Contoh Teks Ceramah: Pengertian, Ciri dan Struktur

Pernah ketika ingin melakukan ceramah tetapi kebingungan apa yang harus disampaikan? nah biasanya disiapkanlah sebuah teks agar mempermudah dalam penyampaian serta informasi bisa tersampaikan dengan baik. Yuk simak beberapa contoh teks ceramah yang mungkin bisa kamu jadikan referensi.

Pengertian Teks Ceramah

Teks ceramah adalah teks yang berisikan beberapa paragraf di dalamnya yang mengandung informasi untuk meyakinkan, menambah pengetahuan atau mengajak pembaca atau pendengarnya untuk melakukan suatu hal. Umumnya, teks ini mengandung pesan yang ingin disampaikan untuk memberi arahan, petunjuk, nasihat, atau petuah secara lisan.

Ceramah dapat didengarkan oleh siapa saja. Tetapi umumnya teks ini hanya bersifat spesifik yang dikhususkan untuk kelompok masyarakat atau komunitas tertentu. Kamu dapat menemukan jenis teks ini baik dalam suatu acara, siaran langsung, maupun melalui sarana komunikasi seperti media elektronik ataupun cetak.

Teks ini merupakan bagian dari pidato yakni sama-sama berbicara di depan khalayak atau umum untuk menyampaikan gagasan, pikiran, atau informasi kepada pendengar yang sifatnya persuasif. Teks ceramah terbagi menjadi dua jenis, yakni pidato dan khotbah.

Baca juga: Contoh Teks Deskripsi

Ciri-ciri Teks Ceramah

ceramah
Sumber: Irina L dari Pixabay

Teks ceramah memiliki beberapa ciri-ciri khusus. Kayak apa sih ciri-ciri teks ceramah?

  1. Disampaikan oleh seseorang yang bergelut dalam bidang atau disiplin ilmu tertentu.
  2. Memiliki struktur yang terdiri dari pendahuluan, isi, dan penutup.
  3. Isi teks ceramah disesuaikan dengan tema yang ditentukan sebelumnya.
  4. Bahasa yang digunakan pada teks ini yakni sopan dan mudah dipahami.
  5. Berisi informasi yang bertujuan untuk mengajak, memberi nasihat, menghibur, dan dapat diterapkan atau diamalkan dalam kehidupan.

Struktur Teks Ceramah

contoh teks ceramah lucu
Sumber: Pixabay.com /ceramah/

Kamu perlu nih mengenali apa aja struktur teks ceramah agar tidak bingung saat membuat teks tersebut. Yuk simak.

Pendahuluan / Pembuka

Bagian awal yang terdapat pada teks ini. Berisi salam pembuka, rasa syukur, dan penghormatan. Biasanya nih juga ada pengantar yang mengarah pada topik pembahasan.

Isi Ceramah

Isi ceramah memuat inti dan gagasan ceramah. Inti ceramah adalah ringkasan singkat atau paparan dari penceramah, ilustrasi, atau pandangan umum mengenai materi yang disampaikan. Sedangkan gagasan adalah inti dari ide pokok yang disampaikan narasumber kepada pendengarnya.

Penutup

Bagian akhir dari teks ceramah yang berisi kesimpulan, permintaan maaf atas kesalahan selama membawakan ceramah, dan tentunya salam penutup.

Contoh Teks Ceramah Singkat

Berikut ini beberapa kumpulan contoh teks ceramah singkat (contoh teks ceramah agama, contoh teks ceramah lucu, contoh teks ceramah budaya, dan lainnya).

Contoh Teks Ceramah Kehidupan Sosial

Assalamu’alaikum warahmatulahi wabarakatuh.

Puji syukur kita ucapkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan rahmat dan karunianya kita masih dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal ‘afiat tanpa sedikit kekurangan apapun. Shalawat serta salam kita haturkan kepada Nabi besar Muhammad shalahu alahi wassalam. Karena berkat berjuangan beliau, kita dapat mengenal agama yang haq, yakni agama islam dan agama yang diridhoi.

Hadirin dan hadiraat sekalian, pada kesempatan kali ini izinkanlah saya membawakan sedikit petuah atau nasehat yang akan bermanfaat bagi kita semua nantinya. Adapun topik pembicaraan yang akan dibahas pada ceramah kali ini adalah “Manusia Sebagai Makhluk Sosial.”

