Home Tugas Yuk Ketahui Bagaimana Metode Penelitian Kualitatif

Yuk Ketahui Bagaimana Metode Penelitian Kualitatif

Metode penelitian sangat penting dalam menggali hal-hal yang berhubungan dengan pertanyaan dan hipotesis yang terbentuk. Metode penelitian dipakai oleh peneliti dipilih berdasarkan tujuan dari penelitian itu sendiri. Hal ini sesuai dengan apa yang dikatakan oleh McCusker,K., & Gunaydin,S. (2015) bahwa pemilihan penggunaan metode kualitatif dalam hal tujuan penelitiannya adalah untuk memahami bagaimana suatu komunitas atau individu-individu itu menerima sebuah isu/peristiwa atau fenomena tertentu.

Dalam hal ini metode penelitian sebagai cara bagaimana kamu menggali dan menjawab pertanyaan dari penelitianmu entah apakah itu akan sesuai dengan hipotesismu atau tidak. Metode juga digunakan agar penelitian ini jelas dan fokus. Tanpa adanya metode, tentu saja penelitian ini akan menjadi bias dan menimbulkan ambigu-ambigu yangn justru membuat penelitianmu tidak valid. Lalu apa saja metode penelitian yang ada dalam penelitian kualitatif itu dan apa fungsinya?

Metode Ibarat Rel Atau Jalur Penelitian

Metode Penelitian Kualitatif
Sumber: indiamart.com

Seperti yang sudah disinggung dalam paragraf di atas, bagaimana metode ini berperan penting dalam menjawab dan juga menganalisis hasil penelitian itu. Fungsinya metode itu sendiri ibarat rel kereta yang membuat kereta tetap berjalan dalam jalur yang seharusnya. Dalam pengertian yang lebih umum metode penelitian dianggap sebagai teknik, proses atau strategi dalam pengumpulan bahan informasi, dan bukti analisi untuk mendapatkan pemahaman baru tentang suatu hal, atau fenomena yang sedang diteliti.

Lalu, apa jadinya jika penelitian ini tidak menggunakan metode yang sesuai. Tentu saja, hal ini akan membuat lingkup penelitian terlalu lebar dan tidak pada pokok yang diteliti. Suatu misal kamu sedang meneliti tentang kesehatan orang makan mie ayam di restoran dengan orang yang makan mie ayam di kaki lima, jika kamu menggunakan metode penelitian yang sesuai maka penelitianmu akan fokus pada pengaruh kesehatan orang. Tetapi, jika tidak mengngunakan metode, penelitianmu akan terlalu meluas seperti apa trend makan mie ayam dan menjadi tidak pada fokus kesehatan orang yang makan mie ayam.

Jenis Metode Penelitian Kualitatif

Karena sudah tahu bagaimana peran dan fungsi dari metode penelitian itu. Sekarang kita bahas apa saja jenis metode penelitian kualitatif itu. Penelitian kualitatif itu memiliki 5 jenis metode yang bisa dipilih sesuai dengan penelitian yang sedang kamu jalankan.

1. Grounded Theory (Teori Dasar)

Grounded Theory
Sumber: researchgate.net

Metode Grounded Theory atau Teori dasar ini merupakan metode yang digunakan untuk menguatkan atau mengembangkan teori yang ada dengan mengkaji prinsip-prinsip teori itu. Menurut Korntjaraningrat (1993) Metode penelitian kualitatif adalah jenis penelitian yang menggunakan tiga format, ketiga format itu: deskriptif, verifikasi, dan grounded research.

Dengan karakteristik cenderung melakukan kajian yang cermat terhadap berbagai gejala sosial dalam masyarakat, baik secara individu ataupun dalam Kelompok Sosial. Jadi Grounded Theory ini bisa jadi memperkuat teori yang ada atau justru menolak teori yang ada jika memang tidak sesuai dengan kaidah yang seharusnya.

Baca juga: Cara Membuat Karya Ilmiah Yang Benar

Pengumpulan data penelitian yang menggunakan Grounded teori ini biasanya dengan observasi, studi lapangan, dan kajian fenonema deduktif, induktif dan verifikasi hingga mendapatkan hasil yang sesuai.

Contoh: Teori Psikoanalis Dalam Mengkaji Novel Karya A.

2. Historical Method

Historical Method
Sumber: Dokumentasi Penulis

Sudah pasti bisa diterjemahkan bahwa historical methode merupakan metode yang menggunakan peristiwa-peristiwa yang sudah terjadi dengan menggumpulkan bukti-bukti sejarah atau saksi-saksi sejarah. Fenomena yang biasa dibahas tentu saja berhubungan dengan waktu dan kajian-kajian peristiwa yang sudah terjadi. Metode ini memiliki banyak nama lain seperti Oral History Method, atau Narrative Method.

