Home Memasak Tips dan Cara Merebus yang Benar

Tips dan Cara Merebus yang Benar

Saat kamu ingin memasak, ada beberapa teknik yang bisa kamu lakukan untuk memaksimalkan rasa dan kandungan gizi pada masakanmu. Umumnya banyaknya resep masakan yang menawarkan teknik menggoreng maupun merebus. Jika kamu ingin memasak sayur, telur dan bahan lain dengan keinginan masakan yang matang dan merata, teknik merebus adalah salah satu jawabannya.

Merebus adalah teknik memasak yang sehat karena tidak menggunakan minyak. Kegiatan memasak bahan makanan di dalam cairan (air, susu, kaldu atau santan) mendidih dengan suhu sekitar 100 derajat celcius. Kamu bisa memasak berbagai kreasi menu yang kamu mau dengan teknik merebus. Ikuti langkah-langkah dan tips merebus di bawah ini ya!

Langkah-langkah Merebus Makanan

tips merebus makanan
Sumber foto : www.springwellwater.com

Pada umumnya bahan makanan yang direbus adalah telur, sayuran, indomie, daging, seafood, dan lainnya. Untuk dapat merebus dengan baik dan tepat maka kamu harus melakukan langkah-langkah merebus bahan makanan berikut ini:

  1. Gunakan panci yang cekung untuk merebus. Karena dengan wadah yang cekung bisa menampung air semakin banyak untuk merendam bahan makanan.
  2. Masukan air mineral, susu, kaldu atau santan untuk merebus bahan makanan pada panci. Sesuaikan dengan kebutuhan dan seleramu ya!
  3. Tunggu hingga terlihat gelembung-gelembung air, kemudian masukkan telur atau bahan makanan yang mau kamu rebus pada panci dengan kondisi air yang sudah mendidih.
  4. Tutup panci dengan penutupnya. Untuk mempercepat proses merebus karena dengan menutup panci membuat panas yang dihasilkan dapat menyebar ke seluruh panci sehingga bahan masakan matang menyeluruh.
  5. Matikan kompor jika makanan sudah matang. Lamanya merebus tergantung pada bahan makanan yang kamu masak. Pada umumnya untuk merebus telur membutuhkan waktur sekitar 7-10 menit dan untuk merebus sayur sekitar 2-5 menit. Kemudian tiriskan bahan makaanan tersebut dan sajikan pada wadah makanan.

Tips dalam Merebus Makanan

tips merebus makanan
Sumber foto : sajiansedap.grid.id

Tips-tips berikut ini dapat kamu praktekkan ya dalam teknik memasak dengan cara merebus. Ada 2 tips yang bisa jadi panduan buat kamu untuk bisa menikmati makanan dengan cara yang sehat dan lebih baik, berikut tipsnya:

Jangan memasak sayuran terlalu matang

Masaklah sayuran agar sayuran mudah dikunyah dan dicerna. Jika memasak sayuran terlalu matang menyebabkan sayuran menjadi layu, kesegaran dan nutrisinya menjadi berkurang. Contohnya adalah dalam merebus sayuran brokoli maksimal lamanya 2 menit. Jika lebih dari 2 menit maka brokoli tersebut akan layu dan nutrisinya berkurang. Kamu harus pertimbangkan waktu merebus ya!

Rendamlah bahan makanan yang telah direbus pada air dingin

Jika kamu merendam sayuran yang telah direbus pada air dingin maka akan membuat sayuranmu memiliki kandungan gizi yang terjaga loh. Selain itu juga sayuran yang kamu rebus terlihat tetap cerah dan punya tekstur yang renyah.

Baca juga: Teknik dan Tahapan Memanggang Agar Masakan Kamu Enak

Dalam merebus bahan makanan seperti telur, sayuran dan lainnya. Kamu kerap bingung ya, semoga dengan langkah-langkah dan tips yang sudah diberikan dapat membuat kamu tidak bingung lagi. Bisa mempraktekkan pada berbagai jenis resep masakan yang direbus. Selamat mencoba!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Kalimat Persuasif: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Kalau sebelumnya telah dibahas mengenai kalimat imperatif dan kalimat deklaratif, kini saatnya kamu menambah ilmu lagi tentang jenis-jenis kalimat berdasarkan isinya. Pembahasan selanjutnya, yaitu...

Kalimat Majemuk: Pengertian, Ciri, Jenis, dan Contoh

Dulu saat masih duduk di bangku sekolah, pasti selalu ada materi tentang kalimat. Ada banyak materi tentang kalimat yang disampaikan oleh guru, salah satunya...

10 Suku di Bali dan Nusa Tenggara Serta Penjelasannya

Bali dan Nusa Tenggara adalah pulau kecil di Indonesia. Meski begitu, pulau - pulau ini menyimpan keindahan alam yang sangat memukau. Ditambah lagi keberagaman...

Kalimat Efektif dan Tidak Efektif: Pengertian, Ciri, dan Contoh

Membuat suatu tulisan bukanlah hal yang sulit. Semua orang bisa membuat tulisan mengenai hal-hal apa saja yang ingin dibahasnya. Tapi, sayangnya belum semua orang...

10 Suku di Maluku Serta Penjelasannya

Maluku adalah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Alam Maluku masih sangat indah, banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti pantai,...