Home Bisnis 5 Cara Membuat RAB Sederhana Untuk Bisnis

5 Cara Membuat RAB Sederhana Untuk Bisnis

Membuat Rencana Anggaran Biaya (RAB) adalah sebuah proses dalam suatu bisnis untuk membuat suatu rencana atau pekiraan pengeluaran yang akan dikeluarkan selama periode tertentu. Dalam bisnis, berarti membuat rencana anggaran biaya sama dengan memperkirakan berapa uang yang harus dikeluarkan untuk sebuah proyek atau program di waktu tertentu. Membuat RAB memungkinkan kita untuk mengawasi proyek atau program tersebut agar sesuai dengan biaya yang seharusnya dikeluarkan dan tidak membengkak tiba-tiba.

Manfaat Membuat Rencana Anggaran Biaya

Sumber: remoters.net

Sebenarnya apa saja manfaat dari pembuatan rencana anggaran biaya ini? Pembuatan RAB sebenarnya sangatlah penting. RAB memungkinkan pemilik bisnis tidak hanya merencanakan pengeluaran, tetapi juga untuk menganalisis pengeluaran dan membuat perubahan sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Karena penganggaran memungkinkan kita untuk memastikan bahwa kita akan selalu memiliki cukup uang untuk hal-hal yang bisnis butuhkan dan hal-hal yang penting bagi bisnis.

Mengikuti rencana biaya juga akan membuat kita jauh dari utang atau membantu kita keluar dari utang jika saat ini kebetulan sedang berhutang. Lalu bagaimana sebenarnya membuat rencana anggaran biaya untuk bisnis yang benar? Mari simak pembahasan berikut ini!

Baca juga: Komunikasi Pemasaran Terpadu

Tahapan Membuat Rencana Anggaran Biaya

Sumber: sleekr.co

Pembuatan rencana anggaran biaya ini bisa dilakukan dengan menggunakan Microsoft Excel, namun semua data harus diinput secara manual. Dalam mambuat rencana anggaran biaya yang lebih praktis, sebenarnya kita sudah dapat menggunakan software yang sudah tersedia di internet saat ini. Nah, jika ingin membuat secara manual silakan ikutin langkah-langkah berikut ini:

Menentukan rencana biaya anggaran akan digunakan untuk apa dan pada kapan

Hal yang perlu dilakukan pertama kali adalah menentukan rencana anggaran biaya ini akan digunakan untuk apa. Dengan menentukannya di awal, diharapkan kita akan mendapat gambar tentang apa saja yang akan dibutuhkan dan perkiraan kasar biaya yang akan dikeluarkan. Perlu juga untuk menentukan batasan anggaran yang akan dikeluarkan agar tetap sesuai dengan kemampuan sehingga bisa mengontrol ekspektasi.

Menulis dan mengurutkan daftar kebutuhan

Setelah mengetahui kegunaan dari rencana anggaran biaya ini, langkah selanjutnya adalah menulis item apa saja yang akan dibutuhkan untuk dibeli/disewa/dibayar. Semua item harus ditulis secara rinci dan dibuat dalam tabel terpisah menurut jenisnya. Ini akan memudahkan kita dalam melakukan penjumlahan di akhir nantinya.

Menentukan jumlah item yang dibutuhkan

Langkah selanjutnya adalah menentukan berapa jumlah item yang dibutuhkan. Setelah menulis daftarnya, kita perlu menentukan berapa banyak item yang akan dibutuhkan. Apakah satu? Dua? Tiga? Jumlah juga harus sesuai dengan kebutuhan. Usahakan tidak kurang ataupun lebih karena bisa jadi merugikan kita secara finansial di kemudian hari.

Mencari tahu harga per satuan dari setiap item dan menuliskannya

Selanjutnya, yang perlu dilakukan adalah mencari tahu harga per satuan dari setiap item yang sudah dibuat dalam daftar. Harga yang perlu dicari tahu adalah harga terkini (sudah menyesuaikan harga pasar) yang berlaku agar perhitungan tidak melenceng. Jika ada pilihan harga yang lebih murah dan punya fungsi yang sama, kita boleh memilih harga tersebut meskipun dari item dengan merek yang berbeda. Tulis semua harga yang sudah disurvey ke dalam tabel yang sudah dibuat sebelumnya.

Menghitung jumlah keseluruhan dari totalan harga

Ketika semua data di tabel sudah terpenuhi, lakukan perhitungan dengan menjumlahkan semua totalan harga sesuai dengan data yang telah kita input. Hati-hati jangan sampai kita salah menghitung jumlah ini karena ini adalah jumlah yang harus dibayarkan kedepannya.

Lakukan rekapitulasi dan evaluasi akhir

Setelah mendapatkan totalan akhir yang harus dibayar, lakukan evaluasi dan sesuaikan dengan tujuan diawal yang sudah kita tentukan. Apakah sudah sesuai dengan ekspektasi? Lalu apakah sudah sesuai dengan batasan anggaran biaya yang kita tetapkan sebelumnya? Jika belum, ada baiknya melakukan koreksi terlebih dahulu.

Sumber: freepik.com

Melakukan pembuatan rencana anggaran biaya ini memang tidaklah mudah, namun manfaat dari pembuatan rencana anggaran biaya ini sangatlah penting bagi keberlangsungan bisnis kedepannya. Selamat mencoba! Pastikan sesuai dengan kemampuan keuanganmu, ya!


Sumber:
https://economictimes.indiatimes.com/budget-faqs/what-is-a-budget-plan/articleshow/67467660.cms?from=mdr
https://www.mymoneycoach.ca/budgeting/what-is-a-budget-planning-forecasting

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Teori Perilaku Produsen dalam Ekonomi

Teori perilaku produsen adalah pemikiran mengenai bagaimana cara produsen dalam membuat barang dan jasa dengan tujuan memperoleh keuntungan. Dalam kehidupan sehari-hari kamu pasti akan...

Proses Pembelahan Sel Serta Penjelasannya

Makhluk hidup berasal dari proses pembelahan sel yang menyusun tubuhnya. Proses pembelahan sel berawal dari satu sel, kemudian membelah menjadi beberapa sel. Tahukah kamu...

Mengenal Unsur Golongan Alkali

Apakah kamu pernah mendengar istilah “ALKALI”? Secara bahasa alkali berarti basa, jika dikaitkan dengan unsur alkali, maka unsur golongan alkali ini merupakan unsur yang...

Polinomial: Penjelasan Serta Contoh Soal

Ketika kita masih berada di bangku SMP, kita telah mengenal bilangan berpangkat. Bilangan berpangkat yang sering kita gunakan adalah pangkat 2 dan pangkat 3....

Integral: Pembahasan Serta Contoh Soal

Integral adalah salah satu materi yang banyak diterapkan dalam kehidupan. Contohnya ketika kita ingin mengetahui luas dari sebuah benda yang tidak beraturan. Untuk menentukan...