Home Kampus Mengenal Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Mengenal Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY)

Yogyakarta dikenal sebagai kota pelajar karena terdapat banyak sekolah dan universitas yang berkualitas dan terakreditasi baik di dunia pendidikan nasional maupun internasional. Salah satu universitas swasta yang terkenal di Yogyakarta adalah Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY). Yuk simak ulasan kampus Atma Jaya Yogyakarta

Profil

Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) merupakan universitas yang sudah berusia puluhan tahun karena universitas ini didirikan pada 27 September 1965 oleh kaum awam Katolik dan dikelola oleh Yayasan Slamet Rijadi. Pada awalnya UAJY memiliki nama Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Cabang Yogyakarta. Akan tetapi, sejak 31 Agustus 1973 Universitas Katolik Atma Jaya Yogyakarta berganti menjadi Universitas Atma Jaya Yogyakarta karena melepaskan diri dari Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya di Jakarta.

Nama Atma Jaya berasal dari Bahasa Sansekerta. Atma berarti jiwaa dan Jaya berarti unggul. Oleh sebab itu cita-cita UAJY adalah menyelenggarakan pendidikan tinggi dengan keunggulan pada bidang akademik dan pendidikan nilai-nilai moral yang tinggi.

Semboyan yang dimiliki oleh UAJY adalah Serviens In Lumine Veritatis yang berarti melayani dalam cahaya kebenaran.

Untuk mewujudkan visi dan cita-citanya, UAJY memiliki program pendidikan sarjana (S1) dan magister (S2). Terdapat 12 program studi sarjana dan 7 program studi magister di UAJY. Untuk meningkatkan mutu pendidikan, beberapa program studi UAJY memiliki kelas internasional. Terdapat 4 kelas internasional di UAJY. Lokasi dan Lingkungan Kampus

Lokasi dan Lingkungan Kampus

Gedung 2 Thomas Aquinas
Sumber: uajy.ac.id

Universitas Atama Jaya Yogakarta (UAJY) memiliki 4 gedung. Gedung 1 bernama Gedung Santo Alfonsus yang beralamat di Jalan Mrican baru no 28 Catur Tunggal, Kecamatan Depok, Sleman. Gedung 2 bernama Gedung Thomas Aquinas. Gedung 3 bernama Bonaventura. Gedung 4 bernama Bunda Theresa. Gedung 2,3 dan 4 berada di kawasan yang sama yaitu kawasan Jalan Babarsari, Catur Tunggal, Kecamatan Depok, Sleman

Gedung 1 merupakan gedung khusus mahasiswa fakultas hukum. Gedung tersebut merupakan gedung paling tua diantara keempat gedung. Jika berkunjung ke Gedung Santo Alfonsus maka kamu bisa melihat model bangungan gedung yang terkesan klasik. Gedung 2 digunakan untuk kegiatan akademik mahasiswa fakultas teknik dan teknobiologi.  Selain itu gedung ini digunakan untuk melakukan administrasi akademik seperti pendaftaran mahasiswa dan penerimaan mahasiswa baru.

Gedung 3 digunakan untuk belajar bagi mahasiswa fakultas teknologi industri serta fakultas bisnis dan ekonomika. Diantara keempat gedung, gedung 3 adalah gedung yang paling megah dan rindang. Gedung 3 memiliki banyak pohon-pohon yang menjulang tinggi. Gedung 3 memiliki parkiran yang luas terdiri dari beberapa lantai bahkan ada yang di basement. Gedung 4 dikenal dengan kampus FISIP karena pada gedung ini hanya terdapat Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) serta perpustakaan.

Fasilitas

Ramah Difabel

Universitas Atma Jaya terbuka bagi calon mahasiswa penyandang disabilitas untuk menjadi bagian dari UAJY. Oleh sebab itu UAJY menyediakan berbagai fasilitas bagi penyandang disabilitas. Fasilitas-fasilitas tersebut diantaranya ada tombol khusus bagi penyandang disabilitas, pintu khusus kursi roda dan jalanan bidang miring. 

Perpustakaan

Perpustakaan Universitas Atma Jaya dibagi menjadi 2 yaitu perpustakaan di Gedung 4 dan Gedung 1. Perpustakaan di Gedung 1 berisi koleksi buku bagi mahasiswa fakultas hukum sedangkan di Gedung 4 berisi koleksi buku bagi mahasiswa fakultas teknologi industri, ekonomi, teknik, teknobiologi dan ilmu sosial dan politik. 

UAJY memiliki banyak koleksi buku cetak maupun digital. Perpustakaan  UAJY sering disebut sebagai “Perpustakaan Harvard Cabang Sleman”. Julukan tersebut diberikan karena terdapat banyak fasilitas dan banyak teknologi canggih yang digunakan. 

Perpustakaan UAJY berusaha membuat mahasiswanya nyaman dalam membaca karena terdapat aneka kursi pada perpustakaan. Kursi yang ada di perpustakaan dibedakan menjadi dua yaitu kursi kayu, sofa dan kursi  beanbag.

