Home Soshum Mengenal Apa Itu Jurusan Ilmu Sejarah

Mengenal Apa Itu Jurusan Ilmu Sejarah

“Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah!”

Kalimat ini pasti sering kamu dengar di berbagai media kan? Yup, kalimat ini adalah ucapan Presiden Soekarno pada pidato kepresidenan pada 17 Agustus 1966. Kalau kamu mahasiswa Ilmu Sejarah pasti mengetahui arti di dalam ucapan Bung Karno itu, yang mungkin sesuai dengan kondisi kita saat ini lho. Sebagai mahasiswa Ilmu Sejarah pasti kebanyakan orang beranggapan bahwa jurusan Ilmu Sejarah hanya akan menjadi sejarawan ataupun guru ketika lulus.

Jangan salah! Masih banyak pekerjaan yang membutuhkan mahasiswa jurusan Ilmu sejarah kok, terlebih jika menggunakan perspektif masa lampau. Untuk lebih memahami jurusan Ilmu Sejarah baiknya kita simak penjelasan di bawah ini.

Apa itu Ilmu Sejarah?

Apa itu Ilmu Sejarah?
Sumber: Dariusz Sankowski dari Pixabay

Ilmu Sejarah mempelajari pengembangan pendidikan dari ilmu-ilmu humaniora yang berdasarkan bahwa sejarah adalah salah satu bagian ilmu yang penting dipelajari. Jurusan Ilmu Sejarah sendiri akan diarahkan untuk mengembangkan pendidikan dan riset di bidang sejarah yang dikemas dengan professional sehingga akan menghasilkan sejarawan yang handal dan professional.

Jurusan Ilmu Sejarah juga terkadang disebut Sejarah Murni, dan memiliki kemiripan dengan jurusan Pendidikan Sejarah. Bedanya orientasi Ilmu Sejarah adalah sebagai peneliti sedangkan Pendidikan Sejarah sebagai tenaga pendidik. Dalam jurusan Ilmu Sejarah sendiri terdapat beberapa fokus kajian sejarah Indonesia yang berbeda dalam tiap Universitas, seperti kajian budaya, sosial, perkotaan, militer, hingga maritim.

Fokus utama Ilmu Sejarah adalah manusia, belajar dari masa lalu untuk masa depan yang lebih baik. Itulah kegunaan Ilmu Sejarah ada.

Sudah cukup jelas dengan penjelasan apa itu jurusan Ilmu Sejarah? Jadi jangan lagi menganggap mahasiswa Ilmu Sejarah adalah manusia yang tidak bisa move on ya!

Seperti Apa Kuliah di Jurusan Ilmu Sejarah?

Sudah terbayangkan dong bagaimana kuliah di jurusan Ilmu Sejarah? Ya, betul di jurusan ini kamu memang harus banyak membaca. Sebagai mahasiswa kamu akan dituntun untuk memiliki banyak pengetahuan tentang peristiwa masa lampau. Berbagai macam buku harus kamu baca dan pahami bahkan terkadang kamu juga diharuskan memahami bahasa Belanda lho!

Sebagai negara yang pernah dijajah oleh Belanda, tentunya banyak peninggalan arsip-arsip yang menggunakan bahasa Belanda. Arsip ini nantinya sebagai sumber primer ketika kamu akan membuat sebuah tulisan. Belum lagi, nantinya kamu akan menemukan tulisan tangan khas Belanda dulu! Lumayan bikin sakit mata kamu nanti deh tulisannya.

Kuliah di Jurusan Ilmu Sejarah juga nantinya kamu akan sering membuat penelitian. Penelitiannya bisa bersifat individu, kelompok maupun satu angkatan. Selain itu, kamu juga harus memastikan sumber-sumber yang kamu dapatkan dalam penelitian itu harus valid. Mengapa? Karena saat ini banyak sumber-sumber palsu yang digunakan orang untuk kepentingan dirinya. Lantas dimana kita bisa mencari arsip yang valid? Nantinya kamu akan diajarkan secara mendalam bagaimana sumber tersebut dianggap valid atau tidak.

Setelah kamu banyak membaca dan meneliti, nantinya kamu akan mempresentasikan hasil penelitian yang kamu lakukan di depan teman-teman dan dosen. Kebiasaan ini menjadi salah satu hal yang baik ketika nantinya kamu akan menjadi sejarawan.

Tidak kalah penting juga, kamu harus sering mengikuti diskusi di dalam maupun luar kampus. Karena sebagai calon peneliti nantinya, kamu harus peka terhadap isu-isu sosial yang ada di sekitar kita.

Alasan Kuliah di Jurusan Ilmu Sejarah

Menjadi orang yang memiliki banyak pengetahuan tentang sejarah sepertinya memang bagus, namun bukan hanya itu saja yang akan kamu dapatkan ketika berkuliah di jurusan Ilmu Sejarah.