Manusia diciptakan Tuhan sebagai makhluk sosial dan membutuhkan interaksi. Misalnya saja, ketika ia lahir memerlukan interaksi dengan ayah dan ibunya. Begitu hingga ia beranjak dewasa. Manusia saling bersosialisasi dan membutuhkan makhluk lainnya. Hal ini karena manusia tidak dapat memenuhi kebutuhannya sendiri.

Oleh karena itu, kita sebagai makhluk yang saling membutuhkan. Marilah Bersama-sama tolong menolong dalam hal kebaikan. Jika saudaramu sakit, ingatlah kita seperti satu tubuh yang ikut merasakan. Apabila kesusahan, kamu akan membutuhkan manusia lainnya untuk memopong cerita yang menjadi beban.

Demikian sedikit ceramah yang dapat saya sampaikan. Apabila terdapat tutur kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan. Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf wassaamu’alaikum.

Baca juga: Contoh Teks Eksplanasi

Contoh Teks Ceramah Budaya

Selamat Pagi anak-anak yang saya cintai dan sayangi. Pertama-tama marilah kita memanjatkan puji syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa karena hingga saat ini kita masih diberikan nikmat sehat dan dapat berkumpul di SMA Pelita Hati tanpa suatu kurang apapun.

Anak-anak yang saya cintai dan banggakan, saat ini masuknya budaya asing ke Indonesia sudah sangat pesat. Salah satu contohnya adalah masuknya budaya Korea Selatan di Indonesia. Banyak remaja-remaja seusia kalian mengidolakan dan memuji secara berlebihan.

Masuknya budaya Korea di Indonesia tentu tidak lepas oleh pengaruh globalisasi. Tidak dapat dipungkiri banyaknya media yang berperan dalam menyebarkan budaya tersebut, seperti halnya internet. Masyarakat dengan mudahnya dapat mengakses melalui situs-situs yang tersedia seperti layarkaca21, nontondramamu.com, atau melalui beberapa channel video. Bahkan tidak sedikit dinantara mereka yang rela menerjemahkan bahasa tersebut ke dalam bahasa Indonesia.

Dalam sehari, masyarakat Indonesia khususnya anak muda, dapat menghabiskan waktu mereka lebih dari tiga jam sehari untuk menonton serial tv ataupun drama Korea. Menurut data hasil statistik pada tahun 2011, jumlah penggemar budaya Korea atau Korean Wave mencapai 3,3 juta di seluruh dunia. Bedasarkan data tersebut, kawasan Asia menempati peringkat pertama dengan jumlah penggemar terbanyak.

Jika masuknya budaya asing tidak diseimbangi dengan mencintai budaya sendiri, maka budaya Indonesia akan tergerus dan terkikis, hanya meninggalkan jejak. Oleh karena itu, pentingnya kesadaran akan budaya lokal untuk mengokohkan ketahanan budaya sendiri. Kita sebagai warga negara, juga harus tanggap dan peduli terhadap kebudayaan sendiri agar tidak diakui negara lain.

Marilah anak-anakku  sekalian, kita tanamkan semangat nasionalisme yang tangguh. Contohnya, membeli produk dalam negeri dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Tetapi demikian, kita tidak menutup kemungkinan akan budaya asing yang masuk.

Demikian ceramah singkat yang dapat Bapak sampaikan. Semoga kita bersama-sama saling menjaga keutuhan negeri ini dengan mencintai budaya dan produknya. Wassalam.

Contoh Ceramah Ekonomi

Selamat pagi rekan-rekan seumuran yang saya hormati dan yang dimuliakan oleh Tuhan. Semoga kita selalu dalam perlindungan, pertolongan, dan diberikan kesehatan oleh-Nya. Pada pagi hari ini, perkenankanlah saya menyampaikan sedikit petuah yang nantinya bermanfaat dalam keuangan kaum muda-mudi ini. Tema yang akan dibahas pada pertemuan ini yaitu “Milenial dan Budaya Konsumtif”

Perilaku konsumtif merupakan kecenderungan manusia untuk melakukan konsumsi terus menerus, membeli sesuatu yang berlebihan atau secara tidak terencana. Sebagian besar generasi milenial memiliki pola hidup konsumtif sebab hidup di era digital sehingga mudah untuk memenuhi hasrat sesaat.

