Home Seni & Musik 6 Aplikasi Kaligrafi Digital Terbaik yang Mudah Digunakan

6 Aplikasi Kaligrafi Digital Terbaik yang Mudah Digunakan

Apa yang terpikirkan pertama kali ketika mendengar membuat kaligrafi? Apakah Kamu membayangkan media gambar dengan berbagai alat tulis khusus untuk membuat kaligrafi? Nyatanya teknologi digital sudah merambah berbagai aspek kehidupan kita, salah satunya pada seni menulis ayat suci Al-Quran ini.

Kalau sebelumnya yang bisa membuat kaligrafi hanya orang-orang dengan kemampuan khusus. Sekarang dengan teknologi, Kamu yang mungkin awam dengan ilmu menulis kaligrafi atau bahkan tak punya bakat seni sama sekali, bisa membuatnya. Karena sekarang ada berbagai aplikasi khusus yang bisa dipakai untuk membuat kaligrafi dan 4 terbaik diantaranya akan kami ulas di bawah ini.

Ana Muhtarif Al Khat

Ana Muhtarif Al Khat
Sumber foto : apkpure.com

Ini masuk jadi salah satu aplikasi terbaik untuk membuat kaligrafi, karena produk buatan Diwan Software Ltd ini menyediakan banyak sekali font arab. Jadi Kamu bisa memilih sesuai kebutuhan dan seleramu ketika pakai aplikasi ini. Ada banyak pilihan seperti Diwan Thuluth, Diwan Farsi, Waseem dan Diwan Nasakh Mishafi.

Baca juga: Unsur Intrinsik Drama yang Perlu Kamu Ketahui

Satu lagi, Kamu tak perlu khawatir bingung pakai aplikasi ini, karena banyak tutorial cara menggunakannya di Youtube. Jadi setelah Kamu install, bisa langsung coba membuat kaligrafi. Nantinya kalau sudah selesai, hasilnya disimpan jadi format PDF dan siap deh Kamu pakai, entah Kamu cetak atau upload. Kabar baiknya lagi aplikasi ini gratis! jadi Kamu cuma tinggal buka App Store atau Playstore untuk menginstallnya.

Calligraphy HD

CALLIGRAPHY HD
Sumber foto : stacktunnel.com

Kalau pakai Arabic Calligrapher kamu bisa banyak eksplor, maka pakai aplikasi ini Kamu akan benar-benar bebas untuk menuangkan kreativitasmu membuat kaligrafi. Karena tidak ada template huruf yang sudah jadi seperti di Arabic Calligrapher. Jadi Kamu bisa menghasilkan karya yang benar-benar unik dari kreasimu.

Tersedia banyak pilihan kuas dan pulpen dengan berbagai ukuran yang bisa Kamu pilih untuk mmembuatnya. Jadi nantinya hasil kaligrafimu bisa semakin artistik dengan kombinasi berbagai ukuran pen dan kuas. Kamu pun bisa pilih dari bermacam-macam latar untuk membuat kaligrafi, seperti misalnya di atas kertas perkamen. Aplikasi ini sudah tersedia di Playstore maupun App Store jadi Kamu bisa install dan pakai di gadget mobile.

Arabic Calligrapher

Arabic Calligrapher
Sumber foto : softpedia.com

Nah ini dia aplikasi yang juga tak kalah canggih untuk Kamu pakai membuat kaligrafi. Banyak tersedia bentuk huruf arab yang bisa Kamu pilih dan sifatnya terpisah. Mungkin memang lebih banyak langkah untuk pakai aplikasi ini daripada Ana Muhtarif Al Khat, tapi kreatifitasmu justru akan jauh lebih terasah. Jadi sangat cocok untuk Kamu yang justru lebih suka banyak eksperimen dalam berseni.

Bedanya, aplikasi ini masih hanya tersedia untuk PC Windows, jadi belum bisa Kamu pakai lewat smartphone atau gadget mobile lain. Selain itu, kalau Kamu ingin pakai untuk jangka panjang, butuh membayar $150. Tapi Kamu pun bisa mencobanya secara gratis, karena ada masa trial untuk instalasi pertama.