Perpustakaan UAJY bekerja sama dengan Bank Indonesia (BI) dan KPK sehingga perpustakaan UAJY memiliki Bank Indonesia dan KPK corner.  Pada BI corner dan KPK corneer terdapat banyak buku mengenai BI dan KPK dan mahasiswa bisa mengakses jurnal dan buku elektronik. 

Peminjaman dan pengembalian buku cetak dapat dilakukan secara mandiri tanpa harus meminta tolong ke petugas perpustakaan. Pengembalian buku bisa dilakukan kapan saja karena terdapat alat  book drop service sehingga mahasiswa dapat mengembalikan buku meskipun perpustakaan sedang tutup.

Jika mahasiswa ingin melakukan diskusi maka bisa meminjam ruang diskusi. Perpustakaan UAJY memiliki 2 ruang diskusi. Ruang diskusi dilengkapi dengan meja, papan tulis bahkan televisi. Ada dua jenis ruang diskusi. Kedua ruang tersebut dibedakan menjadi ruang diskusi lesehan dan kursi. 

Co-Working Space

Pekerjaan utama mahasiswa adalah belajar. Saat ini mahasiswa memilih tepat belajar dan mengerjakan tugas yang nyaman dan lengkap. UAJY memiliki co-working space untuk mahasiswa. Co-working space berada pada setiap gedung UAJY. 

Dispenser dan Vending Machine

Air merupakan sangat diperlukan bagi tubuh. UAJY memiliki fasilitas dispenser sehingga mahasiswa dapat mengambil air minum. Mahasiswa UAJY dapat mengambil air dengan suhu normal, dingin dan panas. Selain itu UAJY memiliki vending machine. Dengan vending machine kamu dapat membeli minuman dengan mudah.

Klinik

Terkadang mahasiswa belajar sangat giat sehingga lupa akan kesehatannya. UAJY menyediakan klinik sehingga jika suatu saat kamu sakit kamu dapat berkunjung ke klinik UAJY. Cukup menunjukan kartu mahasiswa maka kamu akan diperiksa dokter dan mendapatkan obat gratis. 

Unit Kegiatan Mahasiswa

Selain belajar, mahasiswa dapat mengembangkan bakat melalui Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). UAJY memiliki 26 UKM UKM tersebut terdiri dari taekwondo, inkai, PS merpati putih, IKS pro patria, boxer, kyokushinkai, aikido, basket, voli, bulu tangkis, sepak bola, tenis lapangan, renang, selam, pecinta alam, paduan suara, marching band, teater lilin, seni budaya nusantara, koperasi mahasiswa, pers mahasiswa, debat, excellent, resimen mahasiswa dan unit kerohanian. 

Asisten Dosen dan Student Staff

Kebutuhan saat menjadi mahasiswa  tidaklah sedikit oleh sebab itu beberapa mahasiswa akan mengambil pekerjaan paruh waktu. UAJY memberikan fasilitas kepada mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan yaitu dengan menjadi asisten dosen dan student staff. Asisten dosen bertugas membantu dosen dalam suatu mata kuliah tertentu sedangkan student staff membantu pekerjaan di suatu kantor UAJY. 

Beasiswa

Ada banyak beasiswa ditawarkan untuk mahasiswa UAJY. Beasiswa terdiri dari beasiswa pemerintah dan universitas. Beasiswa pemerintah terdiri dari bidik misi dan PPA (Peningkatan Prestasi Akademik). Beasiswa universitas terdiri dari Liem Family Scholarship, Keluarga Alumni Atma Jaya (KAMAJAYA), PSSB dan Beasiswa Yayasan Slamet Riyadi.

Jalur Masuk

Ospek FISIP UAJY
Sumber: uajy.ac.id

Setelah melihat profil dan fasilitasnya apakah kamu berniat menjadi mahasiswa UAJY? Jika kamu berminat menjadi mahasiswa UAJY maka kamu harus mengetahui bagaimana cara menjadi mahasiswa UAJY. Pendaftaran mahasiswa baru (PMB) UAJY dilakukan melalui 5 jalur yaitu jalur unggulan, antara, reguler, bidik misi, PSSB dan beasiswa.

Jalur Unggulan

Jalur unggulan merupakan jalur pagi siswa lulusan SMA atau SMK yang memiliki prestasi sehingga tidak perlu mengikuti tes dan akan mendapat diskon pembayaran Sumbangan Pengembangan Universitas (SPU). Jalur tersebut terdiri dari tiga jalur yaitu ranking dengan syarat minimal ranking 5, rapot dengan syarat  minimal sama dengan KKM untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika dan non-akademik yaitu dengan syarat minimal juara III pada lomba seni atau olahraga

Jalur Antara

Jalur antara merupakan jalur kerjasama UAJY dengan beberapa SMA atau SMK di Indonesia. Jika kamu mengikuti jalur antara maka kamu harus mengikuti tes sebelum pengumuman hasil ujian nasional SMA atau SMK keluar. Tes yang diujikan terdiri dari tes kemampuan belajar dan tes bahasa Inggris. 

