Home Kampus Mengenal Telkom University (Tel-U)

Mengenal Telkom University (Tel-U)

Telkom University atau biasa disebut dengan Tel-U merupakan salah satu perguruan tinggi swasta no 1 di Indonesia dan saat ini Tel-U menjadi sangat hits dikalangan calon-calon mahasiswa yang sedang mengincar kampus swasta. Tidak heran lagi, saat ini untuk masuk ke Tel-U semakin sulit karena banyak calon-calon mahasiswa yang mengincar kampus ini.

Meskipun nama kampus ini sudah menjadi Telkom University dan sudah bukan merupakan perguruan tinggi kedinasan, namun masih banyak orang yang menyebut kampus Telkom Univeristy ini sebagai STT Telkom. Hal ini menjadi suatu topik yang kerap kali dibicarakan oleh mahasiswa Tel-U, khususnya para mahasiswa baru.

Nah, dari sedikit cerita mengenai Telkom University diatas, bagi kamu yang ingin tahu tentang Tel-U lebih lanjut, yuk simak tulisan ini!

Profil Umum

Logo Telkom University
Sumber : telkomuniversity.ac.id

Telkom University merupakan salah satu perguruan tinggi swasta yang terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Ya jangan salah, bukan di Bandung melainkan di Kabupaten Bandung. Telkom University didirikan pada tanggal 14 Agustus 2013 dan merupakan perguruan tinggi swasta yang didirikan oleh Yayasan Pendidikan Telkom.

Tel-U awalnya tidak berdiri sendiri, melainkan satu kesatuan yang berasal dari penggabungan 4 Perguruan Tinggi Swasta, yaitu Institut Teknologi Telkom (IT Telkom), Institut Manajemen Telkom (IM Telkom), Politeknik Telkom, dan Sekolah Tinggi Seni Rupa dan Desain Indonesia Telkom (STISI Telkom).

IT Telkom sendiri merupakan kampus perubahan dari Sekolah Tinggi Telkom (STT Telkom) yang mana sampai sekarang masih banyak orang yang mengenal Telkom University sebagai STT Telkom karena dahulu merupakan perguruan tinggi kedinasan yang lulusannya sudah pasti bekerja di Telkom. Sedangkan, IM Telkom juga merupakan perubahan dari Sekolah Tinggi Manajemen dan Bisnis Telkom (STMB Telkom).

STT dan STMB Telkom ini sendiri didirikan pada tahun 1990 atas prakarsa dari PT. Telkom yang pada waktu itu dipimpin oleh Direktur Utama Cacuk Sudarijanto. Nah, kedua perguruan tinggi tersebut merupakan perguruan tinggi pertama yang memiliki kekhususan pada bidang industri pertelekomunikasian serta teknologi informasi.

Dengan banyaknya perubahan perubahan diatas, Telkom University yang baru berumur 7 tahun ini telah memperoleh Akreditasi A dari BAN PT sejak tahun 2016 hingga sekarang. Bahkan 32 program studi yang ada di Tel-U sudah memiliki akreditasi A. Perkembangan yang sangat cepat bukan? Dengan pencapaian Tel-U yang luar biasa ini, sudah ada penjaminan kualitas yang sangat bagus dan akan terus berkembang lagi kedepannya.

Selain itu, mahasiswa Tel-U telah banyak menorehkan prestasi mulai dari tingkat nasional hingga internasional. Bagaimana tidak? Karena visi Tel-U sendiri adalah menjadi Research and Entrepreneurial University pada tahun 2023 yang selalu berperan aktif dalam pengembangan Teknologi, Sains, dan Seni Berbasis Teknologi Informasi yang diakui secara internasional.

Tel-U juga mempunyai tujuan yang nantinya dapat menciptakan lulusan yang memiliki daya saing global, dan tentunya berstandar internasional, dapat menghasilkan produk inovasi yang bisa bermanfaat dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, dan juga mendukung pembangunan ekonomi nasional maupun pengembangan budaya Entrepreneurial.

