5 Tips Membuat Pendahuluan Makalah

Pendahuluan dalam setiap penelitian menjadi kunci penting untuk menarik perhatian pembaca. Ini dikarenakan letak dari pendahuluan yang menjadi pembuka untuk menjelaskan mengenai permasalahan apa yang akan dibahas dalam suatu penelitian, termasuk dalam penulisan makalah. Jika selama ini kamu cukup kesulitan dalam menuliskan pendahuluan untuk makalah, di bawah ini akan ada 5 tips pendahuluan makalah. Yuk langsung simak penjelasan lengkapnya.

Gunakan Metode Piramida Terbalik

Sebagai langkah awal dalam menulis pendahuluan makalah, mengenalkan topik haruslah dilakukan. Nah, mungkin banyak diantara kamu yang bertanya, bagaimana cara mengenalkan topik penelitian kepada pembaca dengan baik? Salah satu cara yang bisa dilakukan dalam hal ini adalah menggunakan metode piramida terbalik.

Metode piramida terbalik merupakan jenis metode penulisan karya ilmiah yang cukup populer digunakan, terutama dalam penulisan pendahuluan. Dalam metode piramida terbalik, penjelasan mengenai suatu masalah harus dimulai dari hal yang paling umum, kemudian pelan-pelan merujuk ke hal yang spesifik.

Tujuan dari pembuatan metode ini tidak lain adalah untuk membuat pembaca semakin tertarik dengan masalah spesifik yang diangkat. Sehingga, mereka akan merasa penasaran dan terus membaca hingga akhir. Menjelaskan mengenai topik permasalahan dari arah yang umum ke lebih spesifik juga dapat membantu pembaca dengan mudah dalam memfokuskan pikiran mereka untuk mendalami makalah yang kamu baca.

Cantumkan Literature Review yang Relevan

Cantumkan Literature Review yang Relevan
Sumber: jcomp from freepik.com

Salah satu cara membuat pendahuluan makalah yang kamu tulis menjadi lebih kaya dan padat adalah dengan mencantumkan literature review yang relevan. Secara sederhana, literature review bisa berupa teori, penelitian sebelumnya, ataupun bahan penelitian lain yang masih berhubungan dengan topik penelitian yang kamu angkat.

Penjabaran literature review dalam pendahuluan makalah untuk lebih meyakinkan pembaca jika kamu sudah melakukan riset dan ada dukungan informasi yang dapat dipercaya dalam menjelaskan topik penelitian.Mengingat penjelasan pada bagian pendahuluan makalah tidak boleh terlalu panjang lebar, maka usahakan untuk menjelaskan sekilas mengenai literature review ini. Berikan sedikit gambaran mengenai teori maupun penelitian sebelumnya yang relevan dengan topik yang kamu pilih.

Gunakan Penelitian Sebelumnya untuk Menjelaskan Gap Penelitian

Selain untuk membuat pendahuluan makalah yang kamu buat jadi lebih berdasar, mencantumkan penelitian sebelumnya yang relevan dengan penelitian saat ini juga bisa menjadi cara untuk menjelaskan gap penelitian. Suatu topik penelitian yang bagus adalah topik yang mempunyai gap atau celah dari penelitian sebelumnya. Artinya, jika penelitianmu mampu memberikan suatu kontribusi yang belum pernah diberikan oleh penelitian sebelumnya, maka itu bisa berarti jika penelitianmu layak untuk dibahas.

Buat Rumusan Masalah yang Jelas

Buat Rumusan Masalah yang Jelas
Sumber: freepik from freepik.com

Selain bagian latar belakang, bagian rumusan masalah menjadi bagian penting dalam pendahuluan. Rumusan masalah dalam beberapa jenis karya ilmiah umumnya berupa pertanyaan yang akan dibahas atau dijawab dalam bagian isi atau pembahasan, begitu juga dengan rumusan masalah pada makalah.

Rumusan masalah yang baik sebaiknya dibuat dengan jelas dan fokus. Adanya rumusan masalah nantinya akan menjadi gambaran bagi peneliti maupun pembaca untuk mengetahui metode maupun teknik yang digunakan untuk menjawab pertanyaan tersebut.

Beberapa kata kunci dalam rumusan masalah juga ada di bagian judul, hal ini untuk menunjukkan adanya hubungan atau relevansi antara judul dengan rumusan masalah makalah. Selain itu, hal tersebut juga berguna bagi pembaca disaat membaca sebuah judul makalah, mereka sudah mendapatkan gambaran mengenai rumusan masalah apa yang akan dibahas.

Tuliskan Tujuan Penelitian Secara Singkat

Setelah bagian rumusan masalah, tujuan penelitian adalah bagian selanjutnya yang harus ada dalam pendahuluan makalah. Tujuan makalah ditulis untuk menjelaskan apa saja yang ingin dicapai oleh penulis makalah berhubungan dengan penulisan makalah itu sendiri. Penulisan tujuan makalah biasanya juga dihubungan dengan penulisan rumusan masalah.

Jika pada rumusan masalah berupa pertanyaan, maka kebalikannya, bagian tujuan berupa pernyataan. Sama seperti halnya penulisan rumusan masalah, tujuan penelitian yang baik juga harus dituliskan secara singkat dan fokus.

Baca juga: Contoh Pendahuluan Makalah

Nah, itu dia untuk seluruh 5 tips menulis pendahuluan makalah yang bisa coba kamu terapkan. Kunci dari penulisan pendahuluan makalah adalah tidak membuat penjelasan terlalu bertele-tele, sehingga pembaca pun dapat memahami dengan mudah isi pendahuluan tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk menyesuaikan format dan struktur makalah yang baik dan benar ya.


Sumber:

Rahasia Menulis Pendahuluan. (2019). Diakses pada tanggal 8 Mei 2021, dari penerbitdeepublish. com

Artikel Terbaru

Wasila

Wasila

Lulusan Sastra Inggris, UIN Sunan Ampel Surabaya yang saat ini berkecimpung di dunia penerjemahan. Disela-sela kesibukan menerjemah, juga menulis artikel dengan berbagai topik terutama berhubungan dengan kebudayaan.

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *