Home Dunia Kampus Yuk Kenali Beasiswa Ignacy Łukasiewicz Polandia

Yuk Kenali Beasiswa Ignacy Łukasiewicz Polandia

Mendapatkan pendidikan terbaik di luar negeri memang menjadi impian setiap pelajar. Tidak hanya untuk dapat menunjang karir di masa depan, kamu juga akan banyak mendapatkan pengalaman dan perspektif baru ketika berkuliah di luar negeri.

Eropa menjadi salah satu destinasi studi yang sangat didambakan oleh setiap orang dengan berbagai alasan yang mengiringinya. Mulai dari kualitas pendidikan yang sangat baik, fasilitas pembelajaran dan penelitian yang berstandar tinggi, hingga kesempatan berwisata ke tempat-tempat yang indah dan memiliki ciri khas tersendiri di dataran Benua Biru ini.

Kamu mahasiswa tingkat akhir atau lulusan sarjana yang ingin melanjutkan kuliah ke luar negeri khususnya ke Eropa? Beasiswa Ignacy Łukasiewicz Polandia bisa menjadi pilihan yang sangat tepat.

Yuk kenali lebih lanjut apa itu Beasiswa Ignacy Łukasiewicz Polandia, apa saja syaratnya? dan bagaimana tips untuk bisa lolos beasiswa ini?

Apa itu Beasiswa Ignacy Łukasiewicz Polandia?

lukasiewicz-logo
Sumber: nawa.gov.pl

Beasiswa Ignacy Łukasiewicz merupakan beasiswa yang diberikan oleh Pemerintah Polandia melalui suatu lembaga yang bernama Narodowa Agencja Wymiany Akademickiej disingkat NAWA atau dalam bahasa Inggris disebut dengan The Polish National Agency for Academic Exchange.

Program beasiswa ini merupakan bentuk inisiasi dari Kementerian Luar Negeri Polandia dengan NAWA yang bertujuan untuk mendukung pertumbuhan sosial-ekonomi negara-negara berkembang melalui peningkatan pengetahuan dan pendidikan warga negaranya. Beasiswa ini dikhususkan untuk jenjang Magister (S-2) dalam bidang keilmuan teknik (engineering), agrikultur (agricultural sciences), ilmu pengetahuan alam dan hayati (natural and life sciences).

Alasan Kuliah di Polandia

poland
Sumber: studyinpoland.pl

Sebelum kamu memutuskan untuk mendaftar Beasiswa Ignacy Łukasiewicz, ada lima alasan utama kenapa Polandia menjadi salah satu destinasi yang sangat tepat untuk melanjutkan jenjang studi di dataran Eropa.

Terdapat Banyak Pilihan Kampus

Di Polandia, terdapat sekitar 1,5 juta mahasiswa yang belajar di lebih dari 400 universitas dengan berbagai macam program studi (dalam bahasa Inggris atau Polandia). Mayoritas universitas dan institusi pendidikan tinggi di Polandia sudah berstandar Eropa dan memiliki fasilitas edukasi dan riset yang sangat memadai.

Belajar di Pusat Dataran Eropa

Polandia adalah tempat di mana kamu bisa mendapatkan ijazah setelah menempuh pendidikan dan akan sangat membuka kesempatan untuk bekerja di perusahaan-perusahaan terbaik di Eropa, bahkan beberapa yang terbaik di dunia.

Tinggal di Kota Pelajar dengan Keberagaman Budaya

Kamu dapat belajar di Ibu Kota Polandia Warsawa yang merupakan kota multibudaya Lublin. Setiap kota memiliki keragaman dan keunikannya tersendiri untuk bisa kamu nikmati selama masa studi di Polandia.

Ideal Untuk Mahasiswa

Jika kamu ingin untuk melanjutkan studi dengan biaya pribadi, Polandia sangat ideal untuk mahasiswa dengan anggaran terbatas. Asrama mulai dari €100 per bulan, tiket bioskop tidak melebihi €6, dan makan siang di kafetaria tidak lebih dari €5. Warsawa adalah kota pelajar di Eropa yang paling terjangkau menurut indeks QS Best Student Cities.

Awal Karir yang Menjanjikan

Belajar di Polandia merupakan awal untuk memulai karir yang menjanjikan. Kamu yang ingin memulai bisnis sendiri atau mencari pekerjaan di perusahaan internasional akan mendapat keuntungan yang lebih ketika telah menjadi lulusan dari universitas di Polandia.

