Home Seni & Musik Seorang Penyanyi Harus Mengetahui Teknik Dasar Bernyanyi

Seorang Penyanyi Harus Mengetahui Teknik Dasar Bernyanyi

Pernahkah Kamu berpikir kenapa para penyanyi yang tampil di televisi atau punya subscriber banyak di Youtube ketika menyanyi bisa begitu bagus? Terutama ketika dibandingkan dengan suara-suara ‘konser’ dari dalam kamar mandi atau senandung santai ketika mengerjakan tugas. Sebenarnya wajar jika hasilnya berbeda, karena dari teknik menyanyinya saja juga sudah berbeda.

Para penyanyi profesional yang punya jutaan penggemar memang sama-sama membuka mulut seperti kita ketika menyanyi. Tapi mereka menguasai banyak teknik menyanyi sehingga bisa membuatnya jauh lebih merdu untuk didengarkan. Kabar baiknya, siapapun termasuk Kamu bisa seperti mereka yang sudah profesional kok. Salah satunya dengan belajar beberapa teknik dasar bernyanyi yang akan dibahas di bawah ini.

Teknik Sikap Tubuh

teknik sikap tubuh
Sumber foto : city-academy.com

Penting untuk Kamu tahu bahwa pose tubuh juga berpengaruh terhadap kualitas suara ketika menyanyi. Meskipun Kamu berlatih vokal dengan sangat bagus tapi posisi tubuh kurang mendukung, hasilnya akan tetap kurang optimal. Sehingga salah satu teknik dasar yang penting untuk Kamu pelajari supaya bisa menyanyi dengan bagus adalah tentang teknik untuk mengolah pose tubuh.

Baca juga: Mengenal Jenis Tangga Nada

Pertama, buka kedua kaki hingga selebar pinggang, karena hal itu akan membantu Kamu untuk menjaga keseimbangan dengan lebih bagus. Kedua, jaga badan agar tetap tegak, tidak membungkuk, tapi tetap pastikan Kamu cukup rileks. Ketiga, ketika mengambil napas, jangan naikkan bahu, supaya udara bisa masuk ke diafragma, bukan justru masuk ke dada. Mengingat dada hanya bisa menampung sedikit udara.

Teknik Pernapasan

teknik pernapasan
Sumber foto : musicgrotto.com

Pastinya Kamu pernah melihat penampilan penyanyi kelas diva yang punya power kuat ketika menyanyi. Satu kunci yang penting untuk bisa menyanyi dengan power seperti itu adalah pengelolaan pernapasan yang bagus. Kamu harus bisa mengelola supaya bisa menghirup sebanyak mungkin tapi menggunakannya dengan hemat, sehingga tidak berakhir terengah-engah.

Ada beberapa teknik pernapasan, yaitu pernapasan dada, perut, diafragma dan lengkap. Dari beberapa jenis itu, disarankan untuk menggunakan teknik pernapasan diafragma karena suara vokal akan lebih stabil dan tenaga yang lebih banyak. Memang ini tergolong teknik yang cukup sulit, tapi selama Kamu mau untuk belajar, pasti lama kelamaan akan bisa melakukannya.

Teknik Pelafalan Syair

Seorang penyanyi tidak hanya dituntut untuk menggunakan nada dan irama yang sesuai dengan lagu yang dibawakan. Seorang penyanyi juga harus bisa melafalkan dengan tepat dan jelas syair atau teks lagu. Hal ini penting karena bernyanyi termasuk sebagai wujud komunikasi.

Menyanyi juga memiliki pesan yang harus disampaikan kepada pendengar kamu. Supaya pendengarmu bisa paham terhadap pesan syair yang kamu nyanyikan, bahkan bisa membuat orang yang mendengar lagumu bisa terbawa suasana yang kamu bawakan.

