Home Komunikasi Mengenal Apa Itu Teknik Peliputan Investigasi

Mengenal Apa Itu Teknik Peliputan Investigasi

Apa yang terbayang olehmu jika mendengar kata investigasi? Sekilas memang terdengar seperti mengintimidasi. Tetapi bukan seperti itu sebenarnya. Investigasi adalah sebuah aktivitas penggalian informasi secara mendalam.

Jangan heran kenapa investigasi akan berlangsung dengan penyelidikan hingga hal-hal yang terperinci sekalipun. Biasanya, investigasi dilakukan untuk menguak suatu masalah yang terlanjur meresahkan warga. Bisa juga dilakukan untuk pengungkapan kasus kejahatan.

Apakah investigasi dilakukan hanya dengan menguak informasi yang sebenarnya terjadi di lapangan? Secara garis besar memang begitu adanya, namun investigasi memiliki teknik peliputan tersendiri. Beberapa teknik tersebut dirangkum dalam ulasan berikut ini.

Elemen Peliputan Investigasi

Seberapa lama waktu berlangsungnya investigasi, kamu harus memperhatikan elemen apa saja yang terdapat di dalamnya. Beberapa elemen tersebut adalah sebagai berikut.

Pengungkapan

Elemen investigasi berisi tentang pengungkapan kasus kejahatan yang belum pernah terpecahkan.

Sistematis

Kasus tersebut sudah meluas dan dilakukan secara sistematis.

Gamblang

Pemetaan persoalan dikupas secara tuntas dan gamblang.

Kompleks

Investigasi juga merupakan masalah yang kompleks dan patut diketahui publik. Sehingga membutuhkan bukti yang benar-benar kuat dan aktor pendukung sebagai pelakon investigasi.

Perencanaan Investigasi

Setelah mengetahui elemen investigasi, cobalah untuk merumuskan perencanaan investigasi untuk langkah selanjutnya.

Tim Ahli

Untuk memecah kasus yang rumit, pelaku investigasi membutuhkan tenaga ahli di berbagai bidang terkait.

Observasi, Riset, Survei

Pengungkapan dan pengumpulan bukti dilakukan dengan observasi, riset, dan survei.

Angle Berita

Memiikirkan apa yang mesti ditindak lanjuti dengan merumuskan hipotesis.

Eksekusi

Mengeksekusi kasus dengan melakukan pembagian tugas, menentukan teknik tertentu, dan logistik.

Skenario Publikasi

Mempersiapkan seluruh catatan atau skenario setelah publikasi.

Pelaksanaan Invesgigasi

Source: astc.co.nz

Setelah memahami bagaimana cara merencanakan investigasi, langkah selanjutnya adalah melaksanakan investigasi itu sendiri.

Metode Pelaksanaan Investigasi

Terdapat tiga metode agar kamu bisa mendapatkan bukti yang kuat yaitu:

People Trail

Merupakan bukti yang didapat berdasarkan informasi masyarakat sekitar terkait kasus yang terjadi.

Material Trail

Ini merupakan bukti berbentuk benda nyata seperti rekaman video, audio, atau foto. Materi seperti ini didapat melalui penelitian lapangan.

Money Trail

Merupakan cara yang dilakukan untuk menelusuri aliran dana pada kasus terkait.

Bukti Fisik

Tidak hanya sekedar memahami metode pelaksanaan investigasi, kamu juga diharapkan dapat menemukan bukti fisik terkait kasus yang sedang diselami.
Beberapa hal yang mesti diperhatikan adalah bagaimana caranya agar memperoleh data, foto, dan dokumentasi lainnya.

Baca juga: Transkrip Wawancara

Jika investigasi ini mesti dipublikasikan, kamu harus memiliki rekaman audio atau video terkait kasus yang tengah diselidiki tersebut.

Kesaksian

Menemukan kesaksian sebenarnya terbilang sulit jika kamu tidak memiliki akses. Di sinilah metode people trail dipraktikkan. Terlebih dahulu kamu harus menelusuri siapa saja yang terlibat atas kasus ini.

Kamu juga bisa mendapatkan bantuan dari tenaga ahli hingga narasumber dengan berbagai metode. Di antaranya adalah mencegat narasumber, wawancara tembak langsung, atau wawancara santai.

Teknik Investigasi

Segala sesuatu yang berkaitan dengan observasi dan analisa akan membutuhkan teknik. Ini juga diberlakukan dalam melakukan investigasi. Dhandy Dwi Laksono menjabarkan teknik investigasi tersebut sebagai berikut.

Observasi

Dalam bahasa sehari-hari, observasi diartikan sebagai pengamatan. Ya, kamu melakukan pengamatan terlebih dahulu untuk mengetahui detail peristiwa yang sedang terjadi.

Penyamaran

Penyamaran dilakukan dengan tiga teknik. Yang pertama, kamu disarankan untuk terjun langsung atau immerse. Setelah itu, kamu juga harus mendapatkan akses atau fakta terkait dengan memanfaatkan objek. Ini disebut sebagai embeded.

Setelah itu, barulah kamu bisa melakukan pemantauan terhadap sasaran atau terduga. Upayakan agar sasaran tidak mengenali dan merasakan pengintaianmu.

Mengecoh

Meskipun terkesan memberikan tipu daya, kamu mesti melakukan investigasi dengan menunjukkan siapa kamu sebenarnya. Hanya saja, kamu harus menyembunyikan apa tujuanmu dalam menjalankan misi ini.

Baca juga: 9 Elemen Jurnalistik

Nah, itulah beberapa poin penting dalam mengenal peliputan investigasi. Namun, kamu harus berhati-hati dalam melakukan peliputan investigasi ini karena resikonya cukup besar. Pelajari terlebih dahulu teknik dan taktik secara matang agar kamu berhasil.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

10 Suku di Maluku Serta Penjelasannya

Maluku adalah provinsi yang meliputi bagian selatan Kepulauan Maluku. Alam Maluku masih sangat indah, banyak objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi. Seperti pantai,...

10 Contoh Cerpen Cinta Dengan Berbagai Pesan

Cerpen cinta memiliki tema yang sering diangkat dalam dunia kepenulisan. Cerpen cinta biasanya mengungkapkan perasaan, cinta, kasih sayang, dan juga penderitaan yang telah dialami. Berikut...

13 Suku di Pulau Sulawesi Serta Penjelasannya

Sulawesi menjadi pulau besar di Indonesia yang bentuknya begitu unik. Seolah seperti huruf "K", dan di dekatnya bertebaran pulau - pulau kecil. Selain keunikan...

12 Suku di Pulau Kalimantan Serta Penjelasannya

Kalimantan salah satu pulau terbesar yang ada di Indonesia. Sebagian wilayahnya juga ditempati oleh negara lain, yaitu Malaysia dan Brunei Darussalam. Yang mana kedua...

Mengenal Apa Itu Jurusan Ilmu Sejarah

“Jangan sekali-kali meninggalkan sejarah!” Kalimat ini pasti sering kamu dengar di berbagai media kan? Yup, kalimat ini adalah ucapan Presiden Soekarno pada pidato kepresidenan pada...