Home Seni & Musik Pengertian Seni Rupa, Jenis Serta Fungsinya

Pengertian Seni Rupa, Jenis Serta Fungsinya

Tahukah kamu? Bahwa manusia tidak bisa dilepaskan dengan seni. Para ahli sejarah berpendapat, bahwa seni tumbuh dan berkembang sejajar dengan perkembangan manusia. Buktinya ialah manusia purba yang hidup di gua-gua telah meninggalkan jejak berupa artefak seni rupa dalam bentuk lukisan pada dinding gua.

Dari adanya lukisan pada dinding gua tersebut, hal itu membuktikan bahwa seni sudah berkembang dari jutaan tahun yang lalu, terutama seni rupa. Seni rupa secara umum adalah cabang seni yang karyanya dapat dilihat, dirasakan, dan diraba. Maka dari itu, lukisan identik dengan seni rupa.

Namun, apakah seni rupa hanya sebatas lukisan saja? Memangnya apa sih pengertian seni rupa secara bahasa dan menurut ahli? Bagaimana jenis dan fungsinya? Artikel ini akan membantumu untuk mengetahui dan mempelajari tentang seni rupa secara lebih mendalam. Berikut ulasannya.

Pengertian Seni Rupa Secara Bahasa

Pengertian seni rupa
Sumber foto: pixabay.com

Istilah seni rupa sebenarnya identik dengan seni. Maka dari itu, istilah seni rupa dalam bahasa Inggris tetap disebut dengan art. Art sendiri berarti segala aktivitas manusia dalam membuat gagasan kreatif bisa dalam bentuk audio, visual, atau bahkan pertunjukan. Pengertian tersebut sejalan dengan bahasa latin ars. Seni dalam bahasa Yunani ialah Techne. Techne artinya kemahiran atau keterampilan membuat suatu benda.

Apabila dilihat dari bahasa Indonesia, tentunya dibedakan antara seni dan seni rupa. Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), seni adalah keahlian membuat karya yang bermutu atau karya yang diciptakan dengan keahlian yang luar biasa. Sedangkan seni rupa dalam KBBI berarti seni pahat dan seni lukis. Dapat dikatakan dalam pengertian bahasa Indonesia bahwa seni rupa ialah cabang dari seni.

Pengertian Seni Rupa Menurut Ahli

Seni rupa menurut ahli
Sumber foto: Pixabay.com

Ada beberapa pengertian seni rupa menurut ahli, yang semuanya sepakat bahwa seni rupa bagian dari ekpresi, serta dapat dilihat dan diraba. Lebih lengkapnya ialah sebagai berikut

Willian Hawkins

Willian Hawkins yang merupakan ahli seni dan juga pelukis yang berpendapat bahwa seni rupa adalah bagian dari ekspresi jiwa manusia yang diimajinasikan dan diterapkan ke suatu benda.

Sussane K Langer

Sussane K Langer adalah seorang filsuf dan juga ahli seni. Menurutnya, seni rupa adalah bentuk hasil karya manusia yang memiliki keindahan dan bisa dinikmati juga oleh orang lain.

Le Mery

Ahli seni rupa 2 dimensi asal Prancis ini berpendapat bahwa seni rupa ialah penglihatan yang dilakukan secara simbolis dalam bentuk yang lebih tinggi dan lebih indah. Ia menekankan bahwa seni rupa ialah bentuk keindahan yang bisa ditangkap oleh mata.

J.J Hogman

J.J Hogman ialah seorang budayan yang berpendapat bahwa seni rupa adalah memiliki tiga pilar utama, yaitu: ide (ideas), aktivitas (activies), dan artefak (artifact)

Dra.Nuning Y.Damayanti,Dipl.Art

Ia adalah seorang ahli seni dari Indonesia yang berpendapat bahwa seni rupa adalah permulaan dari proses manusia. Sekarang ini, seni dapat dilihat dari pokoknya yaitu ekspresi dari kreativitas manusia.

