Home Pengembangan Diri Soft Skills Apa itu Soft Skill? Yuk Ketahui dan Pelajari

Apa itu Soft Skill? Yuk Ketahui dan Pelajari

Salah satu aspek penting dalam memajukan sebuah organisasi, perusahaan, komunitas atau bahkan setingkat negara ialah Sumber Daya Manusia. Dengan adanya SDM yang optimal dan mumpuni maka mampu mendorong pada kemajuan dan keberhasilan suatu organisasi atau kelompok tertentu. SDM yang baik bukan hanya yang memiliki hard skill bagus saja lho, melainkan juga yang memiliki soft skill.

Pengertian Soft Skill

Apa itu soft skill? Soft skill adalah keterampilan yang dimiliki oleh setiap manusia terkait dengan kecerdasan emosional, kepribadian, serta kemampuan berinteraksi dengan orang lain. Beda halnya dengan hard skill yang berhubungan dengan keterampilan untuk melakukan tugas atau kegiatan tertentu. Contohnya keahlian dalam bidang otomotif.

Saat ini selain hard skill, soft skill juga jadi perhatian penting bagi para perekrut kerja, sebab soft skill memiliki peranan penting dalam keberhasilan kerja. Diantaranya menunjang terlaksananya hard skill dengan baik, mendorong seseorang memiliki banyak relasi, meningkatkan kemampuan otak kanan, menstabilkan emosi dan kesehatan serta mengendalikan perasaan.

Dengan manfaat yang begitu besar, maka soft skill menjadi suatu hal yang penting untuk dikembangkan. Berikut jenis-jenis softskill yang penting untuk Kamu miliki.

Kemampuan Kepemimpinan

apa itu soft skill
Sumber foto : www.elsetge.cat

Kemampuan kepemimpinan bukan hanya diperlukan untuk para pemangku jabatan strategis di perusahaan seperti halnya bos, ketua ataupun pimpinan. Selain itu juga tidak hanya terbatas pada bidang pekerjaan tertentu semisal bidang manajerial. Ataupun dibatasi gender, lelaki harus memiliki kemampuan ini, sedangkan perempuan tidak.

Lebih luas dari itu, kepemimpinan tidak hanya meliputi kemampuan untuk mengatur bawahan dan mendelegasikan pekerjaan. Tapi juga kemampuan untuk menjadi motor penggerak dan pendorong untuk tercapainya target yang telah ditetapkan.

Seseorang bisa dikatakan punya soft skill ini ketika mampu membaca beragam peluang dan menjalankan dengan cepat dan tepat, menjadi pendengar yang baik terhadap ide serta saran dari orang lain, menggerakkan orang lain dengan melibatkan setiap orang dalam pencapaian target, serta mengutamakan kepentingan tim dan juga pelanggan.

Baca juga: Apa itu Kepemimpinan? Yuk Ketahui Agar Bisa Memimpin!

Kemampuan Komunikasi

apa itu soft skill
Sumber foto : spiritualearth.com

Komunikasi adalah interaksi yang terjadi diantara dua pihak atau lebih dari itu dalam rangka menyampaikan pesan tertentu satu sama lain. Aktivitas ini dilakukan di sebagian besar waktu kita, baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam dunia kerja. Dalam dunia kerja, komunikasi menjadi aspek yang fundamental, karena berperan dalam terlaksananya koordinasi dan kerjasama antar anggota.

Kemampuan komunikasi meliputi keterampilan membaca situasi, membaca dan menggunakan aspek non verbal (gestur tubuh, mimik wajah, tempo dan intonasi), berpendapat, berdiskusi, bernegosiasi, mendengarkan lawan bicara serta menerima dan menghargai pendapat lawan bicara.

Untuk meningkatkan kemampuan ini, maka kamu perlu memperhatikan aspek verbal dan non verbal yang digunakan, agar orang lain tidak salah paham dengan maksud pesanmu. Latih dirimu untuk menjadi pendengar yang baik dan berikan feedback dengan tepat agar tidak menyinggung perasaan orang lain.

Baca juga: 10 Cara Meningkatkan Kemampuan Komunikasi

Berpikir Kritis

apa itu soft skill
Sumber foto : business.tutsplus.com

Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan untuk menganalisa, mengobservasi, dan mengevaluasi informasi yang diterima untuk mengambil keputusan. Kemampuan ini membuat kamu senantiasa mempertanyakan sebuah ide atau gagasan, memahaminya baik buruknya secara mendalam, guna mengambil keputusan yang tepat.

Jadi dengan berpikir kritis, kamu bisa mendapatkan pemecahan yang benar-benar solutif, menghasilkan produk berkualitas, memunculkan strategi pemasaran yang jitu, menyelesaikan konflik dan juga membuatmu lebih produktif.

Untuk mahir dalam berpikir kritis, kamu perlu meningkatkan rasa ingin tahumu, sehingga akan mendorongmu untuk mendapatkan banyak informasi baru, terutama yang berhubungan dengan masalah yang mau diselesaikan. Selain itu evaluasi keputusanmu, hitung semua kelebihan dan kekurangan secara detail. Ingat jangan sampai emosi, karena hal itu justru akan merusak bangunan logikamu.

Kemampuan Bekerja Sama

apa itu soft skill
Sumber foto : anz.businesschief.com

Kerja sama adalah usaha yang dilakukan oleh beberapa orang atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama. Kerjasama memiliki peranan yang penting dalam proses menghubungkan setiap departemen yang ada untuk mencapai target perusahaan.

