7 Hal yang Harus Kamu Coba Ketika Jadi Mahasiswa UNS

Salah satu universitas yang paling banyak diminati di Indonesia berada di kota Budaya. Yup, Universitas Sebelas Maret atau dikenal dengan akronim UNS. Universitas ini terletak di Jebres, kota Surakarta, Jawa Tengah. Selama menjadi mahasiwa di UNS, ada beberapa hal nih yang harus kamu coba sebelum menjadi alumni. Apa sajakah itu? Untuk mengetahuinya, yuk simak penjelasan ini hingga selesai ya!

1. Mengenal UNS

UNS
Sumber: uns.ac.id

Pertama, kamu harus coba mengetahui sejarah dan prestasi dari universitas yang masuk sebagai peringkat ke 8 Indonesia Green Campus versi UI Green Metric ini. UNS sudah berdiri sejak 11 Maret 1976 dengan nama awal Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret. Sesuai Keputusan Presiden RI No. 55 Tahun 1982, nama dan singkatan Universitas Negeri Surakarta Sebelas Maret Surakarta (UNS Sebelas Maret), ditetapkan menjadi Universitas Sebelas Maret atau disingkat UNS.

Baca juga: Mengenal

UNS memiliki banyak penghargaan di dalam maupun luar negeri, 3 di antaranya:

  1. Memiliki Akreditasi Unggul (A) dengan “nilai terbaik ketiga” untuk Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi (AIPT) yang diberikan Badan Akreditasi Nasional PT.
  2. Mendapatkan Opini “Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)” dari Badan Pemeriksa Keuangan RI berturut-turut selama 8 tahun.
  3. Salah satu dosen Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), Witri Wahyu Lestari, meraih penghargaan OWSD – Elsevier Foudation Awards for Early Career Women Scientifists in Developing World tahun 2018 dengan penelitian yang berfokus di bidang organologam dan kimia koordinasi jenis material Metal-Organic Framework.

2. UKM yang Didambakan

Tidak hanya berfokus pada bidang akademik, universitas juga menawarkan berbagai kegiatan non akademik menarik yang bisa diikuti mahasiswa. Salah satunya Unit Kegiatan Mahasiswa, yang disingkat UKM. Universitas Sebelas Maret memiliki berbagai macam UKM yang dapat kamu ikuti sesuai minat dan keahlian.

Berbagai UKM ada di UNS seperti UKM paduan suara, marching band, sepak bola, taekwondo, karate, tenis, bidang seni robotika, mapala dan lain sebagainya.

Ada pula organisasi internasional non politik dan not for profit seperti AIESEC. Organisasi ini berfokus untuk mengembangkan kepemimpinan anak muda dari berbagai negara dan universitas yang bekerja sama. Kamu bisa mengikuti kegiatan sukarela dan magang di dalam kota maupun di luar negeri melalui organisasi ini.

3. Olahraga Sehat

UNS memiliki fakultas Keolahragaan dengan sarana dan prasarana yang menunjang untuk perkuliahan tersebut. Jika kamu bukan dari fakultas ini, kamu bisa mencoba beberapa fasilitas yang diperbolehkan untuk mahasiswa fakultas lain. Salah satunya, untuk kamu yang suka tipe olahraga jogging, UNS menyediakan jogging track di kawasan auditorium. Ada juga lomba lari 11k UNS Surakarta Open Tingkat Nasional yang diadakan oleh Menwa UNS.

4. Transportasi Bersama

Ada beberapa universitas yang menyediakan bus kampus untuk mahasiswanya, termasuk UNS. Bus kampus ini beroperasi dari Senin-Jumat dengan 2 rute jalur, yaitu Barat dan Timur. Baru ini, UNS juga akan memiliki bus elektrik yang lebih ramah lingkungan.

BUS ELEKTRIK
Sumber: uns.ac.id

Selain kendaraan dalam kampus, kota Solo juga memiliki berbagai kemudahan transportasi umum, seperti BST atau Batik Solo Trans, angkutan kota, ojek online, dan yang terbaru KRL atau Kereta Rel Listrik yang terhubung ke kota Yogyakarta. KRL Yogyakarta-Solo sudah beroperasi sejak 10 Februari 2020. Cocok nih untuk kamu yang ingin berpergian ke kota Yogyakarta dengan mudah. Harga tiket Yogya-Solo dibandrol 8.000,00 untuk tarif flat yang dapat dibayar menggunakan Kartu Multi Trip (KMT) atau kartu uang elektronik lainnya.

Banyak transportasi umum yang bisa dijadikan opsi untuk kamu berpergian selama di kota Solo. Sayang sekali kan kalau tidak memanfaatkan fasilitas yang ada. Kamu juga berkontribusi loh untuk mengurangi emisi gas kendaraan.

5. Wisata Kuliner

Setiap daerah memiliki kuliner khas yang akan buat kamu kangen dengan rasa dan aromanya. Sebagai mahasiswa UNS, terlebih dari luar daerah Solo, kamu harus coba berbagai kuliner khas kota ini. Jangan takut untuk harga yang mahal, karena Solo terkenal dengan biaya hidup yang murah.

Makanan yang terkenal khas Solo di antaranya nasi liwet Solo, Brambang Asem, sate Buntel, serabi Solo, dan masih banyak lagi. Kamu bisa berkeliling sekitar kampus atau tempat makan terkenal lainnya di Solo.

6. Wisata Solo

Surakarta atau Solo terkenal sebagai salah satu kota dengan peninggalan budaya Jawa yang masih melekat. Hal tersebut juga berpengaruh ke berbagai sektor di kota tersebut, seperti bisnis, bangunan, dan juga pariwisata. Sayang rasanya hanya berdiam diri di indekos, terlebih kamu sebagai mahasiswa dari daerah lain. Saatnya kamu dolan bersama teman-teman atau pun solo.

Keraton Surakarta
Sumber: id.pinterest.com

Kalau kamu suka wisata sejarah, belum afdol jika kamu tidak mengunjungi Keraton Surakarta yang kini menjadi museum. Keraton terletak di Baluwarti, Pasar Kliwon, 4,2 km dari UNS. Kamu bisa melihat keindahan bangunan keraton dengan peninggalan benda-benda dan cerita sejarah. Ada juga kebun binatang dan wisata alam lainnya yang terkenal di kota ini. Bisa kamu sebutkan apa saja?

7. Belajar Bahasa Jawa

Bagi sebagian orang, belajar bahasa itu tidak mudah, terlebih bukan bahasa ibu. Untuk mahasiswa luar daerah Jawa Tengah, mungkin sulit untuk mendengar orang-orang berbahasa Jawa. Bahkan setiap bahasa Jawa di daerah lain berbeda. Ini yang menjadi kesempatan kamu untuk belajar bahasa baru!

Walau pun terdapat tingkatan tutur dalam berbahasa Jawa, mulai dari ngoko, madya, dan krama, setidaknya kamu mengerti bahasa yang digunakan saat bersama teman untuk keseharian. Tidak ada ruginya kok belajar bahasa daerah lain, malah akan menambah wawasan.

Baca juga: Mengenal Jurusan Ilmu Ekonomi

Itu dia tujuh hal yang harus kamu coba saat menjadi mahasiswa UNS. Untuk kamu yang baru diterima di kampus ini, selamat, ya! Semoga artikel kali ini bermanfaat dan menambah daftar kegiatan positif yang ingin kamu lakukan.

Artikel Terbaru

Verent

Verent

Hobi jalan-jalan dan mencicipi kuliner baru. Ilmu sastranya? Saya sampaikan melalui tulisan. Semoga bermanfaat!

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *