5 Tips Membuat Resensi Film

Menulis resensi film mempunyai tingkat kesulitan tersendiri bila dibandingkan dengan menulis resensi buku atau novel. Banyak aspek yang harus kamu perhatikan ketika memutuskan untuk mengulas sebuah film mulai dari sisi produksi, pemain film, jalan cerita dan lain sebagainya.

Selain itu, dibutuhkan pengetahuan yang cukup dalam membedah atau mengulas sebuah film untuk menghasilkan tulisan resensi yang bagus. Nah, buat kamu yang ingin membuatnya, di bawah ini akan ada 5 tips singkat mengenai pembuatan resensi. Yuk simak!

Tonton Film Minimal Sekali

Tonton Film Minimal Sekali
Sumber: pch.vector from freepik.com

Tips pertama yang pastinya harus kamu lakukan adalah menonton film yang akan kamu resensi, setidaknya minimal sekali. Meresensi membuatmu harus bisa menganalisa mengenai film tersebut dan menilainya dari beberapa aspek, sehingga menonton film sekali saja masih dirasa kurang. Apalagi biasanya pada saat baru kali menonton film tersebut pertama kalinya, fokus kamu bukan pada menganalisa film tersebut, tetapi sekadar menikmatinya saja.

Berbeda jika kamu menonton untuk kedua maupun ketiga kalinya, pastinya akan ada lebih banyak detail yang kamu temukan dari film tersebut. Hal ini sering terjadi pada beberapa genre film seperti misteri, science fiction, dan genre lainnya dengan plot yang cukup memusingkan. Oleh karenanya, untuk bisa meresensi dengan baik, memang lebih disarankan untuk menonton film lebih dari sekali.

Buat Catatan Kecil Saat Menonton Film

Buat Catatan Kecil Saat Menonton Film
Sumber: wayhomestudio from freepik.com

Di kala menonton film, lebih baik jika kamu menyiapkan catatan untuk menulis beberapa detail yang perlu kamu tuliskan dalam resensi. Mulai dari identitas film yang terdiri dari genre, aktor dan aktris utama, tahun rilis, dan lainnya.

Tidak hanya itu, aspek-aspek juga harus menjadi perhatianmu diantaranya bagaimana alur cerita secara keseluruhan dari film tanpa memberikan spoiler, acting dari setiap pemainnya, pengambilan gambar, kualitas gambar, pencahayaan, kostum, dan efek musik serta suara. Dari segi editing pun juga perlu untuk diulas, mengingat hasil editing film yang tidak bagus, pasti akan memengaruhi minat penonton untuk menonton film.

Dengan kamu mencatat poin-poin penting yang kamu temukan saat menonton film, kamu akan jadi lebih mudah untuk mengingat apa saja hal yang perlu kamu ulas, dibandingkan hanya dengan menganalisa tanpa menuliskannya dalam catatan kecil.

Sesuaikan Resensi dengan Format yang Benar

Saat menulis sebuah resensi, menulis sesuai dengan format yang benar memang harus dilakukan. Oleh karenanya, penting bagi kamu yang akan menulis resensi untuk memahami terlebih dahulu format penulisan resensi, termasuk bagian-bagian apa saja yang perlu dimasukkan. Dalam artikel tambahpinter.com mengenai penjelasan resensi film juga disebutkan jika resensi setidaknya harus memiliki identitas film, sinopsis singkat, ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan film, dan kesimpulan dari resensi.

Pada bagian identitas terdiri dari informasi umum mengenai film tersebut diantaranya judul, sutradara, produser, penulis naskah, pemain film, durasi, tahun film tayang, dan lainnya. Kemudian, pada bagian sinopsis berisikan tentang ringkasan cerita secara umum. Pada bagian ulasan, kamu dapat menuliskan mengenai apa saja hal yang menarik dan tidak menarik dari film tersebut, dan ditutup dengan kesimpulan.

Berikan Penilaian Tanpa Melebih-Lebihkan

Berikan Penilaian Tanpa Melebih-Lebihkan
Sumber: Racool_studio from freepik.com

Dalam membuat resensi, penilaian yang jujur sangat dibutuhkan. Usahakan untuk memberikan penilaian subjektif yang tidak menjatuhkan dan tidak berlebihan pula.  Jika memang dari segi beberapa aspek, film yang kamu tonton kurang memberikan kesan yang baik, maka tuliskan secara jujur mengenai sisi yang kurang menarik tanpa menjatuhkan film tersebut.

Begitu juga sebaliknya, jika suatu film yang kamu tonton ternyata memberikan kesan yang bagus, jelaskan secara apa adanya berbagai aspek yang membuat film tersebut layak untuk ditonton.

Sesekali Mengupgrade Pengetahuan di Dunia Perfilman

Tidak ada salahnya buat kamu yang suka dan rajin menulis resensi untuk sesekali mengupgrade pengetahuan di dunia perfilman. Hal ini karena menulis resensi juga membutuhkan sedikit dasar ilmu mengenai aspek-aspek dalam perfilman.

Tentunya kamu tidak perlu sampai mengambil jurusan perfilman, cukup dengan sesekali membaca buku, menonton video review, maupun membaca lewat sumber-sumber tepercaya mengenai informasi di dunia perfilman. Dengan begitu, kamu juga akan lebih up to date dengan perkembangan di dunia film dan resensi yang kamu tulis akan jadi lebih berkualitas.

Baca juga: Contoh Sinopsis

Demikian untuk 5 tips membuat resensi yang khusus disajikan buat kamu yang mau mencoba menulis resensi. Jika kamu masih membutuhkan penjelasan lanjutan mengenai contoh resensi, tambahpinter.com juga memberikan banyak referensi contohnya dari berbagai genre. Nah, sudah siapkah untuk mulai menulisnya?

Artikel Terbaru

Wasila

Wasila

Lulusan Sastra Inggris, UIN Sunan Ampel Surabaya yang saat ini berkecimpung di dunia penerjemahan. Disela-sela kesibukan menerjemah, juga menulis artikel dengan berbagai topik terutama berhubungan dengan kebudayaan.

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *