Home Teknologi Fotografi 8 Teknik Fotografi yang Harus Diketahui

8 Teknik Fotografi yang Harus Diketahui

Bukan hanya fotografer profesional, saat ini fotografer pemula khususnya kalangan millennial juga membutuhkan foto berkualitas untuk ajang aktualisasi diri di media sosial. Selain lensa dan angle, fotografer juga perlu mengetahui beberapa teknik fotografi yang bisa berguna untuk menghasilkan foto berkarakter kuat. Teknik ini bisa dipelajari, atau dilakukan trial and error.

Berikut ini adalah delapan teknik fotografi yang perlu kita ketahui.

1. High Speed

Teknik ini digunakan untuk memotret benda yang bergerak dengan kecepatan tinggi, seperti pada balapan mobil dan motor. Jika dilakukan dengan tepat, teknik high speed akan menghasilkan gambar obyek tajam, dengan latar belakang blur. Tentunya, teknik ini juga memerlukan lensa tambahan yang mumpuni.

Foto High Speed
Sumber: webneel.com

2. Siluet

Foto siluet dihasilkan dari obyek yang membelakangi cahaya. Meski sebenarnya untuk beberapa kasus, kondisi backlight ini sangat dihindari karena justru tidak memunculkan detail obyek. Teknik foto siluet tidak membutuhkan tambahan lensa khusus, melainkan hanya cahaya yang cukup terang, seperti matahari.

Foto Siluet
Sumber: shootalita.wordpress.com

3. Panorama Melingkar 3D

Teknik ini akan menghasilkan foto panorama 360 derajat yang unik dan berkarakter kuat. Tidak perlu pusing dengan peralatan, foto ini bisa dihasilkan hanya dengan kamera smartphone dan aplikasi gratis. Hal terakhir yang perlu kita lakukan adalah mencari obyek foto yang tepat.

Foto Panorama 3D
Sumber: idilhaq.wordpress.com

4. Infrared

Teknik infrared akan menghasilkan foto dengan hanya satu warna dominan yang dimunculkan. Teknik ini bisa dilakukan dengan bantuan software editing foto yang mumpuni, seperti Photosop. Meskipun begitu, tidak semua foto layak dan bagus untuk dijadikan foto infrared. Teknik ini jamak digunakan untuk foto landscape.

Foto Infrared
Sumber: kitakini.news

5. HDR (High Dynamic Range)

Foto HDR menggabungkan beberapa foto, biasanya minimal tiga foto, dengan nilai exposure yang berbeda. Fungsi dari teknik adalah mendapatkan kedalaman obyek yang bervariasi, dan menggabungkannya ke dalam satu frame foto. Teknik ini sering digunakan oleh fotografer landscape.

Baca juga: Beragam Aliran Fotografi

Foto HDR
Sumber: digitalfotografi.net

6. Refleksi

Seperti namanya, foto refleksi menghasilkan obyek kembar. Efek kembar ini didapat dari pantulan obyek ke bidang lain, seperti sungai, danau, atau cermin. Contoh foto refleksi yang sering kita temukan adalah pantulan angsa dan langit di permukaan danau. Teknik ini bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa persiapan. Teknik refleksi tidak butuh lensa khusus, hanya kejelian mata si fotografer.

Foto Refleksi
Sumber: c.mi.com

7. Hitam Putih

Teknik foto hitam putih cukup banyak diminati fotografer, mengingat pemakaian dua warna dasar itu bisa menghasilkan nuansa foto yang berbeda. Foto hitam putih cocok untuk tema kenangan, kematian, dan muram. Teknik ini cocok digunakan baik untuk benda hidup maupun mati, atau kombinasi antara keduanya. Fotografer beraliran portrait banyak yang menggunakan teknik hitam putih untuk menguatkan gambaran lekuk wajah manusia.

Foto Hitam Putih
Sumber: bangbiw.com

8. Time-lapse

Foto time-lapse merekam adegan foto yang berlangsung dalam kurun waktu tertentu. Kamera diatur dalam speed lambat untuk menangkap pergerakan obyek yang ingin dibuat time-lapse. Teknik ini jamak digunakan untuk merekam pergerakan benda langit, seperti matahari dan bulan. Perlu diketahui bahwa teknik ini memerlukan banyak foto dan cukup menghabiskan waktu.

Baca juga: 11 Jenis Lensa Kamera

Foto Time-Lapse
Sumber: www.videomaker.com

Jadi itulah delapan teknik dalam fotografi yang perlu kita ketahui. Pengetahuan ini penting bagi fotografer untuk dapat menghasilkan foto yang berkarakter. Akhir kata, terimakasih sudah membaca dan selamat hunting foto!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Contoh Notulen Rapat beserta Pengertiannya

Rapat merupakan kegiatan rutin dimana-pun kita bekerja. Rapat sendiri umumya kita akan membahas berbagai hal seperti masalah-masalah yang sedang dihadapi, penyesuaian data-data yang masuk...

Mengenal Manajemen Risiko Bisnis

Semua risiko, bahkan di dalam bisnis sekalipun umumnya bersifat merugikan dan berdampak negatif. Meskipun begitu, bukan berarti risiko tidak dapat dihindarkan. Risiko dapat dikelola...

8 Teknik Berbicara Efektif Agar Mudah Dimengerti

Setiap orang yang hidup di dunia ini diberikan anugerah untuk dapat berbicara. Namun, tidak semua orang dapat berbicara dengan baik. Berbicara dengan baik artinya...

Contoh Surat Pengunduran Diri

Berbagai hal dapat terjadi di dalam lingkungan kerja. Bukan hanya berbagai hal yang menyenangkan dan baik, namun juga berbagai hal yang tidak menyenang -...