Home Pengetahuan Cara Verifikasi Sumber Berita yang Ada di internet

Cara Verifikasi Sumber Berita yang Ada di internet

Menemukan informasi terkini tidak lagi dengan membaca koran, Ya, kamu bisa dengan mudah mendapatkan informasi hanya dengan berselancar di Internet. Bahkan, tanpa mengaksesnya pun, peristiwa terkini bisa saja muncul sebagai bagian dari iklan di web browsermu.

Merasa beruntungkah kamu ketika berita terkini malah balik menghampirimu? Intinya jangan senang dulu. Bisa saja berita tersebut diragukan kebenarannya.

Kamu tahu kan betapa berita hoax itu sangat cepat menyebar kemana saja sehingga tidak ada yang mampu mengklarifikasinya. Apakah itu benar adanya atau hanya sebatas imajinasi penulis saja.

Untuk itu, kamu perlu melakukan verifikasi sumber berita yang ada di internet terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Tentunya ini akan sedikit sulit dilakukan jika kamu tidak mengetahui caranya.

Agar kamu bisa melakukan verifikasi sumber berita yang ada di internet dengan mudah, kamu dapat membaca ulasan berikut ini.

Manfaatkan Google News

Sumber: seoclerks.com

Tidak dapat dipungkiri bahwa Google memiliki produk yang beragam. Salah satu di antaranya adalah Google News.

Apa kegunaan Google News? Kamu bisa memanfaatkan Google News untuk melakukan verifikasi sumber berita yang ada di internet.

Google News akan melacak kebenaran berita tersebut dengan cara mencari keabsahan dari sumber resmi. Jika tidak adanya validasi, maka besar kemungkinan berita tersebut mengandung hoax.

Sesuaikan Gambar dengan Konteks Berita

Jika kamu masih awam tentang Google News, kamu bisa menggunakan cara sederhana ini untuk melakukan verifikasi sumber berita. Coba perhatikan gambar utama atau featured image berita tersebut.

Apakah terdapat kesamaan dengan konteks berita tersebut? Ya kamu hanya perlu menyesuaikan gambar utama dengan konteks berita. Jika keduanya tidak memiliki keterkaitan, bisa jadi berita tersebut tidak benar adanya.

Logikanya, bagaimana bisa sebuah berita ditayangkan bersama gambar yang “tidak nyambung”?.

Perhatikan URL Berita

Sumber: specialtycinema.com

Bagi kamu yang hobi berselancar di internet, pasti sudah mengetahui secara jelas tentang laman web asli dan palsu.

Ya, laman web palsu kerap kali menggunakan platform gratis. Selain itu, mereka berdiri di atas format http:// bukan https://. Selain itu, terdapat persamaan yang terlihat begitu menyerupai alamat asli pengirim berita tersebut.

Meskipun memiliki kesamaan, telaah lagi yang mana laman web palsu dan berisi berita hoax. Selain itu, kamu bisa secara langsung mengecek apakah situs berita tersebut kredibel atau tidak dengan menggunakan domainbigdata.com.

Fact Check Tools

verifikasi sumber berita
Sumber: twimg.com

Ketika kamu kebingungan dalam melakukan verifikaai sumber berita di internet, kamu bisa menggunakan Fact Check Tools. Bagaimana cara menggunakannya?

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Kemampuan Public Speaking

Sebenarnya mudah saja, kamu cukup mengetikkan “fact check tools” di kolom pencarian Google. Kamu dapat menelusuri secara bebas tentang berita yang ingin kamu verifikasi.

Cek dan Ricek; Temukan Referensinya!

Berita dibuat dan dipublikasi berdasarkan sumber-sumber berita. Kebenaran berita tersebut dapat dilihat dari mana penulis berita mendapatkan referensinya.

Apakah mereka mengutip sumber dari berita yang juga terpercaya apakah hanya karangan semata.

Ciri-ciri Media Lainnya Menjadi Bagian Pendukung Akan Hal ini

Jika kamu merasa tidak puas dengan hasil yang kamu dapatkan, kamu bisa melakukan verifikasi sumber berita yang ada di internet dengan memperhatikan ciri-ciri lainnya.

Kamu bisa memperhatikan banner, logo, dan atribut lainnya. Redaksi beritanya pun bisa kamu ulik. Biasanya, penggunaan bahasa pada laman berita hoax tidak menyertakan sumber referensi, penggunaan kata yang tidak tepat, hingga istilah-istilah aneh.

Periksa “About Us”

Apa yang kamu perhatikan ketika kaamu mengunjungi situs web? Apakah itu adalah tentang desain web, jenis tulisan, atau mereka yang berada di belakang layar web tersebut?

Ini dia. Untuk melakukan verifikasi sumber berita yang ada di internet, kamu bisa memeriksa pilihan “about us”.

Jika seluruh poin tersebut membuktikan ketidakrapian penyusunannya atau terdapat ketidak sesuaian lainnya, fix! Itu adalah laman web berita hoax. Berita kredibel hanya benar-benar bersumber dari web terpercaya.

Sensasional

Pernahkah kamu membaca sebuah judul berita, lalu merasa terpancing untuk membacanya? Apa yang menjadi daya tariknya?

Daya tarik berita tersebut tidak lain dan tidak bukan terletak pada judul berita. Tujuan pembuatan judul yang sensasional seperti itu adalah untuk meningkatkan volume pengunjung.

Bahkan tak jarang jika kamu merasakan kekecewaan setelah kamu membaca berita tersebut. Kenapa demikian? Ini karena tidak adanya relevansi yang mendukung keabsahan berita.

Sensasi berita tersebut dilatarbelakangi oleh satire, misleading, konten ngasal dan palsu, manipulatif, dan benar-benar tidak nyambung.

Nah, itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk memverifikasi sumber berita yang ada di internet.

Jika kamu merasa tidak puas dengan satu cara, kamu bisa melakukan verifikasi aumber berita yang ada di internet dengan menggunakan banyak cara. Sederhananya, berita hoax memiliki laman web yang tidak resmi dengan sumber pemberitaan yang tidak dicantumkan.

Baca juga: Apa itu Soft Skill? Yuk Ketahui dan Pelajari

Pastikan kamu hanya mendapatkan sumber berita actual dengan sederetan fakta yang benar-benar terjadi dan jelas adanya.


Source:
https://www.google.com/amp/s/m.kumparan.com/amp/kumparantech/6-cara-cek-fakta-atau-hoaks-berita-di-internet-1550539615592221886
https://gensindo.sindonews.com/read/930/1/tips-dari-google-untuk-memverifikasi-informasi-1572606706

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...

Yuk Ketahui Paradigma Penelitian Kualitatif

Masih banyak dari kita yang kurang mengerti apa itu paradigma. Di beberapa bahan bacaan tingkat lanjut dalam jurnal, dalam karya ilmiah tentu beberapa kali...

Mengenal Apa Itu Jurusan Biologi

Setelah lulus SMA ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi tapi masih bingung ke jurusan apa? Suka dengan dunia Biologi tapi ingin mengetahui gambaran kuliahnya seperti...

Mengenal Universitas Jenderal Soedirman

Memilih tempat untuk melanjutkan studi adalah sesuatu yang penting, apalagi untuk kamu yang saat ini merupakan siswa SMA yang sedang memilih perguruan tinggi untuk...