Nilai-nilai yang diterapkan oleh Tel-U adalah Harmony, Excellence, Integrity. Hal ini mendorong Tel-U untuk terus memperbaiki diri mulai dari mahasiswa, dosen, hingga para staff yang saling bahu membahu untuk menjadikan Tel-U sebagai kampus terbaik.

Lokasi dan Lingkungan Kampus

Gedung Bangkit Tel-U
Sumber : ayobandung.com

Telkom University terletak di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, tepatnya berada di Jalan Telekomunikasi, Terusan Buah Batu, di kawasan Bandung Technoplex. Luas dari kampus Tel-U ini kurang lebih mencapai 50 hektar.

Kampus Tel-U ini memang kampus yang tidak berada di kota, melainkan cenderung berada di ujung dan tentunya jauh dari kota, namun Tel-U adalah kampus yang megah, keren, dan aesthetic kalau kata anak-anak jaman sekarang. Mulai dari lingkungan hingga gedungnya sangat bisa digunakan sebagai tempat berfoto foto ria.

Lokasi Tel-U ini bisa dikatakan lokasi yang padat penduduk karena dekat dengan desa dan juga perumahan perumahan yang baru dibangun sehingga sangat ramai. Di sekitar Tel-U juga banyak lokasi yang mendukung kehidupan sehari-hari seperti kos, minimarket, supermarket, laundry, tempat makan, pasar, percetakan, dan lain lain.

Akses jalan ke kampus bisa dibilang padat, dan jika sudah memasuki area Telkom University jalannya memang agak sempit sehingga dibutuhkan kesabaran yaa teman-teman. Stasiun yang terdekat dengan Tel-U adalah stasiun Kiaracondong. Tel-U juga dekat dengan pintu tol Buah Batu. Selain itu transportasi yang sering digunakan oleh masyarakat di Tel-U adalah motor dan mobil. Namun kita juga dapat menemukan transportasi umum seperti angkot, ojek online/konvensional, dan penyewaan motor/mobil.

Fasilitas Tel-U

Asrama Mahasiswa

Nah maba maba Tel-U pasti pernah ngerasain deh gimana asrama yang ada di Tel-U ini. Ya seperti namanya, asrama mahasiswa yang merupakan tempat tinggal bagi mahasiswa yang ada di Tel-U, khususnya mahasiswa baru yang diwajibkan untuk tinggal di asrama pada tahun pertama berada di Tel-U.

Hal tersebut ditujukan agar mahasiswa baru dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungan kampus serta mendapatkan banyak teman, karena di asrama ini satu kamar berisi 4 orang loh guys! Tidak hanya untuk tempat tinggal aja nih, tapi di asrama ini banyak banget acara yang diadakan oleh kakak-kakak senior residents. Seru banget kaaann!!

Open Library

Kalau ngomongin Open Library atau biasa disebut OpLib jangan diraguin lagi deh, ini tempat paling aestetik yang ada di Tel-U. Fasilitas yang ada di Open Library ini tidak hanya buku-buku yang lengkap, namun ada ruang multimedia dan ruang diskusi yang dapat digunakan oleh mahasiswa secara gratis dengan tinggal memesan ruangannya di website OpenLibrary sendiri. Open Library juga menyediakan perpustakaan online yang dapat diakses kapanpun dan dimanapun. Perpustakaan online ini dapat diakses oleh siapa saja loh teman teman, keren kan.

Tidak hanya itu saja, di Open Library ini ada cafetarianya juga yang menyediakan kopi gratis setiap harinya. Jadi, kalo kamu belajar di OpLib dan butuh kopi bisa banget tuh ke cafetarianya, ada krimernya juga! Jadi, bisa bikin kopi sendiri deh!

RFID

RFID (Radio Frequency Identification) merupakan sistem berbasis wireless yang berguna untuk mengidentifikasi dan menggunakan sistem radiasi elektromagnetik untuk mengirimkan kodenya. Di Tel-U, sistem absensi dan parkir untuk seluruh masyarakatnya menggunakan RFID loh! Jadi disini hanya tinggal tapping saja, sudah tidak lagi menggunakan absensi manual dan langsung tercatat di sistem informasi yang ada di Tel-U.