Yuk Kenali Bahasa Polandia

Picture1
Sumber: Dokumentas Penulis

Menjadi salah satu dari 10 bahasa tersulit di dunia, Bahasa Polandia memang jarang dipelajari terutama di Indonesia. Namun, jika kamu ingin berkuliah di Polandia maka sangat direkomendasikan untuk mempelajarinya.

Bahasa Polandia akan sangat berguna ketika kamu berinteraksi dengan penduduk asli terutama di tempat umum seperti bandara, terminal bus, supermarket, restaurant, dan tempat ibadah. Berikut kalimat yang wajib kamu tahu sebelum datang ke Polandia:

Dzień dobry: Selamat pagi / Selamat siang
Tak: Iya
Nie: Tidak
Dziękuję: Terima kasih
Proszę: Terima kasih kembali / silahkan
Przepraszam: Maaf
Nazywam się: Nama saya
Gdzie jest toaleta: Dimana toilet ?
Nie mówię po polsku: Saya tidak dapat berbahasa Polandia

Yuk Kenali Tiga Kampus Terbaik di Polandia

Sebelum membahas bagaimana cara mendaftar beasiswa Ignacy Łukasiewicz, tidak ada salahnya untuk membahas terlebih dahulu tiga kampus terbaik di Polandia yang bisa menjadi pilihan destinasi studi kamu selanjutnya. Daftar peringkat ini berdasarkan QS World Ranking.

University of Warsaw

Brama_Uniwersytetu_Warszawskiego
Sumber: culture.pl

Terletak di ibukota Polandia, University of Warsaw yang didanai negara saat ini berada di peringkat pertama di Polandia dan ke-enam dalam peringkat Energy Efficiency and Conservation Authority (EECA). Didirikan pada tahun 1816, ini adalah universitas terbesar di Polandia, dengan 54.800 siswa terdaftar di 21 departemennya mencakup biologi, kimia, ekonomi, pendidikan, geografi, geologi, hukum, manajemen, jurnalistik, matematika, fisika, dan bidang ilmu lainnya.

Jagiellonian University

jaggie
Sumber: krakow.wiki

Universitas tertua di Polandia dan salah satu yang tertua di Eropa, Jagiellonian University adalah salah satu universitas paling bergengsi di Polandia. Didirikan pada tahun 1364, universitas ini memiliki tradisi panjang dalam mendidik para pemimpin masa depan Polandia.

Di antara banyak alumni universitas yang terkenal adalah John III Sobieski (Raja Polandia hingga 1696) dan Nicolaus Copernicus (terkenal karena merumuskan model alam semesta). Jagiellonian University memiliki lebih dari 43.400 siswa di kampusnya yang berada di kota Krakow, kota terbesar kedua di Polandia. Fakultas yang ada di kampus ini diantaranya adalah kedokteran, kedokteran hewan, farmasi, filosofi, matematika, kimia, biologi, bioteknologi, manajemen, ilmu politik, dan lainnya.

Warsaw University of Technology

Warsaw University of Technology
Sumber: pinterest.com

Warsaw University of Technology merupakan kampus terbaik di Polandia dalam bidang ilmu teknik dan ketiga terbaik di bidang ilmu pengetahuan alam. Didirikan pada tahun 1899, universitas ini adalah salah satu universitas pertama di Polandia yang mengajarkan ilmu teknik. Memiliki 19 fakultas di bidang ilmu tekniik mencakup arsitektur, teknik mesin, teknik kimia, kimia, teknik sipil, teknik elektro, teknik geodesi, teknik penerbangan, dan teknik produksi.

Baca juga: Proses Kuliah ke Luar Negeri

Siapa Saja yang Bisa Mendaftar Beasiswa Ignacy Łukasiewicz?

ignacy
Sumber: gov.pl

Kriteria kelayakan untuk mendaftar beasiswa ini (tahun akademik 2020/2021) adalah sebagai berikut:

  1. Merupakan warga negara dari negara-negara berkembang terdiri dari: Indonesia, Filipina, Myanmar, Vietnam, Angola, Etiopia, Senegal, Nigeria, Kenya, Afrika Selatan, Uganda, Tanzania, Lebanon, Peru, Kolombia dan negara berkembang lainnya yang terdaftar di Official Development Assistance (ODA), dengan suatu pengecualian dari negara berkembang yang berlokasi di Eropa dan Asia Tengah.
  2. Bukan warga negara Polandia dan tidak boleh mengajukan permohonan sebagai warga negara Polandia.
  3. Berencana untuk memulai studi magister atau kursus persiapan di tahun akademik 2020/2021.
  4. Merupakan mahasiswa tingkat akhir jenjang sarjana di bidang teknik dan ilmu teknis, ilmu pertanian, ilmu pasti dan ilmu hayati pada saat mengajukan aplikasi atau telah memperoleh ijazah jenjang sarjana di bidang yang disebutkan di atas tidak lebih awal dari tahun 2017.
  5. Sebelumnya tidak pernah memperoleh gelar magister.
  6. Sebelumnya tidak pernah memperoleh beasiswa serupa.
  7. Memiliki kemampuan berbahasa Inggris minimal tingkat B2.