Kerja sama memiliki banyak manfaat diantaranya mengembangkan kemampuan setiap individu sebab dalam prosesnya individu akan dituntut untuk berperan aktif, menjadikan pekerjaan terasa lebih ringan dan mudah, meningkatkan efisiensi, serta membangun kesolidan dan hubungan antar anggota.

Untuk meningkatkan kemampuan ini maka kamu perlu menciptakan kesatuan arah atau tujuan pada kelompokmu, hargai perbedaan pendapat yang muncul, saling percaya terhadap anggota yang lain, lakukan komunikasi secara efektif dan intensif, saling menghargai kinerja anggota lain, dan hindari menyalahkan kinerja orang lain atas kegagalan tim.

Sikap Percaya Diri

apa itu soft skill
Sumber foto : mitrefinch.com

Percaya diri ialah keyakinan atas kemampuan dan kelebihan diri sendiri dan menerima kekurangan yang dimiliki. Sikap ini tidak boleh dianggap remeh, sebab percaya diri adalah pondasi kamu untuk melakukan pekerjaan dan tugas yang diberikan dengan baik.

Percaya diri akan memberikan berbagai manfaat seperti membuat orang berpikiran positif, menumbuhkan semangat dan optimisme dalam menjalani hidup, memudahkan proses adaptasi dengan lingkungan hingga mendorong hubungan sosial yang baik.

Cara untuk menumbuhkan sikap percaya diri adalah kenali kelebihan dan kekuranganmu, jangan bandingkan dirimu dengan orang lain atau standar yang ditetapkan orang lain, fokus pada dirimu sendiri, berpikir positif, berpenampilan yang rapi dan bersih, dan perbanyak tersenyum.

Kemampuan Beradaptasi

apa itu soft skill
Sumber foto : www.roberthalf.co.uk

Sekarang ini, dengan pesatnya perkembangan teknologi, menuntut kita untuk senantiasa siap dan fleksibel dalam menghadapi perubahan tersebut. Oleh sebab itu kemampuan beradaptasi ini menjadi hal penting untuk dimiliki. Kemampuan beradaptasi adalah keterampilan seseorang untuk mengubah perilakunya sesuai dengan situasi baru yang dihadapinya.

Untuk meningkatkan kemampuan ini, maka kamu perlu terapkan tips dan trik ini. Diantaranya ialah jadilah pribadi yang apa adanya dan tidak berlebihan, senantiasa bersikap ramah terhadap orang lain, jeli dan responsif tapi tetap tenang terhadap perubahan yang terjadi, dan selalu menghargai orang lain.

Networking

apa itu soft skill
Sumber foto : www.entrepreneur.com

Networking atau membangun relasi merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi kesuksesan seseorang. Hal ini bermanfaat untuk menambah rekan dalam rangka berdiskusi dan menambah pengetahuan, berpotensi menjangkau banyak customer serta memperbesar peluang sukses dalam bisnis ataupun pekerjaan.

Cara untuk membangun relasi ialah dengan rajin mengikuti kegiatan sosial dan seminar, banyak berkenalan dan berinteraksi dengan orang lain, aktif dan berbagi informasi di media sosial, pertajam kemampuan komunikasi, menawarkan bantuan kepada orang lain dan sebagainya.

Manajemen Waktu

apa itu soft skill
Sumber foto : stevenschauberger.com

Manajemen waktu adalah keterampilan dalam merencanakan, membagi dan memprioritaskan waktu yang akan digunakan untuk melakukan setiap kegiatan sehingga bisa memastikan diri tetap produktif. Hal ini memungkinkan kamu untuk menyelesaikan lebih banyak pekerjaan dengan waktu yang lebih singkat.

Penerapan manajemen waktu yang baik memberikan berbagai keuntungan yakni mampu mencapai efisiensi waktu yang lebih besar, mengurangi resiko stres, serta mewujudkan hidup yang seimbang.

Untuk mulai menerapkan manajemen waktu, pertama, tentukan target yang hendak dicapai, cari motivasi yang mampu mendorong untuk melaksanakannya, buatlah perencanaan atau agenda harian, susun skala prioritas, kontrol pelaksanaan secara harian, dan evaluasilah secara berkala.

Soft skill bukanlah sesuatu yang ditentukan atau dimiliki sejak lahir, melainkan merupakan sesuatu yang bisa diupayakan. Oleh sebab itu, kamu yang saat ini masih belum memiliki delapan soft skill diatas, tidak perlu khawatir, sebab kamu bisa mendapatkannya dengan berlatih. Kuncinya adalah konsisten dalam menerapkan cara serta tips dan trik di setiap softskill. Selamat berlatih!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Inilah 8 Cara Mudah Membuat Ringkasan

Kita tentu sudah tidak asing lagi dengan ringkasan. Dalam setiap buku pelajaran, tentu ada ringkasan dari seluruh isi materi, sehingga pembaca sekilas akan tahu...

Cara Memasak dengan Teknik Ungkep

Ada banyak cara untuk memasak makanan. Lebih lagi bagi kamu yang benar-benar menyukai kegiatan masak memasak. Pasti akan lebih seru jika mencoba semua teknik...

Contoh Notulen Rapat beserta Pengertiannya

Rapat merupakan kegiatan rutin dimana-pun kita bekerja. Rapat sendiri umumya kita akan membahas berbagai hal seperti masalah-masalah yang sedang dihadapi, penyesuaian data-data yang masuk...

Mengenal Manajemen Risiko Bisnis

Semua risiko, bahkan di dalam bisnis sekalipun umumnya bersifat merugikan dan berdampak negatif. Meskipun begitu, bukan berarti risiko tidak dapat dihindarkan. Risiko dapat dikelola...