Home Dunia Kampus Yuk Ketahui Perbedaan S1 dan D4

Yuk Ketahui Perbedaan S1 dan D4

Macam perguruan tinggi dan pendidikan tinggi di Indonesia ada banyak sekali. Sebagai manusia, tentu kita memiliki hak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Indonesia pun mewajibkan masyarakat untuk mengenyam pendidikan setidaknya 12 tahun.

Untuk melanjutkan pendidikan pun kini semakin mudah. Ada banyak kemudahan yang ditawarkan oleh perguruan tinggi. Kamu pun bebas menentukan akan mengambil jenjang apa untuk perguruan tinggimu.

Ada berbagai jenjang yang dapat kamu tempuh, mulai dari jenjang D1 – S3, serta berbagai pendidikan provesi. Jika dilihat dari lama waktu pendidikan, jenjang D4 dan S1 memiliki kesamaan, yaitu sama – sama ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 tahun. Bahkan, terkadang ada yang sulit membedakan antara jenjang S1 dan D4. Tapi tentu, keduanya memiliki perbedaan. Apa saja itu?

Namun sebelumnya, akan kita bahas satu per satu mengenai jenjang pendidikan S1 dan D4.

Jenjang Pendidikan S1

Kuliah S1 atau D4?
Foto: kherrmann dari Pixabay

Jenjang pendidikan S1 seringkali disebut sebagai sarjana atau Strata 1. Sarjana adalah gelar yang diberikan kepada seseorang yang telah berhasil menyelesaikan studinya di bangku perkuliahan dengan jenjang S1. Nantinya, gelar ini tidak hanya disematkan dalam nama, tapi memiliki arti bahwa orang tersebut berkompeten dalam bidang yang diambil. Yang nantinya diharapkan dapat menjadi jembatan untuk mendapatkan pekerjaan atau menciptakan pekerjaan baru.

Program sarjana diperuntukkan untuk lulusan pendidikan menengah atau sederajat. Supaya mampu mengamalkan ilmu pengetahuan dan teknologi melalui penalaran ilmiah.

Jenjang Pendidikan D4

Jenjang pendidikan D4 masuk dalam kelompok sarjana terapan atau program diploma. Yang umumnya ada pada pendidikan vokasi. Tujuan diadakannya jenjang D4 ini yaitu untuk mengembangkan keterampilan dan penalaran dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan kata lain, jenjang pendidikan D4 menitikberatkan pada praktik untuk dunia kerja.

Dan berikut ini perbedaan antara jenjang pendidikan S1 dan D4.

Perbedaan Jenjang Pendidikan S1 dan D4

Perbedaan S1 dan D4
Foto: Pexels dari Pixabay

Perbedaan mendasar antara S1 dan D4, yaitu bahwa pada jenjang D4 memiliki bobot teori keilmuan hanya 30%. Sementara bobot praktiknya mencapai 70%. Lulusan D4 pun mendapatkan gelar sarjana, namun sarjana terapan. Berbeda halnya dengan S1 yang menitikberatkan pada teori.

Jenjang S1 biasanya berkuliah di bawah payung fakultas di perguruan tinggi. Sementara untuk jenjang D4, berada di bawah vokasi. Hal ini dikarenakan D4 masih satu rumpun dengan jenjang diploma lainnya.

Jenjang Lanjutan Setelah Lulus

Lulusan S1 jika ingin melanjutkan ke pendidikan selanjutnya begitu mudah. Ada jalur S2 atau master yang dapat dipilih. Bidang keilmuan pun dapat diambil satu linier, yang artinya satu rumpun dengna pendidikan S1. Atau lintas rumpun, hal ini tidak masalah.

Sementara jika kamu lulusan D4, bukan hal yang tidak mungkin jika ingin melanjutkan ke jenjang S2. Hal ini dikarenakan bobot perkuliahan D4 dengan S1 sama, yaitu 144 sks. Namun, jika kamu lulusan D4, maka kamu harus upgrade teori – teorimu secara mandiri. Supaya tidak kesulitan mengejar ketertinggalan teori di jenjang S2.