Baca juga: Mengenal ITB

Prasarana Perkuliahan

Tel-U menyediakan prasarana perkuliahan yang nyaman dan tentunya ada gedung kuliah dan ruang kuliah di setiap fakultasnya. Ada juga laboratorium, yang berada di setiap fakultas dan tentunya disesuaikan dengan kebutuhan perkuliahan. Laboratorium di Tel-U ini sudah sangat memenuhi standar. Di setiap laboratorium disediakan PC yang siap pakai untuk menunjang perkuliahan. Keren-kan guys?

Aula Kampus

Ada banyak aula yang disediakan oleh Tel-U yaitu :

    • TUCH (Telkom University Convention Hall) kapasitas 3500 orang
    • GSG (Gedung Serba Guna) FTE-FRI-FTI kapasitas 2000 orang
    • Auditorium FTE-FRI-FTI kapasitas 300 orang
    • Aula FEB-FKB kapasitas 300 orang
    • Aula FIK kapasitas 400 orang
    • Aula FIT kapasitas 1500 orang

Mobil Tayo

Jangan kaget nih, ya benar ada mobil tayo. Mobil Tayo ini sebenarnya merupakan mobil yang disediakan untuk melayani kebutuhan transportasi warga Tel-U dan penampakannya memang sangat mirip dengan Tayo. Satu mobil tayo ini berkapasitas 12 orang. Dengan adanya mobil tayo ini sangat membantu mahasiswa untuk berpindah dari gedung kuliah satu ke gedung kuliah lainnya.

oBike

Nah selain mobil tayo, Tel-U juga bekerja sama dengan oBike Internasional karena Tel-U sendiri ada program kerjasama dengan GreenMatic di bidang Transportasi Ramah Lingkungan. Jadi, oBike ini menyediakan sarana transportasi dalam bentuk sepeda dan disewakan dengan membeli voucher yang ada di kantin atau dari aplikasi oBike.

Pusat Bahasa (LAC)

Pusat Bahasa Tel-U ini menyediakan berbagai layanan bahasa, yaitu :

    • International English Language Testing System
    • TOEFL
    • English Proficiency Test
    • Englisch Communicative Competence Test
    • Foreign Language Test

TelkoMedika

TelkoMedika merupakan klinik bagi mahasiswa yang ditujukan untuk melayani pemeriksaan kesehatan dan pengobatan yang gratis tentunya.

Akses Wifi

Namanya aja Telkom University, sudah pasti ada akses wifi gratis dong ya! Nah akses wifi dapat digunakan oleh warga kampus 24 jam. Akses wifi di Tel-U ini menggunakan TUNE, yaitu layanan wireless internet kampus yang berbasis SSO (Single Sign On) dengan cakupan diseluruh wilayah kampus. Ada pula jaringan koneksi internet publik wifi.id dengan total 100 access point loh!

UKM

UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) yang ada di Tel-U ini sangat banyak dan beraneka ragam loh. Mulai dari UKM yang bisa mengembangkan bakat dan minat kalian sampai dengan UKM Daerah yang tentunya banyak karena mahasiswa Tel-U ini ada dari Sabang sampai Merauke loh!

Masjid

Masjid Syamsul ‘Ulum merupakan masjid raya Tel-U yang berkapasitas hingga 6000 jamaah. Di Masjid ini juga ada kegiatan rohani mahasiswa loh! Contohnya saja setiap hari Kamis ada acara buka bersama dan kalian bisa dapat takjil gratis disini.

Fasilitas Olahraga

Untuk kamu yang suka sama olahraga, tenang saja. Banyak fasilitas olahraga juga kok di Tel-U, ada lapangan tenis, lapangan bola basket indoor, menara panjat tebing, lapangan badminton, lapangan futsal outdoor dan indoor, kolam renang, dan ada jalur jogging juga guys!

