupakan salah satu model yang bisa digunakan untuk melakukan kegiatan belajar mengajar untuk tercapainya proses yang baik.
  5. Nasir memiliki pendapat mengenai metode penelitian, yaitu cara yang utama dan umumnya digunakan penelitian dengan tujuan mencapai pemecahan masalah serta menemukan jawaban atas permasalahan tersebut.

Baca juga: Metode Penelitian Kualitatif Serta Contohnya

Pengertian Umum

Pengertian umum metode penelitian adalah tahapan langkah yang dimiliki dan dilakukan oleh seorang peneliti untuk mengumpulkan informasi berupa data yang selanjutnya dianalisis untuk dapat menghasilkan suatu kesimpulan penelitian.

Metode penelitian diantaranya berisi gambaran rancangan penelitian yang meliputi prosedur dan langkah-langkah yang harus ditempuh, waktu penelitian, alat dan bahan penelitian, sumber data, dan teknik analisis data.

Dalam memahami metode penelitian, seorang peneliti perlu mengerti yang disebut dengan metodologi penelitian. Metodologi penelitian sendiri merupakan gambaran secara komprehensif bagaimana langkah-langkah peneliti dalam menjawab pertanyaan penelitian. Adapun definisi dari metodologi penelitian adalah sebuah cara untuk mengetahui hasil dari suatu permasalahan yang spesifik dari permasalahan penelitian.

Dalam metodologi penelitian, peneliti dapat menggunakan berbagai kriteria yang berbeda untuk memecahkan masalah penelitian. Selain itu, dalam metodologi penelitian, peneliti juga selalu berusaha untuk mencari pertanyaan untuk mengetahui jawaban dari permasalahan penelitian hingga dapat mengambil kesimpulan.

Tujuan Penelitian

Penelitian mempunyai tujuan utama menurut Sugiyono (2017, 5), yaitu menemukan, membuktikan dan mengembangkan. Ketiga hal tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.

  • Menemukan, maksudnya yaitu penemuan dari suatu penelitian yang benar-benar belum pernah ada sebelumnya. Misalnya yaitu penelitian yang hasil akhirnya menemukan teori baru yang belum pernah ada teori yang menyatakan hal yang sama.
  • Membuktikan, maksudnya yaitu hasil penelitian digunakan untuk membuktikan adanya pengetahuan tertentu. Misalnya penelitian yang membuktikan apakah benar polisakarida non pati yang terkandung di dalam biji asam dapat mengendalikan glukosa darah bagi penderita hiperglikemia. Dimana sebelumnya telah ada teori tentang penelitian polisakarida larut air yang menyatakan hal tersebut.
  • Mengembangkan, maksudnya yaitu kegiatan penelitian dilakukan dengan tujuan mengembangkan pengetahuan atau penelitian yang sudah ada sebelumnya. Misalnya, pada penelitian sebelumnya telah dibuktikan bahwa polisakarida larut air dari biji asam dapat mengendalikan glukosa darah. Sehingga pada penelitian selanjutnya peneliti melakukan pengembangan penelitian dengan mencampurkan polisakarida larut air tersebut ke dalam minuman.

Fungsi Penelitian

Penelitian memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai berikut.

  1. Mendeskripsikan dan memberikan data atau informasi.
  2. Menjabarkan latar belakang mengenai terjadi suatu peristiwa atau fenomena.
  3. Menyusun suatu teori dari hasil penelitian tersebut.
  4. Meramalkan, memperkirakan, dan memproyeksikan suatu peristiwa yang mungkin terjadi berdasarkan data-data yang terkumpul.
  5. Mengontrol peristiwa maupun gejala-gejala yang sedang terjadi.

Jenis-Jenis Metode Penelitian

Jenis-jenis metode penelitian menurut Handayani (2019: 11) dikelompokkan menjadi dua, yaitu jenis metode penelitian basic methods dan jenis metode penelitian derivate methods. Jenis metode penelitian Basic methods misalnya digunakan pada penelitian kualitatif, survei, dan eksperimental. Sedangkan jenis metode penelitian derivate methods misalnya digunakan pada penelitian tentang sejarah, evaluasi, dan metode-metode lain.

Sementara itu, menurut Sugiyono (2011:9) jenis metode penelitian dikelompokkan menjadi tiga, yaitu metode penelitian kuantitatif, metode penelitian kualitatif, dan metode penelitian campuran atau kombinasi.

Baca juga: Metode Pengumpulan Data

Macam-macam Metode Penelitian

Sumber: daftarpustaka.org

Setelah membahas mengenai jenis metode penelitian, selanjutnya kita akan membahas terkait dengan macam-macam metode penelitian. Macam-macam metode penelitian berdasarkan sifat-sifat masalahnya menurut Suryabrata (1983) dikelompokkan antara lain, sebagai berikut.