Gelar Sarjana setelah Lulus

Gelar Lulusan Sarjana S1 dan D4
Foto: Pham Trung Kien dari Pixabay

Baik S1 maupun D4 sama – sama akan memiliki gelar setelah lulus kuliah. Namun, gelar keduanya berbeda. Lulusan S1 umumnya akan memiliki gelar sarjana, diikuti dengan jurusan atau bidang keilmuan yang diambil ketika kuliah. Misalnya S.E. (Sarjana Ekonomi), S.M. (Sarjana Manajemen), dan lainnya.

Sementara bagi lulusan D4, juga memiliki gelar. Sama – sama memiliki gelar yang diikuti dengan program studi yang diikuti. Bedanya, gelar bagi lulusan D4 adalah sarjana terapan, seperti S Tr.T (Sarjana Terapan Teknik), S Tr. Keb (Sarjana Terapan Kebidanan), dan lainnya.

Tugas Akhir sebelum Lulus

Untuk dapat dinyatakan lulus dari perguruan tinggi, tentu ada ujian yang harus dilakukan. Ujian ini bukanlah seperti ujian sekolah atau ujian nasional, melainkan tugas akhir demi kelulusan dan mendapatkan gelar.

Pada jenjang pendidikan S1, mahasiswa harus menyelesaikan skripsi sebagai tugas akhir sebelum lulus. Tema skripsi dapat dipilih bebas sesuai keinginan mahasiswa, yang terpenting sesuai dengan program studi dan bidang keilmuan yang diambil. Baru setelah menyelesaikan skripsi, mahasiswa akan melanjutkan dengan sidang skripsi yang akan dinilai oleh dosen penguji. Dan kemudian dinyatakan lulus.

Sementara bagi jenjang pendidikan D4, sebelum menyelesaikan masa pendidikannya, harus melakukan kerja praktik terlebih dahulu. Setelah menyelesaikan kerja praktik, mahasiswa harus membuat laporan ilmiah terkait kerja praktik yang dilakukan. Yang membedakan adalah adanya kerja praktik pada jenjang D4.

Jalur Tersendiri untuk Melanjutkan Pendidikan

Pada poin sebelumnya, dikatakan bahwa jenjang pendidikan D4 dapat menempuh jenjang pendidikan S2 setelah lulus. Dengan syarat harus upgrade kemampuan teori tersendiri supaya tidak tertinggal dengan mahasiswa S1 lainnya.

Baca juga: Mengenal Jenis Perguruan Tinggi

Namun, jenjang D4 juga memiliki jalur khusus untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang selanjutnya. Bagi lulusan D4, akan melanjutkan pendidikan ke jenjang Sp1 (Spesialis 1). Jenjang Sp1 merupakan bagian dari pendidikan profesional, yang diambil sesuai dengan program studi ketika menempuh pendidikan D4.

Lowongan Pekerjaan untuk Lulusan S1 dan D4

Pekerjaan untuk Lulusan S1 dan D4
Foto: 旭刚 史 dari Pixabay

Banyak sekali lowongan pekerjaan yang diperuntukkan bagi lulusan S1. Bahkan, tak sedikit juga lowongan yang diperuntukkan bagi D3. Sayangnya, masih sedikit lowongan yang diperuntukkan khusus untuk D4. Bahkan, seringkali lulusan D4 disamakan dengan D3. Padahal, D4 sendiri memiliki jenjang yang sama dengan S1.

Jurusan yang ada di Perguruan Tinggi

Baik S1 maupuan D4, tentu banyak sekali jurusan yang dapat dipilih. Namun, jurusan bagi S1 lebih banyak dibandingkan dengan jurusan bagi D4. Pasalnya, jenjang pendidikan D4 mengkhususkan program studi yang lebih mengutamakan praktik.

Diantaranya seperti akuntansi, teknik sipil, teknik informatika, teknik komputer, teknik desain komunikasi visual, serta administrasi. Jurusan – jurusan ini biasanya ada di jenjang pendidikan D4, karena merupakan ilmu terapan yang memerlukan banyak praktik. Di dunia kerja pun, lulusan di jurusan ini banyak dibutuhkan.

Mencari Perguruan Tinggi

Sebenarnya, S1 maupun D4 sama – sama memiliki perguruan tinggi yang banyak. Apalagi di kota – kota besar, sangat banyak perguruan tinggi yang menyediakan jenjang pendidikan S1. Namun, tak perlu khawatir juga bagi lulusan D4, karena tidak sedikit juga perguruan tinggi yang menyediakan jenjang pendidikan ini.