Portal Sistem Informasi (iGracias)

iGracias merupakan portal sistem informasi untuk mahasiswa Tel-U yang memberikan layanan untuk proses pendidikan mulai dari proses pembelajaran, absensi, nilai, hingga proses pendukung lainnya. Akses menuju iGracias ini menggunakan SSO yang diberikan kepada pengelola iGracias, dosen, mahasiswa, orang tua mahasiswa, dan staff yang berwenang dengan masing-masing hak akses yang telah ditentukan.

Suka Duka Kuliah di Tel-U

Suka Duka di Tel-U
Sumber : telkomuniversity.ac.id

Kebanyakan orang bilang kalau kuliah di perguruan tinggi swasta itu santai, tugas sedikit, pokoknya yang bikin enjoy deeehh. Eitss jangan salah tidak ada kata-kata santai di kampus Tel-U ini. Apalagi kalau kamu anak Teknik atau masuk di dunia industri kreatifnya wah siap siap begadang hampir tiap malam deh yaa. Meskipun begitu, Tel-U memang mendorong setiap mahasiswanya menjadi mahasiswa yang produktif dan selalu mempunyai inovasi. Tidak hanya itu saja suka duka di Tel-U, berikut suka duka kuliah di Tel-U.

Suka

Yang pertama adalah karena di Bandung,  semua orang pasti tahu di Bandung itu banyak tempat wisata. Jadi, kalau lagi suntuk karena tugas-tugas kuliah, bisa banget nih ajak temen-temen, doi, atau saudara yang ada di Bandung untuk main menikmati indahnya Bandung.

Kedua, punya banyak teman dari Sabang sampai Merauke loh, karena mahasiswa di Tel-U ini terdiri dari berbagai macam agam, suku, dan budaya. Jadi, bisa menambah ilmu tentang kebudayaan Indonesia juga loh guys secara tidak langsung. Belajar bahasa daerah lain misalnya. Kalian juga jangan takut merantau guys, karena di Tel-U ada komunitas dari daerah masing masing loh.

Nah, yang ketiga ini tidak kalah menyenangkan. Mau cari makanan apa aja pasti ada. Di sekitaran Tel-U banyak sekali jajanan jajanan yang enak. Mulai dari makanan khas Sunda, Betawi, masakan Padang, dan lain lain. Tenang, ada warteg juga kok buat kalian yang lagi ngirit.

Duka

Duka yang pertama ditujukan untuk mahasiswa Teknik nih. Pasti kamu pernah mengalami TP (Tugas Pendahuluan) dan praktikum yang padat. Huhu sabar ya, karena nanti jika kamu sudah berada di dunia kerja, kamu akan terbiasa dengan jadwal yang padat.

Yang kedua, Tel-U di Bandung? Bukan. Tel-U itu Bandung coret. Jangan terlalu berharap di Tel-U ini udaranya sejuk. Dinginnya kalau lagi musim hujan aja kok, sisanya tetap saja panas. Apalagi kalau musim kemarau dan kalian pulang kuliah siang atau sore. Wah debu dimana-mana dan matahari bikin kulit gosong. Jadi, siapkan sunblock dan masker yaa.

Mungkin yang ketiga ini duka buat maba maba deh ya. Ekspektasi kalian kalau kuliah biasanya bisa pakai baju bebas semau kalian bukan? Wah sayangnya di Tel-U pakai seragam guys. Tapi, hal itu dikarenakan agar tidak menimbulkan rasa kesenjangan sosial antar mahasiswa, dan melatih kedisiplinan kita.

Kampus lain kebanyakan libur di hari Sabtu, tapi tidak untuk Tel-U. Tetap masuk ya guys, agar belajarnya lebih lama dan kalian menjadi lulusan terbaik!

Fakultas dan Program Studi

Telkom University memiliki 7 fakultas dengan 34 program studi yang sangat prospektif untuk masa depan kamu! Coba deh kalian liat liat daftar fakultas dan program studi dibawah ini, siapa tahu jodoh.

Fakultas Rekayasa Industri

Fakultas Informatika

Fakultas Elektro

  • Teknik Telekomunikasi
  • Teknik Elektro
  • Teknik Fisika
  • Teknik Komputer
  • S2 Teknik Telekomunikasi dan Elektro

Fakultas Industri Kreatif

  • Desain Komunikasi Visual
  • Desain Interior
  • Desain Industri
  • Kriya Tekstil Mode
  • Seni Visual

Fakultas Komunikasi dan Bisnis

Fakultas Ekonomi dan Bisnis

  • Akuntansi
  • Bisnis ICT
  • Manajemen Bisnis
  • S2 Manajemen

Fakultas Ilmu Terapan

  • Diploma III Teknologi Telekomunikasi
  • Diploma III Informatika
  • Diploma III Sistem Informasi
  • Diploma III Sistem Informasi Akuntansi
  • Diploma III Teknologi Komputer
  • Diploma III Pemasaran Digital
  • Diploma III Perhotelan
  • Diploma IV Multimedia

Baca juga: Mengenal Unpad

Kontak

Bagaimana nih? Tertarik kuliah di kampus swasta nomor 1 di Indonesia ini? Untuk info lebih lengkapnya tentang masing masing prodi kalian bisa cek informasi resminya di :

Website : telkomuniversity.ac.id
Phone : (022) 7566456
Email : info@telkomuniversity.ac.id
Instagram : instagram.com/telkomuniversity/
Twitter :  twitter.com/teluniversity
Youtube : Telkom University


Sumber :

telkomuniversity.ac.id

Ayu
Ayu
My name is Tania Ayu Sekar Arum, i was born on August 12, 1999, is currently 20 years old. I am currently studying at Telkom University majoring in Information Systems. I can speak Indonesian and English well. I have good time management, teamwork, leadership, respectful, and always passionate in every job that i live. I have a lot of experience in graphic design, but I am also very enthusiastic about what is learned in my college. I am interested in studying in the field of UI / UX, digital marketing, and product management.and also i have a good motivation for progress and growing, eager to learn, and can work in a team or individual. Beside that all, i really like to write a story or just make some phrases in my personal diary

2 COMMENTS

  1. penulisannya mungkin lebih diperhatikan titik komanya lagi ya, karna saya sebagai pembaca agak bingung membaca satu kalimat yg lumayan panjang tapi penempatan titik koma kurang jelas.
    sama banyak kurang titik di akhir kalimatnya
    semoga saya bisa masuk tel-u

    • Halo Kak Adi,
      Terimakasih atas kritik dan sarannya, akan diperbaiki segera yaa.
      Semoga bermanfaat informasinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

10 Gaya Kepemimpinan dan Pengaruhnya

Setiap pemimpin memiliki gaya kepemimpinannya sendiri. Gaya ini dapat diterapkan sesuai dengan kondisi dari organisasi. Tidak ada satu gaya kepemimpinan yang cocok diterapkan pada...

Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis

Daftar isi menjadi hal yang penting, tidak hanya di dalam karya ilmiah tetapi juga karya fiksi. Menurut KBBI, daftar isi adalah lembar halaman yang...

Yuk Mengenal Melodi Dalam Musik

Bagi kamu yang sedang belajar musik maka perlu kamu ketahui bahwa musik terdiri dari berbagai unsur. Unsur tersebut diantaranya adalah harmoni, melodi, dan irama. Unsur...

Yuk Mengenal Teknik Vokal

Dalam sebuah karya atau pertunjukan musik, vokal menjadi salah satu unsur terpenting. Ia menjadi pembawa pesan yang efektif, dan membawa pengaruh yang diinginkan dari...

Motivasi Skripsi Ini Bikin Kamu Semangat

Tahukah kamu, membaca kata-kata motivasi skripsi dapat meningkatkan energi positif di dalam pikiran. Pikiran dan energi yang positif akan membantumu untuk lebih semangat lagi...