Baca juga: Jenis Drama di Indonesia

Tim Bina Karya

Adalah sebuah tim pembuatan buku seni rupa untuk pembelajaran siswa SMK berpendapat bahwa seni rupa adalah hasil karya ciptaan manusia, baik berbentuk dua dimensi maupun tiga dimensi yang mengandung atau memiliki nilai keindahan yang diwujudkan dalam bentuk rupa.

Wikipedia Indonesia

Seni rupa adalah yang membentuk karya seni dengan media yang bisa di lihat oleh mata dan dirasakan dengan rabaan.

Jenis Seni Rupa

jenis seni rupa
Sumber foto: Pixabay.com

Jenis-jenis seni rupa dapat dibedakan berdasarkan fungsi, bentuk, dan waktu. Berikut ialah penjabarannya:

Berdasarkan Fungsi

Jenis seni rupa berdasarkan fungsinya, dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Seni Rupa Murni (pure art), ialah seni rupa yang berfungsi hanya untuk dinikmati karena memiliki nilai keindahan. Contohnya ialah seni lukis, mural, dan grafis.
  • Seni Rupa Terapan (applied art), ialah seni rupa yang berfungsi bukan hanya memiliki nilai keindahan tetapi juga memiliki nilai kegunaan. Tetapi, fungsi utamanya ialah seni yang bisa dipakai khususnya dalam kegiatan sehari-hari. Contohnya furniture, keramik, senjata tradisional, kain batik, dll.

Berdasarkan Dimensi

Jenis berikutnya ialah berdasarkan dimensi. Dimensi disini dalam artinya jenis seni rupa  berdasarkan ukuran atau bentuknya, baik itu panjang, lebar, dan tinggi. Jenis seni rupa berdasarkan dimensi dibagi menjadi dua, yaitu:

  • Seni Rupa Dua Dimensi, ialah jenis seni rupa yang hanya memiliki ukuran panjang dan lebar. Ciri berikutnya dari jenis rupa ini ialah hanya dapat dilihat dari arah depan saja. Contohnya ialah seni lukis, grafis, kalografi, dll.
  • Seni Rupa Tiga Dimensi, ialah jenis seni rupa yang memiliki ukuran panjang, lebar, dan tinggi, serta volume. Ciri lainnya ialah seni rupa ini dapat dilihat dari berbagai sisi. Contohnya ialah seni patung, furniture, keramik, dll.

Berdasarkan Waktu

Jenis seni rupa berdasarkan waktu pada umumnya dibedakan menjadi tiga, yaitu sebagai berikut:

  • Seni Rupa Tradisional, ialah jenis seni rupa yang karyanya masih mengandung nilai-nilai tradisional. Biasanya sangat identik dengan adat istiadat suatu daerah. Bukan hanya itu saja, cara pembuatan dan bahannya pun masih sangat sederhana dan biasanya diajarkan secara turun temurun. Contohnya ialah batik, songket, batik, dll.
  • Seni Rupa Modern, ialah jenis seni rupa yang karyanya sudah mengalami perubahan, baik itu dari cara pembuatan atau bahan-bahannya. Yang menjadi ciri khas lainnya ialah, pada seni rupa modern karyanya tidak dibatasi oleh kebudayaan suatu daerah atau adat. Contoh karya seni rupa modern ialah lukisan karya Basuki Abdulla, Afandi, dan seniman modern lainnya.
  • Seni Rupa Kontemporer, ialah jenis seni rupa yang karyanya bersifat kekinian sebagai pengaruh dari adanya modernisasi. Yang membedakan dari seni rupa modern dan kontemporer ialah, kalau kontemporer tidak adanya batas antara seni yang satu dengan seni yang lainnya. Sebagai contoh misalnya happening art, instalation art, atau enviromental art.

Fungsi Seni Rupa

Fungsi seni rupa
Sumber foto: Pixabay.com

Ada beberapa fungsi seni rupa yang perlu kamu ketahui, diantaranya ialah sebagai berikut:

Sebagai Keindahan dan Kegunaan

Tahukah kamu, secara umum seni memiliki dua nilai, yaitu nilai keindahan dan nilai kegunaan. Begitupun dengan seni rupa.