Bahkan, kamu pun tidak perlu khawatir akan kampus favorit untuk mengenyam pendidikan D4. Karena perguruan tinggi yang masuk dalam daftar favorit dan selalu menjadi incaran pun menyediakan program pendidikan jenjang D4 selain jenjang S1. Sebut saja Universitas Gadjah Mada, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Indonesia, Universitas Padjadjaran, Politeknis Negeri Semarang, Universitas Airlangga, dan banyak lagi.

Lebih Baik S1 atau D4?

Pilih S1 atau D4?
Foto: Robin Higgins dari Pixabay

Seringkali pertanyaan ini muncul karena bingung memilih jenjang pendidikan. Dari segi waktu, keduanya sama – sama ditempuh dalam waktu kurang lebih 4 tahun. Dari segi bobot pun keduanya hampir sama, yaitu sama – sama mengenyam 144 sks. Tapi, manakah yang lebih baik, S1 atau D4?

Baik atau tidaknya tergantung pada kebutuhan dan rencanamu setelah lulus kuliah nanti. Jika memilih S1, artinya kamu ingin menjadi ahli dalam suatu bidang keilmuan. Karena, di jenjang S1 kamu akan dididik sebagai akademisi dengan berbagai kemampuan mengolah dan mengaplikasikan teori di bidang ilmu pengetahuan.

Sementara jika memilih D4, berarti fokus setelah lulus adalah mencari pekerjaan di bidang keahlian dan praktik. Karena, lulusan D4 akan memiliki keahlian praktis yang dibutuhkan oleh dunia kerja. Apalagi di masa sekarang ini, banyak perusahaan yang membutuhkan keahlian praktik yang dimiliki individu daripada hanya kepandaian teori.

Namun kembali lagi, ingat tujuan utamamu setelah lulus kuliah nanti. Fokus pada apa yang akan kamu raih. Jangan hanya ikut teman atau ikut arus saja. Karena keduanya sama baiknya dan akan sangat lebih baik jika sesuai dengan rencana ketika kamu lulus nanti.

Kesimpulan

Itulah perbedaan antara jenjang pendidikan S1 dan D4. Semua jenjang pendidikan baik, asalkan sesuai dengan tujuan setelah kamu menyelesaikan perkuliahan. Selain itu, kuliah yang sungguh – sungguh dan sesuai dengan passion akan membantumu lebih menikmati perkuliahan, sehingga kamu dapat lulus tepat waktu dengan hasil yang memuaskan.

Baca juga: Ketahui Proses Kuliah ke Luar Negeri

Berkuliah di PTN maupun PTS tidak masalah. Carilah perguruan tinggi yang memiliki standar dan kualitas yang baik, sehingga tidak ada penghambat yang akan menghalangimu meraih mimpi – mimpimu.

Ratih
Ratih
Penggemar teh yang suka nulis dan jalan - jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Perencanaan Kreatif Periklanan

Salah satu komponen paling penting dalam komunikasi pemasaran adalah pesan yang ada di iklan. Tidak hanya sebagai sumber informasi, tetapi pesan yang ada di...

Yuk Mengenal Musik Ansambel Serta Jenisnya

Pertunjukan musik bisa dilakukan dalam berbagai format, salah satunya adalah musik ansambel.  Apa itu ansambel? Apa saja jenis musik yang bisa dimainkan serta apa saja...

Contoh SOP Perusahaan Serta Cara Membuatnya

Banyak di antara kita sering menyebut kata SOP tanpa tahu kepanjangannya, apalagi artinya. Kalaupun tahu yang dimaksud dengan SOP, yang mereka ketahui hanya secara...

Psikologi Perkembangan: Manusia dan Tahapan Perkembangan

Hallo readers tambah pinter! Artikel kali ini akan membahas mengenai perkembangan manusia dari aspek fisik, kognitif, psikososial, psikoseksual, hingga moral yang berperan penting dalam...

Persebaran Fauna di Indonesia

Indonesia merupakan negara yang kaya akan keanekaragaman flora dan faunanya, baik yang hidup di darat maupun di laut. Flora dan fauna tersebut tersebar di...