Home Kampus Mengenal Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Mengenal Universitas Negeri Jakarta (UNJ)

Jika mendengar kata UNJ, pasti yang ada dibenak kamu adalah Jakarta dan Kampus Pendidikan. Tetapi, hal tersebut hanyalah remah-remah roti yang baru kamu ketahui. Masih banyak hal lainnya yang menjadi identik dengan UNJ. Terlebih, bagi kamu yang saat ini sedang memilih kampus dan jurusan. Maka, Universitas Negeri Jakarta bisa menjadi pilihan.

Memilih tempat kuliah atau universitas yang bagus, bisa juga membantumu untuk mengembangkan mimpi, lhoJika  ada pepatah ‘Tak Kenal maka Tak Sayang’, maka hal tersebut juga berlaku ketika kamu mau mengetahui seluk beluk tentang universitas tersebut. Maka dari itu, tulisan ini akan membantumu untuk mengenal Universitas Negeri Jakarta secara lebih dekat!

Profil UNJ

UNJ
Sumber: wikimedia.org

Kampus dengan moto Building, Future, Leaders ini berdiri pada tahun 1964. Dibalik usia kampus yang sudah setengah abad, UNJ memiliki sejarah yang cukup panjang. Sebelum dikenal dengan nama Universitas Negeri Jakarta, kampus ini pernah terintegrasi dengan FKIP (Fakultas Keilmuan dan Ilmu Pendidikan) Universitas Indonesia.

Lalu, setelah itu, memisahkan diri dengan UI, dan lebih dikenal dengan IKIP Jakarta. Sejak 4 Agustus 1999, IKIP Jakarta berganti menjadi Universitas Negeri Jakarta sesuai dengan Keppres 093/1999.

Saat ini, mahasiswa UNJ mencapai kurang lebih 40.000 orang dari delapan fakultas. Bagi calon mahasiswa baru, terdapat tiga jalur pendaftaran yaitu, SNMPTN, SBMPTN, dan Ujian Mandiri (Penmaba UNJ).

Lokasi dan Lingkungan Kampus

Universitas Negeri Jakarta
Sumber: unj.ac.id

Jika sudah mengetahui nama universitasnya, pasti kamu sudah tahu dong, dimana lokasi universitas tersebut.  Universitas Negeri Jakarta (UNJ) ialah satu-satunya kampus negeri di wilayah DKI Jakarta, lho. Lebih tepatnya ialah berada di Jalan Rawamangun Muka, Pulogadung, Jakarta Timur.

UNJ sendiri memiliki dua pintu masuk. Pertama, yaitu gerbang Rawamangun Muka, sebagai gerbang utama. Yang Kedua, ialah Gerbang Pemuda sebagai gerbang belakang kampus, yang hanya bisa digunakan untuk pengguna motor.

Namun, banyak yang belum mengetahui, bahwa UNJ memiliki 4 lokasi kampus berbeda. Pertama, yaitu Kampus A. Lokasi ini merupakan lokasi UNJ yang utama berada di Rawamangun. Kedua, Kampus B, Lokasi kedua ini merupakan kampus yang khusus untuk Fakultas Ilmu Olahraga (FIO). Kampus B berada di Jalan Pemuda, Pulogadung. Cukup berdekatan dengan Kampus A.

Ketiga, Kampus D, Yaitu berada di daerah Halimun, kampus ini khusus untuk mahasiswa Fakultas Pendidikan Ilmu Psikologi. Keempat, yaitu Kampus E berada di daerah Setiabudi. Gedung tersebut diperuntukan untuk mahasiswa program studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). 

Kampus yang beralmamater hijau tersebut seolah memperlihatkan keasrian kampus. Hal itu dibuktikan dari  banyaknya pohon-pohon di sepanjang lorong di setiap fakultasnya. Citra hijau yang dibuat oleh pihak kampus pun terasa dengan gedung-gedungnya yang menjulang tinggi dan berwana hijau. Terlebih dengan adanya lapangan hijau di tengah-tengah kampus dan pendopo di setiap fakultas, membuat mahasiswa betah berada di lingkungan kampus.

Fasilitas Kampus

GOR UNJ
Sumber: beritajakarta.id

Jika kamu ingin menuju UNJ, banyak moda transportasi yang bisa kamu gunakan. Baik itu Transjakarta, kereta, ataupun ojek online. Di dalam kampusnya sendiri, kamu hanya diperkenankan untuk menaruh kendaraan pribadi di parkiran. Selebihnya, kamu akan jalan kaki menuju gedung program studi. 

Fasilitas-fasilitas di kampus pun bermacam-macam. Dan mahasiswa berhak menggunakannya sesuai ketentuan yang berlaku.

GOR UNJ

Pada Februari 2020 lalu, UNJ baru saja meresmikan revitalisasi GOR UNJ di Kampus B. Acara ini diresmikan oleh Gubernur DKI Jakarta, yaitu Anies Baswedan,. Wajah baru GOR UNJ ini semakin rapi dan cantik.

GOR UNJ dilengkapi dengan lahan parkir, lab fisioterapi, ruang kelas/multimedia, area ball games, terdapat lapangan basket, futsal, bulu tangkis, gym, dll. Bukan hanya itu, pada lantai 3, berisi tribun dengan kapasitas 1000 orang dan ruang serbaguna.

Gedung-gedung Aula

Seperti kampus pada umumnya, UNJ pun memiliki gedung-gedung Aula yang besar dan ciamik. Gedung-gedung tersebut diantaranya, Aula Hasyim Asyari, Aula Latief, Aula Maftuchah Yusuf, yang biasanya digunakan untuk kegiatan seminar dan pameran. Ada pula Aula S yang biasanya digunakan untuk pertunjukan teater.

University Training Centre

Pada tahun 2019, UNJ pun meresmikan gedung baru yaitu University Training Centre. Gedung ini dipusatkan untuk menjadi gedung pertemuan dan juga gedung Akademik Mahasiswa

Perpustakaan

Perpustakaan di UNJ memiliki enam lantai dengan berbagai macam jenis buku yang ada. Jika sudah memiliki Kartu Perpustakaan, kamu boleh meminjam buku-buku tersebut dan digunakan untuk belajar. Terlebih lagi, Perpustakaan UNJ  terbuka untuk umum juga, lho.

Kantin

Kantin di UNJ sangat beragam dan tersebar di berbagai fakultas. Sebutannya pun bermacam-macam: ada Kantin Blok M, Kantin Kebun, Kantin Hijau, Terace Cafe, dan Beranda Cafe yang dikelola oleh mahasiswa jurusan Tata Boga.

Gedung UKM

Bagi yang aktif dalam kegiatan mahasiswa  disediakan gedung sendiri oleh pihak kampus. Gedung tersebut dikenal dengan istilah Gedung G. Gedung bertingkat tiga lantai tersebut menjadi saksi bisu pergerakan mahasiswa di UNJ, lho.

Gedung Perkuliahan

Gedung perkuliahan dilengkapi dengan proyektor, papan tulis dan bangku-bangku mahasiswa. Terdapat empat gedung utama, yaitu Gedung RA Kartini, Gedung Dewi Sartika, Gedung Hasyim Asyari, dan Gedung Moh Hatta. Selebihnya ialah gedung di masing-masing fakultas.

Laboratorium

Bagi mahasiswa rumpun saintek. UNJ pun menyediakan berbagai macam laboratorium di Fakultas Matematika dan IPA ataupun Fakultas Teknik. Bagi program studi bahasa Indonesia dan bahasa Asing terdapat pula Laboratorium Bahasa yang berada di Gedung Q.

Baca juga: Mengenal Universitas Negeri Malang

Suka Duka Menjadi Mahasiswa UNJ

Suka duka Mahasiswa UNJ
Sumber: Nasional.tempo.co

Pernahkah kamu membayangkan, berada di kampus yang akses kemana-mana sangat mudah, terdapat berbagai macam fasilitas, kualitas dosen yang mumpuni, dan banyaknya program kemahasiswaan, banyaknya program beasiswa, serta mendapatkan banyak prestasi dari bidang olahraga? Hal itu pun akan kamu rasakan jika berkuliah di Universitas Negeri Jakarta.

Berkuliah di Ibukota merupakan pilihan yang tepat karena sangat strategis dan dapat diakses dengan apa saja. Jika ingin ke Perpustakaan Nasional, mahasiswa pun tinggal menaiki Transjakarta atau memesan Ojek Online. Walaupun berkuliah di Ibukota, kehidupan mahasiswa UNJ tidak sepenuhnya glamor dan mahal.

Karena tak ada gading yang tak retak, begitupun ketika berkuliah di UNJ. Karena UNJ tak seluas kampus negeri lainnya, seringkali terdapat banyak mobil yang berlalu lalang di jalan utama kampus untuk mencari tempat parkir. Bukan hanya itu, akses masuk UNJ  pun sangat bebas. Sehingga  bisa dimasuki siapa saja, bahkan non mahasiswa.

Fakultas dan Program Studi

Fakultas dan program studi
Sumber: Dokumentasi penulis

Walaupun sering disebut kampus pendidikan, UNJ tidak sepenuhnya mencetak sarjana pendidikan. Ada pula program studi yang murni atau non pendidikan. Di UNJ sendiri memiliki program sarjana, diploma, dan program pascasarjana.

Pada program sarjana dan diploma, UNJ membagi menjadi 8 fakultas. Yaitu diantaranya:

Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP)

FIP adalah cikal bakal UNJ. Maka dari itu, fakultas ini ialah fakultas tertua diantar fakultas lainnya. Pada FIP, kamu akan diarahkan menjadi guru, ahli pendidikan dan bekerja di lembaga-lembaga pendidikan. Program studinya ialah sebagai berikut:

  • Program Studi S1 Kurikulum dan Teknologi Pendidikan
  • Program Studi S1 Bimbingan dan Konseling (BK)
  • Program Studi S1 Pendidikan Luar Biasa (PLB)
  • Program Studi S1 Manajemen Pendidikan
  • Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah
  • Program Studi S1 Pendidikan Masyarakat
  • Program Studi S1 Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD)
  • Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD)

Fakultas Matematika dan Ilmu Alam (FMIPA)

Lokasi gedung yang bersebrangan dengan FIP, FMIPA pun memiliki daya tarik sendiri untuk calon mahasiswa baru. Pada fakultas ini, lulusannya akan menjadi guru dan juga ahli sains, komputer, dan statistika. Program studinya ialah sebagai berikut.

  • Program Studi S1 Pendidikan Matematika
  • Program Studi S1 Matematika
  • Program Studi S1 Pendidikan Fisika
  • Program Studi S1 Fisika
  • Program Studi S1 Pendidikan Kimia
  • Program Studi S1 Kimia
  • Program Studi S1 Pendidikan Biologi
  • Program Studi S1 Biologi
  • Program Studi S1 Ilmu Komputer
  • Program Studi S1 Statistika

Fakultas Bahasa dan Seni (FBS)

Pada fakultas ini, mahasiswa dilatih untuk menjadi guru bahasa atau seni dan juga menjadi seniman ataupun ahli bahasa. Program studinya ialah sebagai berikut.

  • Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
  • Program Studi S1 Sastra Indonesia
  • Program Studi S1 Pendidikan Sastra Inggris
  • Program Studi S1 Sastra Inggris
  • Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Prancis
  • Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jerman
  • Program Studi S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Arab
  • Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Jepang
  • Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Mandarin
  • Program Studi S1 Pendidikan Seni Rupa
  • Program Studi S1 Pendidikan Seni Tari
  • Program Studi S1 Pendidikan Seni Musik

Fakultas Teknik (FT)

FT di Universitas Negeri Jakarta, identik dengan warna biru. Hal itu senada dengan bendera fakultas yang berwarna biru gelap. Lulusan dari Fakultas Teknik, biasanya menjadi guru, teknisi dan ahli engineering. Daftar program studinya ialah sebagai berikut.

  • Program Studi D3 Teknik Elektronika
  • Program Studi D3 Teknik Mesin
  • Program Studi D3 Teknik Sipil
  • Program Studi D3 Transportasi
  • Program Studi D3 Tata Boga
  • Program Studi D3 Manajemen Pelabuhan
  • Program Studi D3 Tata Busana
  • Program Studi D3 Tata Rias
  • Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektro
  • Program Studi S1 Pendidikan Teknik Elektronika
  • Program Studi S1 Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer
  • Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin
  • Program Studi S1 Pendidikan Teknik Bangunan
  • Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga
  • Program Studi S1 Pendidikan Tata Busana
  • Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias
  • Program Studi S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
  • Program Studi S1 Rekayasa Keselamatan Kebakaran
  • Program Studi S1 Sistem dan Teknologi Informasi
  • Program Studi S1 Teknik Mesin

Fakultas Ekonomi (FE)

Fakultas Ekonomi merupakan salah satu fakultas favorit di UNJ. Lulusannya banyak bekerja sebagai guru, akuntan, ahli ekonomi, dan lain sebagainya. Daftar program studinya ialah sebagai berikut.

  • Program Studi D3 Sekretaris
  • Program Studi D3 Akuntansi
  • Program Studi D3 Administrasi Perkantoran
  • Program Studi D3 Manajemen Pemasaran
  • Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
  • Program Studi S1 Pendidikan Tata Niaga
  • Program Situdi S1 Akuntans
  • Program Studi S1 Manajemen

Fakultas Ilmu Olahraga (FIO)

FIO juga merupakan fakultas favorit di UNJ. Pasalnya, mahasiswa FIO mayoritas merupakan para atlet. Bahkan, atlet-atlet yang mengikuti ASEAN Games 2018, beberapa ada mahasiswa UNJ juga, lho. Bukan hanya menjadi atlet, FIO juga mencetak guru-guru olahraga. Berikut daftar program studi di FIO.

  • Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan dan Rekreasi
  • Program Studi S1 Pendidikan Kepelatihan Olahraga
  • Program Studi S1 Ilmu Keolahragaan
  • Program Studi S1 Kepelatihan Kecabangan Olahraga
  • Program Studi S1 Olahraga Rekreasi

Fakultas Ilmu Sosial (FIS)

Pada Fakultas Ilmu Sosial, mayoritas lulusannya ialah menjadi guru. Berikut daftar program studinya.

  • Program Studi D3 Hubungan Masyarakat
  • Program Studi D3 Jasa Usaha Wisata
  • Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
  • Program Studi S1 Pendidikan Sejarah
  • Program Studi S1 Pendidikan Geografi
  • Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Agama Islam
  • Program Studi S1 Pendidikan Sosiologi
  • Program Studi S1 Sosiologi
  • Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial
  • Program Studi S1 Ilmu Komunikasi

Fakultas Pendidikan Psikologi (FPPsi)

Walaupun baru dibuka pada tahun 2016, Fakultas Pendidikan Psikologi UNJ ini merupakan salah satu fakultas favorit. FPPsi juga sudah menyandang akreditasi A pada tahun 2018. Program studi yang terdapat pada fakultas ini hanya satu, yaitu Program Studi Psikologi.

Baca juga: Mengenal Institut Teknologi Bandung

Kontak

Bagi kamu yang masih penasaran dan ingin mengetahui lebih lanjut tentang UNJ, kamu bisa mengunjungi:

website: unj.ac.id
Email: humas@unj.ac.id
Telp: (021) 4898486
Twitter: @UNJ_Official
Instagram @unj_official
Facebook: @OfficialUNJ

Begitulah seluk beluk tentang UNJ. Bagaimana? Semakin semangat kuliah di UNJ dong tentunya?


Sumber:

unj.ac.id
unjkita.com
kampusunj.com

Zia
Zia
Saya merupakan mahasiswi program studi Sastra Indonesia, Universitas Negeri Jakarta.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Ciri dan Struktur

Pernah nggak sih, kamu penasaran terhadap suatu hal atau objek tertentu dan pengen nyoba untuk mengetahui lebih jauh objek tersebut? Tentu pernah dong. Nah,...

Contoh Konjungsi atau Kata Penghubung serta Jenisnya

Kamu pasti sering melihat penyebutan kata konjungsi atau kata penghubung di dalam soal ujian Bahasa Indonesia, bukan? Rasanya sudah nggak asing lagi sama penyebutan...

Mengenal Manajemen Kontinuitas Bisnis

Tahun 2020 menjadi tahun yang cukup menyedihkan bagi kita semua. Berbagai bencana terjadi dan lebih parahnya, wabah virus corona terjadi di mana-mana. Hal ini...

Pengertian dan Sejarah Corporate Social Responsibility (CSR)

Pernah dengar tentang istilah CSR atau corporate social responsibility? Atau kamu pernah jalan-jalan di taman kota dan menemukan tugu dengan tulisan “Program Tanggung Jawab Sosial Perusahaan...

Komunikasi Pemasaran Terpadu (IMC)

Komunikasi Pemasaran Terpadu, atau dapat juga disebut sebagai Integrated Marketing Campaign (IMC) adalah hal yang penting dalam bidang pemasaran. Secara definisi, IMC adalah sebuah...