Home Fotografi Mengenal Teknik Photoshop Action

Mengenal Teknik Photoshop Action

Upload foto hasil jepretan sepertinya kurang lengkap tanpa dibumbui dengan efek-efek ataupun desain-desain kekinian yang dapat mempermanis tampilan, anda dapat mencoba salah satu software edit foto terbaik yang hampir ada di laptop sejuta umat, yaitu Adobe Photoshop. Sebelumnya kenalan dulu deh sama si Photoshop ini, kira-kira apa bedanya ya dengan saudaranya si Adobe Illustrator?

Secara definisi, Adobe Photoshop adalah software yang digunakan untuk memanipulasi, mengubah, atau mengedit foto. Bedanya dengan Adobe Illustrator adalah basis dari grafisnya, secara umum grafis dibedakan atas dua macam yaitu grafis berbasis vektor dan grafis berbasis bitmap. Foto merupakan salah satu jenis grafis berbasis bitmap yang tersusun atas pixel atau dot yang akan berpengaruh terhadap tingkat resolusi dan ukuran file foto.

Bagi anda yang masih pemula tentunya tahap awal yang dapat anda coba yaitu dengan mengetahui teknik-teknik mengedit di photoshop, berikut kami akan memberi anda beberapa contoh teknik merubah foto yang biasa menjadi luar biasa dengan menggunakan photoshop.

1. Hand Drawn

Membuat sketsa kini tidak harus secara manual, tetapi foto yang sudah jadi dapat diubah menjadi sketsa gambar dengan bantuan photoshop. Memang sudah banyak efek-efek foto instan yang dapat merubah foto menjadi sketsa, tetapi proses yang harus dilakukan di photoshop akan memberikan gambaran kepada anda proses perubahan foto yang terjadi melalui beberapa tahap.

hand drawn
Sumber : www.design.tutsplus.com

Gambar di atas merupakan contoh foto yang diedit dengan menggunakan tools-tools yang ada di photoshop, tampak seperti hasil sketsa tangan bukan? Tentunya hand drawn ini dapat anda terapkan ke foto anda, tetapi ingat bahwa prosesnya tidak instan dan anda harus sabar dalam menekuninya.

2. Luster Oil Paint

Efek-efek foto lukisan cat minyak yang tampak mengkilap juga bisa anda terapkan pada foto-foto anda dengan menggunakan photoshop. Efek yang satu ini akan membuat foto anda tampak lebih ‘eye catching’, tentunya dengan didukung pemilihan warna foto yang sesuai. Berikut contoh foto yang telah diedit dengan efek luster oil paint.

luster
Sumber : www.design.tutsplus.com

Illustrasi yang dihasilkan yaitu berupa tampilan seperti karya lukis yang dibuat menggunakan cat minyak dengan teknik tradisional yang dikerjakan secara manual. Proses ini sekarang dapat anda lakukan dengan memanfaatkan tools-tools yang tersedia pada photoshop, gambar yang dihasilkan mirip sekali dengan lukisan cat minyak dan dapat dilakukan dalam waktu yang singkat. Hasil gambarnya pun terlihat sangat elegan dan tetap artistik, cocok banget nih dicoba buat foto koleksi anda.

3. Concept Art

Tipe efek berikut cocok untuk anda yang menyukai tipe gambar illustrasi yang imajinatif, dalam proses pembuatannya anda dapat menggabungkan komponen-komponen yang diperlukan untuk menciptakan suatu illustrasi yang tidak ada di dunia nyata. Sesuai dengan namanya, anda dapat mengkonsep dan menambahkan sendiri detail-detail yang akan inginkan agar foto yang anda edit terkesan lebih unik. Berikut contoh gambar yang diberi efek concept art photoshop action.

concept art
Sumber : randikapuguh.blogspot.com

Gambar tersebut merupakan hasil penggabungan dari beberapa foto yang ditata sedemikian rupa agar dapat berkesinambungan sehingga menjadi suatu illustrasi yang menakjubkan, anda juga dapat menggunakannya untuk membuat latar-latar pada animasi. Kuncinya adalah pada tingkat kreatifitas anda, semakin bebas imajinasi yang anda miliki maka hasil illustrasi yang dapat anda ciptakan semakin luar biasa.

