Home Kampus Mengenal Universitas Diponegoro (Undip)

Mengenal Universitas Diponegoro (Undip)

Universitas Diponegoro atau yang lebih sering dikenal sebagai UNDIP adalah salah satu universitas yang ada di Kota Semarang, Jawa Tengah. UNDIP menjadi perguruan tinggi negeri yang selalu menjadi incaran calon mahasiswa baru. Tak heran, jika hampir seluruh fakultas yang ada di UNDIP menjadi buruan ketika SNMPTN, SBMPTN, hingga Jalur Mandiri.

Jika kamu salah satu dari mereka yang mendambakan untuk kuliah di UNDIP, ada baiknya ketahui dulu kampusnya. Mulai dari profil universitas, lokasi, fasilitas, fakultas, kontak, serta suka duka kuliah di UNDIP. Simak artikel ini sampai selesai, ya!

Profil Universitas Diponegoro

Logo UNDIP
Logo UNDIP. Foto: logodud.com

Universitas Diponegoro berdiri pada tahun 1957, tepatnya pada tanggal 15 Oktober. Namun pada awalnya, universitas ini tidak bernama Universitas Diponegoro, melainkan Universitas Semarang. Kemudian pada dies natalies ketiga pada 9 Januari 1960, Presiden Ir. Soekarno mengganti nama Universitas Semarang menjadi Universitas Diponegoro. Perubahan ini merupakan penghargaan terhadap Universitas Semarang atas prestasinya dalam pembinaan bidang pendidikan tinggi di Jawa Tengah.

Berdirinya UNDIP dulunya juga merupakan awal dari berdirinya universitas negeri di Jawa Tengah. Karena pada saat itu, universitas negeri di Jawa Tengah dan Yogyakarta hanyalah Universitas Gadjah Mada. Oleh karena itu, didirikanlah Universitas Diponegoro yang kala itu bernama Universitas Semarang dengan Presiden Universitas adalah Mr. Imam Bardjo.

Akreditasi BAN-PT UNDIP adalah A, berdasarkan pada SK No.13/SK/BAN-PT/Akred/PT/II/2018. Selain itu, UNDIP juga menyandang peringkat – peringkat bergengsi baik nasional maupun internasional. Diantaranya peringkat 6 dari 13 Perguruan Tinggi terbaik Klaster I tahun 2019 kelompok non politeknik oleh Kemenristekdikti, peringkat ke-4 kampus terbaik di Indonesia oleh 4ICU, peringkat ke 8 se-Indonesia dalam QS World University Ranking dan peringkat 9 se-Indonesia dalam QS Asian University Ranking, peringkat 50 dengan skor 7600 oleh World Greenmetrics Ranking yang mana merupakan peringkat ke 4 di Indonesia, serta peringkat ke 6 se-Indonesia menurut Scopus dengan publikasi ilmiah terindeks sebanyak 5892 dokumen.

Tidak hanya universitas yang menyandang berbagai penghargaan, tapi banyak mahasiswa UNDIP yang telah menorehkan prestasinya di berbagai bidang. Dan mendapatkan penghargaan kejuaraan baik nasional maupun internasional.

Lokasi dan Lingkungan Kampus

Gapura Masuk UNDIP
Gapura Masuk UNDIP – Foto: pemkotsemarang2016.wordpress.com

Kampus UNDIP terletak di beberapa lokasi. Untuk jenjang S1 dan Vokasi, berlokasi di Jalan Prof. Soedarto, SH, Tembalang, Semarang. Luas areanya sekitar 1.352.054 meter persegi. Di kampus UNDIP Tembalang ini merupakan pusat administrasi kampus, dimana terdapat rektorat, berbagai fakultas program sarjana, lembaga penelitian dan pengabdian masyarakat, lembaga pengembangan dan penjaminan mutu, perpustakaan, kemitraan dan kewirausahaan, Undip press, serta UPT Puskom.

Kampus UNDIP selanjutnya berada di Pleburan, Kota Semarang. Dengan luas tanah 87.552 meter persegi, yang diperuntukkan untuk program S2 dan D3. Ada juga kampus di Jalan Dr. Soetomo dan Gunung Brintik Semarang, dengan luas 12.000 meter persegi yang dikhususkan untuk Fakultas Kedokteran.

Tidak hanya di Semarang, UNDIP juga ada yang berlokasi di Jepara, Jawa Tengah. Yaitu Jl. Kalisari Semarang untuk Laboratorium Fakultas Teknik, Jl. Ade Irma Suryani Jepara untuk Lab. Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Kampus Mloggo Jepara untuk Fakultas Kedokteran, serta Kampus Teluk Awur untuk Fakultas Ilmu Kelautan.

Di sini, kita akan membahas lebih dalam mengenai kampus yang berada di Tembalang. Yang mana, lokasinya berada di kawasan Semarang atas dan berdekatan dengan kawasan Bandungan. Udara di sini cenderung lebih sejuk, dibandingkan dengan kawasan Semarang lainnya.

UNDIP terkenal juga sebagai kampus hijau, dimana kawasannya masih banyak ditumbuhi pepohonan. Bahkan, di sepanjang jalan area kampus, kamu akan dinaungi oleh pohon – pohon besar yang begitu meneduhkan.

UNDIP sendiri berdekatan dengan beberapa kampus lainnya, yaitu Politeknik Negeri Semarang, Poltekkes Kemenkes Semarang, serta Universitas Pandanaran. Sehingga, lingkungan di sini benar – benar lingkungan mahasiswa dari berbagai kampus. Namun tenang, meskipun berasal dari berbagai kampus, mahasiswa di kawasan ini hidup rukun berdampingan. Bahkan tak jarang, dalam satu rumah kost dihuni tidak hanya dari mahasiswa UNDIP, tapi juga universitas lain.

Fasilitas yang Ada di UNDIP

Sebagai universitas yang memiliki segudang prestasi, UNDIP dilengkapi dengan berbagai fasilitas penunjang. Diantaranya Stadion Kampus UNDIP, di dalamnya terdapat jogging track serta area rumput yang sangat luas. Di pinggir stadion terdapat tempat duduk yang dilengkapi dengan tribun untuk menonton pertandingan atau konser. Karena biasanya konser – konser besar yang diadakan UNDIP diselenggarakan di Stadion UNDIP. Di sini juga dilengkapi dengan lapangan futsal dan lapangan indoor, serta ruangan – ruangan untuk kesekretariatan dan juga untuk keperluan olahraga.

Fasilitas berikutnya ada lapangan tenis, Auditorium Prof. Soedarto, masjid kampus UNDIP (Maskam UNDIP), perpustakaan pusat, laboratorium di setiap fakultas dan sekolah vokasi, gedung lab. terpadu, Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND), rumah susun mahasiswa, gedung ICT Center, serta gedung training center.

Transportasi di UNDIP sudah sangat mudah. Untuk transportasi umum, ada bus Trans Semarang yang selalu lewat setiap beberapa menit. Bus ini tidak hanya mengantar hingga ke dalam area kampus, tapi hingga seluruh area kota Semarang. Dengan tarif sangat terjangkau, yaitu Rp 3.500 atau Rp 1.000 jika menunjukkan kartu mahasiswa. Selain bus, ada juga angkutan umum yang berwarna oranye.

Baca juga: Mengenal UNY

Banyak mahasiswa yang menggunakan dua moda transportasi ini. Yang ingin cepat naik transportasi umum, bisa naik ojek online atau ojek konvensional yang mudah sekali ditemui. Selebihnya, mahasiswa menggunakan transportasi pribadi, baik motor maupun mobil.

Suka Duka Kuliah di Universitas Diponegoro

Sukanya kuliah di UNDIP

Siapa sih yang nggak bangga bisa kuliah di kampus bergengsi? Berikut ini beberapa hal menyenangkan yang kamu dapatkan ketika kuliah di UNDIP:

