Home Tugas Yuk Ketahui Teknik Analisis Data Penelitian Kualitatif

Yuk Ketahui Teknik Analisis Data Penelitian Kualitatif

Pada penelitian kualitatif setelah mendapatkan data dari lapangan hal yang perlu dilakukan adalah menganalisis data itu. Namun di lapangan biasanya analisis data bisa dilakukan sambil mengumpulkan data-data dan tidak harus terkumpul semuanya. Dalam penelitian kualitatif teknik analisis yang digunakan berbeda dengan teknik di kuantitatif yang menggunakan sistem statistik atau rumusan perhitungan dengan angka.

Analisis dan tafsiran data dalam penelitian kualitatif memiliki ciri khas sebagai berikut:

  • Peneliti adalah instrumen utama untuk mengungkapkan makna yang terikat nilai dan konteks
  • Natural setting (latar alami)
  • Pengungkapan makna dari sudut pandang subyek penelitian
  • Holistik dan tidak terpisah dari konteksnya
  • Sample dipilih berdasarkan tujuan penelitian dan bukan random sample
  • Data kualitatif dijelaskan melalui hubungan yang dibangun antara peneliti dengan informan
  • Analisis secara induktif dan mengarahkan penyusunan teori dari data lapangan.

1. Teknik Analisis Menurut Miler

Teknik analisis data
Sumber: irwansahaja.blogspot.com

Terdapat tiga jenis teknik analisis data kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan (Miles dan Huberman, 1992). Lalu, teknik analisis penelitian kualitatif seperti berikut:

Rekdusi Data

Reduksi data adalah proses penyederhanaan dan perubahan dari data yang diperoleh secara kasar di lapangan, Proses ini dilakukan selama dalam penelitian hingga data siap diolah, bahkan sebelum data benar-benar terkumpul sebagaimana pada tahap pendahuluan penelitian, permasalahan studi, dan pendekatan pengumpulan data yang dipilih peneliti.
Kamu perlu melakukan reduksi data karena biasanya data kualitatif sangat banyak, bisa data yang kamu ambil dari buku, dari hasil wawancara dan observasi. Setelah melakukan proses reduksi data, kamu harus melanjutkannya ke bagian pengkategorian data. Data tersebut bisa kamu disusun dan dikategorikan sesuai dengan kebutuhamu sebagai peneliti, misalnya data berdasarkan tanggal, karakteristik informan, atau lokasi penelitian.

Penyajian Data

Kemudian bila data sudah selesai dianalisis, kegiatan yang perlu dilakukan adalah menganalisis hasil data tersebut dan kemudian mengartikan analisis data tersebut. Tujuan penafsiran analisis ini adalah untuk mengambil kesimpulan dari penelitian kualitatif yang telah kemu lakukan. Setelah tafsiran analisis ini selesai peneliti bisa melakukan penyajian data.
Penyajian data adalah kegiatan ketika kelompok informasi disusun, sehingga memberi kemungkinan akan adanya penarikan kesimpulan dan pengambilan tindakan dari peneliti. Bentuk penyajian data kualitatif berupa teks naratif atau catatan lapangan, dan matriks dan atau grafik/jaringan/ bagan.
Bentuk-bentuk penyajian data ini menggabungkan informasi yang tersusun dalam bentuk yang sudah tersusun rapi dan mudah dimengerti. Penyajian data dengan bentuk yang sudah terkategorisasi dengan baik memudahkan peneliti untuk melihat apa yang sedang terjadi, apakah kesimpulan sudah tepat atau sebaliknya melakukan analisis kembali.

Penarikan Kesimpulan

Jika hasil data menunjukkan bahwa data yang diperoleh sudah cukup dan sesuai dengan yang dibutuhkan, maka penarikan kesimpulan dapat dilakukan menggunakan teori dan hasil data di lapangan. Kesimpulan yang kamu tuliskan harus mencakup semua informasi yang penting dan sesuai dengan penelitianmu secara garis besar. Kesimpulan tersebut juga harus disajikan dalam bahasa yang mudah dimengerti pembaca, jelas dan padat.

Baca juga: Pengertian Penelitian Kualitatif

Kesimpulan yang diambil itu juga perlu ditinjau ulang selama penelitian berlangsung, dengan cara memikirkan kembali data penelitian, peninjauan ulang catatan lapangan, diskusi antar teman atau dosen pembimbing untuk mengembangkan temuan yang ada.

2. Teknik Analisis Menurut Strauss

Teknik Analisis penelitian
Sumber: pngdownload.id

Berbeda dengan konsep analisis data pada Miles dan Huberman. Menurut Model Strauss dan corbin yang biasanya diterapkan pada model grounded theory terdiri dari tiga jenis pencodean utama:

Pengodean terbuka (open coding)

Pengodean terbuka (open coding) adalah bagian analisis yang berhubungan dengan pemberian label nama dan kategori fenomena melalui pengujian data secara teliti. Jika tidak ada tahap analisis pada tahap ini, analisis dan komunikasi lain yang terkumpul tidak akan ada artinya.
Selama pengodean terbuka data bagi secara terpisah, diuji secara cermat, dibandingkan untuk persamaan dan perbedaannya serta pertanyaan yang diajukan apakah sesuai dengan fenomena yang tercermin dalam data atau tidak. Ketika dilakukan tahap ini asumsi  tentang hal yang dipertanyakan mengarah kepada temuan baru.

Pengodean berporos (axial coding)

Pengodean berporos adalah merupakan kegiatan yang meletakan data tersebut kembali kebelakang bersama-sama dalam cara-cara baru serta membuat hubungan antara katagori dan sub katagorinya. Pengodean berporos berbicara hubungan beberapa katagori utama untuk membuat rumusan teoritis yang lebih luas, tetapi tetap mengembangkan katagori utama. Dengan kata lain kita masih berurusan dengan pengembangan sebuah katagori.

Pengodean selektif

Setelah pengumpulan dan analisis data. Kamu dihadapkan dalam tugas mengaitkan katagori-katagori tersebut untuk membentuk teori dasar. Pengaitan material merupakan sebuah tugas yang sulit. Dimana penerapannya adalah suatu proses yang cukup rumit tetapi tentu saja dapat dilakukan

Baca juga: Yuk Ketahui Bagaimana Metode Penelitian Kualitatif

Ada beberapa langkah untuk melakukan semua ini. Langkah pertama adalah menguraikan alur cerita. Kedua mengintegrasikan atau menghubungan subkategori disekitar katagori utama dengan mengunakan paradigma. Langkah ketiga, menghubungkan katagori-katagori pada level demensional. Langkah keempat, menyertakan validasi hubungan-hubungan ini dengan data. Langkah terakhir memasukkan katagori yang memerlukan pengembangan lebih lanjut.

Source:
https://www.researchgate.net/publication/258110388_Qualitative_Data_Analysis_Techniques
https://www.researchgate.net/publication/328675958_Analisis_Data_dalam_Penelitian_Kualitatif

Avatar
Dindahttps://www.dindapranata.com
Selenophile, and Bibliophile Enjoying petrichor before rain comes by reading and writing with a cup of a coffee.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Yuk Ketahui 6 Macam Gaya Belajar

Gaya belajar adalah karakteristik tertentu yang dimiliki seseorang saat mempelajari dan memproses sebuah informasi. Tahukah kamu, selain memiliki kepribadian yang berbeda, setiap orang juga...

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...