Jalur Reguler

Jalur reguler merupakan PMB yang dilakukan setelah adanya pengumuman hasil ujian nasional SMA atau SMK. Tes yang diujikan dalam jalur ini sama dengan jalur antara yaitu mengenai kemampuan belajar dan bahasa Inggris. Peserta jalur reguler biasanya banyak sehingga terdapat jalur reguler I dan jalur reguler II. 

Jalur Bidik Misi

Jalur bidik misi merupakan jalur PSB melalui program yang diberikan oleh  Ditjen Dikti, Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI bagi mahasiswa yang berpotensi akademik dan berasal dari keluarga yang secara ekonomi kurang mampu. 

Jalur PSSB dan Beasiswa

Jalur PSSB dan beasiswa merupakan jalur yang paling diminati. Jika kamu berhasil lolos jalur ini maka selama 4 tahun kuliah kamu hanya membayar uang buku dan kemahasiswaan. Tahapan untuk mengikuti jalur ini yaitu seleksi administrasi dan wawancara. Syarat yang harus dipenuhi supaya kamu bisa mendaftar beasiswa ini yaitu mulai kelas X kamu harus ranking minimal 5 di kelas. 

Terdapat perbedaan jalur PSSB dan beasiswa. Syarat untuk mengikuti jalur PSSB adalah beragama katolik. Jika kamu beragama selain katolik maka mendaftar melalui jalur beasiswa.

Budaya Kampus

Tanam pohon
Sumber: uajy.ac.id

Dalam melakukan kegiatan belajar, UAJY memiliki budaya yaitu tertib, jujur dan humanis. Setiap kelas di UAJY terdapat mesin finger print yang mampu mencatat jam masuk dan jam keluar mahasiswa serta dosen. Oleh sebab itu mahasiswa harus tertib karena tidak bisa titip absen atau bolos di tengah jam kuliah. 

UAJY menerapkan budaya jujur. Saat ujian, terdapat beberapa asisten dan dosen yang mengawasi di dalam ruangan. Selain itu pada setiap kelas terdapat CCTV sehingga seluruh kegiatan terekam. Jika terdapat mahasiswa yang menyontek maka mahasiswa tersebut langsung mendapat nilai E. Selain itu, finger print juga mendidik mahasiswa supaya jujur dalam hal absensi mata kuliah.

Baca juga: Mengenal Universitas Muhammadiyah Surakarta

Selain melakukan kegiatan belajar mengajar mahasiswa UAJY harus memiliki jiwa sosial. Mahasiswa harus peduli dengan orang lain dan lingkungan sekitar. UAJY mewajibkan mahasiswa melakukan kegiatan yang bersifat pengabdian masyarakat misalnya menanam pohon, menjadi relawan mengajar, atau donor darah.

Suka dan Duka

Pelepasan KKN mahasiswa UAJY
Sumber: uajy.ac.id

Suka

Banyak suka dibanding duka yang saya dapatkan saat menjadi mahasiswa UAJY sehingga membuat saya rindu menjadi mahasiswa di UAJY. Saya mendapat berbagai fasilitas kampus yang mampu mendukung saya belajar. Saat menjadi mahasiswa saya memperoleh berbagai ilmu baik itu akademik maupun non akademik.

Saya juga berkesempatan mendapatkan beasiswa serta merasakan menjadi student staff. UAJY memiliki mahasiswa beragam yang terdiri dari berbagai suku dan agama sehingga saya belajar banyak toleransi dan keragaman. 

Duka

Kapasitas lift di UAJY terbatas sehingga pada jam-jam tertentu harus menunggu lama untuk naik lift. Bagi mahasiswa yang terburu-buru maka terpaksa naik tangga walaupun kelas berada di lantai 4. 

Fakultas dan Program Studi

Fakultas Teknologi Industri UAJY
Sumber: uajy.ac.id

Fakultas Hukum

Fakultas Teknik

  • Teknik sipil
  • Arsitektur

Fakultas Teknobiologi

  • Teknobiologi

Fakultas Teknologi Industri

Fakultas Bisnis dan Ekonomika

Fakultas Ilmu Sosial dan Politik

Magister

  • Ilmu komunikasi
  • Ilmu hukum
  • Manajemen
  • Arsitektur
  • Teknik Informatika
  • Teknik Sipil
  • Teknik Industri

Baca juga: Mengenal Universitas Gadjah Mada

Kontak

  • Alamat:  Jl. Babarsari No.44, Janti, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman,Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
  • Telepon: (0274) 487711
  • Website: http://uajy.ac.id
Elsa
Elsa
Alumnus Teknik Industri, Universitas Atma Jaya Yogyakarta

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Yuk Ketahui 6 Macam Gaya Belajar

Gaya belajar adalah karakteristik tertentu yang dimiliki seseorang saat mempelajari dan memproses sebuah informasi. Tahukah kamu, selain memiliki kepribadian yang berbeda, setiap orang juga...

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...