Home Soft Skills Apa itu Kepemimpinan? Yuk Ketahui Agar Bisa Memimpin!

Apa itu Kepemimpinan? Yuk Ketahui Agar Bisa Memimpin!

Pada jaman perkembangan teknologi yang pesat pada sekarang ini, semakin banyak sekali aplikasi maupun mesin – mesin yang dikendalikan oleh Artificial Intelligent (AI). Tak heran Adanya AI ini telah membuat semakin banyak pekerjaan manusia yang telah tergantikan oleh robot.

Contohnya saja, yang sering Kamu temui sehari-hari, mesin ATM yang telah menggantikan teller bank. Sehingga membuat Kamu tidak perlu repot pergi dan antri di kantor cabang ketika ingin mengambil, transfer, ataupun menabung uang. Karena, mesin ATM pada saat ini telah bisa secara otomatis mengikuti perintah kita.

Contoh selainnya, Apabila dulu, kamu ingin bepergian ke suatu tempat wisata. Tentu kamu akan membutuhkan jasa dari Agen travel. Namun, pada sekarang ini, Kamu bisa menccari berbagai informasi dari internet dan menggunakan berbagai aplikasi travel untuk mendapatkan informasi seputar tempat wisata, memesan tiket hingga hotel.

Karenanya, supaya kamu bisa bertahan pada jaman sekarang ini, tidak cukup dengan hard skill saja, soft skill pun juga harus di tingkatkan. Salah satu soft skill yang penting pada saat ini yaitu skill Kepemimpinan (leadership).

arti kepemimpinan
Sumber foto : www.yourtrainingedge.com

Arti Kepemimpinan

Memang pada saat ini masih banyak yang masih belum mengerti tentang apa itu kepemimpinan. Jadi sederhananya, kepemimpinan adalah kemampuan yang harus kamu miliki untuk bisa mempengaruhi atau menggerakkan orang lain dalam mencapai tujuan bersama atau tujuan organisasi. Kebanyakan orang, seringkali salah mengartikan kepemimpinan. Mereka mengira kepemimpinan itu adalah hanya menyuruh orang lain untuk menuruti kemauannya.

Seharusnya maksud dari kepemimpinan bukanlah begitu. Kepemimpinan itu bukan memaksa orang lain melainkan memberikan kesadaran, pengarahan, keteladanan, dan motivasi kepada orang lain / anggota untuk bersama-sama berjuang dalam mencapai tujuan bersama (organisasi).

Macam – macam Teori Kepemimpinan

arti kepemimpinan
Sumber foto : businesscollective.com

Didalam teori kamu akan menjumpai berbagai macam gaya kepemimpinan, mulai dari gaya pemimpin diktator, militeristis, paternalistik, partisipatif, bebas kendali, karismatis, dan demokratis.

Pemimpin Diktator

Gaya pemimpin yang diktator menandakan bahwa jika dia menjadi pemimpin, maka dia akan mengendalikan anggotanya untuk mencapai tujuannya sendiri. Kalau tidak puas dengan kinerja anggotanya, maka pemimpin bisa langsung mengganti dengan anggota yang selainnya. Selain itu, pemimpin yang seperti ini tidak mau menerima masukan dari anggotanya.

Kalau kamu punya gaya kepemimpinan diktator, saran saya, kamu harus merubahnya. Karena pada jaman sekarang, ide-ide anggota juga bisa menjadi inovasi bagi kemajuan organisasimu kelak. Dan juga kemampuan empati dan memperlakukan orang lain secara baik akan membuat anggota akan menjadi loyal dan akan menganggap bahwa dirinya bukan hanya sekedar pekerja di organisasi mu melainkan sebagai sosok yang memiliki arti bagi kemajuan organisasimu.

arti kepemimpinan
Sumber foto : www.businesschief.com

Pemimpin Militeristik

Gaya kepemimpinan militeristik ini cocok bagi kamu yang berada di dunia militer. Karena di dunia militer memang dibutuhkan sosok pemimpin yang tegas, berani mengambil keputusan dengan cepan dan beresiko, dan disiplin tinggi.  Anggotamu akan menyukai sosok yang seperti ini.

Pemimpin Paternalistik

Gaya kepemimpinan paternalistik yaitu menempatkan pemimpin seperti layaknya bapak atau orang tua yang senantiasa memberikan pembimbingan, pemberi solusi, mendengarkan keluhan anggota. Kalau kamu punya gaya paternalistik ini, saran saya tetap pertahankan.

Baca juga: 5 Cara Menjadi Pemimpin yang Baik

Namun, jangan sampai terlalu memanjakan anggota. Hal ini dikarenakan, apabila anggota-mu itu menjadi manja, maka dia akan kurang berinovasi dan tidak siap apabila menerima tantangan pekerjaan yang semakin rumit. Padahal pada jaman sekarang, seseorang harus bisa terus berinovasi dan beradaptasi di lingkungan apapun dalam memajukan organisasi atau perusahaan.

arti kepemimpinan
Sumber foto :

Pemimpin Partisipatif

Gaya pemimpin partisipatif, yaitu pemimpin yang memberikan kesempatan bagi anggotanya untuk mengembangkan keterampilannya di dalam mengerjakan pekerjaannya. Jadi kalau kamu menjadi pemimpinnya, kamu akan memberikan kesempatan bagi anggotamu untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang penting. Kamu akan mendidik anggotamu supaya bisa menyelesaikan pekerjaan yang kamu bagikan itu.

Contohnya, kamu akan memberikan kesempatan bagi salah satu anggotamu untuk menjadi koordinator bidang pemasaran di perusahaanmu. Kamu memberikan tugas kepadanya dan mengajarinya. Selain itu, anggotamu bisa pula memberikan masukan untuk dirimu.

Ada kelebihan dari gaya kepemimpinan partisipatif ini, yaitu ada hubungan yang kuat antara pemimpin dengan anggota. Selain itu akan muncul rasa kepercayaan antara pemimpin dengan anggotanya. Konflik pun juga akan bisa teratasi dengan mudah karena hubungan yang kuat itu akan membuat pemimpin akan melakukan diskusi dengan anggotanya, dan keputusan yang diambil nantinya pun bisa diterima dan dilaksanakan sepenuh hati oleh anggota.

arti kepemimpinan
Sumber foto : www.shutterstock.com

Pemimpin Bebas Kendali

Gaya pemimpin bebas kendali, misalnya kalau kamu mendapatkan jabatan sebagai pemimpin, kamu akan menghindari tugas dan tanggung  jawabmu sebagai pemimpin.

Pada gaya ini, anggota memiliki resiko tanggung jawab yang jauh lebih besar daripada pemimpinnya. Ketika ada kesalahan, pemimpin cenderung tidak mau untuk disalahkan, dan akan bertindak sebaliknya. Selain itu, anggota juga akan mendapatkan pekerjaan yang lebih berat daripada pemimpinnya. Sebagian besar tugas pemimpin akan dilimpahkan ke anggota.

Pemimpin Karismatis

Gaya pemimpin karismatis, pada gaya ini pemimpin memiliki citra yang baik oleh anggotanya. Bukan hanya sekedar tampilan saja melainkan kinerja, teladan, dan tutur kata juga bisa menjadi daya tarik bagi anggota.

arti kepemimpinan
Sumber foto : inspirationfeed.com

Pemimpin Demokratis

Sedangkan, gaya pemimpin demokratis, yaitu pemimpin yang melibatkan anggotanya untuk berkarya dan mengambil keputusan secara bersama-sama atau musyawarah. Pada kepemimpinan yang seperti ini, akan membuat anggotamu akan memberikan ide dan masukan yang bisa membawa perusahaanmu mengarah pada kemajuan.

Arti Kepemimpinan Pada Masa Kini?

arti kepemimpinan
Sumber foto : njbmagazine.com

Dari berbagai macam teori kepemimpinan, akan lebih baik kalau Kamu bisa menjadi pemimpin yang sesuai dengan pada jaman sekarang ini. Hasil rekomendasi ini nantinya bisa Kamu manfaatkan untuk membangun bisnis, karir, maupun organisasimu sendiri. Yaitu menjadi pemimpin masa kini yang:

  1. Pemimpin yang bisa mengarahkan anggotanya tidak dengan paksaan melainkan dengan memberikan kesadaran, teladan, maupun motivasi kepada anggotanya.
  2. Pemimpin yang mau menerima masukan anggotanya yang mengarah pada kemajuan organisasi.
  3. Pemimpin yang memiliki rasa empati dan memperlakukan anggotanya dengan baik.
  4. Pemimpin yang bertanggung jawab atas pekerjaannya. Dia tidak memberikan beban pekerjaannya kepada anggota.
  5. Pemimpin yang tidak hanya menyalahkan melainkan memberikan masukan yang membangun kepada anggotanya supaya mau untuk saling memperbaiki diri.

Baca juga: 10 Gaya Kepemimpinan yang Harus Diketahui

Jadi, Kamu sudah paham sekarang bagaimana arti kepemimpinan di organisasi manapun. Jika suatu saat Kamu mendapatkan kesempatan memimpin, pastikan Kamu pakai gaya kepemimpinan yang tepat ya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Contoh Notulen Rapat beserta Pengertiannya

Rapat merupakan kegiatan rutin dimana-pun kita bekerja. Rapat sendiri umumya kita akan membahas berbagai hal seperti masalah-masalah yang sedang dihadapi, penyesuaian data-data yang masuk...

Mengenal Manajemen Risiko Bisnis

Semua risiko, bahkan di dalam bisnis sekalipun umumnya bersifat merugikan dan berdampak negatif. Meskipun begitu, bukan berarti risiko tidak dapat dihindarkan. Risiko dapat dikelola...

8 Teknik Berbicara Efektif Agar Mudah Dimengerti

Setiap orang yang hidup di dunia ini diberikan anugerah untuk dapat berbicara. Namun, tidak semua orang dapat berbicara dengan baik. Berbicara dengan baik artinya...

Contoh Surat Pengunduran Diri

Berbagai hal dapat terjadi di dalam lingkungan kerja. Bukan hanya berbagai hal yang menyenangkan dan baik, namun juga berbagai hal yang tidak menyenang -...