Berbicara mengenai keuangan kaum millenial, mungkin banyak dari mereka yang berpenghasilan tergolong rendah sehingga besar pasak dari pada tiang. Hal tersebut yang memicu perkara baru dalam keuangan yakni berhutang dan tidak merdeka secara finansial. Millenial yang cerdas adalah millenial yang  tak hanya cerdas kognitif saja tetapi cerdas secara finansial.

Menghindari perilaku konsumtif memang tidak mudah terlebih yang memiliki teman dengan pola hidup yang sama. Sesekali saja boleh melakukannya agar Anda dapat merdeka finansial di umur 20 tahun.

Memang tidak ada pilihan lagi jika kita ingin memiliki kehidupan yang baik di masa yang akan datang dengan cara mengelola keungan secara cerdas. Mengatur gaya hidup demi kepuasan sesaat. Tanpa pengelolaan keuangan yang cerdas,  akan sulit mencapainya secara maksimal. Persis seperti kata pepatah “Tujuan tanpa perencanaan hanyalah harapan”.  Sebab, generasi inilah yang akan melanjutkan tonggak estafet masa depan bangsa dan keluarga karena rentang usia produktif. Cerdas dalam finansial perlu ditanamkan sejak dini terutama di sekolah-sekolah mengenai pentingnya mengelola keungan dengan baik agar kelak dapat mengatur keuangannya dengan baik.

Contoh Ceramah Kriminalitas

Selamat pagi anak-anakku sekalian. Pada Senin pagi hari yang cerah ini, izinkanlah Bapak menyampaikan sedikit petuah untuk kalian semua. Tak lupa kita ucapkan rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa karena kita masih diberi nikmat sehat dan dapat berkumpul di lapangan ini tanpa suatu kekurangan apapun. Ceramah upacara kali ini akan membahas “Remaja dan Dunianya”.

Usia remaja adalah usia yang sering membuat gelisah orang tua. Saat memasuki remaja, seseorang akan berpikir hal-hal baru yang dianggapnya tabu. Rasa penasaran itu membuatnya bertindak melakukan hal-hal yang dilarang. Sikap ingin tahu itu yang akhirnya menjerumuskan ke dalam pergaulan yang salah. Contohnya, tawuran, mencuri, dan hal lainnya.

Fase ini, remaja berada dalam tahap stress dan strom, di mana kebutuhan mereka harus dipenuhi oleh orang tuanya. Kondisi ini menyebabkan kelabilan emosi dan bertindak merugikan orang lain.

Anak-anak sekalian, kalian perlu membekali diri kalian dengan agama, pendidikan, dan pembentukan karakter yang kuat. Sebab, pembentukan karakter salah satu jembatan untuk menahan perbuatan kenakalan remaja dan menyongsong hari esok yang berseri.

Kalian juga harus pintar dalam memilih teman bergaul dan lingkungan yang baik. Bentuklah ketahanan diri kalian agar tidak mudah terpengaruh jika bergaul dengan teman atau komunitas yang tidak sesuai harapan.

Ikutilah juga berbagai kegiatan positif baik di lingkungan sekolah, rumah, maupun lingkungan lainnya. Misalnya saja mengikuti komunitas olahraga bola basket, karang taruna, sepak bola, dan kegiatan-kegiatan baik lainnya. Pilihlah bentuk kegiatan yang disukai agar tercipta kenyamaan dan menghindari kebosanan. Mari bersama-sama kita lawan kenakalan remaja dan kriminalitas yang terjadi terhadap remaja. Remaja hebat, remaja harapan bangsa.

Baca juga: Contoh Teks Eksposisi

Contoh Teks Ceramah Agama

Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Jama’ah sholat Jumat dirahmati oleh Allah Azza wa Jalla dan yang saya cintai karena Allah. Marilah kita panjatkan puji syukur ke hadirat-Nya karena atas rahmat dan karunia-Nya kita masih diberikan nikmat sehat dan dapat berkumpul untuk melaksanakan ibadah shalat Jumat kali ini. Perkenankanlah saya selaku imam shalat jumat dan khatib, menyampaikan sedikit nasehat yang nantinya akan bermanfaat untuk jamaah sekalian.

