Home Serba Serbi Memasak Teknik dan Tahapan Memanggang Agar Masakan Kamu Enak

Teknik dan Tahapan Memanggang Agar Masakan Kamu Enak

Apa saja cara yang biasa kamu gunakan dalam memasak? Menggoreng, merebus, mengkukus atau ada lainnya? Nah, biasanya cara favorit yang sering kita gunakan adalah menggoreng, karena selain praktis, hasilnya juga lebih gurih dan renyah. Salah satu hasil makanan dari menggoreng yang paling tenar adalah gorengan, yang layak menjadi makanan sejuta umat khususnya bagi orang Indonesia.

Terkadang kita dilema juga mau makan gorengan, selain kurang sehat gorengan juga mengandung banyak kalori. Sehingga tak jarang, gorengan jadi musuh bersama bagi para cewek yang sedang diet. Tapi jangan khawatir, selain menggoreng masih banyak cara lainnya, salah satunya memanggang. Selain lebih sehat dan rendah kalori, memanggang juga bisa menghasilkan makanan yang enak lho!

Lantas, bagaimana sih cara memanggang? Memanggang adalah cara pengolahan makanan dengan menggunakan oven tanpa pakai air ataupun minyak. Oven bekerja dengan meratakan dan mentransfer panas dari sumber panas ke makanan sesuai dengan temperatur dan waktu yang telah ditentukan.

Teknik memanggang ini biasanya digunakan untuk mengolah berbagai makanan seperti kentang, roti, ikan, daging, sayuran, pastry, dan lain-lain. Nah, agar makanan bisa matang sempurna dan tidak gosong, kita perlu tahu cara dan tahapan memanggang yang tepat. Berikut adalah teknik dalam memanggang serta tahapan memanggang untuk oven listrik.

teknik memanggang
Sumber foto : mamaindonesia.com

Teknik-teknik dalam memanggang

  1. Memanggang kering
    Cara memanggang kering ini dilakukan dengan memasukkan bahan makanan ke dalam loyang yang kering. Dengan cara ini, maka bahan makanan akan mengeluarkan uap air yang membantu proses pemanggangan. Contohnya memanggang sayuran, pastry, roti dan lainnya.
  1. Memanggang menggunakan tambahan wadah air
    Cara ini dilakukan dengan memasukkan makanan dan menyertakan wadah berisi air ke dalam oven. Wadah berisi air tersebut akan mengeluarkan uap air untuk menambah kelembaban pada makanan. Contohnya adalah ketika memanggang roti dengan tekstur yang lembut.

Baca juga: Tips dan Cara Merebus yang Benar

Tahapan memanggang dalam oven listrik

teknik memanggang
Sumber foto : newsday.com

Berdasarkan sumber panasnya, oven dibagi menjadi 3 macam, yakni oven kompor, oven gas, dan oven listrik. Contoh yang saya ambil adalah memanggang menggunakan oven listrik, karena pemakaiannya mudah dan sederhana.

  1. Siapkan bahan makanan dalam loyang
    Pastikan kamu sudah menyiapkan bahan makanan dan mengolahnya sampai siap dimasukkan ke dalam oven. Setelah bahan makanan siap, masukkan ke dalam loyang atau wadah yang tahan panas. Aturlah tampilannya agar bentuknya menarik setelah selesai dipanggang.
  1. Panaskan oven terlebih dahulu (pre heating)
    Sebelum memasukkan loyang ke dalam oven, atur suhu oven sesuai dengan resep. Setelah itu tunggu dan biarkan hingga panas. Pastikan tidak membuka pintu oven sebelum Kamu masukkan loyang ke dalamnya, karena bisa menurukan suhu di dalam oven.
  1. Masukkan loyang bahan makanan ke dalam oven
    Setelah adonan atau bahan makanan siap dan oven sudah panas, maka loyang bisa dimasukkan ke dalam oven. Atur posisi loyang agar seimbang dan tidak tumpah. Tempatkan pada rak yang tepat sehingga tingkat kematangannya pas. Setelah itu tutup pintu oven.
  1. Atur waktu dan temperatur
    Jangan lupa untuk Kamu atur waktu dan suhu pada tombol yang tersedia di oven. Pastikan waktu dan temperatur sudah tepat, agar makanan bisa matang dengan sempurna. Lalu mulailah memasak dengan menekan tombol “Start”. Tunggulah hingga makanan matang.
  2. Ambil loyang dan hidangkan
    Setelah selesai memanggang, biasanya akan ditandai dengan bunyi “beep”. Nah sebelum mengambil loyang, gunakan pelindung tangan dan berhati-hatilah, karena oven masih dalam keadaan panas. Dan akhirnya tadaaa, makanan siap untuk disajikan dan disantap.

Baca juga: Cara Menumis Bawang Putih Agar Tidak Gosong

Itulah teknik-teknik memanggang dan tahapannya. Silahkan mencoba, untuk sentuhan terakhir kamu bisa menghias dan mempercantik makananmu. Lalu sajikan dan nikmati dengan teman ataupun keluarga. Selamat memanggang!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Contoh Notulen Rapat beserta Pengertiannya

Rapat merupakan kegiatan rutin dimana-pun kita bekerja. Rapat sendiri umumya kita akan membahas berbagai hal seperti masalah-masalah yang sedang dihadapi, penyesuaian data-data yang masuk...

Mengenal Manajemen Risiko Bisnis

Semua risiko, bahkan di dalam bisnis sekalipun umumnya bersifat merugikan dan berdampak negatif. Meskipun begitu, bukan berarti risiko tidak dapat dihindarkan. Risiko dapat dikelola...

8 Teknik Berbicara Efektif Agar Mudah Dimengerti

Setiap orang yang hidup di dunia ini diberikan anugerah untuk dapat berbicara. Namun, tidak semua orang dapat berbicara dengan baik. Berbicara dengan baik artinya...

Contoh Surat Pengunduran Diri

Berbagai hal dapat terjadi di dalam lingkungan kerja. Bukan hanya berbagai hal yang menyenangkan dan baik, namun juga berbagai hal yang tidak menyenang -...