Home Sosial Media 12 Ide Konten Youtube Menarik

12 Ide Konten Youtube Menarik

Pada saat ini, Youtube sudah menjadi hiburan yang sangat mudah dijangkau oleh masyarakat. Hal ini menjadi kesempatan bagi para konten creator untuk menjadikan Youtube sebagai salah satu platform dalam menuangkan ide kreatif agar bisa menginspirasi masyarakat. Namun sayangnya, terkadang bagi kita yang baru dalam dunia konten creator nampak bingung dalam menentukan konsep atau tema konten Youtube kita.

Tapi jangan khawatir, karena kali ini kita mau share tentang ide kreatif yang bisa Kamu gunakan sebagai konten chanel  Youtube-mu lho ! Apa saja ya ? Yuk kita simak!

Video Tutorial

ide kreatif untuk konten youtube
Sumber foto : dailydot.com

Video tutorial atau video yang berisikan langkah-langkah dalam melakukan sesuatu ini ada banyak jenisnya, seperti tutorial DIY, tutorial masak, atau tutorial make up. Kamu bisa memilih sesuai dengan keahlian atau passion-mu.

Video Review

Konten ini berisikan tentang seseorang yang memberikan pendapatnya mengenai sesuatu, bisa tempat, barang, kegiatan, orang, dll. Misal seperti tempat, itu pun yang dibahas bisa banyak, apakah tempat makan, atau tempat wisata atau yang lain. Kalau untuk kegiatan manusia, biasanya tentang melihat keahlian orang itu bernyanyi, atau perilaku-perilaku manusia yang unik. Konten ini juga bsia memberikan rekomendasi bagi para viewers.

ide kreatif untuk konten youtube
Sumber foto : gusto.com

Contoh seperti JwestBros yang mengkhususkan channel Youtube-nya untuk me-review makanan, seperti Tasya Farasya seorang Beauty logger yang banyak review tentang berbagai macam brand kosmestik baik local maupun internasional.

Baca juga: 5 Persiapan Membuat Video Youtube

Video Cover Lagu

Nah, kalau ini pasti paling banyak kita jumapi di Youtube nih. Yep, tentang cover lagu. Bagi Kamu yang hobby dan mampu main music atau bernyanyi, konten ini bisa menjadi pilihanmu untuk mengisi channel Youtube-mu. Biasanya konten ini berisikan ada satu atau beberapa orang bisa dalam bentuk grup band, atau paduan suara atau individu yang menampilkan keahliannya dalam bidang musik, isa bernyanyi ataupun bermain music.

ide kreatif untuk konten youtube
Sumber foto : kathmandutribune.com

Seperti AllfyRev, salah satu composer music EDM yang memiliki ciri khas senantiasa melibatkan music tradisional dalam music yang dihasilkan. Ada juga NY channel (Nadia dan Yoseph), sepasang anak muda yang banyak mengcover lagu-lagu mulai dari lagu Indonesia hingga Barat dengan berbagai macam genre.

Film Pendek

Bagi Kamu yang suka cinemathography, membuat film pendek bisa menjadi salah satu ide konten untuk channel Youtube Kamu loh! Namun, seperti yang kita ketahui, untuk membuat film pasti emmbutuhkan konsep yang sangat matang dan proses pembuatan yang cukup lama. Selain itu, biasanya kita memerlukan beberapa pemai nyang dirasa sesuai untuk memainkan film tersebut. Jadi, ada mini audisi gitu sepertinya ya.

Video Fakta Unik

ide kreatif untuk konten youtube
Sumber foto : wmar2news.com

Memberi tahu penonton tentang fakta-fakta unik juga bsia menjadi ide onten video untuk diunggah ke Youtube. Seperti channel KokBisa? yang membuat konten-konten edukasi dengan menggunakan animasi. Sebagian besar konten videonya berasal dari pertanyaan viewers-nya sendiri., seperti “Mengapa Kita Suka Drama” atau “Benarkah Golongan Darah Menentukan Sifat Kita?”.

Video Travelling

ide konten youtube
Sumber foto : www.idntimes.com

Salah satu yang lagi hits sekarang adalah bisnis travelling. Hal ini salah satunya karena permintaan dan minat orang pada travelling kian tinggi. Karena itu, jika kamu juga suka kegiatan travelling, kamu bisa melakukan travelling sekaligus memuat video kontennya yang menceritakan tentang tempat yang kamu kunjungi. Dengan membuat video traveling, bisa jadi kamu akan mendapatkan viewers ribuan dalam waktu singkat. Kunjungi saja tempat-tempat baru yang indah dan layak untuk dicoba. Just try it!