Sholat merupakan rukun islam yang yang kedua dan tiang agama. Hadits Riwayat Baihaqi mengatakan “Shalat adalah tiang agama Islam, maka barangsiapa yang mendirikannya sungguh ia telah mendirikan agama, dan barangsiapa yang meninggalkannya, maka ia telah merubuhkan bangunan kokoh (agama).”

Ibarat sebuah bangunan yang membutuhkan tiang penyangga yang kuat dan kokoh, begitulah Islam. Seseorang yang melakukan shalat fardu 5 kali sehari, ia akan mengokohkan agamanya. Sebaliknya, apabila ia meninggalkannya bangunan tersebut kian meruntuh. Shalat juga dikatakan sebagai amalan yang pertama kali dihisab.

Karena itu, jamaah yang dirahmati Allah, mulai dari saat ini jangan pernah kita meninggalkan shalat fardu. Jika lupa, dapat menggantinya di waktu shalat yang terdekat. Allah Maha Pemaaf dan Maha Pengampun dosa hamba-Nya. Cukup sekian khutbah pada Jumat kali ini.

Apabila terdapat tutur kata atau sikap saya yang kurang di hati saudara, mohon dimaafkan. Akhir kata, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Ceramah Tentang Orang Tua

Selamat pagi, murid-muridku yang saya cintai dan sayangi. Perkenankan Bapak menyampaikan sedikit petuah untuk kalian.

Bapak bertanya kepada kalian, apa arti orang tua di kehidupan kalian? Mungkin Sebagian menjawab orang tua adalah nafas hidup. Yap, sah sah saja. Kehadiran orang tua di hidup kita amatlah penting.

Orang tua menjadi salah satu tempat pulang ketika hati lelah dan orang tua juga lah yang menjadi penyemangat penting dalam menjalani kehidupan dan menghadapi masalah.

Orang tua tidak pernah letih atau berkeluh kesah ketika merawat kita dengan penuh ikhlas dan sabar. Ia tidak ingin anaknya sakit, terluka, menderita, bahkan sedih. Mereka pun rela melakukan hal baik apa saja untuk kebahagian anak-anaknya.

Anak-anakku sekalian, maka dari itu, berbuatlah baik kepada kedua orang tua kalian selagi bernafas. Perlakukanlah dia sebagaimana mestinya. Bertuturkatalah yang baik dan hindari menyakiti hatinya. Sebab istilah mengatakan “Murka Tuhan adalah murka orang tua”.

Semoga kalian selalu menjadi anak yang berbakti bagi orang tua, nusa, dan bangsa.

Contoh Ceramah Pendidikan

Assalamu’alaikum, selamat pagi teman-teman sekalian. Saya Aulia perwakilan dari siswa kelas 8. Bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional kali ini, izinkanlah saya menyampaikan sedikit nasehat untuk kalian semua.

Pendidikan merupakan salah satu hal penting bagi bangsa dan negara tercinta ini. Tanpa pendidikan ibarat kotak kosong. Melalui pendidikan seseorang mengetahui hal baik dan buruk. Seseorang juga tersadar atas hak dan tanggung jawab terhadap dirinya.

Pendidikan memberikan kita banyak pengetahuan dan hal-hal yang berkaitan dengan bumi yang kita tempati saat ini. Dengan pendidikan juga, karakter seseorang akan terbentuk menjadi lebih manusiawi.

Kita sebagai pelajar yang sedang menempuh pendidikan, mulai saat ini jauhilah bolos-membolos ketika jam pelajaran, hindarilah tidak mengerjakan pr, berbakti kepada guru. Tanpa adanya pendidikan, kita mungkin akan menjadi tabu.

Demikian ceramah singkat yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf. Wassalam. Selamat pagi menjelang siang.

Contoh Ceramah Ikhlas

Selamat pagi rekan-rekan seumuran yang saya hormati dan yang dimuliakan oleh Tuhan. Semoga kita selalu dalam perlindungan, pertolongan, dan diberikan kesehatan oleh-Nya.

Ada hujan ada badai, ada rindu ada sendu, ada baik dan buruk, dan ada pertemuan ada perpisahan. Begitulah ungkapan yang sering diucapkan ketika kehilangan.