Kapan Beasiswa Ignacy Łukasiewicz Membuka Pendaftaran?

plakat2
Sumber: go-poland.pl

Beasiswa Ignacy Łukasiewicz biasanya membuka pendaftaran pada awal tahun. Untuk tahun akademik 2020/2021, pendaftaran dibuka mulai tanggal 03 Februari 2020 sampai dengan tanggal 16 Maret 2020. Waktu pendaftaran yang kurang dari dua bulan memang menjadi tantangan tersendiri. Kamu yang ingin mendaftar beasiswa ini bisa mulai untuk mempersiapkan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Pengumuman peserta yang lolos akan dirilis pada tanggal 17 Juli 2020.

Seluruh proses pendaftaran beasiswa Ignacy Łukasiewicz dilakukan secara online melalui website resmi NAWA berikut:

https://programs.nawa.gov.pl/login

Apa Saja yang Harus Disiapkan untuk Mendaftar?

unnamed
Sumber: dubeat.com

Jika kamu sudah memutuskan untuk mendaftar beasiswa Ignacy Łukasiewicz, maka kamu harus mempersiapkan dokumen-dokumen di bawah ini dengan baik:

  1. Hasil pemindaian (scan) halaman paspor yang valid dengan informasi pribadi untuk mengonfirmasi kewarganegaraan.
  2. Proposal tesis secara garis besar pada bidang teknik dan ilmu teknis, ilmu pertanian, ilmu eksakta atau ilmu hayati.
  3. Hasil pemindaian (scan) ijazah jenjang sarjana di bidang teknik dan ilmu teknis, ilmu pertanian, ilmu pasti atau ilmu hayati, yang dilampirkan bersama dengan transkrip nilai dan IPK yang diperoleh tidak lebih awal dari tahun 2017.
  4. Pernyataan tidak memiliki ijazah jenjang magister.
  5. Hasil pemindaian (scan) sertifikat yang mengonfirmasi kemampuan bahasa Inggris setidaknya pada tingkat B2.

Sertifikat Bahasa Inggris Apa Saja yang Dapat Digunakan?

Which-English-Proficiency-Test
Sumber: gstudyabroad.com

Sertifikat Bahasa Inggris yang dapat digunakan untuk mendaftar mencakup:

  1. IELTS dengan nilai minimal 5.5.
  2. TOEFL iBT dengan nilai minimal 87.
  3. TOEFL ITP dengan nilai minimal 543.
  4. TOEFL PBT dengan nilai minimal 510 dan dilengkapi dengan Test of Written English (TWE) (nilai minimal 3.5) dan Test of Spoken English (TSE) (nilai minimal 50).
  5. TOEIC dengan nilai minimal 700.

Bagaimana Mekanisme Seleksinya?

erp-selection-consultations
Sumber: visualsouth.com

Secara garis besar, terdapat dua tahap pada mekanisme seleksi beasiswa Ignacy Łukasiewicz yaitu:

Evaluasi Formal

Tujuan dari evaluasi formal adalah untuk memverifikasi aplikasi dan memastikan bahwa pendaftar telah memenuhi kriteria formal yang ditentukan. Dalam hal pengajuan aplikasi yang tidak lengkap, pendaftar akan diminta untuk memberikan informasi yang belum lengkap dalam waktu 14 hari sejak pendaftaran untuk melengkapinya. Kegagalan untuk melengkapi dokumen yang diperlukan akan mengakibatkan aplikasi tidak dipertimbangkan lebih lanjut.

Evaluasi Terkait Konten

Evaluasi terkait konten dilakukan oleh Reviewer yang merupakan ahli di bidang keilmuannya masing-masing yang berasal NAWA. Penilaian akan dilakukan berdasarkan uraian garis besar tesis magister yang diajukan oleh pendaftar. IPK pada jenjang sarjana juga menjadi pertimbangan utama.