Fungsi keindahan untuk seni rupa murni. Karena fungsinya hanya untuk  memenuhi kebutuhan batiniah seseorang yang melihatnya. Contohnya ialah seni lukis atau grafis. Sedangkan fungsi kegunaan biasanya untuk seni rupa terapan. Karya seni ini bertujuan untuk memenuhi kebutuhan praktis atau memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Contohnya ialah kriya, furnitur, tekstil, dan keramik.

Sebagai Bentuk Ekspresi Seniman

Seorang seniman membuat sebuah karya khususnya ialah untuk memuaskan batin seniman itu sendiri. Tanpa adanya pertimbangan untung dan rugi. Karena yang diutamakan bagaimana pengarang tersebut menyalurkan ekspresifnya melalui karya, sehingga ia merasa puas.

Sebagai Sarana Ritual Keagamaan

Dari zaman dahulu sampai sekarang, seni masih digunakan untuk ritual keagamaan. Contohnya ialah patung. Patung yang mana berjenis seni rupa tiga dimensi bukan hanya berfungsi sebagai hiasan tetapi juga sebagai alat dalam upacara keagamaan.  Contohnya ialah patung-patung untuk umat Hindu dan Budha.

Sebagai Bukti Sejarah

Seni rupa digunakan sebagai media atau alat untuk mengenang suatu peristiwa tertentu yang pernah terjadi pada kurun waktu terdahulu. Salah satu contohnya ialah kaligrafi. Kaligrafi yang biasanya berisi ayat-ayat Al-Qur’an merupakan bukti sejarah Islam pernah berkembang di dunia.

Contoh lainnya ialah benda-benda purbakala berbentuk piring atau barang-barang antik ialah bukti sejarah. Seni rupa  dapat mengungkapkan kapan dan  zaman apa barang-barang tersebut berasal. Misalnya dari zaman Kerajaan Majapahit atau bahkan zaman purbakala.

Sebagai Sarana Rekreasi

Pernahkah kamu melihat lukisan yang membuatmu merasa damai dan tentram? Atau membuat perasaanmu menjadi bersemangat karena mengandung makna yang dalam? Hal tersebutlah yang dimaksud dengan fungsi seni rupa sebagai sarana rekreasi.

Baca juga: 20 Aliran Seni Lukis

Sarana rekreasi disini bermaksud bahwa seni rupa bisa berfungsi sebagai hiburan. Hiburan merupakan salah satu fungsi seni yang paling dapat dinikmati secara langsung. Sebab kita melihat karya tersebut dan dapat menikmatinya.


Sumber:

Tim Bina Karya. 2019. Ilmu Seni Rupa Dasar. Temanggung: Desa Pustaka Indonesia.

Zia
Zia
Saya merupakan mahasiswi program studi Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Kalimat Persuasif: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Kalau sebelumnya telah dibahas mengenai kalimat imperatif dan kalimat deklaratif, kini saatnya kamu menambah ilmu lagi tentang jenis-jenis kalimat berdasarkan isinya. Pembahasan selanjutnya, yaitu...

Kalimat Majemuk: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Dulu saat masih duduk di bangku sekolah, pasti selalu ada materi tentang kalimat. Ada banyak materi tentang kalimat yang disampaikan oleh guru, salah satunya...

10 Suku di Bali dan Nusa Tenggara Serta Penjelasannya

Bali dan Nusa Tenggara adalah pulau kecil di Indonesia. Meski begitu, pulau - pulau ini menyimpan keindahan alam yang sangat memukau. Ditambah lagi keberagaman...

Kalimat Efektif dan Tidak Efektif: Pengertian, Ciri, dan Contoh

Membuat suatu tulisan bukanlah hal yang sulit. Semua orang bisa membuat tulisan mengenai hal-hal apa saja yang ingin dibahasnya. Tapi, sayangnya belum semua orang...

10 Suku di Maluku Serta Penjelasannya

Maluku adalah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Alam Maluku masih sangat indah, banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti pantai,...