Salah satu contohnya yaitu lagu – lagu yang dibawakan oleh penyanyi Didi Kempot senantiasa bisa membawa suasana galau, sedih, dan bahkan bisa meneteskan air mata para pendengarnya. Karena Didi kempot mampu melafalkan syairnya secara jelas dan tepat sesuai dengan intonasi nadanya sehingga pendengar bisa merasakan pesan kegalauan yang dibawakan oleh Didi Kempot.

Teknik Penjiwaan Terhadap Lagu

Teknik Penjiwaan Terhadap Lagu
Sumber Foto: Gramho.com

Selain harus bisa melafalkan lagu dengan tepat, seorang penyanyi juga harus bisa melakukan penjiwaan terhadap lagu yang dibawakannya. Jangan sampai ketika menyanyikan lagu sedih, penyanyi membawakan dengan ekspresi datar atau bahkan bahagia. Pendengar tentu akan bingung dan tidak bisa ikut merasakannya.

Selain dari ekspresi, teknik penjiwaan juga berasal dari intonasi suara yang dikeluarkan oleh penyanyi. Penyanyi yang membawakan lagu sedih misalnya harus menggunakan suara yang lirih sambil mengeluarkan suara seakan – akan menangis. Contoh lain, semisal penyanyi membawakan lagu motivasi, maka penyanyi harus membawakan dengan suara yang dan ekspresi yang bersemangat.

Teknik Membuka Mulut

teknik membuka mulut
Sumber foto : ramseyvoice.com

Setelahnya, penting juga untuk belajar tentang cara membuka mulut supaya vokal bisa optimal keluar. Karena mulut berpengaruh secara langsung terhadap suara yang terdengar. Semakin lebar mulut dibuka, resonansi udara akan semakin lancar keluar. Hal itu yang kemudian bisa menghasilkan kualitas suara yang merdu.

Selain persoalan resonansi, mulut yang terbuka lebih lebar juga akan membuat artikulasi atau pengucapan menjadi lebih jelas terdengar. Dengan begitu para pendengar bisa lebih mudah menangkap lirik yang dinyanyikan. Disarankan juga mengelola penataan lidah, yaitu menempel pada bagian belakang jajaran gigi bawah.

Baca juga: Hal yang Perlu Diperhatikan untuk Memilih Lagu Sesuai Karakter

Kalau Kamu sudah bisa melakukan ketiga teknik ini dengan baik, bisa mulai beralih ke teknik-teknik untuk mengasah mukalitas. Seperti belajar untuk mengenali tempo, intonasi, tinggi nada dengan baik, sehingga ketika menyanyi bisa mengeluarkan suara yang pas. Jadi untuk Kamu yang sedang belajar bermusik, tak perlu terburu-buru, belajar apapun butuh proses. Selama Kamu mau terus lanjut, nantinya pasti bisa mencapai target!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Artikel Terbaru

Apa yang Dimaksud Etika Bisnis?

Istilah ‘etika’ memiliki banyak sekali makna yang berbeda. Etika sendiri merupakan studi standar moral yang bertujuan untuk menentukan standar yang benar atau yang didukung...

Sejarah Perkembangan Teater di Indonesia

Tahukah kamu apa yang disebut dengan teater? Sepintas teater mengartikan tentang pementasan atau sebuah pertunjukan di sebuah panggung. Lalu, apa yang Disebut dengan Teater Sebenarnya? Teater...

Cara Menjadi Karyawan Teladan

Bekerja itu memang melelahkan. Namun, setiap pekerjaan akan mendatangkan kebaikan jika kamu melakukannya dengan penuh keikhlasan. Ya, keikhlasan akan membuatmu bekerja dengan lebih mudah,...

Apa itu Musik? Berikut pengertiannya

Musik adalah lagu-lagu favorit yang didengar setiap saat menggunakan ponsel. Bisa melalui iTunes, Spotify, Soundcloud, JOOX atau Google Play. Sederhana dan sah-sah saja.  Nah, kalau...