Home Kampus Mengenal Universitas Pekalongan (Unikal)

Mengenal Universitas Pekalongan (Unikal)

Mungkin bagi beberapa masyarakat Indonesia akan sedikit asing jika mendengar Universitas Pekalongan. Namun, siapa sangka Universitas Pekalongan menjadi salah satu Universitas yang sering di minati oleh pelajar asing.

Pasalnya, di Universitas Pekalongan sendiri terdapat Progam Studi Batik. Progam Studi ini meskipun terbilang baru tetapi cukup menarik daya minat masyarakat luar negeri. Hal ini menunjukan bahwa masyarakat besar apresiasi mereka terhadap Batik.

Universitas Pekalongan merupakan kampus swasta yang terletak di Kota Pekalongan. Letaknya yang strategis membuat UNIKAL sering di minati oleh banyak orang. Selain itu, di Kota Pekalongan UNIKAL menjadi kampus yang paling tersohor karena kualitasnya.

Meskipun UNIKAL merupakan kampus swasta tetapi masalah prestasi tidak kalah dengan kampus bergengsi lainnya. Terbukti dari beberapa akhir tahun 2019 – 2020  kejuaran yang di raih oleh UNIKAL seperti kejuaran pecak silat dan kompetisi pasar modal.

Selain itu di tahun 2019 UNIKAL telah membawa pulang 26 medali dalam 7 cabang olahraga sekaligus dalam rangka Pekan Olahraga Mahasiswa Tingkat Provinsi. Hal ini menunjukan kualitas UNIKAL mampu berjejer dengan Universitas terkenal lainnya di Indonesia.

Profil Kampus

logo-unikal
Sumber : unikal.ac,id

Universitas Pekalongan (UNIKAL) merupakan perguruan tinggi swasta yang berakreditasi B berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 0033/SK/BAN-PT/Akred/PT/I/2017.

Berdirinya Universitas Pekalongan di prakarsai oleh Bapak Ali Said, SH yang merupakan Jaksa Agung RI. Bapak Ali Said, SH membantu pemerintah Kota Pekalongan dalam aspek pendidikan, sosial serta kesejahteraan. Beliau senantiasa mendirikan Yayasan Samapta Makarya Pembagungan Tanah Air (Yayasan Samapta ber-Akta). Yayasan Samapta ber-Akta didirikan pada 15 Februari 1980.

Pada tanggal 20 Maret 1980 berdasarkan hasil rapat badan penasehat dengan pendiri maka diputuskan Yayasan Samapta ber-Akta diubah menjadi Yayasan Samarthya Mahotsaha Paramadharma (Yayasan Samarthya).

Bapak Ali Said, SH merangkap sebagai penasehat dan Bapak Ismail Rahardjo, SH sebagai Katua Badan Pendiri. Dalam rangka mencapai tujuan Yayasan tersebut maka didirikanlah sebuah Perguruan Tinggi di Wilayah Pekalongan dengan nama Sekolah Tinggi Ekonomi (STEKAL).

Pada tanggal 5 Septemver 1982 Sekolah Tinggi Ekonomi Pekalongan terjadi peningkatan menjadi Universitas yakni bernama Universitas Pekalongan.

Universitas Pekalongan menjadi satu – satubta Universitas di Kota Pekalongan yang sudah berusia 38 tahun. UNIKAL menjadi wadah berupaya menghasilkan manusia berdaya pikir keilmuan dan bertaqwa kepada Tuhan YME.

Lokasi dan Lingkungan Kampus UNIKAL

Universitas Pekalongan terletak di  Jl. Sriwijaya No 3 Kota Pekalongan Jawa Tengah. Lokasinya sangat strategis karena dekat dengan Jalan Raya dan Stasius Kereta Api yang akan memudahkan kamu untuk akses ke kampus.

Untuk kampusnya sendiri terdapat 6 bagian besar yakni gedung A, B, C, D, E, dan F. Setiap Gedung di fasilitasi mushola kecil meskipun di UNIKAL terdapat masjid. Adapula cafetaria dan kantin yang menjual makanan berat dan ringan yang range harganya tidak lebih Rp 20.000,-. Setiap gedung difasilitasi area parkir yang luas.

Selain itu, UNIKAL juga sangat dekat dengan perkantoran baik pemerintah maupun swasta sehingga memudahkan mahasiswa dalam kepentingan lainnya. Meskipun terbilang cukup ramai, namun tak perlu khawatir karena lokasi UNIKAL diapit kantor kodim di sebelah selatan dan kantor polisi kota pekalongan sehingga tetap aman.

Transportasi di Kampus UNIKAL

rusunawa unikal
Sumber : m.medcom.id

Di Universitas Pekalongan sendiri tidak memfasilitasi alat transportasi untuk mahasiswa sehari – hari. Namun, kampus ini memiliki bus untuk kunjungan dan kepentingan lainnya. Lalu bagaimana jika tidak membawa kendaraan sendiri ke kampus? Tak perlu khawatir, karena UNIKAL sendiri memfasilitasi Apartemen kampus (Rusunawa) bagi mahasiswa yang berasal dari luar wilayah Pekalongan.

Bagi mahasiswa yang berasal dari luar Kota Pekalongan sebenarnya tak perlu khawatir karena selain Apartemen kampus, di belakang kampus juga terdapat banyak fasilitas kos yang di sediakan oleh masyarakat dengan range 200K – 1.000K.