  1. Bangga bisa kuliah di universitas terbaik di Indonesia, dengan segudang prestasi dan peringkat nasional maupun internasional.
  2. Lingkungan multikultural, hampir seluruh mahasiswa berasal dari seluruh pulau di Indonesia.
  3. Dibimbing oleh dosen dan tenaga pengajar yang terakreditasi baik.
  4. Fasilitas kampus yang lengkap.
  5. Lingkungan kampus yang menyenangkan.
  6. Akses mudah untuk melanjutkan jenjang berikutnya, baik pendidikan selanjutnya maupun karir.
  7. Kampus mendukung penuh prestasi mahasiswa.
  8. Tidak hanya karir, kamu pun akan dibimbing dengan keterampilan wirausaha di semua fakultas.
  9. Banyak beasiswa terbuka untuk kamu.
  10. Mahasiswa lebih terpacu untuk bersaing dalam prestasi karena lingkungan yang mendukung.
  11. Banyak pilihan unit kegiatan mahasiswa, baik akademik maupun non akademik.
  12. Sering mengadakan event dan acara keren, serta konser musik yang diadakan setiap tahun.

Dukanya Kuliah di UNDIP

Meski begitu, tak selamanya yang baik tidak memiliki sisi buruk. Ada juga duka yang dirasakan mahasiswa yang berkuliah di UNDIP, diantaranya:

  1. Masih ada fanatisme jurusan, yang menganggap jurusannya paling baik diantara jurusan yang lain.
  2. Perbedaan ideologi antar mahasiswa yang terkadang memunculkan konflik.
  3. Dosen dan tenaga pengajar yang seringkali tidak hadir karena memiliki kegiatan lain di luar kampus.
  4. Mahasiswa harus banyak membaca materi tambahan karena tidak hanya dapat mengandalkan materi yang diterima ketika kuliah saja.
  5. Tidak ada semester pendek, sehingga kamu tidak dapat mengejar ketertinggalan mata kuliah di semester pendek ataupun cepat – cepat mengejar semester supaya lulus lebih cepat.

Fakultas dan Program Studi / Departemen di UNDIP

undip
Sumber: gatra.com

Jika kamu ingin memilih UNDIP sebagai kampus masa depanmu, tentu kamu harus tahu fakultas dan program studi apa saja yang ada di sini. Selanjutnya, kamu bisa sesuaikan dengan minat dan bakatmu.

Fakultas dan Program Studi / Departemen di UNDIP diantaranya:

Fakultas Kedokteran

Fakultas Peternakan dan Pertanian

  • Program Studi Peternakan
  • Program Studi Teknologi Pangan
  • Program Studi Agroekoteknologi
  • Program Studi Agribisnis
  • Magister Program Studi Ilmu Ternak
  • Magister Program Studi Agribisnis

Fakultas Kesehatan Masyarakat

  • Kesehatan Masyarakat

Fakultas Sains dan Matematika

  • Program studi Matematika
  • Program studi Fisika
  • Program studi Biologi
  • Program studi Kimia
  • Program studi Statistik
  • Program studi Computer Science
  • Program studi Bioteknologi

Fakultas Teknik

  • Program studi Teknik Sipil
  • Program studi Arsitektur
  • Program studi Teknik Kimia
  • Program studi Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Program studi Teknik Mesin
  • Program studi Teknik Elektro
  • Program studi Teknik Industri
  • Program studi Teknik Lingkungan
  • Program studi Teknik Perkapalan
  • Program studi Teknik Geologi
  • Program studi Teknik Geodesi
  • Program studi Sistem Komputer

Fakultas Psikologi

Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP)

Fakultas Ilmu Budaya

  • Program studi Sastra Indonesia
  • Program studi Sastra Inggris
  • Program studi Sastra Jepang
  • Program studi Ilmu Sejarah
  • Program studi Ilmu Perpustakaan
  • Program studi Antropologi Sosial

Fakultas Ekonomika dan Bisnis

  • Program studi Manajemen
  • Program studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan
  • Program studi Akuntansi
  • Program studi Ekonomi Islam dan Kelas Internasional

Fakultas Hukum

Baca juga: Mengenal Unsoed

Kontak

Website: undip.ac.id
Email: humas@live.undip.ac.id
Telpon: (024) 7460024
Instagram: @undip.official

Ratih
Ratih
Penggemar teh yang suka nulis dan jalan - jalan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...

Motivasi Skripsi Ini Bikin Kamu Semangat

Tahukah kamu, membaca kata-kata motivasi skripsi dapat meningkatkan energi positif di dalam pikiran. Pikiran dan energi yang positif akan membantumu untuk lebih semangat lagi...