Apa Saja yang Diperoleh dari Beasiswa Ignacy Łukasiewicz?

t/sdcard/DCaIM/100GOPRO/GOPR0708
Sumber: Dokumentasi Penulis

Ketika kamu dinyatakan lolos beasiswa Ignacy Łukasiewicz maka kamu akan memperoleh hak dan kewajiban sebagai berikut:

  1. Wajib mengikuti program persiapan bahasa Polandia selama minimal 1 semester.
  2. Wajib lulus program persiapan bahasa Polandia sebelum bisa melanjutkan studi jenjang magister.
  3. Memperoleh beasiswa sejumlah 1.700 PLN per bulan (saat menjalankan program persiapan bahasa Polandia).
  4. Memperoleh beasiswa sejumlah 1.500 PLN per bulan (saat menempuh jenjang magister).
  5. Memperoleh tambahan 500 PLN ketika bulan pertama menempuh jenjang magister dan pada saat mengerjakan tesis.
  6. Bebas biaya kuliah magister dan program persiapan bahasa Polandia.

Yang harus kamu catat bahwa beasiswa ini tidak membiayai tiket pesawat pulang-pergi dari negara asal. Jadi kamu harus persiapkan biaya untuk tiket pesawat senilai Rp 9.000.000 sampai dengan Rp 12.000.000 untuk sekali perjalanan. Namun, ketika kamu lolos beasiswa ini maka kesempatan kamu untuk bisa berkeliling ke negara Eropa lainnya juga terbuka sangat lebar karena jarak antar negara yang berdekatan sehingga tidak akan memakan biaya yang besar.

Baca juga: Persyaratan Kuliah di Luar Negeri

Tips Lolos Beasiswa Ignacy Łukasiewicz

tips
Sumber: fabmarks.com

Beasiswa Ignacy Łukasiewicz merupakan salah satu jenis beasiswa yang membuka peluang yang sangaat besar untuk mahasiswa Indonesia untuk dapat melanjutkan studi ke jenjang magister karena Indonesia adalah negara prioritas. Oleh karena itu, untuk membantu kamu yang ingin mendaftar, berikut adalah tips untuk dapat lolos beasiswa ini:

  1. Persiapkan sertifikat Bahasa Inggris dengan jenis dan nilai minimum yang dipersyaratkan. Hal ini penting, selain untuk mendaftar beasiswanya, sertifikat ini akan masih digunakan untuk mendaftar universitas tujuan. Beasiswa ini termasuk jenis beasiswa dimana kita akan mendapatkan terlebih dahulu beasiswanya kemudian mendaftar universitas yang dituju.
  2. Persiapkan dokumen yang harus diterjemahkan ke dalam Bahasa Inggris. Jika ijazah dan transkrip nilai kamu masih dalam bahasa Indonesia maka lebih baik dari sekarang sudah mulai diterjemahkan menggunakan jasa penerjemah tersumpah (sworn translator).
  3. Mencari topik penelitian untuk proposal tesis pada bidang keilmuan yang dipersyaratkan. Penelitian yang dirancang harus memiliki nilai inovasi yang baik dan dapat dilakukan di institusi pendidikan tinggi di Polandia.
  4. Berkonsultasi dengan dosen pembimbing pada jenjang sarjana untuk menyusun proposal tesis. Proposal tesis memiliki bobot penilaian tertinggi pada seleksi beasiswa ini. Jadi usahakan disusun dengan sangat baik mencakup topik, konsep, dan metode penelitian.
  5. Teliti saat mengisi form online. Seluruh proses pendaftaran dilakukan secara online maka isi dengan hati-hati dan upload dokumen yang sesuai dengan aturan yang telah ditentukan.
  6. Jangan mengisi form online pada saat tenggat akhir untuk mengindari server website pendaftaran yang sulit untuk diakses.
  7. Berdo’a dan meminta restu orang tua menjadi salah satu kunci utama untuk bisa lolos beasiswa.

Sumber:

https://www.topuniversities.com/where-to-study/europe/poland/guide

nawa.gov.pl/en/nawa-programmes/the-ignacy-lukasiewicz-scholarship-programme

https://www.gov.pl/web/kenya/admission-is-open-for-ignacy-lukasiewicz-scholarship-programme-20202021

Nawa. 2020. Ignacy Łukasiewicz Scholarship Programme Regulations. Nawa: Poland.

Doni Dermawan
Doni Dermawan
Saya adalah seorang Apoteker dan awardee Beasiswa Ignacy Łukasiewicz Polandia yang sedang menempuh jenjang pendidikan S2 di Warsaw University of Technology, Polandia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...

Motivasi Skripsi Ini Bikin Kamu Semangat

Tahukah kamu, membaca kata-kata motivasi skripsi dapat meningkatkan energi positif di dalam pikiran. Pikiran dan energi yang positif akan membantumu untuk lebih semangat lagi...