Home Kampus Mengenal Universitas Nasional (Unas)

Mengenal Universitas Nasional (Unas)

Saat ini dunia pendidikan di Indonesia sudah semakin maju. Di era milenial kemampuan suatu negara untuk bisa menaklukan jaman hanya dapat dicapai melalui sumber daya manusia yang mumpuni. Perguruan tinggi menjadi ujung tombak mencetak sarjana baru sebagai agen perubahan. Para pemikir sekaligus praktisi yang mampu mentransformasikan teknologi dalam segala bidang.

Tahukah kamu bahwa saat ini ada lebih dari 4500 perguruan tinggi di Indonesia. Angka yang sangat besar dan menakjubkan. Angka ini mengalahkan China yang hanya memiliki sekitar 2825 perguruan tinggi saja. Jumlah 4500-an ini terdiri dari perguruan tinggi negeri dan swasta yang tersebar ke seluruh pelosok Indonesia.

Salah satu perguruan tinggi swasta yang cukup memiliki keberadaan penting adalah Universitas Nasional di Jakarta. Eksistensinya sejak Indonesia merdeka telah memberikan sumbangsih yang tak bisa dipandang sebelah mata. Universitas Nasional adalah perguruan tinggi tertua di Jakarta dan perguruan tinggi tertua kedua di seluruh Indonesia.

Profil Universitas

logo unas
Sumber: unas.ac.id

Universitas Nasional (Unas) didirikan pada 15 Oktober 1949 di Jakarta atas prakarsa para cendikiawan terkemuka saat itu yang berhimpun dalam Perkumpulan Memajukan Ilmu dan Kebudayaan (PMIK). Para pendiri Unas antara lain : Mr. Sutan Takdir Alisjahbana, Djoehana Wiradikarta, Dr. Bahder Djohan, Dr. Leimena, Prof. Dr. Soemitro Djojohadikoesoemo dan belasan cendekiawan lainnya.

Sebagai perguruan tinggi swasta tertua di Jakarta dan perguruan tinggi kedua tertua di Indonesia, Unas memiliki visi menjadi Universitas unggulan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang masuk 10 (sepuluh) besar Universitas swasta terbaik di Indonesia dalam tata kelola pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan publikasi ilmiah pada tahun 2020.

Lokasi dan Lingkungan Kampus

Kampus unas1
Sumber : unas.ac.id

Kampus Unas terletak di kawasan Selatan ibukota Jakarta, berada di kecamatan Pasar Minggu yang sejak dulu populer sebagai sentra produksi dan distribusi buah-buahan. Seperti diketahui daerah Pasar Minggu merupakan sedikit kawasan yang menjadi oase di ibukota dengan relatif masih banyak ruang terbuka hijaunya. Sampai saat ini masih terlihat aktifitas perdagangan buah-buahan di daerah ini, bercampur dengan berbagai macam barang dagangan. 

Berada di kawasan yang cukup asri, dengan posisi yang strategis agak jauh dari hiruk pikuk keramaian. Walaupun sebenarnya hanya berjarak sekitar 1 km dari pusat bisnis dan perniagaan di Pasar Minggu, situasinya masih cukup nyaman untuk semua mahasiswa beraktifitas. Kampus utama Unas terletak di Jalan Sawo Manila, Kelurahan Pejaten, Kecamatan Pasar Minggu di wilayah Kotamadya Jakarta Selatan. Hampir seluruh aktifitas perkuliahan dan kemahasiswaan berada di kampus utama ini.

Di daerah seputar kampus juga banyak terdapat rumah-rumah yang menyediakan tempat kos untuk mahasiswa dari luar kota. Yang juga tak kalah penting adalah area sosialisasi mahasiswa. Selain kantin kampus ada banyak tempat nongkrong mahasiswa berupa warung makan, kafe, warnet, pengetikan dan fotokopi, toko kelontong dan swalayan yang ada di seputar kampus.

Selain itu Unas juga memiliki kampus kedua di Jalan Bambu Kuning, masih di wilayah yang sama, yaitu Kecamatan Pasar Minggu. Di kampus ini terdapat laboratorium Pertanian yang biasa digunakan oleh mahasiswa Fakultas Pertanian. Kemudian ada Menara Unas masih di area Pasar Minggu sebagai kampus ketiga yang terletak di Jl RM Harsono, berdekatan dengan area Bumi Perkemahan Ragunan dan Kebun Binatang Ragunan. Menara Unas di kampus 3 diperuntukkan untuk mahasiswa pascasarjana.

Transportasi Di Universitas Nasional

Logo unas2
Sumber : unas.ac.id

Sistem transportasi umum terintegrasi yang sudah dikembangkan ibukota Jakarta telah memberikan kemudahan dalam mobilisasi masyarakat. Dan hal ini berdampak positif secara langsung bagi seluruh civitas academica.

Jadi tidak ada kendala berarti jika kamu ingin berangkat ke kampus atau sebaliknya pulang ke rumah. Dari berbagai penjuru ibukota dapat dengan mudah datang dan pergi ke Unas. Termasuk juga dari kota-kota penyangga sekitar ibukota, seperti Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi.

Ada berbagai moda transportasi massal yang memudahkan mahasiswa Unas bermobilisasi. Kamu bisa menggunakan kereta komuter, MRT, busway termasuk juga angkutan perkotaan. Apalagi saat ini ada transportasi daring yang akan sangat membantu jika kamu sedang mengejar waktu.

Berikut link secara lengkap rute dan moda transportasi menuju kampus Unas: Rute Menuju Unas

Suka Duka Kuliah di Unas

Dunia mahasiswa itu penuh dengan suka cita. Tidak ada predikat di muka bumi ini yang lebih mengasyikkan selain menjadi mahasiswa. Kamu bukan lagi anak sekolah yang seringkali dianggap di bawah umur, tidak bisa mewakili dan menjadi dirimu sendiri. Menjadi mahasiswa memberikan kamu kebebasan untuk menjadi sesuatu yang berarti dan bertanggung jawab.

Kalaupun ingin disampaikan duka menjadi mahasiswa di Unas, mungkin klise, sebagai mahasiswa tentu saja banyak tugas yang harus dikerjakan. Dan sebagai mahasiswa harus aktif secara mandiri untuk meningkatkan dan mengembangkan kemampuan serta keahlian. Oh, ya kemacetan jalan juga merupakan duka dari seorang mahasiswa Unas. Kadang seringkali kondisi jalan menuju kampus begitu padat karena situasi pasar yang ramai.

Secara umum menjadi mahasiswa Unas cukup santai tapi juga serius. Bisa jadi karena lokasi kampusnya yang berada di pinggir kota sehingga relatif tidak terlalu ramai. Terletak di sebuah jalan yang dahulu menjadi pemukiman penduduk dengan kebun buah-buahan. Masih terlihat sisa pepohonan rimbun yang membuat lingkungan kampus terasa nyaman dan tenteram.

Baca juga: Mengenal UNJ

Ada banyak aktifitas kemahasiswaan yang juga mendukung mahasiswa menyalurkan bakat dan minatnya. Selain himpunan mahasiswa jurusan di tiap fakultas, Unas juga memiliki unit aktifitas mahasiswa yang bisa diikuti oleh setiap mahasiswa. Unit aktifitas itu antara lain: pecinta alam, karate, renang, jurnalistik dan fotografi, teater, musik dan seni.

Selain itu setiap mahasiswa juga bisa terlibat dan ikut serta dalam kegiatan riset dan penelitian yang ada di Universitas Nasional, antara lain: Pusat Riset Primata, Pusat Studi Betawi, Pusat Kerjasama Korea-Indonesia (Korea Indonesia Cooperation Center) dan Pusat Kajian Budaya Tionghoa.

Fakultas dan Program Studi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik   

Fakultas Hukum

Fakultas  Bahasa dan Sastra   

Fakultas Ekonomi dan Bisnis   

Fakultas Teknik dan Sains

  • Program Studi Fisika
  • Program Studi Teknik Elektro
  • Program Studi Teknik Mesin
  • Program Studi Teknik Fisika

Fakultas Biologi

Fakultas Pertanian

  • Program Studi Agroteknologi

Fakultas Teknologi Komunikasi dan Informatika

Fakultas Ilmu Kesehatan

Universitas Nasional juga mempunyai 2 Akademi dan Sekolah Pasca Sarjana.

Akademi Pariwisata Nasional

  • Program studi Perhotelan

Akademi Bahasa Asing Nasional

  • Program studi Bahasa Korea

Sekolah Pasca Sarjana

  • Program Studi S2 Ilmu Politik
  • Program Studi S2 Ilmu Manajemen
  • Program Studi S2 Ilmu Hukum
  • Program Studi S2 Ilmu Administrasi
  • Program Studi S2 Ilmu Biologi
  • Program Studi S3 Ilmu Politik

Program Kelas Untuk Karyawan

Adalah kelas khusus untuk karyawan yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada masyarakat yang ingin mengembangkan karir di dunia kerja melalui peningkatan pendidikan, namun tidak memiliki waktu luang untuk mengikuti pendidikan di hari kerja.

Kontak

Untuk informasi penerimaan Mahasiswa Baru tingkat Diploma, Strata 1 dan Strata 2 dapat menghubungi:

Tempat Pendaftaran

Blok I Lantai 1 Universitas Nasional

Jl. Sawo Manila, Pejaten
Ps. Minggu Jakarta 12520

Telp: 021-7806700 Ext.131
021-7812676, 021-7812582
021-78838775, 021-78835167
Fax. : 021-7802718
Waktu Pendaftaran : 08.00 – 16.30

Dan untuk semua informasi akademik Universitas Nasional dapat menghubungi Biro Administrasi Akademik di: 

Jl. Sawo Manila, Pejaten
Ps. Minggu Jakarta 12520
Telp : (021) 7806700
Faks : (021) 7802718
Email : info@unas.ac.id
Website : https://www.unas.ac.id/
Instagram : @UNAS1949
Facebook : @UNAS1949
Twitter : @UNAS1949
Youtube : @UniversitasNasionalOfficial

Baca juga: Mengenal Universitas Indonesia

Itulah sekilas gambaran singkat tentang Universitas Nasional yang merupakan universitas swasta tertua di Jakarta. Semoga bisa diterima sebagai tambahan informasi mengenal berbagai universitas yang ada. 

Miska
Miska
Mahasiswa Ilmu Komunikasi FISIP Universitas Nasional - Jakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Yuk Ketahui 4 Kompetensi Guru

Sebagian orang menganggap tugas guru itu hanya ngajar saja, datang ke sekolah lalu masuk kelas dan selesai mengajar lalu pulang. Padahal kalau pernah ngalamin...

Contoh Teks Ceramah: Pengertian, Ciri dan Struktur

Pernah ketika ingin melakukan ceramah tetapi kebingungan apa yang harus disampaikan? nah biasanya disiapkanlah sebuah teks agar mempermudah dalam penyampaian serta informasi bisa tersampaikan...

Contoh Berita Acara Serta Pengertiannya

Buat kamu yang masih bingung mengenai apa itu berita acara serta ingin melihat langsung contoh berita acaranya, yuk simak langsung pembahasan artikel berikut. Pengertian Berita...

Model Pembelajaran Discovery Learning

Kualitas pembelajaran sangat ditentukan oleh perencanaan dan strategi pembelajaran yang disusun oleh guru. Tahukah kamu apa saja yang harus disiapkan dalam merancang sebuah pembelajaran...

Contoh Teks Ulasan: Pengertian, Struktur, Jenis, Tujuan dan Kaidah

Pembahasan kali ini akan membahas contoh teks ulasan, mungkin kalian sudah mengetahui secara singkat nah di artikel ini akan membahas secara lengkap, yuk simak...