Kehilangan barang, benda, atau orang yang disayangi tentu bukan hal mudah. Rasa sedih tak karuan datang menghampiri. Namun, daripada menangisi sesuatu yang telah hilang, cara terbaik adalah mengikhlaskan. Dalam Islam, ikhlas memiliki kedudukan penting. Baik maupun buruknya seseorang juga bergantung pada keikhlasannya. Ikhlas memang sangat sulit. Ikhlas harus dibarengi dengan hati yang tulus dan perasaan tenang. Yakini dibalik Tuhan sedang menguji keikhlasan hamba-Nya, pasti akan memberikan ganti yang terbaik dari kehilangan tersebut.

Apabila kita menjadi hamba yang ikhlas, hati senantiasa merasa bahagia dan tenang. Ikhlas juga akan memberikan kita wajah cantik berseri setiap harinya.

Untuk itu, berusahalah kita menjadi seseorang yang ikhlas saat kehilangan yang disayangi. Belajar mengikhlaskan merupakan kunci kebahagian sebenarnya.

Contoh Ceramah Syukur

Puji syukur kita ucapkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan rahmat-Nya kita masih dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal ‘afiat tanpa sedikit kekurangan apapun. Shalawat serta salam kita haturkan kepada Nabi besar Muhammad shalahu alahi wassalam.

Bersyukur adalah kata yang mudah diucapkan dan memiliki makna luas dan mendalam.

Bersyukur merupakan satu cara berterima kasih atas nikmat yang Tuhan berikan. Bersyukur dapat diucapkan melalui hati ataupun lisan.

Sebuah pepatah kuno mengatakan, “Lihatlah apa yang di bawahmu dalam hal kebaikan dan jangan lihat apa yang di atasmu jika kamu tidak menyanggupi.” Pepatah tersebut mengatakan bahwa kita tidak boleh sering-sering melihat orang yang kemampuannya di atas kita dalam hal ekonomi misalnya, tetapi melihat apa yang di bawah kita. Tujuannya tentu untuk mensyukuri nikmat yang telah diberikan. Tidak mudah memang mengungkapkan rasa syukur. Sebab seseorang seringkali tidak puas terhadap yang dimilikinya.

Seseorang yang dalam hatinya selalu bersyukur, ia akan merasakan rasa cukup atas apa yang Tuhan berikan kepadanya. Juga, seseorang yang pandai bersyukur hatiya akan damai dan tentram. Ia juga akan memiliki hubungan baik kepada setiap manusia. Cobalah untuk mulai mensyukuri nikmat yang telah Tuhan berikan untuk kita. Rasakan perubahan positif jika kita pandai bersyukur.

Demikian ceramah singkat yang dapat saya sampaikan. Kurang lebihnya mohon maaf. Wassalam. Selamat sore. Apabila terdapat tutur kata atau sikap saya yang kurang di hati saudara, mohon dimaafkan. Akhir kata, wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Teks Ceramah Lucu

Puji syukur kita ucapkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan rahmat dan karunianya kita masih dapat berkumpul dalam keadaan sehat wal ‘afiat tanpa sedikit kekurangan apapun. Shalawat serta salam kita haturkan kepada Nabi besar Muhammad shalahu alahi wassalam.

Bahaya 3G pada kartu kredit! Gesek, gosok, gasak. Gasak barangya, kemudian bayarnya dengan gesek, dan gosok dadanya di akhir bulan. Kita berani ambil kredit tapi giliran ditagih ke rumah kayak dikejar harimau. Lari kebirit-birit tanpa henti. Kalau Bapak dan Ibu tidak sanggup membayar cicilan, nggak usah. Kalo bisa dibayar pakai daun saya ikutan kredit. Sayang dibayar pakai bulu ketiak aja gak bisa.

Bapak dan Ibu hindarilah sebisa mungkin yang namanya kredit jika finansial kita tidak mendukung. Jangan termakan nafsu sesaat. Mobil mewah dan tas beremerk bisa ke beli, tapi hati meringis ditagih.

Baca juga: Contoh Teks Prosedur

Nah, itulah artikel tentang teks ceramah, pengertian, ciri, struktur, beserta contohnya.  Semoga pembahasannya dapat bermanfaat, ya.

Artikel Terbaru

Avatar

Rufaidah

Halo perkenalkan saya Rufaidah. Mahasiswa Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia Universitas Negeri Yogyakarta yang sedang menempuh skripsi

Komentar

Tulis Komentar Anda

Your email address will not be published. Required fields are marked *