4. Artistic Pixel Sorter

Karya seni yang satu ini cukup berbeda dari yang lain, terinspirasi dari simulasi penampilan algoritma yang tidak pada umumnya, efek foto yang satu ini termasuk seni modern yang akan sangat apik untuk anda jadikan sebagai desain pendukung dalam poster maupun website. Berikut penampakan dari efek artistic pixel sorter photoshop action.

artistic pixel sorter
Sumber : www.design.tutsplus.com

Bagaimana menurut anda? Tampak keren dan modern sekali bukan? Efek yang akan membuat gambar-gambar objeknya tampak seperti dalam proses penyortiran pixel-pixel algoritma. Untuk proses penerapannya yaitu dengan menerapkannya pada bagian-bagian yang menurut anda menarik perhatian.

Baca juga: Mengenal Jenis Logo

5. Watercolor Artist

Suka dengan karya seni lukis? Efek yang satu ini juga dapat anda terapkan untuk merubah foto-foto menjadi lukisan dalam sekejap tanpa perlu anda berlatih untuk menggunakan kuas pada kanvas, karena memang seni tidaklah semudah itu, tetapi jika ingin sekadar menciptakan illustrasi dalam waktu singkat maka watercolor artist dapat anda jadikan salah satu pilihan. Berikut hasil illustrasi yang dibuat dengan efek watercolor artist.

watercolor artist
Sumber : www.design.tutsplus.com

Pilihlah foto dengan warna-warna yang terang ataupun pekat sehingga efek cat air yang dihasilkan akan tampak lebih nyata. Hasilnya bisa anda jadikan desain untuk kalender ataupun cover buku juga loh, siapapun pasti akan menyukai illustrasi ini.

6. Tekniq

Merupakan illustrasi yang menggabungkan efek sketsa dengan garis abstrak untuk menghasilkan perpaduan gambar yang estetik yang memiliki kesan modern. Cocok banget untuk anda jadikan tampilan wallpaper baik handphone maupun dekstop laptop. Berikut salah satu contoh foto yang diberi efek Tekniq.

tekniq
Sumber : www.design.tutsplus.com

7. Color Double Exposure

Sesuai dengan namanya, efek ini dapat anda gunakan untuk mencampurkan dua foto yang tidak berkesinambungan untuk menjadi suatu illustrasi utuh yang tampak unik. Pilihlah gambar-gambar yang anda rasa akan bagus untuk digabungkan, lalu segera masuk ke menu photoshop dan memulai proses untuk menggabungkan, perhatikan juga warnanya, karena jika warna yang dihasilkan kedua foto tidak menyatu maka illustrasi yang anda buat akan menjadi kurang estetik. Berikut salah satu contoh hasil efek color double exposure.

color double exposure
Sumber : www.design.tutsplus.com

Baca juga: Belajar CorelDraw Untuk Pemula

Nah itulah beberapa illustrasi yang bisa anda ciptakan dengan menggunakan photoshop, sekarang anda pastinya lebih paham bahwa photoshop tidak sekadar digunakan untuk mengatur keterangan foto ataupun mengganti background pas foto, photoshop lebih lebih lebih dari itu. Jika anda penasaran dengan efek-efek tersebut bisa di cek video tutorialnya sudah tersebar banyak di youtube.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Instrument Penelitian Kualitatif    

Melakukan peneliatian tidak akan berjalan tanpa adanya alat perlengkapan atau yang biasa kita sebut sebagai instrument penelitian. Pada penelitian kualitatif penerapan dan pelaksanaannya hampir...

Jenis Negosiasi, Tahapan Serta Pengertiannya

Negosiasi merupakan suatu proses yang lumrah dilakukan oleh pihak tertentu. Umumnya, negosiasi dilakukan oleh mereka untuk mencapai sebuah kesepakatan bersama. Negosiasi yang dilakukan secara...

Pengertian Buku Besar dan Contohnya

Akuntansi memegang peranan yang sangat penting dalam dunia bisnis dan usaha. Karena dari sinilah berbagai dasar kebijakan dibuat. Dalam akuntansi, buku besar adalah ikhtisar...

Cara Menggesek Senar Biola dengan Benar

Menggesek biola sekilas terlihat mudah, tetapi sebenarnya menggesek biola tidak boleh sembarangan. Perlu teknik yang harus dipelajari agar suara yang dihasilkan menjadi enak didengar. Posisi...