Video Gaming

ide konten youtube
Sumber foto : www.revivaltv.id

Kalau kamu seorang gamer, kamu juga bisa membuat konten video tentang game kamu! Saat ini banyak gamer yang juga belajar, belajar menaikkan level mereka dan memenangkan pertandingan. Kamu bisa membuat konten video yang berisi tips dan trik untuk memainkan game dengan baik supaya menang atau naik level.

Supaya menarik dan tidak ditinggalkan penontonmu, ada baiknya kamu juga melakukan pemilihan game apa yang akan kamu mainkan. Dan idealnya kamu sudah jago memainkan game itu, tapi kalau pun kamu juga pemula, tidak masalah. katakan saja sejujurnya apa saja yang kamu rasakan sebagai seorang gamer pemula kepada penontonmu. Dengan begitu, penonton pemula lainnya bisa belajar dan mengambil pelajaran setelah menonton videomu.

Video Unboxing

ide konten youtube
Sumber foto : tubularinsights.com

Ada juga nih ide konten yang memberikan review tentang kemasan suatu produk. Kamu juga bisa membuat konten video seperti itu. ceritakan detail bagaimana kelebihan kekurangan suatu kemasan produk, hingga kamu membuka kemasan itu dan menampilkan produknya. Konten seperti ini biasanya akan banyak diminati oleh mereka yang penasaran pada suatu produk tapi masih ragu untuk membelinya.

Video Menggambar

ide konten youtube
Sumber foto : www.youtube.com

Video menggambar biasanya berisi seseorang sedang melukis atau menggambar sesuatu yang menakjubkan yang tidak sembarang orang bisa melakukannya tanpa keahlian khusus. Hasil gambaran dan lukisannya akan membuat penontonnya terkesan dan tidak bisa berkata-kata.

Jika kamu ingin membuat konten jenis ini, satu prasyarat yang harus kamu miliki adalah kamu harus pandai menggambar atau melukis. Dengan begitu kamu bisa membuat penontonmu terkesan dan ingin belajar melukis seperti dirimu.

Video Berita atau Informasi

ide konten youtube
Sumber foto : kaltim.tribunnews.com

Konten ini banyak kita jumpai juga di youtube. Konten berita berisi berita tentu saja, hanya saja kamu bisa kreasikan videomu dengan memilih jenis beritanya dan bagaimana kamu mengemas penyampaiannya supaya videomu menarik. Namun ingat, karena ini konten berita, maka kamu tidak bisa mengarang isinya. Kamu harus fakta dari berita tersebut.

Video DIY

ide konten youtube
Sumber foto : www.youtube.com

Konten kreatif lainnya adalah video Do It Yourself. Sebetulnya hampir sama juga seperti video tutorial, hanya saja biasanya DIY berisi tutorial-tutorial yang tidak biasa. Kebanyakan seperti membuat barang-barang yang unik yang biasanya produksi industry, namun pada video tersebut, kita bisa membuatnya sendiri. Semisal membuat pernak-pernik atau memperbaiki perkakas rumah tangga sendiri.

Video talkshow

ide konten youtube
Sumber foto : rsananda.co.id

Jenis konten lainnya adalah Talkshow. Kalau kata mbak najwa shihab, membuat acara paling mudah adalah Talkshow, sebab kita hanya mewawancarai orang lain saja. Konten talkshow juga daya Tarik yang besar ketika kamu berhasil mengangkat tema yang menarik dan mendatangkan bintang tamu yang menguasai topik tersebut. Kalau kamu bisa mendatangkan bintang tamu terkenal, akan menambah daya jual video kamu.

Baca juga: 7 Cara Membuat Vlog Menarik

Untuk konten ini, kamu harus memiliki ilmu pengetahuan yang sesuai bidangnya ya, jangan sampai apa yang Kamu sampaikan dalam konten berasal dari dugaan semata tanpa ada pendasaran ilmu pengetahuannya. Hal itu akan merugikan penonton dan Kamu sendiri untuk kedepan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...

Yuk Ketahui Paradigma Penelitian Kualitatif

Masih banyak dari kita yang kurang mengerti apa itu paradigma. Di beberapa bahan bacaan tingkat lanjut dalam jurnal, dalam karya ilmiah tentu beberapa kali...

Mengenal Apa Itu Jurusan Biologi

Setelah lulus SMA ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi tapi masih bingung ke jurusan apa? Suka dengan dunia Biologi tapi ingin mengetahui gambaran kuliahnya seperti...

Mengenal Universitas Jenderal Soedirman

Memilih tempat untuk melanjutkan studi adalah sesuatu yang penting, apalagi untuk kamu yang saat ini merupakan siswa SMA yang sedang memilih perguruan tinggi untuk...