Fakultas dan Jurusan di UNIKAL

Berikut ini adalah fakultas dan Prodi di UNIKAL diantaranya :

Fakultas Hukum

Fakultas Ekonomi

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan

  • Pendidikan Bahasa Indonesia dan Sastra (S1)
  • Pendidikan Bahasa Inggris (S1)
  • Pendidikan Matematika(S1)

Fakultas Pertanian

  • Agroteknologi (S1)

Fakultas Perikanan

  • Aquaculture (S1)

Fakultas Ilmu Kesehatan

  • Fisioterapi (D-III)
  • Keperawatan (S1)
  • Kesehatan Masyarakat (S1)
  • Pendidikan Profesi Ners (Profesi)

Fakultas Teknik

  • Kriya Batik (S1)
  • Teknologi Rekayasa Konstruksi Bangunan Gedung (D4)

Fakultas Farmasi

Suka Duka Kuliah Di UNIKAL

unikal
Sumber : unikal.ac.id/

Suka duka kuliah di Universitas Pekalongan sangat banyak. Banyak pengalaman yang saya dapatkan berkuliah di Universitas Pekalongan. Saya pribadi mendapat banyak pelajaran setelah berkuliah di UNIKAL.

Transparan

Di Universitas Pekalongan mahasiswa di fasilitasi untuk menilai kinerja dosen setiap satu semester. Umumnya ini di lakukan saat pertengahan pergantian semester. Ini merupakan salah satu wadah untuk menyempurnakan cara kerja dosen dalam membawakan materi. Selain itu, penilaian mahasiswa terhadap dosen juga membuat kinerja antar dosen dan mahasiswa berjalan dengan lancar.

Kelas Berdasarkan Kuota

Umumnya dosen yang killer akan mendapatkan sedikit mahasiswa karena saat pemilihan kelas mahasiswa akan memilih dosen – dosen yang mudah untuk memberikan nilai baik. Namun, di UNIKAL sendiri pemilihan kelas harus berdasakan kuota.

Hal ini di lakukan untuk membuat mental mahasiswa menjadi matang. Mahasiswa di latih untuk menghadapi hal yang sedikit struggle  agar tidak kaget saat hidup bermasyarakat dengan kesulitan yang berbeda.

Ruang Kuliah Fleksible

Di Universitas Pekalongan bisa di katakan salah satu kampus yang cukup fleksibel. Hal ini karena perkuliahan tidak melulu berada di dalam kelas ada juga sewaktu – waktu perkuliahan di adakan di gedung hotel, aula pemerintahan, perpustakaan, laboratorium bahkan taman.

Ini bertujuan agar mahasiswa tidak merasa bosan karena ruangan yang monoton meskipun di UNIKAL tiap ruang di fasilitasi 5 AC sekaligus. Selain itu, sistem seperti ini di terapkan agar perkembangan pemikiran mahasiswa lebih luas dan terbuka.

Kampus Buka Hampir 24 Jam

Jika di kampus lain umumnya jam 10 sudah tutup, maka hal ini tidak berlaku dengan UNIKAL. Di UNIKAL sendiri satpam masih menjaga gerbang hampir 24 jam. Tak heran jika kamu masuk ke kawasan kampus UNIKAL larut malam sekalipun masih banyak mahasiswa yang mengerjakan tugas di teras.

Selain itu, mahasiswa yang ikut organisasi juga tak jarang mereka tak pulang dan tidur di sekre untuk mengerjakan tugas ataupun diskusi masalah lainnya. Namun, meski demikian UNIKAL tetap di jaga ketat karena security dan satpam lalu lalang.

WIFI Sangat Lancar

Di UNIKAL tiap ruangan selalu di fasilitasi WIFI sendiri – sendiri. Jadi tak heran jika kecepatan WIFI UNIKAL tidak dapat di anggap remeh. Hal ini jugalah yang membuat para mahasiswa mengerjakan tugas di kampus karena WIFI kampus lebih kencang koneksinya.

Nah, itulah sukanya kuliah di UNIKAL dan untuk dukanya hampir tidak ada karena kuliah di UNIKAL terasa menyenangkan.

Kontak

Jl.Sriwijaya No.3 Kota Pekalongan
Jawa Tengah, Indonesia
Telp. 0285 421096
Fax. 0285
Email : unikal.ac.id@gmail.com
Website : unikal.ac.id


Sumber : Unikal.ac.id

Avatar
Yuliani
Alumnus Universitas Pekalongan Progam Study Manajemen Konsentrasi SDM

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

10 Suku di Maluku Serta Penjelasannya

Maluku adalah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Alam Maluku masih sangat indah, banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti pantai,...

10 Contoh Cerpen Cinta Dengan Berbagai Pesan

Cerpen cinta memiliki tema yang sering diangkat dalam dunia kepenulisan. Cerpen cinta biasanya mengungkapkan perasaan, cinta, kasih sayang, dan juga penderitaan yang telah dialami. Berikut...

13 Suku di Pulau Sulawesi Serta Penjelasannya

Sulawesi menjadi pulau besar di Indonesia yang bentuknya begitu unik. Seolah seperti huruf "K", dan di dekatnya bertebaran pulau - pulau kecil. Selain keunikan...

12 Suku di Pulau Kalimantan Serta Penjelasannya

Kalimantan salah satu pulau terbesar yang ada di Indonesia. Sebagian wilayahnya juga ditempati oleh negara lain, yaitu Malaysia dan Brunei Darussalam. Yang mana kedua...

Mengenal Apa Itu Jurusan Ilmu Sejarah

“Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah!” Kalimat ini pasti sering kamu dengar di berbagai media kan? Yup, kalimat ini adalah ucapan Presiden Soekarno pada pidato kepresidenan pada...