Metode Penelitian Historis

Penelitian historis memiliki tujuan untuk memuat rekonstruksi terhadap masa lampau secara sistematis dan objektif sehingga dapat membantu menggambarkan atau menerangkan kejadian yang terjadi di masa kini. Contoh metode penelitian historis misalnya digunakan pada penelitian tentang perkembangan ekonomi islam di Indonesia dalam lima tahun terakhir.

Metode Penelitian Deskriptif

Penggunaan metode penelitian deskriptif bertujuan untuk membuat deskripsi secara sistematis, faktual, serta akurat terhadap suatu fakta dan sifat populasi daerah tertentu. Penelitian deskriptif ini memiliki tujuan, yaitu membuat deskripsi atau gambaran yang sistematis, faktual, dan akurat terkait suatu fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki.

Contoh penggunaan metode penelitian deskriptif ini misalnya penelitian yang dilakukan dengan survei, studi kasus, analisa pekerjaan dan aktivitas, dan penelitian komparatif.

Metode Penelitian Perkembangan

Metode penelitian perkembangan
Sumber: ar130405 from Pixabay

Metode Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pola-pola dan urutan pertumbuhan atau perubahan sebagai fungsi daripada waktu. Penelitian perkembangan memiliki tujuan untuk mengembangkan, memperluas, dan menggali lebih dalam sebuah teori yang dimiliki oleh ilmu tertentu. Penelitian perkembangan sendiri adalah serangkaian metode penelitian yang digunakan guna menghasilkan suatu produk seperti prototipe, desain, media pembelajaran, strategi dan alat evaluasi pendidikan dalam pembelajaran.

Metode Penelitian Kasus

Metode penelitian kasus atau bisa disebut juga dengan metode penelitian lapangan adalah suatu metode yang bertujuan untuk mempelajari tentang latar belakang keadaan sekarang serta interaksi lingkungan suatu objek secara intensif.

Metode Penelitian Korelasional

Metode ini bertujuan untuk mengkaji tingkat keterkaitan antara variasi suatu faktor dengan variasi faktor lain berdasarkan koefisien korelasi. Contoh metode penelitian korelasional misalnya peneliti ingin mengetahui hubungan antara religiusitas dengan sikap terhadap praktik riba di bank.

Metode Penelitian Eksperimental

Penelitian eksperimental merupakan suatu metode penelitian yang memiliki tujuan untuk menyelidiki adanya kemungkinan hubungan sebab akibat dengan cara melakukan kontrol atau kendali. Metode penelitian ini disebut juga dengan penelitian true eksperimental atau eksperimen sungguhan. Contoh metode penelitian eksperimental ini yang biasanya digunakan pada penelitian yang dilakukan di laboratorium.

Metode Penelitian Quasi Eksperimental Semu

Metode penelitian ini memiliki tujuan untuk mengkaji kemungkinan hubungan sebab akibat dalam keadaan tidak memungkinkan dilakukan kontrol atau kendali. Namun bisa diperoleh informasi pengganti bagi situasi dengan pengendalian. Contoh metode penelitian quasi eksperimen yaitu metode penelitian yang digunakan pada penelitian tentang perbandingan penggunaan dua model pembelajaran yang berbeda untuk mengetahui prestasi siswa.

Metode Penelitian Kausal Komparatif

Kausal Komparatif adalah metode yang memiliki tujuan menyelidiki kemungkinan hubungan sebab akibat dengan tidak melakukan eksperimen melainkan dilakukan dengan pengamatan pada data dari faktor yang diduga menjadi penyebab sebagai pembanding.

Metode Penelitian Tindakan

Penelitian tindakan memiliki tujuan untuk mengembangkan keterampilan baru atau pendekatan baru yang diterapkan langsung kemudian dikaji hasilnya. Salah satu contoh metode penelitian tindakan ini adalah pada penelitian tindakan kelas yang dilakukan oleh guru kepada siswanya.

Baca juga: Metode Penelitian Kuantitatif

Demikianlah penjelasan tentang metode penelitian dan macam-macam metode penelitian. Kamu bisa mengembangkan wawasan sendiri mengenai metode penelitian dari sumber yang lainnya. Semoga sedikit ulasan ini bisa membantu kamu dalam menyelesaikan tugas akhir ya!


Sumber:

Handayani, M. Metodologi Penelitian Akuntansi (Bagi Pendidikan Vokasi). Politeknik Banjarmasin.

Hermawan, I. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method). Hidayatul Quran.

Sayidah, N. (2018). Metodologi penelitian disertai dengan contoh penerapannya dalam penelitian. Zifatama Jawara.

Artikel Terbaru

Devi

Devi

Bisa menulis artikel ilmiah itu menjadi bekal penting dalam dunia pendidikan terutama di perguruan tinggi untuk bisa berprestasi dan mengembangkan diri.

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *