Home Kampus Mengenal Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Mengenal Universitas Komputer Indonesia (UNIKOM)

Kalo kamu berbicara tentang Bandung, pasti salah satu yang ada di pikiran kamu adalah kampus ITB atau UNPAD. Eits, jangan salah. Selain menjadi tempat salah satu universitas negeri terbaik di Indonesia, ternyata Bandung juga memiliki universitas swasta terbaik loh. Yap! Universitas Komputer Indonesia atau lebih dikenal dengan Unikom.

Berdiri pada tahun 2000, universitas ini telah mengalami perkembangan yang sangat pesat. Mulai dari perkembangan gedung-gedungnya, fasilitas, hingga sering mengirimkan mahasiswa-mahasiswa terbaiknya ke kejuaraan tingkat dunia, seperti kejuaraan roket dan robot.

Karena itulah, sejak tahun 2017 lalu Unikom menciptakan 3 robot ikonik bernama Bima, Nakula, dan Sadewa, loh. Jika Bima berfungsi sebagai sarana untuk menyampaikan iklan, sarana interaktif, game, dan berbagai kemampuan lain, maka Nakula dan Sadewa memiliki fungsi yang berbeda. Robot kembar ini memiliki kemampuan untuk bernavigasi menjelajahi area, kereografi hingga bicara. Ketiga robot ini biasanya ditampilkan pada saat proses Penerimaan Mahasiswa Baru, wisuda, atau saat kunjungan tamu-tamu rektor. Yuk kita kenalan lebih jauh lagi.

Profil Unikom

Unikom Bandung
Sumber : unikom.ac.id

Sejarah Unikom dimulai pada bulan Juli tahun 1994. Saat itu berdiri sebuah lembaga yang bernama Lembaga Pendidikan Komputer Indonesia Jerman, disingkat LPKIG. Bertempat di Jalan Dipati Ukur 102 Bandung, LPKIG mulanya dilengkapi dengan 1 ruang kelas berkapasitas 50 orang dan 1 laboratorium komputer dengan 25 unit komputer. Hal inilah yang menjadi cikal bakal.

4 tahun berdiri, LPKIG mengalami perkembangan yang cukup pesat. Peserta didik bertambah menjadi sekitar 1184 orang, LPKIG juga memiliki tambahan gedung baru berlantai 6 yang terletak di Jalan Dipati Ukur 114.

Lalu agar sistem pendidikan lebih efisien, efektif, dan produktif serta memiliki struktur organisasi yang lebih baik, enam bulan kemudian dilakukan usulan ke Dikti untuk melakukan merger kedua Sekolah Tinggi tersebut menjadi Universitas. Sehingga pada hari Selasa, 8 Agustus 2000, Unikom resmi berdiri melalui SK Mendiknas no.126/D/O/2000.

20 tahun berdiri, kini Unikom semakin berkembang dan dikenal. Dengan motto “Quality is Our Tradition”, mampu bersaing menjadi universitas swasta terbaik di Bandung bahkan Indonesia. Meskipun namanya Universias Komputer Indonesia, Unikom tidak hanya fokus pada komputer kok. Total ada 6 fakultas sarjana dan 3 program pasca sarjana yang beragam.

Selain perkuliahan, Unikom juga memiliki sarana-sarana lainnya yang patut dibanggakan. Misalnya Unikom radio. Kamu bisa loh menjadi penyiar disini jika kamu memang memiliki minat dan bakat dalam bidang penyiaran. Selain itu, Unikom juga memiliki TV. Dan yang paling terbaru adalah Unikom memiliki Unikommart, yaitu sebuah minimarket..

Lokasi dan Lingkungan Kampus

Kampus ini memiliki 3 lokasi kampus yang terletak berdekatan. Kampus pertama bernama Kampus Dago. Kampus ini merupakan kawasan kampus kedua yang diresmikan pada tahun 2013. Selain berfungsi untuk ruangan pasca sarjana, kampus Dago juga menjadi tempat untuk beberapa kelas dan divisi yang ada di Unikom.

Kampus kedua bernama Kampus Miracle. Terdiri dari 6 lantai, gedung yang berlokasi di Jl. Dipati Ukur 114 ini pernah menjadi gedung rektorat dan pusat administrasi.

Kampus ketiga diberi nama Smart Digital Kampus. Gedung ini menjadi ikon baru sekaligus kebanggaan bagi mahasiswa. Terletak tepat di sebelah gedung lama, gedung ini terdiri dari 17 lantai dan sangat megah. Orang-orang yang tidak mengetahui bahwa ini gedung kampus akan mengira bahwa ini adalah hotel karena kemegahannya. Smart Digital Kampus ini dilengkapi banyak fasilitas seperti kantin, perpustakaan, leboratorium, hingga auditorium yang terletak di lantai paling atas.

Lingkungan Unikom merupakan daerah yang ramai dengan penduduk dan juga berdekatan dengan beragam kampus lain seperti ITB, UNPAD, ITHB dan lain-lain. Hal ini membuat lingkungan Unikom banyak sekali tersedia kamar kosan dengan harga sewa yang beragam. Jadi untuk kamu calon mahasiswa yang berasal dari luar daerah, kamu tidak perlu pusing mencari kosan.

Selain itu, lokasi Unikom yang terletak di pinggir jalan membuat lingkungan sekitar kampus Unikom akan sangat ramai terutama pada pagi hari. Tak jarang kemacetan dari simpang Dago mengular sampai ke depan kampus. Karena lokasinya berada dekat dengan simpang Dago pula, kamu bisa menemukan banyak sekali tempat makan dan nongkrong disini. Kamu bisa dengan mudah menemukan tempat nongkrong jika kamu ingin sekadar ngopi atau membeli minuman-minuman kekinian. Atau jika kamu lapar dan ingin menikmati makanan cepat saji, kamu tinggal berjalan sekitar 5 menit menuju simpang Dago.

Selain kosan dan tempat makan, lingkungan kampus juga dilengkapi dengan banyak sekali tempat fotocopy yang juga menjual berbagai kebutuhan mahasiswa. Beberapa tempat fotocopy ini buka hingga 24 jam, lho. Jadi kamu tidak perlu khawatir jika harus menyelesaikan tugas hingga larut malam dan membutuhkan tempat fotocopy.

Fasilitas di Unikom

kampus unikom
Sumber : unikom.ac.id

Jika kamu ingin menuju kampus, kamu bisa menggunakan moda transportasi umum seperti angkot jurusan Cicaheum – Ciroyom atau jurusan Dago – Riung Bandung. Kamu juga bisa menaiki Bis Damri dengan rute yang juga melewati jalan Dipati Ukur. Atau jika ingin lebih gampang, kamu bisa menggunakan ojek online.

Fasilitas-fasilitas yang dimiliki juga beragam. Selain fasilitas yang berguna sebagai penunjang pembelajaran, Unikom juga mempunyai fasilitas untuk mengembangkan minat dan bakat mahasiswanya. Apa aja? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Unikom Radio

Cocok banget nih buat kamu yang suka dengan dunia penyiaran. Unikom Radio merupakan radio mandiri yang merupakan program Unikom. Kamu bisa belajar dari sini jika ingin menjadi penyiar radio yang profesional. Lokasinya dulu terletak di Smart Digital Campus lantai 9. Namun sekarang telah berpindah ke Kampus Dago.

Medical Center Unikom

Lelah dengan aktivitas perkuliahan hingga membuat kamu sakit? Tenang aja. Unikom memiliki fasilitas gratis bagi mahasiswanya. Disini kamu kamu akan mendapatkan pelayanan berupa pemeriksaan, tindakan medis, dan rujukan. Selama sakit kamu belum terlalu parah, kamu tidak perlu repot jauh-jauh pergi ke rumah sakit.

Perpustakaan

Bagi kamu yang hobi baca buku atau ingin mencari referensi untuk tugas akhir, skripsi, tesis, dan lain-lain, Unikom menyediakan fasilitas berupa perpustakaan. Perpustakaan ini terletak di lantai 8 gedung Smart Digital Kampus. Di dalamnya kamu bisa memilih mau baca buku di dalam area bilik, atau di area meja-meja biasa, atau buat kamu yang hobi rebahan, kamu bisa membaca buku di area yang bisa digunakan untuk rebahan, lho. Eits! Tapi jangan berisik ya.

Sarana Olahraga

Fasilitas ini bertujuan untuk mengembangkan bakat para mahasiswa yang hobi olahraga. Kamu bisa bermain futsal, voli, atau bulutangkis disini. Selain mahasiswa, sarana olahraga ini juga dapat digunakan oleh dosen hingga karyawan.

Unikom Apps

Yap! Unikom Apps merupakan sebuah fasilitas khusus yang diciptakan untuk memudahkan mahasiswa baru atau masyarakat umum agar dapat mengenal Unikom dengan lebih baik. Di aplikasi ini kamu dapat mengetahui tentang event, berita, artikel, dan lain-lain. Jadi kamu tidak akan ketinggalan info terupdate.

Jaringan Internet yang Kencang

Sebagai kampus yang berbasis IT, tentunya Unikom harus dilengkapi dengan jaringan internet guna keperluan dosen dan mahasiswanya. Fasilitas inilah yang dapat kamu nikmati sehingga kamu tidak perlu takut kehabisan kuota internet. Kamu dapat mengakses internet secara mudah dengan hanya memasukkan username dan password yang berupa nomor induk mahasiswa kamu sendiri.

Suka Duka Kuliah di Unikom

Bandung merupakan salah satu kota yang menjadi favorit bagi pelajar di Indonesia sebagai tujuan untuk melanjutkan pendidikan. Selain karena tersedianya banyak pilihan kampus, hawa Bandung yang sejuk khas pegunungan juga merupakan magnet tersendiri.

Selama kuliah, kamu tentu akan mengalami banyak sekali cerita suka duka. Kamu akan dengan mudah mendapatkan beasiswa karena tersedia banyak sekali beasiswa untuk para mahasiswanya. Mulai dari beasiswa rektor, yayasan, hingga beasiswa dari perusahaan yang bekerja sama langsung dengan Unikom.

Selain itu, area kampus yang letaknya strategis bisa membuat kamu gampang kalau mau jalan-jalan mengelilingi Kota Bandung. Mau ke Gedung Sate? Tinggal jalan aja kurang lebih 15 menit. Atau kamu mau menikmati pesona jalan Dago? Tinggal melipir aja dikit dari kampus Dago. Mau nongkrong-nongkrong sama temen? Tenang, banyak kok kafe-kafe yang tentunya ramah di kantong mahasiswa. Asyik banget kan.

Sukanya lagi nih ya kalo kuliah di Unikom, kamu bisa menikmati berbagai fasilitas kampus yang dapat diakses secara online. Mulai dari sistem informasi akademik, kuliah online, perwalian online, hingga perpustakaan online. Jadi kamu bisa mengaksesnya dimana saja meskipun lagi mudik. Canggih banget pokoknya.

Selain urusan akademik, aktivitas non-akademik kamu juga dapat ditunjang disini karena memiliki banyak sekali organisasi internal. Seperti misalnya BEM, protokoler, pers kampus, lembaga dakwah, paduan suara, karate, bulutangkis, mapala, dan masih banyak lainnya.

Tetapi, kuliah disini juga ada dukanya nih. Contohnya adalah lingkungan kampus yang sempit. Letaknya yang berada di pinggir jalan membuat minim sekali lahan terbuka untuk mahasiswanya berkumpul. Padahal kan kalo ngumpul sama temen itu enaknya di bawah pohon atau di gazebo gitu kan ya.

Selain itu, jalan Dipati Ukur yang tidak terlalu lebar dan ditambah dengan banyaknya motor yang parkir sembarangan kerap menjadi penyebab kemacetan di depan kampus. Hal ini membuat jalanan sekitar agak ruwet. Duh sayang banget ya. Padahal Unikom telah menyediakan parkiran di basement.

Fakultas dan Program Studi

Unikom total memiliki 9 fakultas yang terdiri dari 6 program sarjana dan 3 program pasca sarjana. Adapun fakultas-fakultas tersebut adalah sebagai berikut:

Fakultas Teknik & Ilmu Komputer

Fakultas Ekonomi & Bisnis

Fakultas Ilmu Sosial & Ilmu Politik

Fakultas Hukum

Fakultas Desain

  • Desain Komunikasi Visual
  • Desain Interior

Fakultas Sastra

Pascasarjana

  • Magister Sistem Informasi
  • Magister Desain
  • Magister Manajemen

Kontak


sumber : unikom.ac.id

Desreza Arief Budiman
Desreza Arief Budiman
Pernah menjadi mahasiswa Unikom dan lulus tahun 2018. Kuliah jurusan Teknik Informatika tapi lebih suka menulis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Yuk Ketahui Sel Hewan dan Fungsinya

Tidak hanya manusia dan tumbuhan saja yang memiliki sel, ternyata hewan memiliki sel juga lho! Lalu, seperti apa sel hewan itu? Adakah perbedaan antara...

Mengenal Apa itu Audit Komunikasi

Pernah mendengar kata audit komunikasi? mungkin kata audit sering kita dengar. Namun biasanya kata audit identik dengan keuangan, bukan komunikasi. Lalu bagaimana audit komunikasi itu?...

Contoh Teks Laporan Hasil Observasi: Pengertian, Ciri dan Struktur

Pernah nggak sih, kamu penasaran terhadap suatu hal atau objek tertentu dan pengen nyoba untuk mengetahui lebih jauh objek tersebut? Tentu pernah dong. Nah,...

Contoh Konjungsi atau Kata Penghubung serta Jenisnya

Kamu pasti sering melihat penyebutan kata konjungsi atau kata penghubung di dalam soal ujian Bahasa Indonesia, bukan? Rasanya sudah nggak asing lagi sama penyebutan...

Mengenal Manajemen Kontinuitas Bisnis

Tahun 2020 menjadi tahun yang cukup menyedihkan bagi kita semua. Berbagai bencana terjadi dan lebih parahnya, wabah virus corona terjadi di mana-mana. Hal ini...