Home Pengembangan Diri Komunikasi 8 Teknik Berbicara Efektif Agar Mudah Dimengerti

8 Teknik Berbicara Efektif Agar Mudah Dimengerti

Setiap orang yang hidup di dunia ini diberikan anugerah untuk dapat berbicara. Namun, tidak semua orang dapat berbicara dengan baik. Berbicara dengan baik artinya apa yang kita bicarakan dapat dimengerti oleh orang lain. Apalagi jika berbicara di depan umum, harus dipahami oleh seluruh orang di tempat tersebut.

Berbicara baik artinya berbicara yang efektif. Tidak berbelit – belit dan mudah dimengerti. Orang yang dapat berbicara secara efektif tidak datang dengan sendirinya, tentu dengan latihan berbicara yang baik secara sering. Kamu yang ingin melatih cara bicara supaya lebih efektif juga dapat menerapkan teknik ini. Seperti apa tekniknya?

Langsung Sampaikan secara To the Point

To the Point
Sumber: attorneyatwork.com

Berbicara efektif adalah berbicara yang langsung menyampaikan pada inti pokok yang dibahas atau to the point. Jika dapat dikatakan dalam 9 kata, kenapa harus dikatakan dalam 25 kata?

Artinya, sampaikan hal – hal yang wajib disampaikan. Langsung kepada poin yang dibahas, sehingga tidak bertele – tele dan menghemat waktu. Selain itu, audience juga akan lebih mudah menangkap apa yang akan kita sampaikan. Berbicara langsung pada inti juga menghindari adanya ambiguitas dalam bahasan, sehingga tidak muncul pemikiran lain yang justru melenceng dari pokok bahasan.

Batasi apa yang akan kamu utarakan, jika ingin menambahi usahakan sebagai pelengkap saja, tidak perlu terlalu panjang. Tujuan penambahan ini hanya untuk memperkuat poin yang kamu sampaikan.

Sampaikan secara Singkat

Ingat, kamu akan berbicara di depan umum secara efektif, tentunya waktu yang dibutuhkan tidaklah panjang. Selain itu, pendengar pun lebih senang pidato dengan waktu yang singkat, sehingga tidak bertele – tele.

Singkat bukan berarti kurang, namun kamu harus dapat mengurangi hal – hal yang tidak perlu diucapkan. Berbicara merupakan seni dimana kita dapat menyampaikan sesuatu dalam waktu dua puluh menit dari ribuan kata yang harusnya disampaikan dalam waktu dua jam. Singkat juga bukan berarti terlalu cepat. Kamu pun harus dapat menyampaikan dengan intonasi yang baik pesan yang akan bawakan.

Jadilah Optimis

Optimis
Sumber: success.com

Jadilah pembicara yang optimis. Ketika berbicara di depan umum, gunakanlah kata – kata positif yang membangun semangat. Jangan katakan kata – kata negatif, meskipun hanya berupa kata “namun”, “akan tetapi”, yang mana kata – kata tersebut merupakan bentuk dari ketidakyakinan terhadap apa yang dikatakan.

Tentu kamu pernah mengikuti seminar yang diisi oleh orang – orang hebat, bukan? Apakah mereka mengatakan kata – kata yang negatif? Tentu tidak. Mereka mengatakan kata – kata optimis yang membuat siapapun semakin yakin dan mau mengikuti apa yang dikatakan pembicara.

Begitu juga dengan kamu, jika kamu ingin berbicara lebih efektif, gunakanlah kata – kata positif dan tunjukkan sikap optimis dari apa yang kamu ungkapkan.

Yakin dengan Apa yang Kamu Katakan

Untuk dapat meyakinkan orang lain, tentu kamu harus meyakinkan dirimu sendiri terlebih dahulu. Yakinkan diri atas apa yang akan kamu katakan. Supaya berbicara lebih efektif, yakinlah atas ucapan yang kamu katakan. Jangan mengunakan kata – kata yang terdengar ragu – ragu, misalnya “sepertinya”, “kalau tidak salah”, “mungkin”.

Dengan kata – kata ragu ini, audience tidak akan yakin dengan apa yang kamu katakan. Kamu pun tidak berbicara secara efektif. Karena audience pun akan malas untuk mendengarkan kelanjutan dari apa yang kamu utarakan.

Jadi, berbicara yang efektif adalah berbicara yang baik dengan penuh keyakinan. Yakinkan dirimu atas apa yang akan kamu utarakan. Sehingga, audience akan tertarik dan mengerti apa yang kamu bicarakan.

Berkata dengan Sopan dan Hindari Kata Kasar

Jangan Menggunakan Kata Kasar
Sumber: keepcalms.com

Berbicara yang efektif artinya berbicara yang baik, tentu menggunakan kata – kata sopan. Jangan sampai kamu mengeluarkan kata – kata kasar ketika berbicara di depan umum. Hal ini akan membawa image mu menjadi buruk. Jika hal ini terjadi, tidak ada lagi orang yang percaya pada apa yang kamu ucapkan. Sehingga berbicara dengan efektif tidak dapat kamu capai.

Oleh sebab itu, usahakan untuk tetap berbicara yang baik dan jangan sampai mengeluarkan kata – kata kasar. Sehingga berbicara efektif dapat kamu capai.

Hindari Kata yang tidak Dimengerti oleh Umum

Banyak sekali kata – kata yang dapat digunakan dalam kehidupan sehari – hari. Termasuk juga kata – kata gaul dan kata serapan bahasa asing. Ketika kamu berbicara di depan umum, lihatlah terlebih dahulu siapa audience mu. Sesuaikan bahasa dan kata – kata yang akan kamu keluarkan. Jangan sampai kamu mengeluarkan kata yang tidak dimengerti oleh umum.

Baca juga: 6 Latihan Lancar Berbicara di Depan Kamera

Misalnya ketika kamu berbicara dengan orang yang pendidikannya di bawah SMA, jangan menggunakan istilah asing atau istilah yang terlalu ilmiah. Gunakanlah bahasa yang lebih mudah dipahami dan umum bagi mereka.

Berbeda halnya ketika kamu berbicara dengan orang yang berpendidikan tinggi, kamu bisa menggunakan bahasa ilmiah atau bahasa asing yang sekiranya dipahami oleh lawan bicara atau audience. Dengan demikian, kamu dapat berbicara secara efektif.

Tatap Lawan Bicara

Tatap Lawan Bicara
Sumber: freepik.com

Ketika berbicara dengan orang lain atau berbicara di depan umum, usahakan untuk menatap lawan bicara. Supaya kita dapat melihat reaksi mereka terhadap apa yang kita bicarakan. Ketika mereka tampak bingung, kita bisa mencoba mengutarakan kata – kata kita menjadi lebih mudah dipahami.

Menatap lawan bicara atau audience pun memberi arti bahwa kita menghormati lawan bicara kita. Tidak sibuk sendiri dengan hal lain yang terkesan cuek pada lawan bicara. Sehingga, kita dapat berbicara lebih efektif.

Mencoba untuk Mendengarkan

Berbicara yang efektif adalah berbicara dua arah, bukan satu arah. Oleh karena itu, kamu harus dapat mendengarkan apa yang dikatakan oleh lawan bicaramu. Merespon pertanyaan atau perkataan dari lawan bicara.

Selain itu, kamu juga harus memperhatikan lawan bicara atau audience, melibatkan mereka untuk ikut dalam pembicaraan kita. Sehingga kita dapat berbicara lebih efektif karena terjadi komunikasi yang baik antara kita dengan lawan bicara.

Baca juga: 7 Cara Meningkatkan Public Speaking

Itulah teknik berbicara supaya lebih efektif. Kamu bisa menerapkannya di kehidupan sehari – hari atau ketika kamu harus berbicara di depan umum. Kunci supaya lancar dan efektif dalam berbicara adalah berlatih. Latihlah diri untuk berbicara dengan baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Mengenal Teori Motivasi dari Para Ahli Psikologi

Motivasi, sebuah kata yang tidak asing lagi di telinga kita. Secara sederhana, motivasi dapat diibaratkan sebagai dorongan, penggerak, pemicu, atau alasan yang dapat mengarahkan...

5 Langkah Praktis Cara Membuat Anggaran Bisnis

Cara membuat anggaran bisnis sering jarang diperhatikan para praktisi usaha. Apalagi ketika masih berupa usaha mikro atau bisnis kecil. Padahal, sebenarnya ini adalah fondasi...

Yuk Ketahui Paradigma Penelitian Kualitatif

Masih banyak dari kita yang kurang mengerti apa itu paradigma. Di beberapa bahan bacaan tingkat lanjut dalam jurnal, dalam karya ilmiah tentu beberapa kali...

Mengenal Apa Itu Jurusan Biologi

Setelah lulus SMA ingin melanjutkan ke Perguruan Tinggi tapi masih bingung ke jurusan apa? Suka dengan dunia Biologi tapi ingin mengetahui gambaran kuliahnya seperti...