Mengasah pola pikir kritis

Kemampuan berpikir kritis ini akan kamu dapatkan ketika kamu mulai memasuki jurusan ini. Kamu akan dilatih memadang suatu peristiwa lampau dengan alasan yang disertai bukti, sehingga kamu akan mengetahui alasan di balik terjadinya suatu peristiwa.

Baca juga: Mengenal Jurusan Administrasi Publik

Melihat permasalahan dari berbagai perspektif

Sebagai seorang sejarawan, nantinya kamu akan dilatih melihat berbagai macam peristiwa dengan banyak perspektif. Terkadang sudut pandang berbeda akan menghasilkan kesimpulan yang lain dalam sebuah cerita. Ini menjadi keuntungan untuk kamu ketika nantinya lulus akan melihat berbagai macam peristiwa dengan berbagai sudut pandang.

Peluang kerja di berbagai macam tempat

Sebagai seorang peneliti, kamu nantinya akan dibutuhkan oleh berbagai macam tempat kerja. Kamu bisa menjadi konsultan sejarah di rumah produksi film, atau peneliti di BUMN. Jadi lulusan Ilmu Sejarah memiliki banyak kesempatan kerja di berbagai tempat saat ini.

Apa Saja yang Dipelajari di Jurusan Ilmu Sejarah

Mata kuliah yang akan dipelajari di jurusan Ilmu Sejarah adalah kebanyakan yang memiliki hubungan erat dengan kesejarahan, yang nantinya akan berguna untuk kamu ketika akan melakukan penelitian.

Di dalam jurusan Ilmu Sejarah kamu pastinya akan mendalami kajian sejarah tentang sebuah tempat dalam suatu periode waktu. Tentunya kamu hanya akan mempelajari sejarah yang memiliki sumber karena jika kamu mempelajari sebuah peristiwa tanpa bukti tertulis maka itu belum bisa disebut dengan sejarah.

Kamu akan mempelajari berbagai macam kajian sejarah mulai dari periode Indonesia lama atau Hindu Budha, Islamisasi dan kolonial sampai cara membaca dan menemukan arsip. Nantinya ketika kamu sudah mulai masa akhir studi, kemampuan dan ilmu tentang menemukan arsip sangat penting. Oleh karena itu, kamu juga akan mendapat bekal mata kuliah bahasa Belanda.

Di beberapa universitas juga memiliki mata kuliah peminatan, yang masih berkaitan dengan sejarah. Seperti jurnalistik, sosiologi, budaya, politik, dan antropologi. Selain sejarah Indonesia, kamu nantinya juga akan mendapat bekal mata kuliah yang berhubungan dengan sejarah dunia, seperti Eropa, India, Timur Tengah, dan Tiongkok.

Selanjutnya kamu juga akan mendapat ilmu bagaimana cara wawancara yang baik dan benar. Hasil dari wawancara nantinya akan kamu gunakan sebagai sejarah lisan, yang mana itu merupakan sumber primer dalam penelitian nantinya. Lalu kamu juga akan mendapat bagaimana cara untuk menulis sejarah yang baik dan benar. Pelajaran ini sangat penting untuk nantinya menciptakan sejarawan yang baik dan professional.

Ada beberapa fokus kajian berbeda di tiap universitas untuk Jurusan Ilmu sejarah. Ada baiknya sebelum kamu mendaftar perhatikan dan cari tahu dahulu fokus kajian yang kamu minati, sehingga nantinya kamu lebih merasa nyaman.

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Sejarah

Prospek Kerja Jurusan Ilmu Sejarah
Sumber: Barbara Bonanno dari Pixabay

Banyaknya kajian sejarah yang dipelajari di jurusan Ilmu Sejarah membuat prospek kerja lulusannya juga luas. Umumnya lulusan jurusan Ilmu Sejarah akan diarahkan sebagai peneliti. Namun bukan hanya itu saja, masih banyak prospek kerja lain yang dimiliki lulusan Ilmu Sejarah.

Peneliti

Umumnya lulusan Ilmu Sejarah akan diarahkan menjadi seorang peneliti yang mampu merekonstruksi dan menginterpretasi peristiwa masa lampau dengan analisi data secara professional. Serta mampu merencanakan, melaksanakan dan melaporkan penelitian di bidang sejarah.

Tenaga Ahli

Sebagai lulusan yang mempelajari banyak arsip dan benda bersejarah, lulusan Ilmu Sejarah diharapkan menjadi tenaga ahli yang mampu menginventaris, mengklasifikan, mendata dan memandu di museum. Selain itu juga dapat menganalisis serta mengklasifikan arsip berdasarkan peristiwa.

