Home Seni & Musik Teknik Dasar Pukulan Drum Serta Birama untuk Pemula

Teknik Dasar Pukulan Drum Serta Birama untuk Pemula

Salah satu alat musik yang banyak dipakai saat ini adalah drum. Hampir dalam setiap lagu-lagu modern menggunakannya sebagai pengiring. Memang kelihatannya memainkan alat musik ini hanya dengan dipukul, tapi ternyata tak sesederhana itu. Tak ada alat musik yang memainkannya secara random, termasuk drum yang hanya dipukul, juga punya teknik khusus untuk memainkannya.

Keunikan dari drum dibandingkan alat musik lainnya adalah pada kuncinya, bukan menggunakan nada, tapi birama, not balok dan beat serta teknik pukulan. Itulah mengapa untuk bisa memainkan drum, hal yang paling dasar untuk dipelajari adalah birama dan teknik pukulannya. Di bawah ini Kamu bisa simak beberapa teknik pukulan dasar dan birama untuk bermain drum.

Birama dan Not Balok Drum

belajar pukulan drum
Sumber foto : compusiciannews.com

Jika Kamu belum tahu, birama adalah sebutan untuk kumpulan ketukan dalam satu melodi. Misal ketika Kamu melihat ada angka pecahan di baris kiri not musik seperti misal 4/4, ¾, 2/4, itu adalah tanda birama. Angka itu menunjukkan ketukan dalam satu melodi dan nilainya. Not balok dalam birama untuk bermain drum adalah ¼, 1/8, 1/16, 1/32.

Dalam memainkan drum secara umum pukulan dilakukan dengan tangan kanan dan kiri. Dalam penulisan biasanya dilambahkan R untuk pukulan tangan kanan dan L untuk pukulan tangan kiri. Kemudian juga ada downbeat dalam setiap hitungannya, yaitu membunyikan bass drum menggunakan kaki. Di bawah ini penjelasan lebih lengkapnya :

  • Not Seperempat (1/4)
    Ketika not ini dimainkan pada birama 4/4 yang punya jumlah hitungan 4, maka pukulannya 4 kali. untuk not ini menggunakan salah satu tangan saja cukup.
  • Not Seperdelapan (1/8)
    Artinya setiap kali 4 hitungan harus ada 8 kali pukulan, karena dibagi dari 8 pukulan dengan 4 hitungan. Jika memainkan not ini, disarankan untuk mulai menggunakan dua tangan.
  • Not Seperenambelas (1/6)
    Jika memainkan not ini berarti dalam setiap hitungan dilakukan 4 kali pukulan, biasanya untuk memudahkan perhitungan, dilakukan pukulan yang lebih keras pada tiap pergantian hitungan.
  • Not Sepertigapuluhdua (1/32)
    Tentu saja ini lebih sulit karena perlu dilakukan sebanyak 32 pukulan dalam setiap kali hitungan. Umumnya hanya para drummer profesional yang sudah terbiasa, bisa melakukan pukulan ini.

Baca juga: Mengenal Jenis Tangga Nada

Teknik Pukulan Drum

teknik pukulan drum
Sumber foto : takelessons.com

Sangat disarankan untuk Kamu jika masih berlatih, menggunakan bagian snare terlebih dulu. Setelah sudah cukup terbiasa bisa berlatih pada snare dan tom-tom. Di bawah ini adalah beberapa teknik pukulan dasar dalam bermain drum.

  • Single Stroke
    Untuk teknik ini, pukulan dilakukan bergantian, satu pukulan tangan kiri, lalu satu pukulan tangan kanan. Menggunakan hitungan not 1/16, aksen atau pukulan yang lebih keras 4 kali (pada setiap hitungan).
  • Double Stroke
    Hitungannya sama dengan single stroke, hanya bedanya masing-masing dua kali pukulan. Jadi tangan kanan dua pukulan, lalu baru ganti tangan kiri dua pukulan dan seterusnya. aksennya juga sama 4 kali.
  • Triplet
    Untuk pergantian pukulannya sama dengan teknik single stroke, hanya aksennya dilakukan 5 kali. jadi tiap kali 3 pukulan dilakukan 1 aksen.
  • Paradiddle
    Teknik ini mengombinasikan antara teknik single stroke dan double stroke sehingga menjadi seperti ini.
    1 –  –  –  –  – 2 –  –  – –  –  3  –  –  –  –  –  4  –   –  –  –  –
    R L R R L L R L R R L L R  L R R  L L  R  L R R  L L

Jadi itulah birama dan teknik dasar dalam memainkan drum. Jika Kamu sudah lincah untuk melakukan berbagai teknik ini, bisa Kamu tingkatkan dengan tempo yang lebih cepat. Sehingga tanganmu akan semakin terbiasa. Selamat belajar bermain drum, semoga sukses!

Baca juga: Cara Membaca Not Angka

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa yang Dimaksud Etika Bisnis?

Istilah ‘etika’ memiliki banyak sekali makna yang berbeda. Etika sendiri merupakan studi standar moral yang bertujuan untuk menentukan standar yang benar atau yang didukung...

Sejarah Perkembangan Teater di Indonesia

Tahukah kamu apa yang disebut dengan teater? Sepintas teater mengartikan tentang pementasan atau sebuah pertunjukan di sebuah panggung. Lalu, apa yang Disebut dengan Teater Sebenarnya? Teater...

Cara Menjadi Karyawan Teladan

Bekerja itu memang melelahkan. Namun, setiap pekerjaan akan mendatangkan kebaikan jika kamu melakukannya dengan penuh keikhlasan. Ya, keikhlasan akan membuatmu bekerja dengan lebih mudah,...

Apa itu Musik? Berikut pengertiannya

Musik adalah lagu-lagu favorit yang didengar setiap saat menggunakan ponsel. Bisa melalui iTunes, Spotify, Soundcloud, JOOX atau Google Play. Sederhana dan sah-sah saja.  Nah, kalau...