Calligraphy Penmanship

 

6 Aplikasi Kaligrafi Digital Terbaik yang Mudah Digunakan
Sumber Foto: apps.apple.com › app › calligraphy-penmanship

Berlatih menulis kaligrafi dapat membuat ternyata dapat membuat seseorang menjadi lebih tenang. Dengan menggoreskan pena dan membuat karya senimu sendiri, ternyata bisa menjadi sebuah metode meditasi yangefektif, khususnya bagi kamu yang memiliki hobi / minat dibidang seni. Namun sayangnya, keterbatasan skill / kemampuan seringkali menjadi pembatas bagi dirimu, sehingga kamu sering merasa tidak puas dengan hasil kaligrafi yang kamu buat.

Namun jangan risau, kamu bisa menghasilkan kaligrafi yang bagus dengan aplikasi Calligraphy Penmanship yang bisa kamu dapatkan dari apple apps. Fitur utama dari aplikasi imi yaitu dapat menyesuaikan tekanan dan kehalusan pena, dapat melakukan latihan stroke demi stroke, ketersediaan pola untuk dilacak, diubah dan ditingkatkan serta dapar membuat kutipan huruf Kamu sendiri, terdiri dari satu set warna untuk pena. Serta juga tersedia efek tambahan berupa warna gradien dan dapat berganti-ganti.

Calligraphy Styles

Tidak semua orang dapat membanggakan tulisan tangan yang halus dan indah. Banyak faktor yang mempengaruhi hal tersebut, dari mulai yang sangat sederhana hingga yang kompleks, seperti belajar memegang pena dengan benar sejak masa sekolah, atau memang bawaan sejak kecil.

Hal tersebut seringkali menjadi hambatan ketika kamu ingin membuat sebuah karya kaligrafi, meskipun kamu memiliki keinginan yang sangat besar. Namun, sekarang mudah sekali untuk menciptakan karya kaligrafi yang indah dengna menggunakan aplikasi Calligraphy Styles meskipun kemampuanmu sangat terbatas.

Aplikasi ini berisi banyak koleksi gaya kaligrafi, ada juga latar belakang dan gradien yang berbeda, bisa juga buat tanda tangan Kamu. Semuanya sangat sederhana, cuku instal aplikasi, pilih foto dari galeri Kamu dan mulailah mendekorasi. Ada berbagai gaya font, stiker, simbol teks, latar belakang dan gradien untuk dipilih.

Calligrapher

Calligrapher
Sumber foto : apkpure.com

Hampir sama, Calligrapher juga memberikan kesempatan untuk para creator menuangkan sebanyak mungkin kreativitas ketika membuat kaligrafi. Tidak disediakan template huruf arab, tapi ada beberapa pilihan pen dan pensil yang bisa dipakai untuk menggambar. Kalau ingin mengatur ketebalannya, warnanya, tingkat transparasi tulisannya, Kamu juga tinggal pakai fitur yang ada.

Baca juga: Jenis Aliran Seni Lukis dan Karyanya

Aplikasi ini juga bisa Kamu temukan di Playstore ataupun App Store. Bedanya Kamu bisa mengupgrade ke versi Pro dengan membayar sekitar Rp. 26.000. Menarik bukan? Kamu bisa punya banyak pilihan teknologi untuk membuat kaligrafi sebagus para ahli!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa yang Dimaksud Etika Bisnis?

Istilah ‘etika’ memiliki banyak sekali makna yang berbeda. Etika sendiri merupakan studi standar moral yang bertujuan untuk menentukan standar yang benar atau yang didukung...

Sejarah Perkembangan Teater di Indonesia

Tahukah kamu apa yang disebut dengan teater? Sepintas teater mengartikan tentang pementasan atau sebuah pertunjukan di sebuah panggung. Lalu, apa yang Disebut dengan Teater Sebenarnya? Teater...

Cara Menjadi Karyawan Teladan

Bekerja itu memang melelahkan. Namun, setiap pekerjaan akan mendatangkan kebaikan jika kamu melakukannya dengan penuh keikhlasan. Ya, keikhlasan akan membuatmu bekerja dengan lebih mudah,...

Apa itu Musik? Berikut pengertiannya

Musik adalah lagu-lagu favorit yang didengar setiap saat menggunakan ponsel. Bisa melalui iTunes, Spotify, Soundcloud, JOOX atau Google Play. Sederhana dan sah-sah saja.  Nah, kalau...