Home Memasak 6 Cara Membuat Sambal Agar Tidak Terlalu Pedas

6 Cara Membuat Sambal Agar Tidak Terlalu Pedas

“Sambala, sambala, bala sambalado terasa pedas, terasa panas. Sambala, sambala, bala sambalado, mulut bergetar, lidah bergoyang.”

Sambal sudah populer dari Sabang sampai Merauke, jadi tidak heran jika sampai ada lagu yang bertema sambal. Sambal sudah melekat di hati penduduk Indonesia. Di Indonesia sambal tersedia beraneka macam dari sambal bawang, ijo, matah, rujak, terasi, dabu-dabu, colo-colo dan masih banyak lainnya.

Hal yang paling di suka orang dari sambal adalah sensasi pedasnya yang memacu gairah dalam melahap makanan apapun. Di sisi lain pedasnya sambal bisa membuat mulut bergetar dan meneteskan air mata karena tidak tahan dengan sensasi pedas yang “keterlaluan”.

Ketika makan sambal dengan level yang terlalu pedas, bagi sebagian orang justru mengganggu cita rasa makanan dan beberapa lainnya mengalami gangguan pencernaan. Padahal makan tanpa sambal kurang nikmat rasanya bahkan hidup tidak bergairah. Tapi Kamu tak perlu khawatir lagi karena disini ada resep membuat sambal supaya tak terlalu pedas. Simak ya!

Menggunakan cabai besar keriting

tips membuat sambal tidak pedas
Sumber foto : tokopedia.com

Komposisi sambal yang memberikan sensasi pedas adalah cabai. Jenis cabai beraneka macam dan memiliki level pedas yang berbeda-beda. Jenis cabai yang paling populer adalah cabe rawit, meskipun kecil bentuknya tapi memberikan sensasi pedas luar biasa.

Apalagi ketika membuat sambal dengan banyak cabai rawit, siap-siap sediakan tisu ketika keringetan, hidung meler dan air mata mengalir deras. Jika kamu tetap mau menikmati pedas yang sewajarnya, sebaiknya jangan menggunakan cabe rawit terlalu banyak.

Selain cabai rawit ternyata ada cabai merah keriting berukuran besar yang sering menjadi komposisi dalam pembuantan sambal. Kabar baiknya cabai ini tidak terlalu pedas meskipun kelihatanya ganas. Jadi supaya sambal buatanmu tak terlalu pedas bisa lebih banyak pakai cabai jenis ini.

Membuang biji cabai

tips membuat sambal tidak pedas
Sumber foto : inhilklik.com

Tahukah Kamu bagian mana yang membuat cabai jadi pedas? Jawabannya adalah biji dan urat urat putih di bagian dalam cabai. Karena di dalamnya ada zat capsaicin yang jadi sumber utama sensasi pedas cabai. Jadi untuk Kamu yang ingin sambal tak terlalu pedas, bisa dibuang bagian tengah dan bijinya itu.

Baca juga: Teknik Penambahan Bumbu Memasak

Memberikan tomat segar

Bagi orang yang suka sambal tapi tidak mau pedas, biasanya mereka memilih sambal tomat sebagai alternatif. Kamu pun bisa menambahkan tomat segar ketika membuat sambal supaya tak terlalu pedas.

tips membuat sambal tidak pedas
Sumber foto : lifestyle.okezone.com

Meskipun begitu bukan berarti Kamu bisa pakai banyak tomat daripada cabai karena kalau kebanyakan justru sambal terasa asam dan tidak pedas sama sekali. Selain itu kamu jangan lupa menghaluskan tomat sampai hancur lebur dan menyatu bersama komposisi selainnya supaya lebih terasa nikmat sambalnya.

Sedikit bawang putih

Ternyata selain cabai yang bisa membuat pedas, bawang putih memberikan kontribusi sensasi itu. Bawang putih berperan dalam mengikat rasa sehingga menciptakan rasa gurih dalam makanan. Ketika bawang putih bercampur dengan cabai maka dia akan mengikat rasa pedas cabai yang akan membuat level pedas semakin panas.

Cabai di goreng

Cabai segar mempunyai buih pada bijinya yang memberikan sensasi pedas. Tapi sensasi pedas itu dapat berkurang ketika buih biji di goreng terlebih dahulu sebelum menghaluskannya karena minyak goreng memiliki zat yang bisa membuat berkurangnya rasa pedas pada cabai.

tips membuat sambal tidak pedas
Sumber foto : sajiansedap.grid.id

Merebus cabai

Menurut chef ternama di Indonesia yaitu Bara Pattiradjawane sebelum mengulek sambal sebaiknya cabai di rebus terlebih dahulu karena bisa mengurangi rasa pedas yang membakar lidah, bahkan waktu perebusan memengaruhi level kepedasan pada cabai.

Baca juga: Cara Menumis Bawang Putih Agar Tidak Gosong

Jadi itulah trik membuat sambal supaya rasanya tetap nikmat tapi tak terlalu pedas. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Kalimat Persuasif: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Kalau sebelumnya telah dibahas mengenai kalimat imperatif dan kalimat deklaratif, kini saatnya kamu menambah ilmu lagi tentang jenis-jenis kalimat berdasarkan isinya. Pembahasan selanjutnya, yaitu...

Kalimat Majemuk: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Dulu saat masih duduk di bangku sekolah, pasti selalu ada materi tentang kalimat. Ada banyak materi tentang kalimat yang disampaikan oleh guru, salah satunya...

10 Suku di Bali dan Nusa Tenggara Serta Penjelasannya

Bali dan Nusa Tenggara adalah pulau kecil di Indonesia. Meski begitu, pulau - pulau ini menyimpan keindahan alam yang sangat memukau. Ditambah lagi keberagaman...

Kalimat Efektif dan Tidak Efektif: Pengertian, Ciri, dan Contoh

Membuat suatu tulisan bukanlah hal yang sulit. Semua orang bisa membuat tulisan mengenai hal-hal apa saja yang ingin dibahasnya. Tapi, sayangnya belum semua orang...

10 Suku di Maluku Serta Penjelasannya

Maluku adalah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Alam Maluku masih sangat indah, banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti pantai,...