Home Dunia Kampus Motivasi Skripsi Ini Bikin Kamu Semangat

Motivasi Skripsi Ini Bikin Kamu Semangat

Tahukah kamu, membaca kata-kata motivasi skripsi dapat meningkatkan energi positif di dalam pikiran. Pikiran dan energi yang positif akan membantumu untuk lebih semangat lagi dalam mengerjakan skripsi. Yuk, simak kumpulan motivasi skripsi di bawah ini. Semoga bisa membuat kamu good mood dan semangat terus untuk menyelesaikan skripsi, ya!

“Melihat Ke Atas Untuk Motivasi, Bukan Untuk Bikin Iri.” – @kataitem

Wajar kok, terkadang kita merasa putus asa ketika progress skripsi milik orang lain terlihat lebih cepat. Terkadang kita merasa tertinggal beberapa langkah jauh di belakang teman-teman lainnya. Hal ini wajar dan boleh untuk dirasakan, asalkan kamu menganggap keberhasilan orang lain sebagai motivasi skripsi agar menjadi lebih baik.

Ingat dan tanamkan ke dalam diri sendiri ya bahwa keberhasilan orang lain bukanlah alasan untuk merasa iri dan rendah diri. Anggap keberhasilan mereka sebagai motivasi dan semangat untuk mengerjakan skripsi secara lebih rajin dan tekun. Secara tidak langsung, rasa percaya diri kamu akan ikut meningkat. Dengan demikian, mimpi dan tujuanmu akan terasa lebih nyata dan mudah untuk diraih.

 “Gagal, Sedih dan Ragu, Jadi Terdengar Masuk Akal Pada Waktunya.” – @nkcthi

gagal, sedih, ragu
Sumber: freepik.com

Misal, ada satu waktu di mana kita sangat kesulitan untuk bertemu dengan dosen pembimbing karena jadwalnya yang padat. Di sisi lain, teman terlihat sangat sering melakukan bimbingan dengan dosen, pun dosen pembimbingnya terlihat sangat baik dan ramah. Terasa sedih dan tidak adil, ya? Namun, yup, everyone is fighting a battle you know nothing about.

Layaknya kehidupan, pengerjaan dan motivasi skripsi juga akan diwarnai ups and downs. Ada kalanya skripsi sedikit terbengkalai karena merasa ragu dengan apa yang sedang dikerjakan. Mendapatkan banyak sekali revisi dari dosen pembimbing membuat kita merasa sedih. Revisi yang tidak kunjung selesai menjadikan kita manusia yang gagal dan kehabisan semangat untuk menyelesaikan segalanya.

Saat kamu merasakan hal tersebut, jangan lupa untuk menyadari bahwa hal-hal buruk akan terdengar masuk akal pada waktunya. Semua orang pasti mengalami kesulitan saat mengerjakan skripsi, tentunya dengan permasalahan yang berbeda-beda. Terimalah kesedihan dan kegagalan tersebut dengan bijaksana. Yakinlah, rasa bahagia, keberhasilan, dan kesuksesan akan datang pada waktunya.

 “If You Get Tired, Learn to Rest, Not to Quit.” – Banksy

Di kala mengerjakan skripsi, ada saatnya kita merasa lelah baik secara fisik maupun secara emosional. Motivasi skripsi terasa begitu rendah. Nah, ketika merasa lelah, yang perlu kita lakukan adalah istirahat atau rehat sejenak dari aktivitas pengerjaan skripsi. Istirahat yang dimaksud adalah istirahat sementara, idealnya membutuhkan waktu beberapa hari hingga beberapa minggu.

Perlu untuk diingat, istirahat di sini bukan berarti berhenti total dalam mengerjakan skripsi, ya. Sebagai tambahan juga, jangan terlalu lama menggunakan waktu untuk beristirahat, misalnya hingga berbulan-bulan lamanya. Terlalu lama tidak menyentuh skripsi akan membuat feel dan passion untuk mengerjakan skripsi berkurang. Tentunya, hal tersebut tidaklah baik dan tidak dianjurkan untuk dilakukan.

A Little Progress Every Day Adds Up to Big Results.”

Sedikit demi sedikit, lama-lama menjadi bukit. Kurang lebih seperti itulah makna motivasi skripsi di atas. Pastikan kamu konsisten mengerjakannya. Hal-hal kecil apabila dilakukan setiap hari dengan rutin dan teratur, pasti akan menghasilkan sesuatu yang besar nantinya.

Eits, jangan salah. Hal-hal yang harus kamu lakukan setiap harinya tidak selalu berupa menulis kalimat demi kalimat di lembar skripsi. Pergi ke perpustakaan untuk membaca buku referensi sudah termasuk sebuah progress. Sama halnya juga dengan menerjemahkan jurnal-jurnal penelitian berbahasa asing.

Ternyata, hal-hal kecil bisa membawa dampak yang baik untuk skripsi, kamu setuju bukan? Oleh karena itu, jangan pernah meremehkan hal-hal kecil di sekitar kita, ya. Lakukanlah sesuatu pada skripsimu setiap hari, besar kecilnya progress tidak masalah asalkan dilakukan secara rutin. Believe it or not, something small is much better than doing nothing.

“Lulus Tepat Waktu vs Lulus di Waktu Yang Tepat.”

lulus tepat waktu vs lulus di waktu yang tepat
Sumber: freepik.com

Banyak orang menyerukan slogan bagi para mahasiswa untuk lulus tepat waktu. Hmmm, bagaimana pendapatmu? Lebih baik lulus tepat waktu, atau lebih baik lulus di waktu yang tepat? Terdengar mirip, dua hal tersebut memiliki sedikit perbedaan yang mendasar pada makna motivasi skripsi.

Setiap orang memiliki waktu perjalanannya sendiri. Ada yang menganggap lulus dalam waktu 4 tahun itu lama, ada juga yang menganggap lulus 5 tahun itu masih sah-sah saja. Yang perlu ditekankan adalah, masing-masing orang memiliki ritme waktunya sendiri. Ingatlah bahwa kamu tidak perlu terpaku pada ritme waktu orang lain, percayalah dan fokus pada jalan hidupmu sendiri.

Kamu mempunyai target untuk lulus kuliah dalam rentang waktu 3,5 tahun? Oke. Kamu mempunyai target untuk menyelesaikan kuliah dalam kurun waktu 4 tahun? It’s oke. Yang paling penting adalah komitmen itu sendiri. Komitmen bahwa kamu akan menepati janji pada dirimu sendiri. Semua mahasiswa akan lulus di waktu yang tepat, pada masing-masing ritmenya.

You Don’t Have to be Extreme, Just Consistent.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, salah satu kunci utama dalam mengerjakan skripsi adalah konsisten. Contoh sederhananya adalah konsisten membuat progress di setiap hari atau minggu (sesuai target yang ingin dicapai). Selain itu, konsisten pada diri sendiri untuk menghilangkan rasa malas saat deadline sudah di depan mata. Pada awalnya terasa sulit, namun akan terasa mudah jika sudah terbiasa.

Membahas mengenai motivasi skripsi yang ekstrim, begadang adalah salah satunya. Sudah menjadi hal yang wajar di kalangan mahasiswa untuk menunda-nunda pengerjaan skripsi, lalu begadang di malam sebelum deadline tiba. Sebenarnya, hal ini tidak baik dan tidak direkomendasikan karena dapat mengganggu kesehatan. Baik kesehatan fisik maupun mental.

Berdasarkan hal tersebut, akan lebih baik bagi kita untuk mengerjakan skripsi secara pelan-pelan namun konsisten, slowly but sure. Progress sedikit demi sedikit yang konsisten dilakukan setiap harinya, hasilnya akan lebih baik. Apabila dibandingkan dengan pengerjaan progress skripsi yang banyak, namun dikerjakan dalam waktu hanya satu malam saja. Kondisi kesehatan fisik dan mental akan mempengaruhi hasil pengerjaan skripsi kita

Optimism is the Faith that Leads to Achievement. – Helen Keller

optimistic and positive mind
Sumber: freepik.com

Sherrie Bourg Carter, salah satu kontributor Psychology Today, membahas topik yang menarik mengenai sikap optimis. Menurutnya, optimis tidak hanya berarti memiliki perasaan yang positif, namun juga termotivasi dan persisten dalam bertindak. Dengan kata lain, orang yang optimis dapat menyelesaikan masalah dengan baik dan positif. Sikap optimis dalam motivasi skripsi ini dapat diterapkan pada mahasiswa yang sedang mengerjakan skripsi.

Mahasiswa yang optimis cenderung mengerjakan skripsi dengan lebih baik. Di sisi lain, mahasiswa yang pesimis cenderung mudah menyerah, mudah merasa stres, dan memiliki kondisi kesehatan yang lebih buruk. Kamu setuju kan kalau sikap optimis dapat mempengaruhi pikiran dan tindakan seseorang dalam mengerjakan sesuatu? So, don’t forget to be optimistic, ya.

Terima kasih telah membaca artikel ini sampai selesai Well, itu adalah kumpulan kalimat motivasi skripsi yang bisa bikin kamu semangat menjalani hari-hari. Jangan lupa untuk menerapkan kata-kata motivasi di atas ya. Sesekali, merasa sedih dan putus asa sangatlah wajar, yang penting jangan lupa untuk selalu mengembalikan semangat dan mood yang baik.

Have a nice day dan selamat berproses dengan skripsimu!


Sumber:

https://www.psychologytoday.com/intl/blog/high-octane-women/201208/the-mind-and-body-benefits-optimism-0

Salma
Salma
Lulusan Fakultas Psikologi, Universitas Gadjah Mada. Mengerjakan skripsi dengan metode kuantitatif.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Yuk Ketahui 6 Macam Gaya Belajar

Gaya belajar adalah karakteristik tertentu yang dimiliki seseorang saat mempelajari dan memproses sebuah informasi. Tahukah kamu, selain memiliki kepribadian yang berbeda, setiap orang juga...

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...