Konsultan

Di era modern, lulusan Ilmu sejarah juga dapat diandalkan sebagai konsultan. Nantinya kamu diharapkan mampu memecahkan persoalan masa kini yang masih berkaitan dengan sejarah. Tidak hanya itu di pemerintahan kamu juga akan dibutuhkan untuk memberikan solusi atas persoalan kebijakan di pemerintahan yang berkaitan dengan sejarah.

Pendidik

Lulusan Ilmu Sejarah nantinya juga bisa menjadi tenaga pendidik. Jika kamu memiliki keinginan menjadi pendidik, bisa banget. Dalam tenaga pendidik kamu bisa menjadi dosen, guru, bahkan penulis sekalipun. Karena sejarah itu luas sehingga kamu bisa menulis apapun yang ada kaitannya dengan sejarah.

Penulis

Sebagai seorang lulusan Ilmu Sejarah pastinya kamu sudah terbiasa untuk menulis. Kebiasaan kamu menulis nantinya juga bisa menuntun kamu menjadi seorang penulis, baik buku sejarah ataupun novel.

Wartawan

Berbekal keahlian dalam mencari informasi yang valid pada masa perkuliahan, kamu nantinya juga bisa menjadi seorang wartawan. Di era yang serba digital ini akan membuka banyak lapangan pekerjaan yang berhubungan dengan jurnalistik. Profesi ini nantinya banyak bekerja di penerbitan khususnya milik swasta.

Tips Kuliah di Jurusan Ilmu Sejarah

Dalam setiap jurusan, jika kamu ingin sukses kuncinya adalah banyak belajar. Mempelajari banyak hal baru menjadi wajib jika kamu ingin sukses, karena jika kamu malas belajar mau di jurusan apapun akan sulit. Karena itu ada sedikit tips untuk kamu yang ingin kuliah di jurusan Ilmu Sejarah.

Banyak membaca buku

Untuk tips yang satu ini pasti diperlukan di jurusan apapun. Buku adalah sumber ilmu, karena itu dengan banyak membaca buku, nantinya kamu memiliki banyak bekal di perkuliahan bahkan sampai dalam pekerjaan.

Aktif berdiskusi

Ketika kamu berkuliah di jurusan Ilmu Sejarah nantinya, kamu disarankan banyak melakukan diskusi. Selain aktif berdiskusi di dalam perkuliahan, kamu juga bisa mengikuti berbagai macam diskusi di luar jam kuliah. Aktif mengikuti diskusi akan membuatmu memiliki banyak pengetahuan dari orang lain, sehingga kamu akan merasakan pengalaman yang baru ketika ikut berdiskusi.

Bergabung dalam organisasi

Ikut berorganiasi akan membuat kamu memiliki lebih banyak pengalaman. Kamu bisa ikut organisasi himpunan, BEM, ataupun organisasi di luar kampus. Selain itu kamu juga akan memiliki teman baru yang mungkin akan sangat penting untukmu.

Baca juga: Mengenal Jurusan Hubungan Internasional

Bagaimana? Sudah mengenal jurusan Ilmu Sejarah kan? Jangan lupa banyak membaca dan jangan pernah membantasi dirimu hanya karena jurusan yang dipilih, jadikanlah jurusan yang kamu pilih sebagai bekal untuk bisa bersaing di masa depan.


Sumber:

fib.uns.ac.id/program-studi/ilmu-sejarah

Febi
Febi
Saya adalah mahasiswa jurusan Ilmu Sejarah, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret. Terkadang masa depan bisa kita tebak dengan pola sejarah lho.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Kalimat Persuasif: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Kalau sebelumnya telah dibahas mengenai kalimat imperatif dan kalimat deklaratif, kini saatnya kamu menambah ilmu lagi tentang jenis-jenis kalimat berdasarkan isinya. Pembahasan selanjutnya, yaitu...

Kalimat Majemuk: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Dulu saat masih duduk di bangku sekolah, pasti selalu ada materi tentang kalimat. Ada banyak materi tentang kalimat yang disampaikan oleh guru, salah satunya...

10 Suku di Bali dan Nusa Tenggara Serta Penjelasannya

Bali dan Nusa Tenggara adalah pulau kecil di Indonesia. Meski begitu, pulau - pulau ini menyimpan keindahan alam yang sangat memukau. Ditambah lagi keberagaman...

Kalimat Efektif dan Tidak Efektif: Pengertian, Ciri, dan Contoh

Membuat suatu tulisan bukanlah hal yang sulit. Semua orang bisa membuat tulisan mengenai hal-hal apa saja yang ingin dibahasnya. Tapi, sayangnya belum semua orang...

10 Suku di Maluku Serta Penjelasannya

Maluku adalah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Alam Maluku masih sangat indah, banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti pantai,...