Pengumpulan dengan metode ini sama dengan kita melihat para sejarahwan dan arkeolog sedang meneliti. Mereka akan mengkaji artifak-artifak, naskah-naskah sejarah, atau dokumen serta literatur yang kebenaran dan keabsahannya dapat dipertanggungjawabkan. Selain itu, mereka juga bisa melakukannya dengan pengumpulan data dengan observasi ke museum-museum atau tempat dimana kejadian dari penelitian itu terjadi atau bisa disebut dengan olah TKP.

Contoh: Napak Tilas Kerajaan Majapahit Yang Menjadi Bukti Kebesaran Nusantara.

3. Ethnography

Ethnography
Sumber: Dokumentasi Penulis

Metode Etnografi merupakan metode yang digunakan untuk mengkaji suatu konteks budaya dan lingkungan masyarakat dan melihat bagaimana budaya dan lingkungan itu berpengaruh dalam kehidupan masyarakat di suatu wilayah. Metode ini dikenal sebagai metode pengamatan yang paling dalam. Mengapa? Hal ini dikarenaka peneliti yang menggunakan metode ini diharuskan beradaptasi dengan lingkungan dan kondisi budaya dari suatu tempat.

Selain itu, penelitian ini merupakan penelitian yang paling banyak kendala dan tantangannya entah dari segi geografis, budaya keseharian, hingga sifat komunitas yang berbeda dengan peneliti. Jalannya penelitian ini bisa berlangsung selama beberapa hari hingga tahunan tergantung dari seberapa dalam peneliti ingin menelitinya serta seberapa handal peneliti dalam menganalisis dan menarik kesimpulan dari observasinya.

Contohnya: Pengaruh Masuknya Budaya Barat Terhadap Pergeseran Nilai Ketimuran Di Wilayah A.

4. Phenomenology

Phenomenology Method
Sumber: study.com

Metode penelitian ini berfokus pada pengkajian fenomena yang menjadi topik dari penelitian. Metode ini menganalisis subyek dan obyek yang terlibat dalam sebuah peristiwa. Pengumpulan datanya berupa wawancara dengan responden dimana peneiti menggali bagaimana responden memberikan maknan terhadap fenomena yang terjadi.

Suatu contoh kamu sedang meneliti bagaimana kondisi psikologis anak-anak yang terlibat perang. Disini fenomena yang diteliti adalah perang yang terjadi dan responden dari penelitian ini adalah anak-anak. Sedangkan inti penelitian adalah pandangan anak-anak terhadap peran dan analisis psikologisnya.

5. Case Study Research

Case Study Research
Sumber: canvas.harvard.edu

Penlitian dengan metode ini menggunakan contoh kasus, fenomena atau peristiwa yang terjadi dalam suatu kelompok masyarakat, atau organisasi yang menelaah tentang latar belakang, situasi dalam masyarakat itu/organisasi, dan interaksi yang ada di dalamnya. Penelitian bisa berupa program yang dijalankan, sistem yang diterapkan, atau kejadian tertentu yang menonjol dari kelompok atau organisasi. Contohnya Studi kasus Penyebaran Virus Corona Di Wilayah B Akibat Berlabuhnya Kapal Pesiar A.

Baca juga: 5 Tips Menganalisis Penelitian Kualitatif

Setelah membaca tentang pentingnya metode dalam penelitian beserta jenis-jenis metode penelitiannya, Apakah kamu masih ragu dalam memilih metode penelitian kamu? Semakin banyak pemahaman yang kamu dapat dari jenis metode penelitian, semakin jelas kamu mendapatkan gambaran metode yang sesuai untuk penelitian kamu. Selamat Mencoba!

Source:
https://libguides.newcastle.edu.au/researchmethods
https://measuringu.com/qual-methods/

Avatar
Dindahttps://www.dindapranata.com
Selenophile, and Bibliophile Enjoying petrichor before rain comes by reading and writing with a cup of a coffee.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Fungsi: Notasi, Domain, Range, Operasi, Komposisi dan Invers

Fungsi adalah salah satu materi yang sangat penting untuk dipelajari sebelum kamu memasuki bab lainnya, seperti turunan dan integral. Untuk itu mari kita belajar...

Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Contoh dan Cara Penyelesaian

Pada bab sebelumnya kita sudah mengetahui nilai mutlak, kali ini kita akan belajar tentang persamaan linear tiga variabel. Hampir setiap hari kita menggunakan sistem...

Nilai Mutlak: Persamaan dan Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linier Satu Variabel

Nilai mutlak sering kita gunakan dalam kehidupan, namun hanya sedikit orang yang memahaminya. Nah, Untuk memahami lebih lanjut mengenai nilai mutlak serta persamaan dan...

Contoh Paper: Pengertian, Struktur, Format dan Cara Membuatnya

Di dunia perkuliahan, menulis paper selalu mudah dijumpai di berbagai mata kuliah. Tugas menulis paper seperti sudah menjadi makanan sehari-hari bagi mahasiswa. Selain itu,...

Cara Membuat Outline Skripsi

Bagi kalian yang sudah mulai mengerjakan tugas akhir, pasti kalian mulai memikirkan sebenarnya outline skripsi itu bagaimana sih? Mungkin banyak dari kalian yang sama...